Simak fakta menarik seputar hari pelanggan nasional yang dirayakan tepat hari ini.

Banyak hari istimewa yang dirayakan di Indonesia. Salah satunya adalah penghargaan kepada para pelanggan dan pembeli di Indonesia yang diabadikan dalam sebuah perayaan hari pelanggan nasional yang tepat jatuh pada hari ini tanggal 4 September 2020.

Sejarah hari pelanggan nasional dicetuskan oleh seorang pengusaha terkenal di Indonesia bernama Handi Irawan, seorang ahli marketing di Frontier Consulting Group. Sebuah Group yang dirintisnya pada tahun 1997.

Ide untuk mencetuskan hari pelanggan nasional dilakukan oleh Handi Irawan agar dapat mendorong dan lebih meningkatkan geliat perekonomian Indonesia. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan perekonomian adalah dengan meningkatkan daya beli masyarakat.

Oleh karena itu, hari pelanggan nasional jatuh pada tanggal 4 September 2020 hari ini lahir. Arti hari pelanggan nasional hadir untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.  Quote hari pelanggan nasional yaitu ‘Senyum Pelanggan Indonesia’ memiliki makna agar masyarakat mampu memiliki daya beli tinggi.

-->

Terdapat beberapa fakta menarik terkait hari pelanggan nasional yang wajib Sedulur ketahui, apa saja faktanya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang Harus Kamu Tahu

Fakta Menarik Seputar Hari Pelanggan Nasional

1. Hari Pelanggan Nasional Sangat Dinanti Oleh Masyarakat

Hari Pelanggan Nasional Sangat Dinanti Oleh Masyarakat

Hari pelanggan nasional atau harpelnas sangat dinantikan oleh masyarakat karena memiliki beberapa keuntungan yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Selalu terdapat banyak promo dan diskon pada harpelnas dari berbagai brand lokal Indonesia.

Hal ini dikarenakan tujuan dari harpelnas itu sendiri yang lahir untuk meningkatkan daya beli masyarakat agar lebih mendorong peningkatan ekonomi negara Indonesia. Semakin tinggi masyarakat membeli, semakin banyak perputaran uang di Indonesia.

Setiap perusahaan yang menjual produk dan jasa memberikan berbagai pelayanan dan diskon untuk memeriahkan harpelnas agar perekonomian negara semakin maju lagi.

2. Makna Harpelnas Bagi Perusahaan

Makna Harpelnas Bagi Perusahaan

Tidak hanya bagi masyarakat, harpelnas juga memiliki manfaat bagi perusahaan dan pengusaha itu sendiri. Perusahaan dan pengusaha yang menjalankanya memaknai harpelnas sebagai momentum untuk memberikan pelayanan terbaik.

Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan merupakan kewajiban utama dari setiap perusahaan. Namun, belum banyak perusahaan yang memahami pelanggannya dengan baik walaupun telah memberikan berbagai pelayanan yang maksimal.

Oleh karena itu, hari pelanggan nasional akan dimaknai oleh perusahaan dan dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan pelayanan dan memahami keinginan pelayangan dengan seksama.

3. Harpelnas Diresmikan Langsung Oleh Presiden Megawati Soekarnoputri

3. Harpelnas Diresmikan Langsung Oleh Presiden Megawati Soekarnoputri

Karena harpelna akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian Indonesia, membuat Presiden Indonesia saat itu, Megawati Soekarnoputri, langsung turun dan ikut terlibat dalam peresmian harpelnas.

Peresmian dan penetapan harpelnas berlangsung pada 4 September 2003 yang dihadiri oleh sekitar 200 jajaran direksi dari berbagai perusahaan dan BUMN yang ada di Indonesia. Hal ini juga yang menjadikan harpelnas diperingati setiap tanggal 4 September di Indonesia.

Penentuan hari penting selalu berdasarkan momentum penting, pada 4 September 2003 terdapat momentum penting dalam dunia ekonomi Indonesia. Yaitu berkumpulnya para pengusaha dan berbagai jajaran direksi dari perusahaan swasta dan milik negara.

4. Harpelnas Memiliki Logo Khusus

Fakta menarik dari harpelnas selanjutnya adalah harpelnas memiliki logo khusus. Hal tersebut menunjukan betapa seriusnya Indonesia memperingati hari pelanggan nasional yang jatuh dan bertepatan pada hari ini..

Logo yang melambangkan senyum pelanggan dengan warna hijau sebagai warna utama yang melambangkan kesejukan, persahabatan, keramahan dan juga kesuburan yang merupakan harapan bagi roda perekonomian di Indonesia agar semakin maju dan berkembang.

Bidang ekonomi merupakan tiang penting untuk berjalannya negara. Semakin baik ekonomi masyarakat, akan semakin baik juga ekonomi negara Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara demokrasi yang mementingkan peran masyarakatnya.

Baca Juga: Sejarah Lengkap Hari Pelanggan Nasional dan Pencetusnya

5. Selalu Terdapat Perayaan Meriah Saat Harpelnas

Selalu Terdapat Perayaan Meriah Saat Harpelnas

Setiap memperingati harpelnas, perayaan meriah selalu dilakukan, kegiatan seperti event, seminar hingga parade diadakan untuk memeriahkan harpelnas. Namun agaknya harpelnas hari ini akan jauh berbeda dengan harpelnas di tahun sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang membuat kerumunan masyarakat banyak dilarang untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Namun ada beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan dan tidak akan mengurangi kemeriahan harpelnas.

Seperti kegiatan yang dilakukan secara online dan virtual. Dan juga beberapa waktu yang lalu, telah keluar beberapa penyesuain kebijakan dan peraturan terkait adaptasi kebiasaan baru atau yang kita kenal dengan new normal dalam konteks pelaksanaan kegiatan.

Selamat hari pelanggan nasional, semoga harpelnas dapat semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih maju lagi. Dan juga mampu membuat Indonesia semakin berkembang pesat dalam bidang ekonomi dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Dalam momen harpelnas yang jatuh tepat pada hari ini, Aplikasi Super sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako juga ikut terlibat dalam memeriahkan perayaan harpelnas. Aplikasi Super juga selalu menggunakan semangat harpelnas dalam menentukan setiap program yang diluncurkan.

Hal tersebut bisa dilihat dan dibuktikan secara langsung kepada setiap pelanggan dan pengguna setia Aplikasi Super. Seberapa serius dan konsistennya Aplikasi Super memberikan pelayanan bagi setiap masyarakat Indonesia.

Mulai dari memberikan sembako dengan harga murah dan terjangkau, hingga pembinaan dan pelatihan bagi masyarakat yang memiliki bisnis sembako. Hal tersebut dilakukan Aplikasi Super untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga kesejahteraan hidupnya.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Pelajari juga cara daftar Aplikasi Super agar bisa mendapatkan pelayanan prima dari Aplikasi Super pada momentum harpelnas yang jatuh pada hari ini.