Bisnis Kurma

Salah satu peluang usaha yang patut untuk Sedulur coba adalah bisnis kurma. Buah berwarna coklat yang berasal dari wilayah Timur Tengah ini biasanya akan diburu oleh masyarakat ketika bulan suci Ramadan tiba. Momen tersebut tentunya akan dimanfaatkan bagi para penjual musiman untuk mendapatkan untung yang berlipat. Hal ini dikarenakan kebutuhan konsumen terhadap buah manis ini sangat besar di bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri.

Tak hanya menjelang Ramadan atau Idul Fitri, bisnis kurma tetap menjadi peluang yang cukup menjanjikan karena manfaat yang diberikan cukup beragam. Buah asal Timur Tengah ini bisa digunakan untuk menjaga berat badan, menstabilkan gula darah, mengontrol tekanan darah, dan lain sebagainya. Maka dari itu, ide peluang usaha ini bisa untuk dicoba. Jika Sedulur ingin mencobanya, berikut adalah beberapa cara untuk memulai bisnis ini. Baca dan pahami, ya!

BACA JUGA: Bisnis Susu Kambing Etawa, Bisa Raup Jutaan Rupiah!

1. Cari distributor yang bagus dan terbaik

peluang bisnis kurma
ralali

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis kurma adalah mencari dan menemukan distributor buah kurma yang bisa menjamin ketersediaan barang yang segar serta terjangkau sepanjang tahunnya. Harga akan jauh lebih murah jika Sedulur bisa mendapatkan satu distributor kurma yang mampu mencukupi berbagai kebutuhan kurma.

Usahakan untuk memilih dan menyortir kurma terlebih dahulu sebelum adanya kesepakatan memakai distributor tersebut. Sebaiknya, produk olahan kurma seperti sari kurma, susu kurma, dan berbagai minuman olahan buah yang satu ini diproduksi sendiri tanpa adanya pihak ketiga. Hal ini bertujuan agar keuntungan yang akan diperoleh menjadi jauh lebih besar. Serta, produk yang ditawarkan akan jauh lebih bervariasi dan tidak hanya terpaku pada kurma yang berbentuk buah kering saja. 

2. Produk harus bervariasi

Bisnis Kurma
pixabay

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjual buah dari Timur Tengah ini agar laku dipasaran. Salah satunya adalah dengan memvariasikan kurma yang dijual yang bisa dalam bentuk satuan kiloan ataupun kemasan yang ditata dengan cantik. Tak hanya itu, produk yang ditawarkan juga harus memiliki ragam tipe, seperti kurma ajwa, kurma muda, dan berbagai jenis lainnya yang menarik untuk dijual. 

Buah yang menjadi salah satu makanan pokok Afrika Utara ini juga bisa dijual dengan mengolahnya menjadi berbagai produk. Bisnis susu kurma, sari kurma, dan lain sebagainya usahakan juga dapat dijumpai dalam bisnis Sedulur agar bisa lebih dikenal serta berkembang di pasaran.

BACA JUGA: 8 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Saja yang Menguntungkan!

3. Buat sampel terlebih dahulu

bisnis susu kurma
kompas

Sebelum memulai usaha ini, buat terlebih dahulu sampelnya. Racik sampel dengan sedemikian rupa, mulai dari rasa serta pengemasan produk haruslah sempurna. Setelah mencobanya, berikan sampel tersebut ke orang terdekat Sedulur yang kemudian bisa dicoba dan dirasakan.

Sampaikan kepada mereka untuk memberikan ulasan secara jujur mengenai apa yang harus dilengkapi atau dikurangi pada sampel tersebut. Sehingga, Sedulur bisa mengoreksi apa saja kelebihan serta kekurangannya. Trik ini bisa membuat peluang bisnis kurma menjadi lebih baik karena bisa melihat bagaimana produk tersebut dari sudut pandang konsumen. Selain itu, produk yang bervariasi dan dibuat sampel terlebih dahulu bisa memberikan nilai plus di mata masyarakat. 

4. Harus tahu harga pasaran

harga pasaran
pexels

Harga pasaran harus diketahui dahulu sebelum memulai usaha di bidang kuliner ini. Pastikan untuk “kulakan” atau memilih distributor yang harganya dibawah pasaran. Sehingga, harga jual pada bisnis ini tidak akan menjadi terlalu mahal atau terlalu murah.

Misalnya, ketika Sedulur sedang ingin memulai usaha bisnis kurma king salman, maka cari tahu terlebih dahulu harga pasaran dari jenis king salman. Jangan sampai harga terlalu tinggi, karena Sedulur tidak akan mendapatkan untung. Untuk mendapatkan harga terbaik dari suatu produk, cari terlebih dahulu distributor yang memiliki produk yang berkualitas tinggi serta bisa menjamin pasokan selalu ada pada setiap waktu.

Jika berhasil mendapatkan distributor yang harganya jauh lebih rendah daripada kompetitor, maka harga akan jauh lebih murah jika sudah melakukan penjualan produk. Konsumen akan menjadi pembeli setia jika harga yang diberikan terjangkau.

BACA JUGA: 13 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu, Bisa Untung Besar!

5. Tentukan target market dan brand awareness

cara bisnis kurma muda
pexels

Target market harus ditentukan terlebih dahulu agar mencegah penyebaran promosi serta informasi bisnis pohon kurma tidak sampai di konsumen secara tepat. Informasi bisnis akan tersampaikan kepada orang yang tepat jika Sedulur bisa menentukan target serta bisa menganalisa pasar terlebih dahulu.

Selain menentukan target market, brand awareness atau kesadaran merek juga harus ditentukan juga. Kedua hal tersebut berkaitan dengan teknik branding seperti memberi nama brand yang mudah untuk diingat serta memiliki sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Tak hanya itu, logo yang menarik dan unik juga diperlukan agar masyarakat lebih mudah mengenal merek.

Agar kesadaran merek bisa meningkat, diperlukan beberapa teknik branding seperti membuat nama yang mudah diingat, memahami bagaimana cara untuk membuat konsumen selalu ingat dengan produk yang dipasarkan, serta beberapa hal lain yang berkaitan. Masyarakat akan menggemari produk yang ditawarkan seiring berjalannya waktu ketika brand awareness telah dibangun terlebih dahulu. 

6. Pasarkan via online di berbagi e-commerce

jual online
pexels

Tidak ada salahnya untuk memaksimalkan omset penjualan dengan cara memasarkan produk secara online via e-commerce. Hal ini bisa digunakan untuk lebih menjangkau konsumen secara luas algi terutama bagi Sedulur yang memiliki berbagai jenis olahan produk seperti ajwa, muda serta premium. Memasarkan produk secara online juga bisa menjangkau reseller kurma tanpa modal.

Selain itu, kurma yang pada dasarnya memiliki sifat tahan lama juga cocok diperdagangkan secara online karena awet dan tidak rugi. Untuk memasarkannya, Sedulur bisa bergabung dalam berbagai marketplace yang menyediakan lapak untuk pedagang secara online. Untuk memaksimalkan bisnis jualan, usahakan juga untuk memasarkan produk end user seperti susu kurma dan sari kurma. Tambahkan juga pilihan kurma bubuk jika memungkinkan.

BACA JUGA: 8 Tips Buka Toko Kelontong Kecil Kecilan di Rumah, Modal Kecil

7. Memaksimalkan media sosial untuk bisnis

bisnis kurma king salman
pexels

Selain memasarkan produk secara online melalui berbagai e-commerce, Sedulur juga bisa menggunakan media sosial untuk memaksimalkan bisnis kurma curah atau yang lainnya. Media sosial wajib dimiliki oleh berbagai bisnis kekinian agar pasar semakin luas. Selain itu, masyarakat Indonesia yang cenderung lebih aktif di internet atau sosial media ini bisa membantu jualan semakin luas jangkauannya. 

Agar pelanggan atau konsumen bisa mengetahui berbagai macam produk yang ditawarkan, sediakan tempat bagi konsumen dengan cara membuat sosial media. Dengan memberikan berbagai macam penawaran terbaik, tentunya kesadaran konsumen akan semakin meningkat. Hal ini akan membuat konsumen semakin tertarik untuk mencoba dan membeli produk dari bisnis kurma tersebut. Apalagi, jika sosial media sudah memiliki pengikut yang cukup banyak dan rame. Bisnis akan menjadi lebih menjangkau konsumen. 

8. Upayakan memiliki kios offline

toko offline
pexels

Agar bisnis kurma semakin berkembang, usahakan untuk memiliki kios offline. Hal ini dikarenakan transaksi yang dilakukan akan menjadi semakin mudah dan menjangkau konsumen yang dekat. Jangan lupa untuk memilih lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen, minimal bisa dijangkau dengan menggunakan transportasi umum. Jika belum bisa memiliki toko sendiri, sediakan booth sederhana di depan gedung atau tempat umum yang dijangkau oleh calon konsumen. 

BACA JUGA: Peluang Bisnis Usaha Bakso, Modal Kecil Omzet Bisa Jutaan!

9. Tingkatkan kualitas produk

kualitas produk
pexels

Meningkatkan kualitas produk merupakan salah satu cara bisnis kurma muda selalu dicari dan dibeli oleh konsumen. Konsumen akan menjadi setia dengan produk yang ditawarkan oleh Sedulur jika produk yang ditawarkan selalu berkualitas. Kepercayaan konsumen menjadi salah satu kunci kesuksesan suatu produk. 

Setelah melakukan beberapa cara di atas untuk memulai bisnis kurma, hal selanjutnya yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mengatur keuangan atau cash flow. Dengan mengatur keuangan secara tepat dan akurat, maka tidak akan terjadi hal-hal yang diinginkan seperti defisit atau overbudget. Jika Sedulur merupakan pebisnis pemula, gunakan berbagai aplikasi pembukuan online untuk membantu pengelolaan uang. Semoga membantu!