Pernah dapat komplain dari pelanggan tapi masih belum tahu cara mengatasinya? Yuk Sedulur ikuti beberapa tipsnya di sini!

Komplain pelanggan memang hal yang sangat lumrah terjadi dalam dunia bisnis, entah itu bisnis kecil maupun bisnis besar yang sudah puluhan tahun berdiri. Sedulur tidak perlu panik dan berkecil hati jika mendapatkan komplain dari pelanggan.

Semua bisnis pasti memiliki pelanggan yang berbeda karakter dan tentunya sering menghadapi komplain. Komplain pelanggan ini tidak bisa Sedulur hindari begitu saja, karena Sedulur perlu menghadapi dan mengatasinya dengan baik.

Komplain pelanggan tergantung pada pelayanan yang Sedulur berikan sebagai pelaku bisnis. Perlu Sedulur ketahui juga, bahwa komplain ini bisa berdampak pada kelancaran bisnis. Untuk itu, Sedulur perlu mengatasi komplain dengan baik. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi komplain pelanggan? Coba deh, simak beberapa penjelasan di bawah ini!

-->

Baca Juga: 10 Cara Mudah Menata Toko Kelontong Agar Makin Menarik Pembeli

Jadilah pendengar yang baik

Hadapi Komplain Pelanggan

Hal yang pertama kali Sedulur lakukan ketika menghadapi komplain pelanggan adalah mendengarkan keluhan mereka dengan baik. Biarkan pelanggan berbicara hingga selesai. Jangan sampai Sedulur memotong pembicaraan.

Jika hal itu terjadi, maka pelanggan akan menganggap Sedulur tidak memiliki sopan santun dan kecewa dengan sikap Sedulur. Jangan lupa untuk mencatat semua poin yang mereka sampaikan. Jangan sampai pelanggan mengulang perkataan mereka, karena akan menimbulkan masalah baru. 

Tunjukkan empati

Hadapi Komplain Pelanggan

Kedua, tunjukkan rasa empati Sedulur kepada pelanggan. Berbicara lah dengan lemah lembut dan berhati-hati, jangan sampai perkataan Sedulur malah menyakiti hati pelanggan Sedulur.

Jangan tunjukkan sikap yang cuek dan acuh tak acuh, karena bisa menambah masalah. Ketika Sedulur menunjukkan rasa empati, pelanggan pasti akan menaruh rasa percaya kepada bisnis Sedulur.

Pastikan Sedulur bertanya dengan sopan

Hadapi Komplain Pelanggan

Ketiga, Sedulur bisa mengajukan pertanyaan kepada pelanggan dengan sopan. Ajukan pertanyaan terkait kendala yang sedang mereka hadapi. Dengan sikap inilah, pelanggan akan merasa dihargai dan menaruh kepercayaan pada bisnis Sedulur.

Jangan lupa meminta maaf jika ada kendala

Hadapi Komplain Pelanggan

Keempat yaitu jangan lupa untuk memohon maaf atas kendala yang pelanggan hadapi terkait produk yang dibeli. Saat pelanggan merasa Sedulur memohon maaf dengan sungguh-sungguh, akan lebih mencairkan suasana.

Disela-sela memberikan penjelasan kepada pelanggan dan ingin membela diri, usahakan jangan menyalahkan atau menyebutkan pihak lain.

Karena yang perlu Sedulur lakukan hanyalah meminta maaf. Tunjukkan bahwa Sedulur benar-benar mendengar dan menyesali komplain dari pelanggan atas kendala yang mereka alami. 

Baca Juga: Ingin Toko Ramai Pembeli? Ikuti Tips Ini!

Berikan solusi pada pelanggan

Hadapi Komplain Pelanggan

Setelah itu, Sedulur perlu memberikan solusi pada pelanggan tentang masalah tersebut. Hal ini penting untuk Sedulur lakukan agar pelanggan merasa dihargai dan tidak merasa kecewa dengan pelayanan yang sudah Sedulur berikan.

Perlu Sedulur ingat, Sedulur perlu menanyakan persetujuan terlebih dulu dan pastikan kedua belah pihak saling sepakat dengan solusi yang Sedulur tawarkan. 

Jangan terlalu kaku

Hadapi Komplain Pelanggan

Seringkali beberapa pelaku bisnis bersikap kaku sehingga membuat pelanggan jadi merasa kurang diperhatikan. Sikap inilah yang sebenarnya kurang disukai oleh pelanggan Sedulur.

Anggap saja pelanggan adalah partner atau sahabat Sedulur. Jadi, Sedulur tidak perlu kaku namun tetap perlakukan mereka dengan sopan dan baik. 

Selesaikan masalah

Setelah Sedulur menerima keluhan dari pelanggan, segeralah untuk menyelesaikan masalah berdasarkan solusi yang telah Sedulur dan pelanggan sepakati diawal. Jangan sampai Sedulur terlambat dalam menyelesaikan masalah, karena akan menimbulkan kekecewaan bagi pelanggan.

Bisa jadi pelanggan malah berpaling dari toko Sedulur dan memilih toko lain yang memiliki pelayanan yang lebih baik. Jika hal itu tidak ingin terjadi, selesaikan masalah sesegera mungkin, ya!

Evaluasi untuk meningkatkan pelayanan

Setelah menyelesaikan masalah, Sedulur tidak bisa berhenti begitu saja. Sedulur juga perlu mengevaluasi berbagai keluhan dari pelanggan. Hal ini dilakukan agar Sedulur bisa meningkatkan kinerja maupun pelayanan yang lebih baik.

Setiap produk atau jasa yang mendapatkan komplain dari pelanggan dan dievaluasi tentu akan menjadikan bisnis Sedulur semakin berkembang, produk yang Sedulur jual akan memiliki kualitas yang baik dari kompetitor lainnya. 

Baca Juga: Tips Super Untuk Mendapatkan Pelanggan Setia

Nah itulah beberapa hal yang perlu Sedulur lakukan dalam menghadapi komplain pelanggan. Pada intinya, semua pelanggan selalu ingin diperlakukan dengan baik. Jangan lupa perlakukan pelanggan dengan baik ya, Sedulur!

Sedulur ingin kulakan sembako tanpa ribet keluar rumah? Coba Aplikasi Super aja! Download aplikasinya di sini.