20 Destinasi Wisata Pasuruan Paling Hits, Wajib Ke Sini!

Libur akhir tahun sebentar lagi tiba! Yuk, simak daftar wisata Pasuruan sebagai rekomendasi tempat wisata akhir tahun!

Bagi Sedulur warga Jawa Timur, sebagian mungkin telah mengetahui beberapa tempat wisata di Pasuruan yang menarik untuk dikunjungi. Atau bagi Sedulur yang tinggal di daerah lain, dan telah memutuskan wilayah Jawa Timur sebagai tujuan berwisata, Sedulur harus mengetahui daftar tempat wisata Pandaan dan tempat wisata yang ada di Pasuruan Jawa Timur.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menyampaikan daftar tempat wisata Pasuruan terbaru, baik itu wisata alam di Pasuruan, objek wisata Pasuruan yang menarik sehingga tempat wisata di Pandaan, Pasuruan yang sedang menjadi tren wisata. Banyak pilihan tempat wisata Pasuruan Jawa Timur, salah satunya tempat wisata Bangil. Yuk, langsung saja kita simak daftar tempat Wisata Pasuruan yang wajib Sedulur kunjungi di liburan akhir tahun ini.

Baca Juga: 40+ Tempat Wisata di Malang yang Hits & Murah Terbaru 2020

Daftar Tempat Wisata Pasuruan yang Hits dan Wajib Dikunjungi

1. Saygon Waterpark Pasuruan

1. Saygon Waterpark Pasuruan
topwisata.com

Salah satu taman Pasuruan ini merupakan sebuah tempat wisata yang selalu dikunjungi ketika musim liburan tiba. Saygon Waterpark Pasuruan terletak di Daerah Sengon, Desa Puncangsari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasi tempat wisata ini sangat strategis, berada di Jalur Surabaya – Malang, yang merupakan jalur lalu lintas yang sangat ramai dan memiliki jalan yang lebar dan mulus.

Salah satu tempat wisata Pasuruan yang dimiliki oleh Inul Daratista ini buka setiap harinya. Pengelola mulai beroperasi membuka tempat wisata ini dari jam 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Beroperasi dari Selasa hingga Jumat, bukan berarti hari lainnya libur, tempat wisata ini hanya tutup pada hari Senin, sebuah konsekuensi bagi tempat wisata yang tutup dan libur di hari kerja.

2. Bhakti Alam Pasuruan

2. Bhakti Alam Pasuruan
penginapan.net

Salah satu jenis tempat wisata yang mengusung konsep Agrowisata ini terletak di daerah Nongkojajar, Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. Jika Sedulur berangkat dari Surabaya, Sedulur membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. Atau jarak tempuh yang harus Sedulur lalui sejauh 30 km.

Tempat wisata ini beroperasi pada hari Selasa-Jumat jam buka 09.00 – 16.00. Sedangkan saat Akhir pekan dan hari libur jam buka 08.00 – 16.00. Hari Senin tutup kecuali tanggal merah atau hari libur. Sudah menjadi konsekuensi setiap tempat wisata memiliki hari libur atau tutup di hari senin.

3. Petik Kurma Pasuruan

3. Petik Kurma Pasuruan
explorewisata.com

Masih dengan tempat wisata yang mengusung konsep agrowisata, selanjutnya adalah Petik Kurma Pasuruan. Petik kurma Pasuruan terletak di Desa Karanglo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Bagi Sedulur yang pernah berkunjung ke Saygon Waterpark, mungkin Sedulur pernah mendengar nama tempat wisata satu ini. Karena Petik Kurma Pasuruan terletak dekat dengan Saygon Waterpark.

Terdapat beberapa daftar harga tiket masuk ke tempat wisata kurma Pasuruan. Namun yang jelas, setiap orangnya harus mengeluarkan biaya tiket masuk sekitar Rp. 5000. Tiket masuk yang Sedulur keluarkan untuk mengunjungi tempat wisata ini tidak termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Baca Juga: 20 Destinasi Wisata Kota Batu Paling Unik. Wajib Ke Sini!

4. Pantai Karang Hitam

4. Pantai Karang Hitam
pantaikaranghitam.blogspot.com

Bagi Sedulur yang ingin menikmati wisata pantai, Sedulur bisa mengunjungi Pantai Karang Hitam di Pasuruan. Tempat wisata Pasuruan ini terletak di Kebun Wates, Kecamatan Lekok Kab. Pasuruan, Jawa Timur. Nama pantai ini diambil dari keindahan karang pantai yang memiliki warna hitam, selain itu terdapat juga pasir pantai yang lembut dan memukau. Pasir pantai ini memiliki warna coklat yang tergolong unik.

5. Air Terjun Gumandar

5. Air Terjun Gumandar
javatravel.net

Tempat wisata Pasuruan selanjutnya adalah Air Terjun Gumandar. Terletak di Jalan Raya Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Tidak hanya memiliki pantai sebagai salah satu tempat wisata alam, tapi juga memiliki air terjun sebagai alternatif tempat wisata yang bisa dikunjungi. Keunikan dari air terjun ini yaitu tidak memiliki aliran sungai sebagai sumber utama dari air terjun. Air terjun berasal dari resapan air yang masuk ke tanah.

6. Air Terjun Coban Baung

6. Air Terjun Coban Baung
alamasedy.com

Masih dengan air terjun sebagai tempat wisata Pasuruan, yaitu Air Terjun Coban Baung. Air terjun ini beralamat di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Air terjun ini merupakan kawasan TWA atau taman wisata air yang berada di lereng gunung baung. Ketinggian air terjun mencapai sekitar 100 meter. Biaya tiket masuk yang harus Sedulur keluarkan adalah sekitar Rp. 8000 saja.

7. Pemandian Alam Banyu Biru

7. Pemandian Alam Banyu Biru
putratravel.net

Tempat wisata Pasuruan selanjutnya adalah pemandian Alam Banyu Biru. Pemandian Alam Banyu Biru merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Pasuruan.  Tempat wisata ini merupakan pemandian yang bersumber dari mata air alami yang bisa digunakan sebagai untuk relaksasi dan melepaskan penat pekerjaan. Tidak hanya itu saja, dukungan kondisi sekitar juga masih asri.

Lokasi wisata Pasuruan ini  berada di Jalan Raya Banyubiru, Sumber Rejo, Winongan, Pasuruan. Kabarnya, di tempat wisata ini terdapat sebuah ikan yang keramat dan tidak ada satu pun orang yang boleh menyentuhnya. Ikan tersebut bernama ikan sengkaring yang panjangnya mencapai satu meter.

8. Reco Kembar

8. Reco Kembar
javatravel.net

Tempat wisata Pasuruan selanjutnya adalah Reco Kembar. Tempat wisata ini terletak di Krajan, Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Reco Kembar merupakan salah satu tempat wisata baru yang ada di Pasuruan. Tempat wisata ini dapat memberikan ketenangan bagi Sedulur, karena memiliki suasana yang segar yang berasal dari air alami.

Terdapat dua buah batu yang ajaib dan menjulang tinggi di sekitar tempat wisata ini. Roco kembar, berarti batu kembar. Masyarakat sekitar percaya, bahwa batu tersebut merupakan bekas bukit yang dulu ditambang dan menyisakan dua batu tersebut.

9. Hutan Mangrove Nguling

9. Hutan Mangrove Nguling
javatravel.net

Tempat wisata Pasuruan selanjutnya adalah sebuah kawasan hutan mangrove. Kawasan wisata Pasuruan ini terletak di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Mengunjungi tempat wisata ini bisa memberikan wawasan tentang hutan sambil menghabiskan waktu liburan. Tempat wisata ini sudah terkenal, bahkan turis mancanegara pun seringkali berkunjung ke hutan ini. Mulai dari turis dari Malaysia, Jepang, Thailand, Australia.

10. Danau Ranu Grati

10. Danau Ranu Grati
budayajawa.id

Sedulur hanya membutuh waktu sekitar 30 menit saja untuk perjalanan menuju lokasi tempat wisata ini dari Kota Pasuruan. Tempat wisata ini berlatar pegunungan Tengger dan menikmati sunset di Danau Ranu Grati. Menghabiskan wisata dengan kegiatan tersebut tentu saja sangat menyenangkan. Sedulur juga bisa mencoba beberapa kegiatan asik seperti sepeda air, naik perahu atau bahkan memancing.

11. The Taman Dayu

11. The Taman Dayu
peridiri.com

Taman Dayu Pandaan merupakan objek wisata edukasi yang hits untuk dikunjungi. Ada banyak fasilitas hiburan yang berbeda dan bisa Sedulur nikmati. Walaupun memang didominasi dengan kegiatan outbound seperti The Pines Camping Ground, Golf Clubhouse, Golf Course hingga Driving Range. Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Surabaya – Malang, No. 16, Kalitengah Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.

12. Wisata Tretes Prigen

12. Wisata Tretes Prigen
javatravel.net

Tempat wisata Pasuruan selanjutnya adalah Tretes Prigen. Tempat wisata ini terletak di Desa Tretes, Kecamatan Prigen. Kabupaten Pasuruan. Sedulur hanya memerlukan waktu tempuh 1 jam saja untuk bisa sampai di tempat wisata ini dari pusat kota Pasuruan. Pemandangan yang indah dan juga udara yang sejuk merupakan kelebihan tempat wisata ini. Selain itu, tersedia beragam spot yang bisa Sedulur pilih untuk menikmati pemandangan indah kota Pasuruan.

13. Bukit Flora

13. Bukit Flora
javatravel.net

Tempat wisata Pasuruan selanjutnya adalah Bukit Flora. Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Tutur, Krajan Satu, Kec. Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tempat wista yang merupakan sebuah bukit ini akan membuat Sedulur mampu berelaksasi dengan udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang indah.

Sesuai namanya, Bukit Flora ini akan memberi Sedulur sebuah suguhan suasana alam yang menyejukkan. Agar bisa menambah keseruan, Anda bisa mencoba fasilitas outbound dan flying fox yang dirasa cukup menantang.

14. Taman Gor Untung Suropati

14. Taman Gor Untung Suropati
wisataasia.com

Tempat wisata ini terletak di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Wisata dalam kota ini sangat cocok bagi Sedulur yang memburu tempat terbaik untuk hunting foto. Di taman ini Sedulur bisa menemukan bangunan ikonik yakni menara jam gadang. Banyak warga yang menghabiskan waktu santai dan sekadar duduk bersama di area Gor Untung Suropati ini.

15. Saygon Night Park

15. Saygon Night Park
javatravel.net

Bukan hanya Saygon Waterpark, terdapat juga taman bermain pilihan untuk berwisata selanjutnya, yaitu Saygon Night Park. Salah satu taman yang juga dimiliki oleh Inul Daratista ini, terletak di Sengon, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk tiba di tempat wisata ini jika Sedulur berangkat dari pusat kota Pasuruan.

16. Kedawung Agro Selfie

16. Kedawung Agro Selfie
javatravel.net

Tempat wisata Pasuruan ini terletak di Jalan Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. KAS atau Kedawung Agro Selfie ini merupakan pabrik gula yang dikembangkan menjadi destinasi wisata agro dan spot fotografi. KAS juga menjadi jujugan rekreasi kekinian karena banyak spot yang menarik. Anda bisa mengeksplorasi emplasement PG Kedawung.

17. Finna Golf and Club Resort

17. Finna Golf and Club Resort
tempatwisata.pro

Di Pasuruan, Sedulur bisa memulai petualangan dengan berwisata ke tempat yang satu ini yaitu Finna Golf & Club Resort. Lokasi tempat wisata ini lumayan luas, sekitar 6.345 m dan menjadi salah satu obyek wisata di Pasuruan yang kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam maupun luar kota. Banyak pemandangan indah yang bisa Sedulur nikmati di tempat wisata Pasuruan satu ini.

Selain itu, tempat yang luas juga akan membuat Sedulur menjadi lebih tenang dan rileks. Tempat wista ini terletak di Jalan Raya Barsari, Prigen, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Fasilitas umum yang tersedia lumayan luas dan lengkap.

18. Candi Gunung Gangsir

18. Candi Gunung Gangsir
tempatwisata.pro

Bagi Sedulur yang menyukai sejarah dan masa lalu, berwisata ke Candi Gunung Gangsir yang ada di Pasuruan, merupakan keputusan yang tepat. Tempat wisata Pasuruan ini terletak di Dusun Keboncandi, Kecamatan Gunung Gangsir, Kabupaten Pasuruan. Candi ini memiliki tempat parkir yang luas, karena sering kali menjadi tempat tujuan kunjungan oleh siswa dan pelajar.

Candi Gunung Gangsir yang juga dikenal sebagai Candi Kebon ini dalam bahasa Jawa mempunyai arti menggali karena konon katanya asal mula Candi Gunung Gangsir adalah ada seseorang yang sedang menggali gunung yang merupakan bagian dari candi untuk mengambil beberapa benda berharga di dalam candi tersebut.

19. Candi Jawi

19. Candi Jawi
tempatwisata.pro

Masih dengan objek wisata sejarah yang ada di Pasuruan, Selain Candi Gunung Gangsir, terdapat juga Candi Jawi yang terletak di Jalan Raya Prigen, Candi Wates, Pasuruan Jawa Timur. Candi Jawi merupakan objek wisata yang sudah sangat terkenal di Pasuruan. Selain itu, candi ini juga dibangun pada abad ke-13.

Candi yang merupakan peninggalan kerajaan Singasari ini menerapkan arsitektur dari perpaduan agama Hindu dan Budha. Bangunan candi ini mempunyai puncak berupa stupa yang dibangun dengan menggunakan batuan andesit. Di sekitar area candi Sedulur bisa juga menikmati pemandangan taman di mana biasanya dibuat tempat untuk foto-foto.

20. Gunung Bromo

20. Gunung Bromo
tempatwisata.pro

Salah satu Gunung yang terkenal di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Pasuruan yaitu Gunung Bromo.  Gunung yang masih aktif ini tidak pernah kehilangan keelokannya. Di sana selain Sedulur bisa bebas berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan khas pegunungan, Sedulur bisa melakukan beberapa kegiatan seperti pendakian untuk mencapai ke kawahnya dan juga bagi yang tidak mau lelah, Sedulur bisa juga menunggangi kuda.

Semoga tempat wisata Pasuruan di atas bisa memberikan rekomendasi bagi Sedulur yang ingin menghabiskan waktu liburan dan masih kebingungan menentukan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. Jangan lupa, selama Sedulur berada di Pasuruan, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari Sedulur.

Aplikasi Super merupakan aplikasi yang bisa menemani Sedulur dan siap memenuhi kebutuhan harian Sedulur. Banyak barang tersedia lengkap dan berkualitas untuk apapun yang Sedulur butuhkan setiap harinya. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super.

Jangan lupa pantengin terus Aplikasi Super, karena akan ada flash sale bernama Super Bohay yang pelaksanaannya diperpanjang hingga tanggal 20 Desember 2020 nanti. Jangan sampai Sedulur menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari Super Bohay lebih lanjut. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, terdapat banyak program menarik yang bisa Sedulur ikuti untuk mendapatkan keuntungan.