wisata lamongan

Lamongan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak ciri khas. Tidak hanya terkenal dengan kulinernya seperti pecel lele dan soto, Lamongan juga memiliki tempat wisata yang beragam. Bahkan, wisata Lamongan menyuguhkan banyak sekali pemandangan alam yang cantik dan ciamik.

Misalnya adalah wisata pantai, dimana terdapat beberapa pantai dengan pemandangan sunset cantik di pesisir utara Pulau Jawa Tersebut. Ada juga wisata babat Lamongan, yang merupakan tambang bendungan, dan beberapa tempat wisata di Lamongan yang sudah buka, termasuk tempat wisata Lamongan terbaru 2023.

BACA JUGA: 45 Tempat Wisata di Makassar Terbaru dan Terhits, Yuk ke Sini!

Rekomendasi tempat wisata di Lamongan

Tertarik untuk memilih Lamongan sebagai destinasi wisata? Yuk, mari, kita langsung saja simak daftar tempat wisata Lamongan yang bisa Sedulur kunjungi untuk mengisi libur panjang ataupun menghabiskan weekend bersama teman dan keluarga.

-->

1. Pantai Klayar Lamongan

Pantai Klayar Lamongan
Detik.com

Salah satu wisata pantai di Lamongan yang bisa Sedulur kunjungi adalah pantai Klayar Lamongan. Pantai ini terletak di Lamongan dan Tuban, pesona dari pantai Klayar bisa memberikan kesan yang sulit Sedulur lupakan.

Untuk menghilangkan penat pekerjaan, pantai Klayar sangat cocok untuk dikunjungi. Kelebihan pantai ini adalah lingkungan yang masih asri karena jarang atau masih sedikit pengunjung yang mengunjungi pantai ini.

Lokasi: Desa Klayarmas, Paciran, Lamongan, Jawa Timur.

2. Taman Bendungan Gerak Babat

wisata lamongan
IDN Times

Taman ini menyuguhkan pemandangan yang asri dengan pemandangan sungai sebagai objek utamanya. Sedulur juga bisa memilih spot untuk berfoto secara bebas, karena berfoto dimana pun di taman ini, akan menghasilkan foto yang bagus dan berkesan.

Terdapat beberapa fasilitas bagi wisatawan yang terdapat di Taman Bendungan Gerak Babat satu ini. Area parkir, wc umum, tempat istirahat dan berbagai fasilitasnya bisa Sedulur nikmati di Bendungan Gerak Babat ini. Wisata Lamongan ini sangat cocok didatangi untuk menikmati liburan bersama keluarga.

Lokasi: Sawah, Kendal, Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

3. Desa Sendang Duwur

Detik Travel

Desa Sendang Duwur merupakan desa wisata yang ada di Lamongan yang memiliki karakteristik yang masih kental dengan nuansa kearifan lokal. Banyak gambar wisata Lamongan yang menggunakan Desa Sendang Duwur, karena desa wisata ini bisa disebut sebagai ikon wisata Lamongan.

Berbagai tradisi dan budaya tradisional masyarakat Lamongan masih sangat dijaga dan dilestarikan di desa ini. Banyak wisatawan yang menyukai kebudayaan tradisional mengunjungi desa ini. Begitu juga dengan Sedulur yang ingin mengetahui lebih jauh tentang budaya tradisional wajib mengunjungi desa wisata ini.

Lokasi: Desa Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

4. Pantai Kutang

wisata lamongan
Detik Travel

Wisata pantai di Lamongan lainnya adalah pantai kutang. Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, Sedulur hanya membutuhkan biaya sekitar Rp. 2000 saja, sebuah biaya yang sangat murah untuk menikmati suasana pantai yang indah.

Selain itu, pantai Kutang tergolong pantai yang masih baru di daerah Lamongan. Daya tarik dari pantai ini adalah adanya pohon-pohon besar yang bisa dijadikan ayunan untuk bermain dan sekaligus juga berfoto.

Lokasi: Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kec. Brondong, Lamongan

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata Pasuruan Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

5. Waduk Gondang

Waduk Gondang lamongan
Detik.com

Salah satu wisata Lamongan yang menjadi favorit warga Lamongan adalah waduk gondang. Selain sebagai tempat wisata yang memberikan pemandangan yang indah, waduk gondang juga berfungsi sebagai daerah penampungan air untuk ribuan hektar sawah.

Terlihat juga beberapa perahu nelayan yang ada di sekitar waduk, yang digunakan sebagai sarana transportasi atau juga untuk para wisatawan yang ingin mengelilingi waduk dan menyusuri luasnya waduk gondang.

Lokasi: Gondang Lor Sugio, Lamongan.

6. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan
Liputan6.com

Tempat wisata Lamongan paling hits dan populer adalah Wisata Bahari Lamongan, atau warga Lamongan menyebutnya dengan WBL. Oleh karena itu, WBL menjadi salah satu simbol pariwisata Lamongan yang bisa memberikan rekreasi dan hiburan.

Pada hari libur nasional, atau hari raya umat Islam tempat wisata ini akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sedulur jangan kaget dengan riuhnya pengunjung jika datang ke tempat wisata ini di saat hari libur nasional.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

7. Goa Maharani

Okezone Travel

Lamongan memiliki tanah yang berjenis kering, dengan kandungan kapur yang tinggi yang terdapat di dalamnya. Jenis tanah tersebut seringkali menciptakan goa ketika terkena air, tentunya hal tersebut merupakan proses alam yang dimiliki oleh lamongan. Dengan waktu lama, dari puluhan bahkan hingga ratusan tahun agar membentuk sebuah goa.

Proses di atas yang menjadikan Goa Maharani terbentuk. Salah satu tempat wisata Lamongan ini juga dipercaya sebagai tempat penyebaran Islam pada waktu itu. Sedulur akan melihat pemandangan yang menakjubkan ketika memasuki Goa Maharani.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

8. Kebun Binatang Goa Maharani

Surabaya – Kompas.com

Kebun binatang ini dibangun berdekatan dengan goa maharani dan juga tidak jauh dari WBL. Nama kebun binatang ini juga diambil dari nama Goa yang terkenal di Lamongan tersebut. Kebun binatang memang merupakan tempat wisata yang menjadi pilihan utama untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Selain itu juga banyak tempat kuliner yang bisa Sedulur kunjungi di sekitar kebun binatang. Setelah lelah berkeliling di kebun binatang, Sedulur bisa mengisi energi dengan mencicipi kuliner yang ada di kebun binatang

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

BACA JUGA: 22 Tempat Wisata di Jember Terhits yang Wajib Dikunjungi

9. Monumen Van der Wijck

Tribun-Medan.com

Salah satu tempat yang wajib Sedulur datangi ketika berkunjung ke kota Lamongan adalah monumen Van der Wijck. Sekilas nama ini memang tidak asing karena sudah diangkat ke layar lebar. Namun, ternyata peristiwa tenggelamnya kapal Van der Wijck adalah sebuah kisah nyata.

 

Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa naas yang terjadi pada tahun 1936. Meskipun sudah berlalu beberapa puluh tahun yang lalu, namun kenangan pahit masih terus membekas, ibarat goresan luka yang tidak akan pernah hilang, walaupun luka tersebut telah sembuh sekalipun.

Lokasi: Jl. Tuban-Gresik, Brondong, Sedayulawas, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

10. Makam Sunan Sendang Duwur

Melancong Watu

Sunan Sendang Duwur merupakan salah satu penyebar agama Islam yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Lamongan. Makamnya sering menjadi tempat ziarah bagi umat muslim untuk mengenang jasa Sunan Sendang Duwur.

Terdapat legenda dan mitos seputar Sunan Sendang Duwur, konon katanya, Sendang Duwur diyakini memindahkan Masjid Sendang Nduwur ke dataran tinggi dalam waktu semalam saja. Carita tersebut dipercaya secara turun menurun oleh pengikut Sunan Sendang Duwur hingga saat ini. Legenda tersebut juga yang menjadi daya tarik makamnya sebagai destinasi wisata religi.

Lokasi:  Sendang Duwur, Sendangduwur, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

11. Pantai Brondong

Lamongan Tourism

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, yang disertai angin laut yang berhembus cukup kencang sebagai ciri khas pantai ini. Di pantai ini juga ketika sore hari akan berdatangan banyak sekali penjual jajanan.

Bukan hanya penjual jajanan, para penjual ikan yang merupakan ciri khas di wisata pantai juga akan berdatangan pada sore hari. Ikan yang dijual biasanya yaitu ikan segar hasil tangkapan laut dari nelayan setempat.

Lokasi: Kentong, Labuhan, Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

12. Makam Dewi Sekardadu

Lamongan Tourism

Destinasi wisata religi lainnya yang ada di Lamongan adalah Makam Dewi Sekardadu. Dewi Sekardadu merupakan tokoh penting dari Lamongan, makamnya sangat dikeramatkan dan banyak masyarakat yang berziarah ke makamnya.

Hal tersebut juga memunculkan banyak pedangan kuliner yang ada di sekitar makam ini. Banyak jajanan atau makanan menarik dengan harga murah yang bisa Sedulur cicip ketika mengunjungi atau berziarah di makam ini.

Lokasi: Desa Gondang, Kec. Sugio, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata Boyolali Paling Hits Untuk Segarkan Pikiran

13. Alun-Alun Kota Lamongan

Alun-Alun Kota Lamongan
TIMES Indonesia

Alun-alun kota Lamongan merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat Lamongan itu sendiri. Alun-alun kota Lamongan juga menjadi salah satu alun-alun megah, karena terdapat bianglala yang bisa dinaiki oleh warga.

Bianglala ini pada saat malam hari akan memunculkan lampu-lampu yang semakin membuat pemandangan malam alun-alun semakin indah. Sedulur yang berasal dari luar Lamongan, sangat wajib mengunjungi alun-alun Lamongan di malam hari.

Lokasi: Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

14. Museum Sunan Drajat

museum sunan drajat
Direktori Pariwisata

Tempat wisata Lamongan berikutnya yang tidak kalah penting untuk Sedulur kunjungi ketika berada di kota Lamongan adalah Museum Sunan Drajat. Sesuai dengan namanya, museum ini merupakan museum tentan Sunan Drajat yang memiliki koleksi kitab dan barang-barang pribadi milik Sunan Drajat. Hal tersebut menjadi salah satu artefak sejarah dan sekaligus warisan bagi generasi penerus.

Sekaligus juga menjadi salah satu metoda terkait penyebaran Islam pada pulau Jawa di masa lalu. Di museum ini juga terdapat banyak cerita serta metode yang digunakan oleh Sunan Drajat di masa lalu untuk guna menarik perhatian masyarakat untuk memeluk agama Islam. Karena metode beliau dan para wali songo lainnya terkenal halus dalam menyebarkan agama Islam di masa awal penyebaran.

Lokasi: Drajat, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

15. Pemandian Air Panas Brumbung

Pemandian Air Panas Brumbung
Tempat Wisata

Di kota Lamongan juga terdapat sebuah destinasi wisata yang dapat memberikan relaksasi untuk melepaskan penat. Tempat ini merupakan pemandian air panas, Sedulur bisa menikmati sendiri atau bersama dengan keluarga.

Bukan hanya sekedar pemandian air panas biasa, tempat ini juga memiliki kisah yang masih berhubungan erat dengan Sunan Drajat. Tempat ini dipercaya sebagai tempat Sunan Drajat menyendiri atau bertapa.

Hal tersebut akan Sedulur pahami dan mengerti mengapa Sunan Drajat memilih tempat ini sebagai tempat menyendiri. Selain karena suasananya yang sejuk, tempat ini juga akan sangat mampu membuat Sedulur rileks dan melepaskan segala penat pekerjaan.

Lokasi: Sidodadi, Kranji, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

16. Tlogo Sadang

Lamongan Tourism

Tlogo Sadang merupakan tempat wisata yang unik yang tidak boleh Sedulur lewatkan ketika berkunjung ke Lamongan. Tlogo Sadang merupakan tempat yang dikeliling oleh batuan kapur yang berukuran tinggi dan menjulang di setiap sisi telago.

 

Tempa ini merupakan sisa tempat penggalian batu kapur yang menjadi tempat indah ketika dibiarkan lama. Barisan batu kapur yang menjulang, terlihat seperti bebatuan purba yang memberikan kesan mewah.

Tlogo Sadang merupakan salah satu daftar Wisata Lamongan yang sangat wajib untuk dikunjungi. Lokasinya yang tidak terlalu sulit untuk dicapai, semakin membuat Sedulur tidak lagi memiliki alasan untuk tidak mengunjungi tempat wisata Lamongan satu ini.

Lokasi: Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Tempat Wisata Solo Terbaik Untuk Relaksasi

17. Pantai Tanjung Kodok

wisata lamongan
IDN Times

Wisata alam pantai yang bisa Sedulur kunjungi ketika di Lamongan adalah pantai kodok. Terdapat beberapa pantai yang sangat recommended untuk dikunjungi ketika di Lamongan. Karena Lamongan merupakan daerah pesisir pantai, yang memiliki banyak pantai sebagai pilihan destinasi wisata.

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, dan memerapa penginapan yang ada di pinggir pantai. Selain itu, suara deburan ombak di pantai ini sangat merdu untuk dinikmati bersama pemandangan pantai yang mengagumkan.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

18. Manajemen Taman Besur

Manajemen Taman Besur
IDN Times Jatim

Wisata di Lamongan ini merupakan contoh desa yang berhasil menerapkan sistem Manajemen Tanaman Sehat (MTS). Desa wisata yang terletak di Desa Besur, Sekaran ini memiliki warga yang menanam berbagai macam bibit tanaman yang potensial dan terbukti sukses menjadi sebuah tempat wisata.

Dengan banyaknya pengunjung yang datang, dengan rasa penasaran ingin ingin melihat keindahan taman bunga matahari yang indah, menjadi bukti keberhasilan pengelolaan desa wisata ini. Dengan mendatangi kebun bunga ini, Sedulur tidak hanya bisa mendapatkan foto yang indah tapi juga mendukung wisata desa agar terus maju.

Lokasi: Desa Besur, Kec. Sekran, Lamongan, Jawa Timur.

19. Gunung Suru Lembor

TIMES Indonesia

Gunung Suru Lembor merupakan destinasi wisata Lamongan yang baru. Di tempat wisata ini Sedulur bisa menikmati berbagai macam fasilitas. Selain itu, tempat wisata ini mengusung konsep wisata edukasi yang membuat setiap pengunjungnya bisa mendapatkan ilmu dan juga menikmati pemandangan secara bersamaan.

Fasilitas seperti family camping, homestay, wedding outdoor, dan berbagai macam fasilitas lain bisa Sedulur nikmati di tempat wisata satu ini.

Lokasi: Desa, Lembor, Kec. Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

20. Pohon Trinil

Lamongan Tourism

Wisata Lamongan yang terakhir yang wajib Sedulur kunjungi adalah Pohon Trinil. Pohon Trinil ini uga sering disebut sebagai pohon Harry Potter oleh warga sekitar. Karena bentunya yang persis seperti yang ada di film Harry Potter.

Daya tarik tempat wisata ini adalah foto yang sangat instagramable. Banyak warga yang sengaja mengunjungi pohon trinil untuk mendapatkan foto yang sangat menarik untuk di posting di media sosial. Tentu Sedulur pun tidak ingin ketinggalan, kan? Jangan lupa untuk menyempatkan berkunjung ke tempat wisata satu ini, ya!

Itu dia 20 rekomendasi tempat wisata yang bisa Sedulur kunjungi saat berlibur di Lamongan. Semoga daftar wisata lamongan yang telah di ulas di atas bisa memberi rekomendasi bagi Sedulur yang kebingungan memilih tempat liburan untuk mengisi akhir pekan ini.