Usaha ternak modal 300 ribu bisa menjadi pilihan Sedulur sebagai pilihan untuk dapat menghasilkan keuntungan setiap bulannya. Ada banyak jenis usaha ternak yang bisa Sedulur jalankan, terutama hewan ternak yang dagingnya menjadi konsumsi masyarakat. Selain untuk dikonsumsi, Sedulur juga bisa berternak hewan peliharaan seperti ikan hias misalnya.

Dalam kesempatan kali ini, akan dijelaskan beberapa rekomendasi usaha ternak modal 300 ribu yang bisa Sedulur jalankan untuk bisa mendapatkan untung super melimpah. Apa saja jenis usaha ternak yang dimaksud? Yuk, mari kita langsung simak ulasanya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara dan Harganya

1. Ikan hias

1. usaha ternak modal 300 ribu
halodoc

Pertama adalah jenis usaha ternak yang cocok untuk anak muda, yaitu ikan hias. Selama masa pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang merawat ikan hias untuk menghilangkan rasa bosan selama work from home. Terutama, banyak pelaku bisnis ini yang dijalankan oleh anak muda.

-->

Selain hanya bermodalkan Rp 300.000, ikan hias juga merupakan usaha ternak 1 bulan panen. Jenis ikan hias yang bisa Sedulur ternak dan kemudian dijual adalah ikan cupang, ikan mas, ikan guppy, dan jenis ikan lainnya. Jika modal Sedulur telah cukup banyak, Sedulur bisa coba memulai menjalankan ternak ikan koi misalnya.

Mengapa usaha ikan hias bisa begitu berpotensi menghasilkan untung yang besar? Karena semakin hari para pecinta ikan hias semakin bertambah. Selain bisa memberikan ketenangan dan melepas penat pekerjaan, perawatan ikan hias juga cukup mudah. Hal tersebut membuat pecinta ikan hias semakin hari semakin bertambah.

2. Ternak ayam

2. ternak ayam
rimbakita

Hewan satu ini tidak usah diragukan lagi potensinya. Daging ayam merupakan daging yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Banyak jenis olahan daging ayam yang ada di Indonesia, hal tersebut menunjukan betapa orang Indonesia sangat menyukai daging ayam. Ini bisa Sedulur lihat sebagai sebuah potensi bisnis tentu saja.

Selain sebagai usaha ternak modal 300 ribu, ayam juga bisa dikembangkan. Terdapat jenis usaha peternakan ayam, mulai dari ayam negeri dan ayam kampung. Kedua jenis ayam memiliki pecinta tersendiri, Sedulur tidak perlu takut tidak laku. Selain itu, Sedulur juga bisa mencoba untuk menjual telur ayam selain dagingnya. Sama seperti dagingnya, telur ayam juga sangat diminati oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Cara Sukses Ternak Bebek yang Wajib Sedulur Ketahui

3. Tenak lele

3. usaha ternak modal 300 ribu
ukmkreatif

Rekomendasi usaha ternak modal 100 ribu selanjutnya adalah usaha lele, usaha ternak ini bisa jadi pilihan Sedulur untuk memulai masuk ke dunia bisnis. Orang Indonesia sangat menyukai lele, dan hal tersebut merupakan peluang yang sangat potensial untuk memberikan keuntungan bagi kita sebagai pelaku.

Langkah penting yang pertama adalah mempersiapkan lokasi ternak lele, dan jangan lupa juga memilih bibit unggul lele. Ciri-ciri bibit lele unggulan adalah benih nampak aktif mengerjakan oksigenasi, gesit, agresif & cerah, ukuran nampak seragam atau sama rata dan warna terlihat sedikit lebih terang.

4. Ternak burung puyuh

4. ternak burung puyuh
kompas

Jika diminta untuk sebutkan contoh dari usaha peternakan yang menjanjikan, salah satunya adalah ternak burung puyuh. Terutama ternak telur buyung puyuh, karena telur burung puyuh banyak disukai oleh orang-orang Indonesia. Baik daging dan telur puyuh dikenal memiliki rasa yang lezat.

Cara perawatan burung puyuh pun sangat mudah, tidak akan menyulitkan Sedulur. Namun, Sedulur perlu memperhatikan burung puyuh yang berusia di bawah 3 minggu, dengan memberikan pakan tepung agar lebih cepat berkembang. Sementara burung puyuh yang telah berusia lebih dari 3 minggu bisa mengkonsumsi biji-bijian.

BACA JUGA: 8 Cara Budidaya Ayam Kampung Modal Kecil, Untuk Pemula

5. Ternak kelinci

5. usaha ternak modal 300 ribu
berdesa

Salah satu contoh ternak di perkotaan yang bisa Sedulur jalankan adalah ternak kelinci. Saat ini, daging kelinci banyak diolah menjadi berbagai makanan, seperti nugget, sate, abon dan olahan lainnya yang diekspor ke luar negeri. Dengan modal kecil, Sedulur bisa mendapatkan keuntungan miliaran rupiah, karena pasar yang ditargetkan adalah pasar internasional.

Selain itu, di beberapa daerah seperti di kabupaten Bandung misalnya, di daerah Ciwidey banyak peternak kelinci yang dagingnya diolah sebagai sate. Pecinta kuliner sate kelinci pun banyak. Terutama turis yang datang berlibur ke Ciwidey, menjadikan sate kelinci sebagai kuliner yang wajib dicoba.

6. Ternak jangkrik

6. ternak jangkrik
tanipedia

Salah satu jenis usaha ternak modal 300 ribu lainnya yang menarik untuk dijalankan adalah usaha ternak jangkrik. Karena jangkrik merupakan salah satu pakan wajib untuk beberapa hewan ternak. Maka dari itu, kebutuhan akan jangkrik sangat tinggi, terutama bagi para pelaku usaha ternak seperti ayam dan para pemelihara burung. Perawatannya yang cenderung mudah juga merupakan salah satu keuntungan dari menjalankan usaha satu ini.

Berikut ini adalah potensi keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan saat menjalankan usaha jangkrik:

  • Penghasilan jangkrik = Rp 35.000 per Kg x panen 80 Kg jangkrik = Rp 2.800.000
  • Harga jangkrik Rp 35.000,00 per Kg ini bisa dibilang harga rata-rata, karena daerah lain harganya bisa berbeda, bahkan ada yang sampai Rp 80.000,00 jika sedang langka.
  • Keuntungan = Rp 2.800.000 – Rp 931.000,00 = Rp 1.869.000,00

Keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan bisa langsung menutupi modal awal yang Sedulur keluarkan. Tidak dalam waktu yang lama Sedulur bisa mendapatkan penghasilan yang mungkin lebih besar dari pemasukan Sedulur sebagai karyawan. Sebuah usaha ternak yang wajib Sedulur coba.

BACA JUGA: Tips & Trik Budidaya Udang Vaname, Bisa Jadi Ladang Cuan!

7. Ternak udang

7. usaha ternak modal 300 ribu
kumparan

Rekomendasi usaha ternak modal 200 ribu selanjutnya adalah ternak udang. Terutama jika Sedulur menjalankan ternak udang vename. Karena udang vaname merupakan salah satu udang yang memiliki cita rasa yang nikmat. Vaname juga merupakan jenis udang yang sering Sedulur temui di setiap restoran seafood.

Terlebih, ternak udang juga merupakan usaha ternak modal 300 ribu yang tidak akan memberatkan Sedulur di modal awalnya. Namun ketika menjalankan usaha ini, satu hal yang harus Sedulur perhatikan adalah pemberian pakan terhadap udang. Sedulur bisa memberikan protein tinggi dengan persentase 30%, Sedulur bisa memberikan pakan untuk udang sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

8. Ternak bebek

8. ternak bebek
liputan6

Rekomendasi ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat selanjutnya adalah ternak bebek. Ternak bebek merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek menjamin. Hal tersebut ditambah proses dan cara budidaya bebek yang tidak terlalu ribet. Perawatannya pun terbilang mudah. Berternak bebek memiliki peluang yang menjanjikan karena bebek merupakan daging banyak diminati masyarakat Indonesia.

Selain daging, Sedulur juga bisa menjual telur bebek. Karena, telur bebek bisa diolah untuk berbagai makan, seperti martabak telur dan juga untuk olahan makanan lainnya. Ditambah banyak masyarakat Indonesia yang begitu menyukai bebek dan menganggap bebek merupakan makanan yang spesial.

Sekian rekomendasi usaha ternak modal 300 ribu, semoga daftar usaha di atas bisa menjadi inspirasi bagi Sedulur yang ingin memulai usaha sebagai bagian dari ikhtiar untuk menambah penghasilan setiap bulannya. Kunci sukses menjalankan usaha adalah disiplin, sabar dan terus berusaha. Hingga kesuksesan berhasil dicapai di depan mata.