tips bisnis agen minuman

Salah satu bisnis yang bisa Sedulur jalankan yaitu bisnis keagenan, tentu di antara bisnis keagenan, salah satu bisnis yang memiliki potensi yang tinggi yaitu bisnis agen minuman. Terutama bisnis agen minuman kemasan yang bisa mendapatkan penghasilan lumayan.

Bagi Sedulur yang tertarik menjalankan bisnis agen minuman, wajib simak penjelasan dalam artikel ini. Karena kita akan mengulas segala hal terkait bisnis yang bisa menghasilkan cuan satu ini. Yuk, mari kita simak langsung penjelasannya!

BACA JUGA: Tips Super Untuk Mendapatkan Pelanggan Setia

Peluang bisnis agen minuman

Secara peluang, menjadi agen minuman bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan. Menjadi agen minuman membuat Sedulur harus menjadi perantara antara konsumen dan produsen. Perbedaan agen dan distributor hanya perbedaan nama saja.

Jika agen bertindak atas nama prinsipal, sementara distributor lebih kepada atas nama untuk dirinya sendiri. Mejalankan usaha tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai pengusaha harus benar-benar menganalisa sebuah peluang yang ada.

Peluang yang terlihat kemudian dipraktikan dengan cara dan strategi yang tepat. Ada banyak peluang usaha untuk menjadi agen minuman. Untuk memudahkan Sedulur, berikut ini beberapa jenis peluang yang menjanjikan:

1. Peluang usaha menjadi agen distributor minuman gelas

Memanfaatkan peluang usaha ini ada tiga pilihan, pertama menjadi agen distributor minuman ringan, kedua yaitu minuman berbentuk gelas, botol dan keduanya. Distributor minuman gelas tentu bisa menjadi salah satu pilihan Sedulur

Mengapa demikian? Karena bisanya harga-harga minuman gelas bisa dibilang lebih murah dari jenis minuman kemasan lainnya. Contohnya banyak sekali, seperti Aqua gelas, Aquaria, Ale-Ale, Okky Jelly Drink, Teh Hijau, Mountea, Kopyes dan lain-lain.

Itu hanya sebagian contoh rekomendasi bisnis minuman gelas yang bisa Sedulur coba. Minuman gelas biasanya laris manis dibeli oleh anak-anak kecil dan remaja yang masih anak sekolahan.

2. Peluang usaha agen distributor minuman botol

Pilihan lain yakni menjadi distributor minuman botol, tentu banyak sekali pilihannya. Mulai dari air putih dari beberapa merek tertentu yang dikemas dalam bentuk botol, atau minuman ringan botol rasa kopi yang laris manis dibeli oleh remaja muda jaman sekarang.

Menjadi distributor minuman botol bisa Sedulur distribusikan di warung-warung kelontong atau toko-toko yang banyak tersebar di kota atau pun didaerah pedesaan.

BACA JUGA: 9 Ide Desain Banner Toko Sembako Untuk Menarik Pelanggan

Syarat menjalankan bisnis agen minuman

Pexels

Sebenarnya tidak ada syarat khusus jika Sedulur ingin memulai bisnis usaha menjadi distributor minuman kemasan ringan. Hanya saja Sedulur harus melengkapi berbagai keperluan yang harus dipersiapkan seperti modal, tempat penyimpanan dan lainnya.

Kecuali jika Sedulur ingin langsung menjadi distributor dari perusahaan produk yang ditargetkan, contohnya Coca-Cola. Sedulur harus mengisi formulir pendaftaran yang tertera dalam website resminya.

BACA JUGA: Fakta Menarik Hari Pelanggan Nasional

Cara memulai bisnis agen minuman

Pexels

Tentu ada beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui ketika akan mulai menjalankan bisnis agen minuman. Untuk membantu dan memudahkan Sedulur, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan jika ingin merintis bisnis agen minuman.

1. Menghubungi agen produsen utama atau distributor besar

Langkah pertama dalam memulai bisnis agen minuman kaleng adalah dengan mencari tahu dan menghubungi agen produsen utama. Di sini Sedulur pun dapat sekaligus melakukan riset. Riset produsan atau distributor mana yang memberikan pelayanan dan harga terjangkau. Penting untuk meriset produsen utama dan distributor karena hal ini berkaitan dengan kelanjutan dari bisnis Sedulur itu sendiri.

2. Pilih dan tentukan lokasi

Setelah itu, di langkah kedua adalah dengan mencari lokasi. Sedulur dapat mencari lokasi yang cukup strategis. Umumnya, lokasi yang dibutuhkan untuk bisnis agen minuman kaleng adalah yang mudah dijangkau, di mana parkirnya pun memadai.

3. Menyiapkan gudang penyimpanan

Lalu, di langkah ketiga dalam memulai bisnis agen minuman kaleng adalah dengan menyiapkan gudang penyimpanan. Pasalnya, dengan menjadi agen minuman kemasan Sedulur membutuhkan tempat penyimpanan khusus. 

Jangan lupa siapkan gudang yang memadai. Untuk pemula, tidak harus membangun ruangan baru untuk menjadi gudang penyimpanan. Pebisnis bisa memanfaatkan satu ruangan di rumah untuk dijadikan sebagai gudang penyimpanan, asalkan aman, dan juga bersih

4. Menyiapkan armada pengantar barang ke pelanggan

Jangan lupa juga untuk menyiapkan armada pengantar barang ke pelanggan. Sedulur membutuhkan armada khusus untuk mengantarkan produk kepada pelanggan. Hal ini harus Sedulur lakukan karena pelanggan biasanya terima beres.

Apabila masih pemula, bisa memanfaatkan kendaraan roda dua sebagai armada pengantar produk. Namun, pebisnis harus bisa mengestimasi seberapa banyak produk yang bisa diantar jika menggunakan kendaraan roda dua. Pelayanan antar ini tentunya akan menambah kepuasan pelanggan dan mereka merasa terlayani dengan baik.

5. Menentukan target promosi

Jangan lupa untuk menentukan target promosi. Di luar sana sudah ada banyak pelaku bisnis agen minuman kaleng yang menjalankan usaha agen minuman kemasan. Untuk itu, bidik target market Sedulur sendiri.

Tidak sedikit pebisnis dan pengusahan yang menjalankan agen minuman yang belum menentukan target promosi namun telah melakukan promosi secara besar-besaran. Tentu ini adalah hal yang salah. Karena promosis tidak bisa dilakukan secara asal.

Promosi yang asal dapat berdampak pada hasil yang tidak efektif. Oleh karena itu, mulailah membuat daftar target sasaran promosi dan juga aktivitas promosi apa yang akan dilakukan. Pebisnis juga harus memiliki target berapa jumlah pelanggan yang berhasil didapat dalam satu kali promosi.

BACA JUGA: 9 Ide Desain Banner Toko Sembako Untuk Menarik Pelanggan

6. Lakukan promosi

Setelah membidik target market Sedulur sendiri, jangan lupa untuk melakukan promosi secara gencar. Sedulur juga bisa melakukan promosi dari rumah ke rumah. Selain itu, Sedulur juga dapat melakukan promosi secara online.

Promosi bisnis di era modern saat ini bisa dilakukan dengan online bahkan merupakan sesuat yang mudah dan gampang. Tinggal bagaimana cara dan strategi yang akan dilakukan, mau yang gratis apa berbayar.

Jika Sedulur pintar dalam hal analisis, melakukan promosi melalui media sosial merupakan langkah tepat dan mudah yang bisa Sedulur lakukan. Pengguna internet di Indonesia sangat banyak, tentu pengguna media sosial juga semakin berkembang pesat.

Sedulur bisa melakukan promosi gratis melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan lain-lain. Sedulur juga bisa melakukan promosi berbayar melalui media cetak seperti koran yang menyediakan sebuah kolom iklan.

7. Jangan lupa siapkan modal

Di langkah selanjutnya ini, Sedulur bisa menyiapkan modal dalam memulai bisnis agen minuman kaleng ini. Ada pun modal dalam memulai bisnis ini dapat dikatakan cukup besar karena berkaitan dengan stok minuman kemasan dan armada hingga gudang.

Misalnya, modal usaha agen minuman kemasan yang sudah disiapkan adalah 10 juta rupiah. Namun, biaya ini terbilang masih terbatas dan hanya bisa memaksimalkan ruangan yang ada. Belum termasuk untuk membeli armada transportasi baru, dan juga tanpa karyawan.

Modal 10 juta tersebut sudah bisa menyetok 40 minuman kemasan 330 ml dengan estimasi per kartonnya berharga Rp105.000. Kemudian, bisa menyetok lagi minuman kemasan botol 500ml berjumlah 40 karton dengan estimasi per kartonnya Rp175.000. Untuk minuman kemasan 250 ml juga bisa menyetok hingga 40 karton dengan estimasi per kartonnya Rp85.000.

8. Perhatikan karyawan

Berikutnya adalah dengan merekrut karyawan khusus untuk bisnis ini. Ada pun Sedulur sebaiknya merekrut karyawan yang pekerja keras, ulet, dan telaten. Pastikan mereka juga dapat melayani pelanggan dengan ramah.

9. Kelola keuangan

Setelah usaha berjalan, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik. Mulailah dengan mencatat semua arus transaksi secara detail. Jangan lupa juga untuk memisahkan keuangan rumah tangga dengan usaha.

BACA JUGA: 8 Tips Ampuh Hadapi Komplain Pelanggan

Alamat distributor agen minuman

Pexels

Bagi Sedulur yang tertarik menjalankan bisnis ini dan ingin menghubungi mitra yang bisa dihubungi. Ada beberapa alamat distributor yang bisa Sedulur hubungi. Beberapa distributor ini dikenal dengan layanan kerjasama yang memuaskan. Berikut ini rekomendasi layanan beberapa agen minuman di daerah Bandung, Bekasi, Bogor:

1. Alamat supplier distributor minuman di Bandung

Jika anda berdomisili di kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Berikut ini beberapa alamat supplier atau distributor minuman yang bisa anda coba, antara lain:

  • Grosir toko minuman bersoda : Alamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 246, mulai buka dari jam 8.00 hingga tutup.
  • Distributor / Grosir Minuman Pak Ali : Alamat di Jalan Kebon Jayanti, nomer telepon yang bisa dihubungi (022 95095411).

2. Alamat distributor minuman ringan di Bekasi

Nah jika lokasi rumah anda berada di Bekasi, ada beberapa rekomendasi tepat untuk memperoleh minuman kemasan ringan untuk kemudian di distribusikan kembali sebagai tujuan bisnis anda, meliputi :

  • Siti Sanjaya Sembako : Anda bisa mendapatkan berbagai jenis minuman ringan dengan berbagai pilihan lengkap. Alamatnya berada di jalan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Nomor yang bisa dihubungi : 081387379481. Informasi lebih lanjut terkait berbagai minuman yang dijual Klik Disini
  • Distributor minuman kemasan ringan kedua di kota Bekasi yaitu MITRA100, alamatnya berada di Jalan Patriot, Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat. Buka dari jam 08.00 pagi hingga 05.00 sore. Nomor telepon yang bisa dihubungi (081285356631).

3. Alamat distributor minuman ringan di Bogor

Berikut ini beberapa alamat distributor minuman ringan di kota Bogor :

  • Toko Jojo : Toko ini merupakan distributor minuman kemasan ringan, banyak sekali berbagai minuman beraneka rasa yang bisa anda dapatkan, mulai dari dalam bentuk gelas, maupun botol. Syarat pengiriman minimal 1 truk. Alamat di Jalan Setia Mekar, Bekasi, Jawa Barat. Buka dari jam 06.00 pagi hingga tutup 19.00 malam. Nomor telepon yang bisa dihubungi : 082124189129.
  • Toko Citra Alyatama Mandiri : Agen gas dan distributor minuman kemasan ringan di Bogor. Berbagai macam produk minuman dijual disini, harga bisa nego jika pembelian lebih dari 25 dus. Informasi lebih lanjut hubungi 081310869597.

Tips sukses menjalankan bisnis agen minuman

Pexels

Dalam berjualan dan menjadi agen minuman, ada beberapa tips yang dapat Sedulur terapkan. dengan menerapkannya, Sedulur dapat menjualnya sampai laku keras. Berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan agar memudahkan Sedulur menjalankan bisnis:

  • Tips pertama adalah dengan manual di tempat keramaian. Carilah tempat di keramaian seperti sekitar pasar, gelanggang olahraga, sekolah, bahan tempat umum lainnya.
  • Tips kedua adalah dengan membuat desain yang menarik. Sedulur dapat membuat desain outlet Sedulur dengan yang menarik. Jangan lupa juga untuk memberikan nama outlet secara unik. pastikan namanya mudah diingat dan dapat menarik perhatian. Sedulur juga dapat menyediakan sistem pesan antar. Dengan layanan ini, Sedulur dapat mengikat mereka menjadi pelanggan tetap. Secara berkala, lakukan perjanjian untuk mengantar secara bulanan, mingguan, bahkan harian. Tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan Sedulur.
  • Tips selanjutya adalah dengan membagikan kupon potongan harga. Namun, sebelumnya Sedulur harus memastikan sudah memiliki margin keuntungan. Jadi dengan potongan harga ini Sedulur tidak akan rugi. Sedulur juga dapat memberikan petunjuk arah di beberapa sudut jalan yang dapat mengarahkan ke kios Sedulur.

Tisp di atas bisa jadi panduan Sedulur untuk menjalankan bisnis agen minuman. Namun pada dasarnya, tips bisnis hanya panduan saja. Kesuksesan sebuah bisnis tentu saja bergantung pada Sedulur, pada kemampuan dan ketekunan Sedulur dalam menjalankan bisnis itu sendiri,

Nah itulah penjelasan terkait bisnis agen minuman, mulai dari tips memulainya serta beberapa informasi penting yang berkaitan bagi Sedulur yang ingin menjalankannya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk menjalankan bisnis.

Kunci dalam menjalankan bisnis adalah bersabar dan disiplin, jangan menyerah dan berhenti berusaha. Karena peluang dan kesempatan untuk bangkit bisa datang kapan pun dan bisa membalikan keadaan mengantarkan Sedulur kepada kesuksesan.