wisata kota batu

Wisata Kota Batu, Malang dikenal memiliki berbagai macam tempat hiburan menarik untuk bertamasya. Bahkan, dari tahun ke tahun, wisata Kota Batu selalu menjadi pilihan utama masyarakat di sekitar Jawa Timur untuk menghabiskan waktu di akhir pekan hingga akhir tahun. Pilihan tempat wisata di Batu juga beragam, dari wisata sejarah, alam, kuliner hingga wisata belanja semua ada.

Tempat wisata Batu juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Terdapat beberapa objek wisata di Batu Malang, mulai dari objek wisata baru di Batu, tempat rekreasi di Batu, wisata alam Batu hingga, tempat wisata murah di Batu. Dari mulai wisata Batu Malang terbaru hingga wisata Malang Batu terfavorit. Untuk itu, kami akan mengulas beberapa destinasi wisata Batu Malang yang dimaksud secara lengkap khusus untuk Sedulur. Jadi mari kita langsung saja simak daftar tempat wisata daerah Batu Malang di bawah ini!

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata Lamongan Terbaru Paling Hits 2023

Daftar destinasi wisata Kota Batu yang menarik dan wajib dikunjungi!

Berikut sudah dirangkum 25 rekomendasi tempat wisata di Kota Batu yang menarik dan wajib Sedulur kunjungi. Mulai dari Jawa Timur Park atau Jatim Park, Batu Night Spectacular, hingga berbagai air terjun yang menyuguhkan pemandangan indah dan menyejukkan.

-->

1. Jatim Park 1

1.   Jatim Park 1
indolora.co.id

Jawa Timur Park 1 atau juga biasa disebut Jatim Park 1 merupakan tempat wisata kota Batu yang merupakan tempat wisata terfavorit. Banyak masyarakat mengajak keluarganya untuk berlibur di tempat wisata satu ini. Jatim Park 1 beralamat di Jalan Kartika No. 2, Batu, Malang. Tempat wisata ini berada di kawasan lereng Gunung Panderman. Banyak wahana air yang bisa dinikmati di tempat wisata satu ini.

2. Jatim Park 2

wisata kota batu
infobanknews.com

Tempat rekreasi di Batu satu ini dibangun berdasarkan kesuksesan Jatim Park 1. Daya tampung di Jatim Park 1 sudah tidak sanggup lagi menampung kunjungan masyarakat, oleh karena itu pengembang dan pengelola akhirnya mendirikan Jatim Park 2 untuk menjawab kebutuhan masyarakat untuk rekreasi dan berlibur. Tempat wisata kota Batu ini beralamat di Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Malang. Banyak wahana yang bisa Sedulur nikmati di tempat wisata satu ini.

3. Batu Night Spectacular

3.   Batu Night Spectacular
wisatabagus.com

Batu Night Spectacular, atau masyarakat setempat menyebutnya BNS, merupakan tempat wisata kota Batu yang sedang hits dan populer. Beralamat di Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, tidak jauh dengan letak Jatim Park 2, tempat wisata ini siap menghibur Sedulur dengan berbagai aneka wahana permainan yang seru dan menghibur. Mulai dari wahana untuk anak-anak hingga orang dewasa lengkah di tempat wisata kota Batu ini.

 

4. Eco Green Park

4.   Eco Green Park
bosniatravel.net

Destinasi wisata kota Batu yang bisa Sedulur jadikan rekomendasi selanjutnya adalah Eco Green Park. Tempat wisata ini terletak di Jalan Ora-Ora Ombo No. 9A, Kota Batu. Masih satu kawasan dengan BNS dan Jatim Park 2. Banyak wahana edukasi sekaligus rekreasi yang bisa Sedulur nikmati di tempat wisata ini. Bagi Sedulur yang membawa anak-anak, di wisata kota Batu ini terdapat banyak wahana edukatif untuk sang buah hati.

5. Museum Angkut

5.   Museum Angkut
trippers.id

Salah satu museum unik yang ada di Indonesia. Museum Angkut berisi tentang materi dari berbagai koleksi moda transportasi. Sedulur bisa sekaligus belajar tentang sejarah transportasi yang ada di Indonesia, mulai dari Transportasi keluaran Jepang, Uni Eropa dan banyak laigi. Museum Angkut bisa Sedulur datangi dari jam 12.00-20.00 WIB.

BACA JUGA: 40 Tempat Wisata Kediri Terbaru dan Paling Hits 2023

6. Museum d’Topeng Kingdom

6.   Museum d’Topeng Kingdom
tripadvisor.com

Wisata kota Batu selanjutnya adalah Museum d’Topeng Kingdom. Musejm ini terletak berdekatan dengan Museum Angkut. Sedulur bisa mengetahui aneka jenis topeng ketika berkunjung ke museum ini. Museum yang mulai resmi beroperasi dari sejak 23 Mei 2014 ini memiliki 2000 koleksi topeng kuno dari berbagai penjuru Indonesia.

7. Taman Selecta Batu

wisata kota batu
ksmtour.com

Taman ini sudah berdiri sejak dari masa penjajahan Belanda, yaitu sejak tahun 1930. Tempat wisata kota Batu ini memiliki luas sekitar 18 hektar yang terbagi dalam empat bagian. Pertama Taman Rekreasi, kedua Hotel, ketiga Restoran dan keempat perkebunan. Di taman ini terdapat berabgai fasilitas dan wahana permainan yang bisa Sedulur nikmati untuk menghabiskan waktu libur.

8. Inggil Museum Resto

8.   Inggil Museum Resto
kumparan.com

Pusat tempat kuliner di Malang dan sekitarnya berada di tempat wisata kota Batu satu ini. Restoran ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang Sedulur kunjungi. Tentu saja saat berlibur, Sedulur akan kelelahan dan lapar. Restoran ini cocok untuk dijadikan tempat makan Sedulur. Bukan hanya makanan yang nikmat, nuansa dan suasana yang ada di restoran ini bisa membuat Sedulur menjadi lebih khidmat dalam menikmati makanan.

9. Kusuma Agrowisata

9.   Kusuma Agrowisata
malangsurabaya.com

Salah satu kota penghasil apel Malang yang khas adalah kota Batu. Kusuma Agrowisata merupakan tempat wisata kota Batu yang menyuguhkan wahana berlibur dengan berkebun. Sedulur bisa memetik dan mencicipi langsung buah apel khas Malang di tempat wisata kota Batu ini. Tempat wisata kota Batu ini beralamat di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu, Malang.

10. Pura Giri Arjuno

wisata kota batu
urbanasia.com

Salah satu tempat wisata kota Batu yang memiliki suasana khidmat adalah Pura Giri Arjuno. Salah satu tempat ibadah umat Hindu ini terletak di Dusun Junggo Desa Tulungrejo, Kota Batu. Umat Hindu Se-Jawa Timur pasti berkunjung ke pura ini, karena selain sebagai tempat wisata, pura ini juga merupakan pusat tempat beribadah umat Hindu Se-Jawa Timur.

BACA JUGA: 22 Tempat Wisata di Jember Terhits yang Wajib Dikunjungi

11. Batu Wonderland

11.   Batu Wonderland
travelspromo.com

Tempat wisata kota Batu selanjutnya adalah Batu Wonderland. Salah satu tempat wisata yang juga ramai dikunjungi ketika musim liburan tiba. Batu Wonderland merupakan kompleks tempat wisata, terdapat hotel, pusat perbelanjaan, pusat dan wahan permainan hingga water park. Tempat wisata kota Batu ini terletak di Jalan Iman Bonjol, No. 9. Dekat dengan alun-alun kota Batu.

12. Paralayang Batu

12.   Paralayang Batu
travelspromo.com

Terdapat juga tempat wisata kota Batu bagi para pecinta olahraga ekstrim. Sedulur bisa mencoba paralayang yang ada di kota Batu yang berlokasi di Gunung Banyak. Sedulur harus mengeluarkan uang sekitar 350 ribu hingga 600 ribu untuk sekali percobaan. Biaya yang agak mahal memang, namun sangat sepadan dengan sensasi yang bisa Sedulur dapatkan dari wisata ini.

 

13. Omah Kayu

13.   Omah Kayu
penginapan.net

Ingin tempat wisata yang santai dan menikmati pemandangan di atas ketinggian? Omah Kayu Batu Malang adalah jawabannya. Tempat wisata ini merupakan sebuah rumah yang berdiri di antara pohon yang berukuran 3 x 3 meter. Terdapat kamar tidur dan pemanas air yang bisa Sedulur nikmati di tempat ini. Biaya sewa per malamnya juga termasuk murah, sekitar 350 ribu hingga 450 ribu. Jangan khawatir, keamanan rumah ini sangat terjamin, kok!

14. Kaliwatu Rafting

14.   Kaliwatu Rafting
Tribunnews.com

Bukan hanya paralayang, olahraga ekstrim lainnya yang bisa Sedulur nikmati di kota Batu adalah Kaliwatu Rafting. Jika Sedulur memutuskan berkunjung ke Jatim Park 1, tidak ada salahnya untuk sekaligus menikmati wisata arung jeram ini. Ingin memacu adrenalin sebagai sarana melepas penat pekerjaan? Arung jeram di Kaliwatu Rafting adalah jawabannya.

15. Air Terjun Coban Talun

15.   Air Terjun Coban Talun
Kompas.com

Terdapat juga wisata alam yang indah di Kota Batu. Air Terjun Coban Talun adalah jawabannya. Air terjun ini terletak di Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Selain karena keindahan air terjun, hijaunya tumbuh-tumbuhan di sekitarnya juga dijamin akan memanjakan Sedulur yang ingin menghabiskan waktu liburan yang berkualitas.

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata Pasuruan Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

16. Agrowisata Bumiaji

16.   Agrowisata Bumiaji
serverharga.com

Tempat wisata kota Batu yang mengusung konsep berkebun lainnya adalah Agrowisata Bumiaji. Sedulur bisa langsung memetik buah apel dan mencicipinya di tempat wisata satu ini. Agrowisata Bumiaji adalah salah satu tempat agrowisata yang menjadi andalan kota Batu.

17. Air Terjun Coban Rondo

17.   Air Terjun Coban Rondo
wikimedia.org

Air terjun satu ini sudah sangat terkenal, salah satu air terjun dan tempat wisata alam yang terkenal di Batu Malang. Karena banyak program TV nasional yang telah meliput langsung tempat wisata kota Batu satu ini. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, tempat wisata ini adalah air terjun janda. Hal tersebut tidak sembarang diberi nama, namun berdasarkan cerita dan legenda yang ada.

18. Pemandian Songgoriti Batu

18.   Pemandian Songgoriti Batu
dolandolen.com

Salah satu tempat pemandian yang juga ramai dikunjungi saat liburan di kota Batu adalah Pemandian Songgoriti Batu. Di sekitar tempat pemandian ini juga terdapat Goa Jepang dan Candi Songgoriti yang kelestariannya hingga saat ini masih terjaga. Berkunjung ke tempat wisata ini juga bisa sekaligus berkunjung ke Goa Jepang dan Candi Songgoriti.

19. Rumah Indian Coban Talun

19.   Rumah Indian Coban Talun
booking.com

Salah satu tempat wisata terbari di Kota Batu ini menawarkan wisata unik ala suku Indian Amerika. Sedulur hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 5000 saja untuk menikmati tempat wisata unik satu ini. Bentuk rumah yang unik menjadi daya tarik dari tempat wisata kota Batu ini.

20. Alun-Alun Kota Batu

20.   Alun-Alun Kota Batu
wisatakotabatu.wordpress.com

Setelah berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada di Kota Batu, jangan lupa juga berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu. Setelah direnovasi dan ditata secara serius pada tahun 2011, alun-alun kota Batu memiliki tempat yang nyaman dan bersih. Sangat cocok bagi Sedulur yang ingin berwisata di perkotaan. Cuaca kota Batu yang sejuk akan cocok untuk bersantai di alun-alun kota.

BACA JUGA: 45 Tempat Wisata di Makassar Terbaru dan Terhits, Yuk ke Sini!

21. Coban Putri

TIMES Indonesia

Selain Coban Talun dan Coban Rondo, ada pula air terjun Coban Putri yang bisa Sedulur pilih sebagai destinasi wisata saat berkunjung ke Kota Batu. Konon, air terjun tersebut dulunya merupakan tempat mandi para putri raja di era Kerajaan Singosari. Tak hanya itu, Ken Dedes juga disebut pernah mandi di air terjun tersebut.

Air terjun Coban Putri memiliki ciri khas berupa ketinggiannya yang mencapai 35 meter dengan lebar 3 meter. Di samping itu, airnya yang jernih serta pemandangan alam yang menyejukkan membuat tempat ini cocok dijadikan pilihan wisata bagi Sedulur yang ingin menenangkan diri atau sekedar menyegarkan pikiran.

Selain air terjun, Coban Putri juga memiliki sejumlah fasilitas lain. Misalnya spot foto tangan dewa yang menjulur di atas jurang, ayunan langit, hingga wahana yang memacu adrenalin seperti flying fox. Tertarik untuk mencoba? Sedulur bisa mendatangi objek wisata Coban Putri di Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

22. Goa Pinus

wisata kota batu
Kompas.com

Objek wisata alam berikutnya yang bisa Sedulur temukan di Kota Batu adalah Goa Pinus. Menurut sejarah, lokasi tersebut merupakan bekas penambangan pada masa kolonial Jepang.

Goa Pinus sendiri menawarkan pemandangan hutan pinus yang memanjakan mata dengan udara sejuk karena berada di daerah perbukitan. Menariknya, pihak pengelola menyediakan sejumlah spot foto yang Instagramable. Di antaranya gazebo akar, rumah khas Papua, perahu melayang, balon udara, dan sangkar lingkaran.

Untuk mengunjungi lokasi tersebut, Sedulur perlu menempuh jarak 10,4 kilometer dari pusat Kota Batu atau kurang lebih memakan waktu selama 23 menit. Adapun Goa Pinus tepatnya terletak di alamat Gang Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu.

23. Batu Love Garden

wisata kota batu
Indozone

Batu Love Garden atau disingkat sebagai Baloga adalah tempat wisata di Kota Batu yang merupakan bagian dari Jawa Timur Park Group. Tepatnya, Baloga mulai dibuka untuk umum pada akhir tahun 2020 lalu.

Baloga sendiri dibangun dengan konsep sebuah taman bunga di mana Sedulur dapat menemukan beraneka ragam tanaman bunga, buah, dan sayuran. Selain itu, objek wisata tersebut juga terbagi menjadi dua bagian, yaitu area indoor dan outdoor. Untuk area indoor, tanaman bunga yang disajikan adalah bentuk replika. Sementara di wahana outdoor Sedulur dapat melihat tanaman bunga yang ditampilkan dalam beragam bentuk.

Menurut pihak pengelola, setidaknya ada sekitar 600 jenis bunga yang terdapat di sana. Adapun Baloga dibangun di lahan seluas 7 hektar di Jalan Raya Pandanrejo Nomor 91, Kota Batu. Untuk masuk ke kawasan tersebut, Sedulur perlu menyiapkan biaya tiket masuk mulai dari Rp60 ribu.

24. Batu Flower Garden

Kompasiana

Selain Baloga, ada juga Batu Flower Garden yang juga bisa jadi pilihan destinasi saat berlibur ke Kota Batu. Lokasi wisata satu ini terletak di kawasan lereng Gunung Panderman, Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Batu Flower Garden merupakan tempat wisata berupa taman bunga. Di samping itu juga terdapat banyak spot foto menarik yang disediakan oleh pihak pengelola.

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi Batu Flower Garden, Sedulur perlu mengetahui harga tiket masuk dan ketentuannya. Objek wisata satu ini menerapkan sistem tiket utama yang terdiri atas tiket kawasan Perhutani dan kawasan wisata. Selain itu juga terdapat tiket tambahan untuk setiap spot foto.

Adapun harga tiket utama sebesar Rp37.500. Sementara harga tiket tambahan untuk setiap spot foto berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp25 ribu. Selain itu, Batu Flower Garden juga menyediakan paket outbound, paket lunch, hingga paket prewedding.

25. Predator Fun Park

Dolan Yok

Rekomendasi wisata Kota Batu yang terakhir adalah Predator Fun Park yang juga berada di bawah naungan Jawa Timur Park Group. Objek satu ini menawarkan wisata edukasi yang cocok menjadi destinasi wisata Sedulur dan keluarga.

Sesuai dengan namanya, Predator Fun Park adalah tempat wisata yang dirancang untuk mengenalkan predator dan reptil. Selain bisa berinteraksi dengan beragam binatang, terdapat sejumlah wahana yang juga tak kalah seru untuk dicoba. Di antaranya adalah area Baby Zoo di mana Sedulur bisa memberi makan kuda, ikan, dan buaya. Selain itu juga tersedia area untuk menunggang kuda bagi anak-anak.

Sedulur yang ingin mencoba outbound juga bisa dilakukan di tempat ini. Sebab ada bebagai jenis wahana permainan, seperti flying fox, labyrinth maze, trampoline, serta kolam renang.

Predator Fun Park berlokasi di Jalan Raya Tlekung nomor 315, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Lokasi tersebut bisa Sedulur tempuh selama 19 menit dari Alun-Alun Kota Batu. Adapun lokasi Predator Fun Park ini juga berdekatan dengan sejumlah objek wisata lain di Kota Batu, seperti Jawa Timur Park 1-3 dan Museum Angkut.

Itu daftar 25 tempat wisata yang bisa Sedulur kunjungi saat berlibur ke Kota Batu.Semoga daftar tempat wisata kota Batu yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan rekomendasi untuk Sedulur Super yang kebingungan menentukan tempat untuk berlibur. Selamat liburan!