20 Wisata di Jember Paling Hits Tahun 2020. Wajib Ke Sini!

Bukan hanya pesona alam, wisata di Jember menyimpan segudang keindahan yang menakjubkan!

Jember merupakan salah satu kota yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Kota Jember menjadi bagian daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur. Setiap kota atau daerah menyimpan beberapa tempat wisata yang menjadi ciri khas kota atau daerah tersebut, termasuk juga kota Jember.

Walaupun kota Jember secara sekilas mungkin tidak begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas, namun letak geografis kota Jember menyimpan sejuta pesona wisata yang menakjubkan. Bulai dari tempat rekreasi di Jember, tempat hunting di Jember untuk fotografi dan banyak lagi.

Superapp.id kali ini akam membahas daftar wisata di Jember, mulai dari wisata Jember terbaru, wisata alam Jember, wisata pantai di Jember, wisata air terjun di Jember dan beberapa pesona Jember yang menakjubkan lainnya. Yuk, langsung saja mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 20 Destinasi Wisata Lamongan Terbaru & Hits 2020

Daftar Tempat Wisata di Jember yang Indah dan Menakjubkan

1. Pemandian Patemon

1.   Pemandian Patemon

Tempat wisata pertama adalah pemandian patemon yang biasa dikunjungi oleh wisatawan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Daerah Jember merupakan daerah dataran tinggi yang memiliki udara yang sangat sejuk.

Pemandian air panas menjadi salah satu daya tarik wisata di Jember, dan pemandian patemon merupakan tempat yang paling terkenal yang sering dikunjungi oleh masyarakat kota Jember ataupun wisatawan lainnya.

Selain itu di pemandian patemon ini Sedulur akan disajikan pemandangan yang indah dan beberapa taman yang bisa dinikmati sebagai bagian dari fasilitas liburan.

Lokasi: Krajan II, Patemon, Tanggul, Kab. Jember, Jawa Timur.

2. Pemandian Rembangan

2.   Pemandian Rembangan

Bukti bahwa Jember memiliki segudang pesona alam yang indah adalah dengan banyaknya pemandian air panas yang tersedia di kota ini. Pemandian air panas lainnya yang bisa Sedulur kunjungi di kota Jember adalah pemandian rembangan.

Pemandian rembangan berada di puncak sebuah bukit, yang akan otomatis memberikan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Selain itu, untuk mencapai tempat pemandian ini juga Sedulur harus terlebih dahulu melalui medan jalan yang lumayan menantang.

Medan jalan yang dilalui tersebut akan terbayar lunas ketika Sedulur tiba di pemandian rembangan. Tidak akan ada yang sia-sia perjuangan yang telah Sedulur lalui, semuanya akan terbayar dengan udara sejuk dan pemandangan yang sangat indah.

Lokasi: Darungan, Kemuning Lor, Arjasa, Kab. Jember, Jawa Timur

3. Pemandian Kebon Agung

3.   Pemandian Kebon Agung

Wisata di Jember selanjutnya adalah pemandian kebon agung. Masih seputar tempat pemandian, tempat pemandian ini sering dikunjungi oleh masyarakat Jember untuk sekedar melepaskan penat dan sedikit bersantai untuk relaksasi.

Selain itu, kelebihan pemandian kebon agung juga terletak pada air yang digunakan yang berasal dari mata air alami. Di pemandian ini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa Sedulur sewa dan terdapat beberapa kuliner nikmat yang bisa Sedulur cicip.

Setelah puas berendam dan berenang, beristirahat dan makan adalah pilihan yang tepat, dan semua itu disediakan di tempat pemandian satu ini.

Lokasi: Gebang Taman, Kb. Agung, Kec. Kaliwates, Kab. Jember, Jawa Timur.

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Kediri Paling Khas dan Memorable 2020

4. Kolam Renang Kimo

4.   Kolam Renang Kimo

Kolam renang di kota Jember satu ini memiliki konsep yang cukup unik dan menarik. Hal tersebut akan membuat Sedulur betah untuk berlama-lama tanpa merasa bosan sama sekali. Tempat wisata di Jember satu ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.

Pepohonan yang rindang memenuhi dan mengelilingi tempat pemandian ini, membuat tempat ini cukup sejuk dan menyenangkan untuk dikunjungi. Konsep taman yang ada di sekitar tempat ini juga tidak kalah menarik.

Tidak ada alasan untuk tidak menghabiskan waktu liburan di tempat ini. Alamat tempat kolam beranang ini juga tidak sulit dicari, Sedulur akan sangat mudah untuk mendatangi tempat ini.

Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Sumber Salak, Kranjingan, Kec. Sumbersari, Kab. Jember, Jawa Timur

5. Air Terjun Antrokan

5.   Air Terjun Antrokan

Pesona alam di Jember selanjutnya yang semakin mengukuhkan bahwa Jember merupakan tempat segudang wisata alam. Letak air terjun antrokan ini tidak berada jauh di daerah pusat kota Jember. Ketinggian air terjun memang cukup rendah, namun pemandangan yang disuguhkan sangat indah.

Biasanya air terjun mencapai ketinggian hingga 17 meter. Meskipun pemandian ini tidak mencapai ketinggian tersebut, namun kondisi lingkungan di sekitarnya yang sangat bersih dan asri sangat mendukung untuk lebih menikmati suasana alam di air terjun satu ini.

Lokasi: Kali Tengah, Manggisan, Tanggul, Kab. Jember, Jawa Timur

6. Air Terjun Manggisan

6.   Air Terjun Manggisan

Terletak tidak terlalu jauh dengan lokasi air terjun antrokan, air terjun manggisan memiliki ketinggian yang lebih tinggi dibanding air terjun antrokan. Letak air terjun ini berada sekitar 60 km dari pusat kota Jember. Letak yang lumayan dekat untuk memasuki kawasan wisata alam.

Jalan yang harus Sedulur lalui untuk mencapai air terjun satu ini lumayan menantang, namun hal tersebut akan sebanding dengan pemandangan yang akan Sedulur dapatkan ketika tiba di air terjun manggisan.

Lokasi: Kali Tengah, Manggisan, Tanggul, Kab. Jember, Jawa Timur.

7. Air Terjun Lereng Raung

7.   Air Terjun Lereng Raung

Letak air terjun ini berada di dekat lereng gunung raung, oleh karena itu air terjun ini diberi nama air terjun lereng raung. Karena tempatnya yang berada di lereng gunung, medan yang harus Sedulur lalui tentu saja lumayan menantang.

Banyak pendaki gunung yang menyempatkan mampir untuk menenangkan tubuh di air terjun satu ini. Karena medannya yang merupakan sebuah hutan dan gunung, Sedulur juga akan menemukan beberapa tanaman liar yang ada di sekitar air terjun satu ini.

Lokasi: Sumberarum, Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur

8. Pantai Watu Ulo

8.   Pantai Watu Ulo

Jember merupakan sebuah daerah yang memiliki kontur alam yang lengkap, mulai dari gunung dan perbukitan, hingga pantai dan laut tersedia di Jember. Oleh karena itu, wisata di Jember tersedia sangat beragam dan bisa memberikan Sedulur berbagai macam pilihan.

Untuk karakteristik pantai satu ini memiliki kemiripan dengan beberapa lokasi pantai lainnya yang ada di sekitar Jember. Seperti di Malang dan Lumajang. Hal tersebut dikarenakan pantai di Jember, Lumajang dan Malang dikelilingi dataran tinggi berupa pegunungan dan bukit.

Sebelum mencapai pantai Sedulur akan melalui gunung dan perbukitan terlebih dahulu untuk mencapainya. Wisata di Jember terbukti mempesona dengan berbagai macam pilihan pesona alam yang bisa dinikmati.

Lokasi: Sumberrejo, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur

9. Air Terjun Sumber Salak

9.   Air Terjun Sumber Salak

Air terjun merupakan tempat wisata yang menjadi andalan daerah Jember. Buktinya, sudah ada berapa air terjun yang memiliki keindahan alam yang menjadi tempat wisata di Jember. Salah satunya adalah air terjun sumber salak ini, melengkapi air terjun lainnya yang ada di Jember sebagai tempat wisata.

Air terjun sumber salak memiliki keunikan yang jarang Sedulur temui di air terjun lainnya, yaitu air terjun sumber salak memiliki beberapa tingkat air terjun yang memiliki pemandangan yang indah ketika dilihat.

Sudah menjadi hal yang lumrah untuk mencapai air terjun, jalan yang dilalui sangat terjal dan menantang. Namun hal tersebut akan sebanding dengan pemandangan air terjun yang indah yang bisa Sedulur nikmati.

Lokasi: Salak, Sumber Salak, Ledokombo, Kab. Jember, Jawa Timur

10. Pantai Paseban

10.   Pantai Paseban

Pantai menarik yang ada di Jember selanjutnya terletak di daerah paseban. Walaupun pantai ini ada di daerah pantai selatan yang memiliki ombak yang cukup ganas, namun pemandangan laut yang disuguhkan di pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Walaupun memiliki ombak yang cukup ganas, namun pantai ini sangat aman untuk dikunjungi bahkan sangat aman untuk digunakan sebagai tempat bermain air. Sedulur juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam di pantai ini. Sebuah pemandangan yang jarang bisa dinikmati di daerah pantai.

Biasanya pantai hanya akan menyuguhkan salah satunya saja, entah itu matahari terbit atau matahari tenggelam. Dan pantai paseban memiliki sisi yang bisa memberikan pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam.

Lokasi: Paseban, Kencong, Kab. Jember, Jawa Timur

11. Air Terjun Tancak

11.   Air Terjun Tancak

Air terjun lainnya yang bisa Sedulur nikmati sebagai tempat wisata di Jember adalah air terjun tancak. Air terjun ini memiliki tempat yang ada di dalam area pegunungan argopuro. Tepatnya berada di daerah utara Jember.

Untuk menuju tempat wisata di Jember ini, Sedulur harus menelusuri beberapa jalan setapak terlebih dahulu. Walaupun terdengar sederhana, namun jalan setapak ini memiliki panjang sekitar 4 km yang sangat lumayan jauh untuk ditempuh.

Lokasi: Area Pegunungan Argopuro, Suci, Panti, Kab. Jember, Jawa Timur

12. Pantai Papuma

12.   Pantai Papuma

Di antara setiap pantai yang ada di Jember, pantai papuma merupakan salah satu pantai yang terkenal sebagai tempat wisata di Jember. Perjalanan untuk sampai ke tempat wisata pantai papuma ini lumayan jauh, Sedulur akan melalui 50 km dari pusat keramaian kota Jember untuk sampai ke tempat ini.

Namun jangan dulu kecewa, karena pantai papuma akan membayar semua kelelahan yang Sedulur alami dalam perjalanan menuju tempat pantai satu ini.

Lokasi: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur

13. Air Terjun Watu Ondo

13.   Air Terjun Watu Ondo

Watu Ondo memiliki arti batu tangga, hal ini menunjukan ciri khas dari air terjun ini. Karena air terjun watu ondo memiliki beberapa bebatuan yang tersusun seperti tangga. Karena keunikan yang ada pada air terjun ini, pemerintah pun membangun beberapa fasilitas untuk wisatawan di tempat ini.

Wisata di Jember satu ini memiliki area parkir yang luas, mushola dan juga petunjuk arah yang akan memudahkan para wisatawan untuk mencapai tempat ini. Setelah tiba di air terjun ini juga, wisatawan akan semakin maksimal menikmati tempat ini dengan adanya beberapa fasilitas publik.

Lokasi: Sidodadi, Pontang, Tempurejo, Sabrang, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur

14. Pantai Bandealit

14.   Pantai Bandealit

Pantai lainnya yang bisa Sedulur nikmati sebagai salah satu pilihan tempat wisata di Jember adalah pantai bandealit. Pantai bandealit juga memiliki keunikan yaitu beberapa bagian pantai yang dipisahkan dengan tebing dan beberapa bebatuan terjal.

Hal tersebut memberikan keindahan yang unik di beberapa titik yang terdapat di pantai bandealit ini. Saking ramainya dikunjungi, pantai ini juga mulai dihadapkan dengan beberapa masalah, salah satunya sampah dari para pengunjung yang belum memiliki kesadaran akan kebersihan lingkungan.

Lokasi: Andongrejo, Tempurejo, Kab. Jember, Jawa Timur

15. Pantai Puger

15.   Pantai Puger

Pantai ini berada pada jalur menuju gunung bromo. Masyarakat Indonesia secara luas sudah pasti mengenal gunung bromo. Pantai puger juga merupakan pantai yang tidak kalah indah dibanding dengan beberapa pantai dan air terjun yang ada di Jember.

Kekayaan pesona alam Jember memang sangat layak dijadikan tempat wisata. Namun Sedulur diharapkan berhati-hati ketika berlibur di pantai satu ini, karena terdapat beberapa kasus pengunjung yang terseret arus ombak. Karena ombak di pantai ini juga cukup ganas.

Lokasi: Jl. Pelabuhan, Mandaran, Puger Wetan, Kab. Jember, Jawa Timur

16. Wana Wisata Simbat

16.   Wana Wisata Simbat

Tidak hanya memiliki wisata alam, wisata di Jember juga sangat terbukti keberagamannya. Salah satunya terlihat dari wisata satu ini. Wisata yang mengusung konsep kekinian ini, menjadi salah satu tempat yang cocok untuk hunting foto atau untuk mengisi konten video.

Banyak masyarakat yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk sekedar bersantai atau berfoto ria. Jika Sedulur tidak hanya ingin sekedar liburan dan juga ingin memiliki kenangan indah, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Lokasi: Jalan Babatan, Krajan, Tamansari, Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur

17. Perkebunan Teh Gunung Gambir

17.   Perkebunan Teh Gunung Gambir

Pantai ada, air terjun melimpah dan kali ini perkebunan teh. Jember terbukti sangat mampu memanjakan para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berlibur menikmati pesona alam. Salah satu tempat yang bisa Sedulur kunjungi adalah perkebunan teh gunung gambir. Udara sejuk, pemandangan yang penuh dengan warna hijau sangat cocok untuk relaksasi.

Lokasi: Lanasan Gelang, Sumber Baru, Kab. Jember, Jawa Timur

18. Teluk Love

18.   Teluk Love

Wisata di Jember satu ini sangat unik, karena memiliki bentuk hati yang oleh karenanya diberi nama teluk love. Teluk love juga merupakan salah satu tempat wisata kekinian di Jember yang sangat hits tahun 2020 ini.

Selain itu, karena pemandangannya yang unik, teluk love juga merupakan ikon wisata cinta yang sudah pasti banyak dikunjungi oleh sepasang sejoli. Para remaja sudah pasti menjadi salah satu jenis pengunjung yang banyak mendatangi tempat wisata di Jember satu ini.

Lokasi: Kecamatan Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur

19. Puncak S89

19.   Puncak S89

Kontur wilayah yang Sedulur lalui untuk mencapai Puncak S89 sangat memukau, hal tersebut akan semakin menakjubkan ketika Sedulur tiba di Puncak S89 itu sendiri. Sedulur akan bisa melihat keindahan lanskap kota Jember dan juga Gunung Argopuro di Puncak ini.

Selain Gunung Argopuro, Sedulur juga bisa melihat pemandangan gunung Raung. Salah satu tempat wisata di Jember yang kekinian ini, sangat cocok untuk hunting foto atau mengabadikan pesona alam untuk berbagai kepentingan.

Lokasi: Kebonsari,  Tembokrejo, Gumukmas, Kab. Jember, Jawa Timur

20. Taman Botani Sukorambi

20.   Taman Botani Sukorambi

Salah satu tempat wisata di Jember yang mengusung konsep eco green park adalah Taman Botani Sukorambi. Di tempat wisata ini Sedulur akan diajak untuk menjelajahi taman sekaligus belajar tentang alam dengan cara yang sangat menyenangkan.

Mulai dari belajar teknik hidroponik secara langsung dengan para pakarnya, mengenal satwa liar dan juga hewan ternak, lalu hingga bermain di rumah pohon hingga bermain air di kolam pelangi. Mengajak anak-anak untuk mengenal alam sangat cocok ke tempat ini

Lokasi: Jalan Mujahir, Sukorambi, Kec. Krajan, Kab. Jember, Jawa Timur

Semoga daftar wisata di Jember yang telah dibahas dalam artikel ini bisa membantu Sedulur untuk menentukan tempat berwisata. Jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Super selama Sedulur berada di kota Jember. Karena dengan menggunakan Aplikasi Super, segala sesuatu akan menjadi lebih mudah.

Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut. Jember merupakan salah satu daerah dimana Aplikasi Super siap melayani setiap masyarakat secara maksimal. Jangan lupa juga untuk download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super lalu jalani hari Sedulur dengan lebih mudah dan menguntungkan bersama Aplikasi Super.