Apa saja sih daftar tempat wisata di Makassar yang populer dan wajib dikunjungi? Sedulur bisa simak dalam penjelasan artikel dari Superapp.id di bawah ini!

Salah satu kota besar di Indonesia dan merupakan kota yang mewakili Sulawesi Selatan, Makassar tumbuh sebagai kota salah satu tujuan wisata. Sadar akan potensi yang dimiliki oleh kota Makassar, baik itu pemerintah, masyarakat dan pihak terkait, mengembangkan setiap potensi tempat wisata di Makassar.

Hasilnya, Makassar merupakan salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata yang beragam. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata religi, hingga wisata kuliner. Hal ini menunjukan setiap potensi dari tempat wisata di Makassar telah dimanfaatkan dengan baik dan berada dalam pengelolaan yang benar. Tentu saja hal ini merupakan contoh bagi kawasan dan daerah lainnya.

Bagi Sedulur yang ada di Makassar dan bagi yang telah merencanakan liburan ke Makassar setelah pandemi ini usai, daftar tempat wisata di Makassar merupakan sebuah panduan wajib yang harus dimiliki. Oleh karena itu, untuk menjawab hal tersebut, Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas apa saja tempat wisata di Makassar yang populer dan wajib dikunjungi.

Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini, jika perlu catat sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika Sedulur berkunjung ke Makassar!

Baca Juga: 40+ Tempat Wisata di Malang yang Hits & Murah Terbaru 2021

Daftar Tempat Wisata Di Makassar yang Populer dan Wajib Dikunjungi!

1. Pantai Losari

1. Pantai Losari
sulawesion.com

Ikon wisata Makassar adalah Pantai Losari. Sangat mustahil jika orang tidak mengetahui Pantai Losari. Jika ada yang bertanya tentang tempat wisata di Makassar, setiap orang pasti akan langsung terhubung dengan Pantai Losari ini.  Salah satu pantai yang legendaris di Indonesia, dengan pemandangan yang indah dan kebersihan pantai yang terjaga. Pantai kebanggaan masyarakat Makassar itu sendiri. Sedulur yang berkunjung ke  Makassar, pasti wajib mengunjungi tempat wisata satu ini.

  • Alamat: Jln. Penghibur, terletak di sebelah Barat Kota Makassar.
  • Waktu Buka: Setiap hari 24 Jam
  • Harga: Gratis

2. Pulau Dutungan

2. Pulau Dutungan
travelspromo.com

Daerah kota Makassar dan juga Sulawesi Selatan memiliki beberapa pulau yang indah yang dijadikan tempat wisata Makassar. Salah satunya adalah Pulau Dutungan, keunikan Pulau Dutungan adalah pasir pantai yang putih dan pemandangan hamparan pantai yang indah. Untuk bisa tiba di pulau ini, kita harus menyewa perahu dengan kapal motor, biaya sewanya sekitar Rp 50.000.

Di pulau ini terdapat beberapa penginapan yang bisa disewa untuk beberapa hari. Kita bisa memancing, bersantai di pohon bakau, dan melihat-lihat pohon jati. Tersedia juga beberapa tempat makan dengan menu makan khas pantai yang nikmat. Terdapat kabar burung yang beredar bahwa pulau ini merupakan pulau angker dengan beberapa penampakan yang menyeramkan.

Beberapa pengunjung yang berlibur di tempat ini ada yang penasaran dengan kabar burung tersebut, bahkan kabar burung tersebut juga menjadi salah satu daya tari untuk pulau ini. Bagi Sedulur yang penasaran dengan hal-hal horor, bisa coba berkunjungan ke tempat ini. Jika pun hal horor yang dimaksud tidak terbukti, masih ada pemandangan indah yang menanti Sedulur di tempat ini.

  • Alamat: Cilellang, Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga: Gratis

3. Pulau Gusung

3. Pulau Gusung
jejekpiknik.com

Pulau di Makassar yang menjadi tempat wisata Makassar selanjutnya adalah Pulau Gusung. Pulau ini tidak berpenghuni, tidak ada tempat penginapan dan juga tempat makan. Hanya pulau yang berada di pesisir Makassar yang sering dikunjungi untuk bersantai. Sedulur bisa mencapai ke pulau ini dengan menggunakan kapal laut, dan waktu yang dibutuhkan untuk pulang pergi adalah Rp 20.000.

Karena keindahan dari pulau ini dan juga eksklusifitas dari pulau ini, banyak wisatawan yang ingini mengunjunginya. Di pulau ini, kita bisa melihat pemandangan indah laut yang terhampar sangat luas dan dalam.

  • Alamat: Bontoharu, Kepulauan Selayar
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga: Gratis

4. Trans Studio Makassar

4. Trans Studio Makassar
travelspromo.com

Trans Studio merupakan salah satu wahana bermain yang tersedia di beberapa kota di Indonesia, saat ini kota yang memiliki Trans Studio baru Jakarta, Bandung dan Makassar. Salah satu rekomendasi tempat wisata di Makassar yang bisa dikunjungi adalah Trans Studio Makassar. Banyak wahana bermain menarik yang bisa Sedulur coba di tempat ini. Berikut informasi lengkap mengenai tempat wisata satu ini.

  • Alamat: Jl. Metro Tj. Bunga No.28, Maccini Sombala, Tamalate, Makassar.
  • Waktu Buka: 10:00 – 21:00
  • Harga: Senin-Jum’at = Rp 100.000, Sabtu-Minggu = Rp 150.000

5. Bugis Waterpark

5. Bugis Waterpark
travelspromo.com

Bugis Waterpark merupakan tempat wisata di Makassar yang penuh dengan wahana permainan air. Tempat satu ini juga sangat cocok dikunjungi sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Walaupun terlihat seperti wahana permainan yang modern, tempat wisata ini tidak lupa dengan adat istiadat. Tempat ini memadukan nuansa modern dengan nuansa khas suku Bugis.

Di tempat ini terdapat sekitar 3 zona dengan 10 wahana permainan. Zona Alabuang yang memiliki bentuk sebagaimana pelabuhan, Zona Goa Batu Kalibampa, dan Zona Kampong Rilau, dengan nuansa pedesaan adat istiadat, yang kental dengan kampung nelayan. Berikut informasi lengkap tempat wisata satu ini.

  • Alamat: Perumahan Bukit Baruga Antang, Jl. Sektor Mahamero No. 1, Makassar.
  • Waktu Buka: Setiap hari pada dari jam 09:00 – 18:00
  • Harga: Senin-Jum’at = Rp 120.000, Sabtu-Minggu = Rp 180.000

6. Danau Mawang

6. Danau Mawang
pelakita.id

Danau Mawang merupakan salah satu tempat wisata di Makassar yang memiliki pemandangan indah. Terutama pemandangan senja, warna langit temaram senja yang berwarna merah mudah menjadi daya tarik utama para wisatawan berkunjung ke tempat ini. Salah satu danau terindah yang dimiliki Makassar adalah Danau Mawang.

  • Alamat: Danau Mawang, Somba Opu, Gowa.
  • Waktu Buka: Setiap Hari 24 Jam
  • Harga: Gratis

7. Pemandian Air Panas Lejja

7. Pemandian Air Panas Lejja
tribunnews.com

Bagi Sedulur yang mencari tempat pemandian di Makassar, Pemandian Air Panas Lejja merupakan pilihan tepat untuk dikunjungi. Kawasan pemandian ini juga berada dekat dengan kawasan hutan lindung di Makassar. Di pemandian air panas ini juga mengandung 1.5% belerang, yang sangat berkhasiat untuk rematik, penyakit kulit dan persoalan kesehatan tubuh lainnya. Selain berlibur, dengan mengunjungi tempat ini juga Sedulur bisa mendapatkan kesehatan.

  • Alamat: Bulue, Mario Riawa, Soppeng Regency
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga: Dewasa = Rp 15.000, Anak-anak = Rp. 5000

8. Pegunungan Karst Rammang-Rammang

8. Pegunungan Karst Rammang-Rammang
suara.com

Salah satu tempat wisata di Makassar yang kental dengan nuansa alam adalah Pegunungan Karst Rammang-Rammang. Pegunungan ini terletak di kawasan Taman Nasional bantimurung. Melihat pemandangan dari pegunungan karst ini membuat kita teringat dengan pemandangan pegunungan di Yunnan, China. Pegunungan ini terbentuk dari batuan gamping dengan tebing yang cadas, sudah ribuan tahun berbentu seperti ini. Salah satu alternatif tempat wisata alam yang bisa dikunjungi di sekitar Makassar.

  • Alamat: Maccini Baji, Lau, Botolempangan, Bontoa, Kabupaten Maros
  • Waktu Buka: 24 Jam setiap hari
  • Harga: Gratis

9. Vihara Ibu Agung Bahari

9. Vihara Ibu Agung Bahari
tribunnews.com

Di setiap kota besar di Indonesia, pasti terdapat daerah pecinan yang menjadi tempat hidup peranakan Tionghoa. Salah satu pecinan di Makassar terletak di Jalan Sulawesi, dan terdapat tempat wisata di Makassar di daerah pecinan, yaitu Vihara Ibu Agung Bahari. Vihara ini merupakan tempat wisata sejarah, dengan nuansa bangunan khas Dinasti Tang dan Dinasti Ming. Vihara ini juga menjadi titik tumbuh dan berkembangnya perkampungan peranakan Tionghoa di Makassar.

  • Alamat: : Jl. Sulawesi, Pattunuang, Wajo.
  • Waktu Buka: Disesuaikan dengan jadwal ibadah.
  • Harga: Gratis

10. Masjid Terapung

10. Masjid Terapung
kumparan.com

Masjid memang bukan tempat wisata, melainkan tempat ibadah bagi umat Islam. Namun, jika masjidnya memiliki desain dan tempat yang unik, hal tersebut pasti menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Salah satu alternatif tempat wisata di Makassar adalah Masjid Terapung, masjid ini dibangun di atas laut. Berada di wilayah pantai Losari, masjid ini merupakan tempat ibadah bagi pengunjung yang bermain di pantai Losari.

  • Alamat: Jalan Penghibur No.289, Losari
  • Waktu Buka: Setiap Hari selama 24 jam
  • Harga: Gratis

11. Kawasan Adat Ammatoa

11. Kawasan Adat Ammatoa
celebes.co

Tempat wisata di Makassar selanjutnya adalah Kawasan Adat Ammatoa, kawasan adat ini, jika di pulau Jawa hampir mirip seperti Kampung Baduy di Provinsi Banten. Terdapat 8 desa besar dan 6 dusun kecil di kawasan adat Ammatoa ini. Suku yang menempati kawasan adat ini adalah Suku Kajang yang terbagi menjadi dua, Suku Kajang Luar dan Suku Kajang Dalam. Suku Kajang Dalam masih menolak terhadap teknologi dari luar, dan menerapkan peraturan yang sangat ketat bagi wisatawan.

Wisatawan yang akan berkunjung ke wilayah Suku Kajang Dalam, harus mengikuti setiap aturan adat yang berlaku. Bahkan larangan memakai sandal pun harus ditaati. Sementara itu, Suku Kajang Luar secara perlahan telah menerima teknologi dari luar, seperti listrik, televisi, radio dan lain sebagainya. Bagi Sedulur yang sangat menyukai wisata budaya dan alam, kawasan adat satu ini bisa menjadi alternatif tempat wisata.

  • Alamat: Ammatoa, Kajang, Bulukumba
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga: Gratis

12. Danau Tempe

12. Danau Tempe
kompasiana.com

Kepopuleran Danau Tempe sebagai tempat wisata di Makassar disebabkan ketersediaan ikan tawar yang segar dan melimpah di dalamnya. Bahkan, terdapat beberapa spesies ikan tawar yang tidak ada di tempat lain. Secara perlahan, Danau Tempe pun menjadi tempat wisata pemancingan yang ramai dikunjungi di Makassar. Bahkan sebagai tempat penghasil ikan tawar terbesar di Indonesia.

  • Alamat: Pulau Tempe, Belawa, Wajo
  • Waktu Buka: Setiap Hari 24 Jam
  • Harga: Gratis

13. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

13. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi
kompas.com

Tempat wisata di Makassar selanjutnya merupakan tempat pembuatan perahu Phinisi, perahu khas dan legendaris yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan. Bagaimana para pengrajin perahu membuat perahu, merancangnya hingga menyusunnya bisa Sedulur lihat di tempat ini. Hal menarik di tempat ini adalah segala pengetahuan tentang pembuatan perahu diturunkan langsung secara turun-temurun dari nenek moyang yang hingga saat ini masih berlangsung dan belum putus.

  • Alamat: Tana Beru, Bontobahari, Bulukumba
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga: Gratis

14. Benteng Somba Opu

14. Benteng Somba Opu
kompas.com

Tempat wisata di Makassar merupakan salah satu bangunan cagar budaya peninggalan Kesultanan Makassar. Benteng Somba Opu dibangun sebagai tempat pertahanan untuk menghadang musuh di masa lalu. Terdapat rumah adat tradisional di tempat ini, cocok bagi Sedulur yang menyukai wisata sejarah dan budaya untuk mengunjungi tempat ini.

  • Alamat: Jl. Daeng Tata, Barombong, Gowa
  • Waktu Buka: Setiap hari dari jam  08:00 – 19:00
  • Harga: Rp 2000

15. Dataran Tinggi Malino

15. Dataran Tinggi Malino
inakoran.com

Salah satu destinasi wisata yang tidak berbau laut dan pantai yang dimiliki oleh Makassar adalah daratan tinggi Malino. Daratan ini merupakan perkampungan ibarat surga tersembunyi. Di tempat ini terdapat hutan pinus, kebun sayur dan buah, juga ada air terjun takapala yang bisa Sedulur kunjungi. Jika Sedulur bosan dengan tempat wisata di Makassar yang identik dengan laut dan pantai dengan udara yang panas, Dataran Tinggi Malino merupakan pilhan terbaik untuk berlibur dengan kesejukan.

  • Alamat: Malino, Tinggimoncong, Gowa.
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam.
  • Harga: Gratis

16. Tanjung Bira

16. Tanjung Bira
mytrip123.com

Salah satu tempat wisata di Makassar yang menjadi andalan para penyelam adalah Tanjung Bira. Tanjung bisa berada sekitar 200 Km dari kota Makassar, Tanjung Bira juga merupakan salah satu destinasi wisata bahari legendaris di Indonesia. Kekayaan laut yang ada di Tanjung Bira sangat menakjubkan dan bisa membuat kita terpukau.

Keunggulan lain, kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit sekaligus matahari terbenam di Tanjung Bira. Dua momentum indah tersebut sama-sama menakjubkan. Namun, satu hal yang menjadi keunikan dan keunggulan dari Tanjung Bira adalah tingkat kedalaman air laut yang jernih, sehingga kita bisa melihat 3 lapisan warna air laut yang berbeda di tempat ini.

Bagi Sedulur yang ingin berlibur ke tempat ini, sudah banyak tersedia banyak penginapan dan hotel di kawasan Tanjung Bira. Dengan beberapa tempat makan dan pertokoan untuk menyiapkan kebutuhan para wisatawan.

  • Alamat: Jl. Tj. Bira, Sambung Jawa, Mamajang
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga: Gratis

17. Pantai Kuri Indah

17. Pantai Kuri Indah
celebes.co

Kembali ke destinasi wisata pantai di Makassar, Pantai Kuri Indah merupakan pantai pilihan bagi para wisatawan yang ingin diving atau snorkling. Di pantai ini, kita bisa melihat pemandangan bawah laut, karena air laut yang sangat jernih. Keunikan lainnya, terdapat kawasan hutan mangrove di pantai ini, yang berfungsi sebagai penghalang air pasang laut jika terlalu tinggi, agar tidak merusak pemukiman warga.

Meskipun memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan, dan surganya diving, Sedulur tidak bisa menghabiskan waktu berlama-lama untuk diving dan snorkling di tempat ini. Karena, memasuki sore hari, air pasang laut sedang sangat tinggi. Justru, ketika sore hari tiba, hal menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

  • Alamat: Jl. Pattene, Sudiang
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga: Gratis

18. Pantai Akkarena

18. Pantai Akkarena
tribunnews.com

Masih dengan pantai sebagai tempat wisata di Makassar, kali ini adalah pantai Akkarena. Selain pantai Losari, pantai Akkarena merupakan pantai alternatif yang dikunjungi oleh wisatawan ketika berada di Makassar. Kelebihan dari pantai ini adalah telah tersedia tempat rekreasi yang bisa dikunjungi dengan harga tiket yang beragam. Namun, bagi yang hanya ingin melihat pemandangan pantai, kita cukup datang dan duduk menikmati suasana pantai di tempat ini.

  • Alamat: Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate
  • Waktu Buka: Setiap hari 24 Jam
  • Harga: Gratis

19. Pulau Kayangan

19. Pulau Kayangan
arsy.co.id

Rekomendasi pulau tempat wisata di Makassar selanjutnya adalah Pulau Kayangan. Berbeda dengan pulau-pulau lain yang ada di Makassar yang menjadi tempat wisata, Pulau Kayangan merupakan pulau koral yang berbentuk bulat dan memiliki hamparan pasir berwarna putih. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang masih belum banyak dijamah oleh wisatawan, oleh karena itu kita masih bisa melihat kebersihan dan keindahan pantai di pulau ini.

  • Alamat: Pulau Kayangan, Ujung Pandang, Sulawesi Selatan
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga: Gratis

20. Taman Laut Takabonerate

20. Taman Laut Takabonerate
triptrus.com

Rekomendasi lainnya tempat wisata di Makassar yang kaya akan pemandangan bawah laut adalah taman Laut Takabonerate. Tempat wisata ini tentu sudah sangat tidak asing bagi para penyelam,  karena tempat ini merupakan salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO, hal tersebut dikarenakan kebersihan, keragaman dan keindahan pemandangan bawah laut yang sangat kaya.

Selain membanggakan bagi masyarakat Sulawesi Selatan, Taman Lau Takabonerate juga membanggakan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena taman laut ini merupakan taman laut yang menduduki peringkat ketiga di dunia. Setelah taman laut Kwajalein di Kepulauan Marshall Amerika Serikat dan taman lau Suvadiva di Kepulauan Maldives. Sebagai warga Indonesia, kita wajib berbangga diri dan mendukung pelestarian tempat ini dengan mengunjungi tempat wisata ini.

  • Alamat: Kepulauan Selayar
  • Waktu Buka: Setiap hari selama 24 Jam
  • Harga: Gratis

21. Sop Konro Karebosi

21. Sop Konro Karebosi
iradiofm.com

Aneh rasanya, jika berkunjung ke suatu tempat untuk berwisata dan kita tidak mencicipi kuliner khas. Bahkan, saat ini banyak yang berwisata hanya untuk makan-makan mencicipi kuliner khas daerah tersebut, istilah ini sering kita sebut sebagai wisata kuliner. Kali ini, setelah kita puas dengan berbagai rekomendasi tempat wisata di Makassar di atas, kita masuk membahas rekomendasi tempat wisata kuliner khas kota Makassar.

Rekomendasi pertama adalah tempat makan Sop Konro Karebosi, yang menjual Sop Konro, makanan khas Makassar yang sudah diketahui oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Bukan hanya sop sonro, tempat makan ini juga menjual konro iga bakar yang menjadi salah satu alternatif masakan sop konro.

Setelah lelah mengunjungi tempat wisata yang ada di Makassar, tempat makan satu ini bisa menjadi pilihan kita untuk menghilangkan rasa lapar dengan cita rasa makanan yang sangat nikmat.

  • Alamat: Jalan Gunung Lompobattang No. 41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115
  • Waktu Buka: 10:30 – 23:00
  • Harga: Rp 38.000,- – Rp 40.000,-

22. Coto Nusantara

22. Coto Nusantara
festivaljalanjalan.com

Wisata kuliner selanjutnya yang bisa kita sambangi setelah puas berlibur di tempat wisata di Makassar adalah rumah makan Cota Nusantara. Bahkan, ada istilah yang menyebutkan bahwa kita belum ke Makassar jika kita belum mencicipi Coto Makassar. Salah satu makanan khas Makassar yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Sudah pasti, hal pertama yang ingin dicicipi oleh pengunjung ketika berada di Makassar adalah memakan Coto Makassar. Warung makan Coto Nusantara merupakan tempat yang bisa rekomendasi bagi Sedulur untuk mencicipi Coto Makassar yang original asli dari Makassar. Coto merupakan makanan berkuah yang terdiri dari jeroan perut sapi yang telah direbus dalam waktu yang lama

  • Alamat: Jalan Merpati No. 2, Kunjung Mae, Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90125
  • Waktu Buka: 06:30 – 18:00 WITA
  • Harga: Rp 15.000

Baca Juga: 20 Destinasi Wisata Pasuruan Paling Hits, Wajib Ke Sini!

23. Rumah Makan Aroma Palopo

23. Rumah Makan Aroma Palopo
tribunnews.com

Salah satu daerah di dekat Makassar yang bernama Palopo memiliki beberapa kuliner khas yang lezat. Sedulur bisa menikmati berbagai kuliner khas Palopo di Rumah Makan Aroma Palolo ini. Setelah puas berwisata dan berlibur berbagai tempat wisata di Makassar, mengakhiri perjalanan wisata dengan makan di rumah makan ini adalah pilihan tepat. Sedulur juga wajib memasukan rumah makan ini ke salah satu daftar wisata kuliner Sedulur di Makassar.

  • Alamat: Jalan Mappanyukki No. 66C, Mario, Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90125
  • Waktu Buka: 08:00 – 22:00
  • Harga: Rp 20.000,- – Rp 25.000,-

24. Sop Ubi Datumuseng

24. Sop Ubi Datumuseng
tribunnews.com

Sop Ubi merupakan salah satu makanan khas dan unik dari Makassar, cocok untuk kita kunjungi dalam rangkaian wisata kuliner yang kita lakukan di Makassar, atau bisa juga kita kunjungi setelah kita lelah bermain di tempat wisata di Makassar. Sop ubi merupakan makanan yang menggunakan ubi goreng, dicampur dengan tauge, bihun, telur, daun bawang, bawang goreng dan daging. Disiram dengan kuah yang sangat nikmat. Salah satu tempat yang bisa Sedulur kunjungi, untuk menghilangkan rasa lapar.

  • Alamat: Jalan Datu Museng, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111
  • Waktu Buka: 10:00 – 21:00
  • Harga: Rp 25.000,-

25. Warung Pangkep Sop Saudara

25. Warung Pangkep Sop Saudara
tripadvisor.com

Salah satu tempat makan legendaris di Makassar yang wajib Sedulur datangi adalah Warung Pangkep Sop Saudara. Sop Saudara terkenal dengan kenikmatannya. Pangkep merupakan daerah yang berada di pinggir kota Makassar. Nama Pangkep diabadikan di tempat makan ini untuk mempertahankan identitas asli tempat makan ini.

Hal yang lebih menakjubkan lagi, tempat ini buka selama 24 jam, membuat kita leluasa untuk mendatangi tempat ini. Cocoknya, ketika telah puas dan lelah bermain di tempat wisata di Makassar. Menu di Warung Pangkep Sop Saudara sangat cocok untuk mengisi perut kosong kita dan menghilangkan rasa lapar.

  • Lokasi: Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo No. 40, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171
  • Waktu Buka: Setiap Hari 24 Jam
  • Harga: Rp 25.000,-

26. Pallubasa Onta

26. Pallubasa Onta
sahabat-ukm.com

Kuliner yang melengkapi tempat wisata di Makassar selanjutnya adalah Pallubasa Onta. Nama onta di belakang tempat makan ini bukan berarti tempat ini menjual makanan yang terbuat dari daging unta. Nama onta diambil dari nama jalan tempat ini berdiri. Menu makan yang dijual di tempat ini adalah Pallubasa, makanan khas Makassar dengan cita rasa asam dan pedas.

Bisa membuat kita menjadi sangat melek setelah lelah berkeliling kota Makassar. Sebagaimana Coto dan Sop konro, Sedulur juga wajib mencicipi Pallubasa ketika sedang berada di Makassar.

  • Alamat: Jalan Onta Lama No. 103, Mandala, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132
  • Waktu Buka: 09:00 – 23:00 WITA
  • Harga: Rp 13.000,- – Rp 20.000,-

27. Mi Hengky

27. Mi Hengky
kulinermakassar.com

Beberapa menu mie kering khas Makassar memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Sedulur bisa mencicipi berbagai berbagai mie kering khas Makassar di tempat makan satu ini. Sedulur bisa puas menikmati berbagai mie kering khas Makassar di tempat ini setelah puas berwisata di berbagai tempat wisata di Makassar.

  • Alamat: Jalan Nusantara No.358, Butung, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171
  • Waktu Buka: 18:00 – 01:00
  • Harga: Rp 30.000,-

28. Otak-Otak Ibu Elly

28. Otak-Otak Ibu Elly
tripadvisor.com

Tidak lengkap berwisata kuliner jika tidak mencicipi jajanan khas suatu daerah. Di Makassar, terdapat jajanan khas yaitu otak-otak. Di Otak-Otak Ibu Elly, Sedulur bisa menikmati jajanan nikmat otak-otak yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung gandum dan dibakar. Setelah selesai berlibur di berbagai tempat wisata di Makassar, membawa otak-otak sebagai oleh-oleh adalah pilihan tepat. Di Otak-Otak Ibu Elly Sedulur bisa mendapatkan otak-otak yang nikmat dan lezat.

  • Alamat: Jln. Boulevard Ruko Jasper I No. 4, Makassar
  • Waktu Buka: 07:00 – 22:00
  • Harga: Rp 4.000,- – Rp 150.000,-

29. Monumen Korban 40.000 Jiwa

29. Monumen Korban 40.000 Jiwa
infosulses.com

Alternatif tempat wisata di Makassar yang bisa Sedulur kunjungi adalah wisata bersejarah. Monumen Korban 40.000 Jiwa merupakan monumen yang dibangun untuk menghargai 40.000 korban jiwa rakyat Makassar yang terjadi pada tragedi pembantaian di masa penjajahan Belanda.

Di salah satu sudut monumen, terdapat salah satu patung yann menggambarkan korban yang selamat dengan satu kaki yang buntung. Sebagai usaha untuk menghargai sejarah monumen ini hadir sebagai tempat wisata yang edukatif bagi masyarakat. Berikut informasinya lengkapnya:

  • Alamat: Jl. Korban 40,000 Jiwa, Wala-Walaya, Tallo, La’latang, Tallo
  • Waktu Buka: Setiap hari 24 jam
  • HTM: Gratis

30. Taman Maccini Sombala

30. Taman Maccini Sombala
celebes.co

Bagi Sedulur yang ingin bersantai di kota Makassar dan menikmati suasana pagi hari atau sore hari di tempat yang asri dan indah, Taman Maccini Sombala adalah tempat yang cocok. Tempat wisata di Makassar ini merupakan taman kebanggaan masyarakat Makassar.

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa kita nikmati sebagai pengunjung, di antaranya gazebo, saung, bangku taman, tempat jogging dan bersepeda, dan juga ada sungai buatan yang melengkapi pemandangan. Berikut ini alamat lengkap bagi Sedulur yang ingin mengunjunginya:

  • Alamat: Jl. Nuri Baru, Maccini Sombala
  • Waktu Buka: Setiap hari pukul 06:00 – 20:00
  • HTM: Gratis

31. Taman Macan

31. Taman Macan
celebes.co

Mencari tempat wisata murah di Makassar namun tidak mengurangi kenyamanan bersantai? Taman Macan adalah jawabannya. Tempat wisata di Makassar ini merupakan tempat terbuka bagi masyarakat. Taman yang berbentuk segitiga dengan patung macan di tengahnya, membuat masyarakat memanggilnya sebagai Taman Macan. Taman ini merupakan tempat bersejarah di Makassar, sebagai monumen untuk mengenang pahlawan yang gugur di tahun 1945, pada masa perang kemerdekaan.

  • Alamat: Jl. Sultan Hasanuddin, Bulogading, Ujung Pandang
  • Waktu Buka: Setiap hari 24 jam
  • HTM: Gratis

32. Fort Rotterdam

32. Fort Rotterdam
klikalamat.com

Fort Rotterdam merupakan salah satu tempat bersejarah di Makassar, bahkan menjadi salah satu tempat bersejarah di Indonesia. Fort Rotterdam merupakan benteng yang dibandung oleh Belanda sebagai salah satu tempat untuk berlabuh dan berlayar menganggkut rempah-rempah. Banyak tersimpan sejarah terkait penjajahan Belanda di Makassar dan sejarah kota Makassar itu sendiri di tempat ini, sangat wajib untuk Sedulur kunjungi. Berikut ini informasi lengkapnya:

  • Alamat: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kota Makassar
  • Waktu Buka: Setiap hari pukul 08:00 – 18:00
  • Nomor telepon: +62 41 132 1701
  • HTM: Serelanya (Digunakan untuk Pemegaran Cagar Budaya)

33. Museum La Galigo

33. Museum La Galigo
detik.com

Bagi Sedulur yang berkunjung ke tempat bersejarah di Makassar, yaitu Fort Rotterdam, jangan lupa untuk mengunjungi Museum La Galigo, museum yang menjadi bagian dari Fort Rotterdam. Museum ini menyimpan banyak sejarah kota Makassar di masa penjajahan Belanda, terutama yang berkaitan dengan Fort Rotterdam. Bagi Sedulur yang menyukai sejarah dan tertarik dengan sejarah Fort Rotterdam, wajib memasuki museum satu ini. Berikut informasi terkait Museum La Galigo:

  • Alamat: Jl. Ujung Pandang No.2, Bulo Gading
  • Waktu Buka: Senin libur, Selasa – Minggu pukul 08:00 – 17:30
  • Nomor telepon: +62 41 1362 3571
  • HTM: Rp. 5.000 (dewasa), Rp. 3.000 (anak-anak), Rp. 10.000 (turis asing sebagai bentuk retribusi)

34. Museum Balla Lompoa

34. Museum Balla Lompoa
sejarahlengkap.com

Bagi Sedulur yang ingin berkunjung ke tempat wisata di Makassar yang berbagi dengan adat tradisional, Sedulur bisa berkunjung ke Museum Balla Lampoa. Pasalnya, museum satu ini tidak seperti museum pada umumnya. Karena, dari segi bangunan saja, museum ini menggunakan bangunan tradisional Makassar yang berasal dari masa Kerajaan Gowa.

Museum ini menyimpan benda koleksi yang berasal dari masa Kerajaan Gowa dan banyak informasi penting terkait kehidupan di kota Makassar ketika Kerajaan Gowa masih berdiri. Bagi Sedulur yang penasaran dan ingin berkunjung ke tempat bersejarah di Makassar ini, berikut informasi lengkapnya:

  • Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 39, Gowa, Sungguminasa
  • Waktu buka: Senin – Kamis pukul 08:00 – 16:00, Jumat 08:00 – 11:00, Sabtu dan Minggu libur
  • Nomor telepon: +62 41 186 7775
  • HTM: Gratis

35. Kompleks Makam Raja-Raja Tallo

35. Kompleks Makam Raja-Raja Tallo
merdeka.com

Tempat bersejarah sekaligus tempat wisata di Makassar yang terdapat cagar budaya di dalammnya adalah kompleks makam Raja-Raja Tallo. Secara harfiah, tempat ini merupakan kuburan para Raja-Raja Tallo dari Kerajaan Gowa dan Tallo. Namun, karena makan dari masa lalu, maka bentuknya pun seperti candi dan unik untuk dikunjungi.

Di kawasan kompleks pemakaman ini juga terdapat benteng Tallo, sebuah benteng pertahanan bekas kerajaan Tallo yang merupakan salah satu situs cagar budaya yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Sedulur yang ingin mengunjungi tempat ini, berikut ini informasi lengkap terkait tempat ini:

  • Alamat: Jl. Sultan Abdullah Raya, Tallo, Makassar.
  • Waktu Buka: Setiap hari 24 jam
  • Nomor telepon: +62 852 4252 4985
  • HTM: Gratis

36. Tugu Adipura Anjungan

36. Tugu Adipura Anjungan
antaranews.com

Dekat pantai Losari terdapat tempat wisata di Makassar lainnya yang bisa Sedulur kunjungi, yaitu Tugu Adipura Anjungan. Tugu ini juga merupakan ikon bagi Pantai Losari. Tugu ini merupakan sebuah penghargaan atas kebersihan yang terawat di sekitar pantai Losari dan kota Makassar itu sendiri. Alternatif tempat bersantai yang bisa Sedulur datangi ketika berkunjung ke pantai Losari di Makassar.

37. Air Terjun Takapala

37. Air Terjun Takapala
anekatempatwisata.com

Rekomendasi lain empat wisata di Makassar dengan tema wisata alam adalah Air Terju Takapala. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang sangat besar. Oleh karena itu, kita akan sering melihat pelangi di air terjun ini, karena jumlah debit air yang besar menimbulkan efek yang dapat menghadirkan pelangi.

Udara yang sejuk, pemandangan air terjun yang indah dan adanya pelangi merupakan sebuah surga dunia yang sangat bisa kita nikmati. Selain itu, untuk melengkapi suasana di air terjun, terdapat beberapa penjual kopo hangat dan pisang goreng. Cocok dinikmati setelah kita puas bermain air terjun.

38. Taman Nasional Bantimurung

38. Taman Nasional Bantimurung
pegipegi.com

Di Makassar juga terdapat salah satu Taman Nasional yang wajib dikunjungi, terutama bagi Sedulur yang memiliki ketertarikan terhadap wisata alam. Taman Nasional Bantimurung merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di Makassar yang layak dikunjungi. Salah satu surga alami yang berada di tempat terpencil di Makassar.

Di tempat ini, terdapat banyak koleksi kupu-kupu sebagai daya tarik utama dan hal yang menjadi kebanggaan tempat wisata satu ini. Terdapat juga pegunungan Karst dan pemandangan indah lainnya. Terdapat juga informasi terkait jenis dan spesies kupu-kupu yang menjadi koleksi taman ini, hal ini merupakan kelebihan lainnya. Sebagai pengunjung kita bisa mendapatkan edukasi terkait flora dan fauna. Berikut informasi lengkapnya:

  • Alamat: Bentenge, Mallawa, Maros, Sulawesi Selatan.
  • Waktu Buka: Setiap hari pukul 08:00 – 16:00
  • Nomor telepon: +62 41 1388 0252
  • HTM: Rp. 20.000

39. Air Terjun Bantimurung

39. Air Terjun Bantimurung
celebes.co

Salah satu pemandangan alam yang paling indah di Makkasar adalah Air Terjun Bantimurung. Tempat wisata di Makassar ini berada di dalam Taman Nasional Bantimurung. Jadi, ketika Sedulur mengunjungi Taman Nasional Bantimurung, pasti satu paket dengan mengunjungi air terjun satu ini.

Karena akan sangat menyesal jika Sedulur tidak berkunjungk ke air terjun ini, ketika telah berada di Taman Nasional Bantimurung. Selain itu, pemandangan dari Taman Nasional ke air terjun ini sangat indah. Sedulur akan disuguhi pemandangan kupu-kupu indah dan juga alam yang asri dan menyejukan.

40. Pulau Samalona

40. Pulau Samalona
itrip.id

Bagi Sedulur yang menyukai wisata alam, utamanya wisata pantai dan snorkling, sudah pasti tidak asing dengan pulau Samalona. Pulau ini cukup dekat dari kota Makassar, hanya memerlukan jarak tempuh selama 30 menit, Sedulur sudah bisa sampai di pulau Samalona. Kurang lebih jarak dari kota Makassar yaitu 6.8 Km.

Kita bisa berangkat dari dermaga yang berada dekat di Fort Rotterdam. Biaya sewa perahu menuju pulau Samalona lumayan mahal, terutama saat musim liburan. Yang Sedulur butuhkan adalah kemampuan tawar menawar.

41. Pulau Kodingareng Keke

41. Pulau Kodingareng Keke
celebes.co

Objek wisata pantai selanjutnya di Makassar adalah Pulau Kodingareng Keke. Bagi Sedulur pegiat wisata alam, mungkin ada yang pernah berkunjung ke sini, namun bagi yang belum tahu Pulau Kodinggareng Keke berada 14 Km dari kota Makassar. Pulau ini khusus dijadikan tempat wisata, tidak ada penghuni sama sekali.

Keunggulan tempat wisata ini adalah air lautnya yang jernaih dan memiliki gradasi dari biru muda, toska hingga biru tua. Sedulur bisa menikmati fasilitas snorkling di pulau ini. Satu hal yang perlu diingat, tidak ada penjual di pulau ini, Sedulur jangan lupa membawa bekal makanan ya!

42. Pelabuhan Paotere

42. Pelabuhan Paotere
tribunnews.com

Tempat wisata satu ini sedikit unik dan berbeda. Pelabuhan Paotere merupakan pelabuhan akitf tempat kapal berlabuh dan berangkat melaut, juga ada aktivitas nelayan yang berdagang dan aktivitas sebagaimana pelabuhan pada umumnya. Ada yang unik di pelabuhan ini sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata wajib dikunjungi, yaitu kapal khas Makassar, kapal Phinisi yang memiliki bentuk berbeda dari kapal pada umumnya.

Makassar merupakan daerah dengan budaya maritim yang menjadikan laut sebagai sumber kehidupan, dan nelayan sebagai mata pencaharian utama. Di pelabuhan ini banyak berlabuh perahu-perahu Phinisi, dan tersedia beberapa tempat makan dengan menu khas pelabuhan. Bisa menjadi salah satu tempat wisata alternatif untuk Sedulur kunjungi, jika bosan dengan tempat wisata yang sudah ada.

  • Alamat: Jln. Sabutung Baru, Ujung Tanah.
  • Jam Buka: Setiap hari 24 Jam penuh
  • HTM: Gratis

43. Desa Wisata Ke’Te Kesu

43. Desa Wisata Ke’Te Kesu
grid.id

Salah satu tempat wisata adat yang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Makassar adalah Desa Wisata Ke’Te Kesu. Di desa wisata ini disuguhkan banyak peninggalan kebudayaan Toraja khas Sulawesi Selatan. Salah satu yang paling khas dan memiliki nilai budaya tinggi adalah rumah adat dan beberapa pemakaman unik yang memiliki nilai mistis. Hal tersebut yang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mendatangi tempat wisata satu ini.

  • Alamat: Kampung Bonoran, Desa Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalang, Toraja Utara.
  • Jam Buka: Setiap hari 24 Jam penuh
  • HTM: Rp 10.000

44. Desa Wisata Lakkang

44. Desa Wisata Lakkang
betaritours.com

Desa wisata ini terletak di tengah sungai Tallo dan sungai Pampang. Kita membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk bisa sampai di desa wisata ini. Kendaraan yang digunakan pun kapal bermotor, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 5000 saja. Banyak pemandangan indah yang bisa kita dapatkan di desa wisata ini, salah satu alternatif tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Makassar.

  • Alamat: Pulau Lakkang
  • Jam Buka: Setiap hari 24 Jam penuh
  • HTM: Gratis

45. Museum Kota Makassar

45. Museum Kota Makassar
jejakpiknik.com

Rekomendasi tempat wisata di Makassar yang terakhir adalah Museum Kota Makassar. Museum ini menjelaskan tentang sejarah kota Makassar dan kehidupan budaya masyarakat Kota Makassar di masa lalu. Merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Makassar. Perlu Sedulur ketahui, bahwa belum banyak museum kota di Indonesia. Makassar tercatat sebagai salah satu kota yang memiliki museum.

Bangunan museum yang identik dengan bangunan masa penjajahan Belanda, dan nuansa yang kental dengan masa lalu. Salah satu koleksi yang paling terkenal adalah meriam tua yang telah berumur lebih dari 300 tahun. Berikut informasi lengkap terkait Museum Kota Makassar:

  • Alamat: Jl. Balaikota No.11, Baru, Kota Makassar.
  • Waktu Buka: Senin dan hari libur lainnya tutup, Selasa – Kamis pukul 08:00 – 14:00, Jumat pukul 08:00 – 11:00, Sabtu dan Minggu pukul 09:00 – 14:00
  • Nomor telepon: +62 41 131 4077
  • HTM: Gratis

Semoga penjelasan terkait daftar tempat wisata di Makassar yang telah diulas di atas bisa menambah rekomendasi tempat liburan bagi Sedulur sekalian. Jangan lupa, Aplikasi Super saat ini telah bisa dinikmati oleh Sedulur yang ada di Makassar.

Bagi yang penasaran dan ingin mempelajarinya, langsung saja download Aplikasi Super dengan klik di sini. Dijamin hidup kita akan lebih mudah dan untung super melimpah bersama Aplikasi Super.