Baju rajut kini sedang jadi tren fashion terkini setelah banyak model dan artis yang mengenakannya. Gaya rajut sendiri memang sudah ada sejak lama dan selalu hype ketika musim dingin tiba. Namun, baju ini semakin variatif dan bisa digunakan dalam musim apapun.

Gaya pakaian ini memang bisa membuat penampilan menjadi lebih manis. Belum lagi efek membuat badan lebih berisi juga jadi salah satu keuntungan baju rajut. Sayangnya, pakaian ini memerlukan perawatan khusus agar rajutannya tidak mudah lepas dan tetap awet.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencoba menambah koleksi fashion baju rajut dalam lemari. Sebaiknya perhatikan beberapa cara perawatan satu ini supaya baju rajutnya tak mudah rusak.

Baca Juga: Apa Itu Thrift? Bisnis Baju Besar yang Populer, Bisa Jadi Peluang

Jenis benang rajut

Dalam membuat baju rajut ada beberapa bahan yang biasanya sering digunakan oleh penjahit maupun pabrik baju. Namun, ada dua bahan yang paling populer digunakan untuk membuat rajutan yakni wol dan kashmir.

Dua bahan ini memang sama-sama terbuat dari serat hewan, tetapi harga baju rajut yang dihasilkan akan sangat jauh berbeda. Berikut ini beberapa penjelasan lengkapnya.

  • Wol

Bahan rajut
Wallpaper Safari

Kain wol adalah serat benar yang dihasilkan dari bulu domba. Karakteristik kain satu ini tidak gampang kusut dan dikenal bisa menghangatkan badan. Sehingga wol sangat cocok dijadikan bahan baju untuk negara-negara yang memiliki musim dingin.

Untuk beberapa jenis pakaian, biasanya para penjahit dan pabrik baju akan mengkombinasikan wol dengan beberapa jenis kain lainnya supaya bisa memberikan efek penyerapan keringat yang lebih maksimal.

Jenis baju dengan kain wol memang nyaman saat digunakan karena bahannya lembut. Namun, kurang cocok digunakan disaat musim panas karena akan membuat pemakainya mudah berkeringat.

  • Kashmir

Jenis rajut kashmir
Alex Collins Design

Untuk jenis benang Kashmir biasanya dibuat dari bulu kambing Kashmir. Hal ini juga yang menyebabkan wol Kashmir lebih mahal karena produksi bulu kambing hanya dilakukan sekali dalam setahun.

Namun, kualitas baju rajut wanita dengan bahan wol kashmir tidak perlu diragukan. Bahannya membuat baju lebih ringat dan kuat. Bahannya juga lebih lembut dibandingkan kain wol.

Satu hal lagi yang membuat harga baju ini mahal adalah cara pembuatannya yang menggunakan teknik double knit. Dimana rajutan yang digunakan biasanya berkelas premium dan lebih tebal.

Baju dengan bahan kashmir kebanyakan menjadi celana pendek, rok, jaket, sweater rajut wanita dan pria.

Baca Juga: 10+ Model Baju Gamis 2021 Terbaru dan Kekininan

Model baju rajut kekinian

Sebelum kita masuk bagaimana cara merawat baju rajut, mari kita mengenal beberapa model baju rajut yang sedang tren di tahun 2022.

Pada tren baju rajut tahun ini banyak dipengaruhi oleh aktris dan aktor asal Korea. Baju rajut Korea juga cocok dengan badan masyarakat Indonesia yang memiliki karakter tubuh orang Asia.

Berikut ini beberapa model rajut wanita kekinian yang juga banyak terinspirasi dari serial drama Korea maupun filmnya.

1. Cardigan rajut

Baju rajut kekinian
Carousell

Model pertama ada cardigan rajut. Pakaian ini sangat fleksibel digunakan, tetapi belakangan banyak digunakan sebagai outer. Cardigan rajut zaman sekarang juga tak memiliki banyak kancing, rata-rata hanya memiliki 3 atau 2 kancing saja.

Hal ini membuat cardigan rajut terlihat lebih simple dan mudah dipadukan dengan jenis pakaian apapun, baik itu casual, hijab, maupun formal.

2. Sweater rajut o neck

Model rajut o neck
Rabbitforparrotat

Baju rajut wanita selanjutnya yang sedang banyak digandrungi adalah gaya sweater o neck. Model baju ini memiliki kesan simple karena aksen lubang leher yang bulat.

Selain itu, rajut o neck bisa membuat lehermu terlihat tegap sehingga ada kesan badan menjadi lebih kecil. Gaya sweater seperti ini cocok untuk berkegiatan santai dan acara casual bersama teman-temanmu.

3. Rajut v neck

Model baju rajut korea
SieteNotas

Selanjutnya ada rajut v neck. Gaya sweater satu ini sangat cocok untuk dijadikan outer karena bisa dipadukan dengan baju kerja ataupun kemeja.

Sweater jenis ini juga bisa memberikan kesan rapi dan formal tanpa mengurangi unsur cute dari dalam dirimu.

4. Turtleneck

Knit korean style
Your Korean Travel

Gaya turtleneck memang selalu jadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, sekarang ini rajut ala turtleneck sudah mulai banyak digunakan dan menjamur.

Tren ini tak lepas dari gaya turtleneck yang bisa memberikan kesan rapi pada pemakainya. Selain itu gaya turtleneck bisa membuat seseorang terlihat lebih tinggi.

5. Vest rajut

Korean knit style
Pikiran Rakyat

Bila kamu mencari model baju rajut korea maka ini merupakan gaya fashion yang banyak digunakan saat ini. Vest rajut sering muncul di beberapa serial drama korea dan memang gaya satu ini bisa menampilkan kesan rapi yang imut.

Vest seperti ini juga jadi salah satu baju rajut model sekarang yang banyak dicari. Selain itu sudah ada beberapa pengembangan gaya dimana, vest yang biasanya hanya pas setengah badan dibuat menjadi lebih panjang.

Gaya baju rajut wanita panjang ala oversize vest pun sering jadi pilihan untuk wanita yang ingin tampil lebih berisi. Selain itu, oversize vest sangat cocok dikombinasikan dengan gaya hijab masa kini.

Baca Juga: 25+ Model Baju Batik Terbaru 2021 yang Cocok Untuk Milenial

Cara mencuci

How to wash knit
Woll and The Gang

Baju rajut memang memiliki gaya yang apik dan lucu. Namun, perawatan baju ini juga cenderung lebih susah dibandingkan baju biasanya.

Banyak peristiwa dimana baju rajut yang dicuci dengan menggunakan mesin malah mengalami kerusakan seperti ukurannya mengecil, warna baju rajut berubah, atau rajutannya lepas.

Nah, ternyata ada beberapa tips agar baju rajut kesayanganmu tidak mengalami kerusakaan saat dicuci dan tetap awet seperti baru dibeli. Berikut ini tipsnya!

  1. Kenali jenis bahan baju yang kamu miliki. Baju dengan bahan 100% wol atau kashmir perlu dirawat lebih ekstra dibanding dengan baju yang memiliki campuran bahan sintetis.
  2. Selalu baca label perawatan yang tercantum dalam bajumu. Dalam label tersebut biasanya ada peringatan untuk tidak mencuci dengan mesin, menyetrika, atau menjemur baju tersebut di matahari langsung.
  3. Selalu rendam baju rajut wanita dalam air dingin yang telah dicampur dengan detergen cair. Waktu perendaman ini jangan terlalu lama, cukup satu jam saja.
  4. Aduk dan kucek baju sweater secara perlahan. Bila ada noda yang menempel, gosok secara lembut menggunakan tangan dan bilas dengan air deterjen.
  5. Buang air rendaman, kemudian bilas baju dengan air dingin sampai tak ada sabun yang menempel. Untuk mencuci baju, biasanya akan sangat berat karena bahan wol yang memang sangat mudah menyerap air.
  6. Bila sudah bersih dari sabun, jangan langsung memeras baju karena hal tersebut akan merusak bentuknya. Ambil anduk kering lalu gulung bersamaan dengan baju. Bila air sudah berpindah, peras handuk dan ulangi cara tersebut sampai baju lebih kering.
  7. Jemur baju di tempat teduh dan jangan sampai terkena matahari langsung. Hal ini dikarenakan warna baju rajut akan mudah pudar dan hilang.
  8. Pastikan saat menjemur lengan baju terbentang agar bentuk baju tetap terjaga dan tidak menyusut.

Cara menyimpan

Cara menyimpan sweater yang benar
Pixabay

Usai mengetahui cara mencuci di atas, selanjutnya Sedulur juga harus memahami cara menyimpan dan melipat baju rajut wanita yang benar. Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Baju tidak perlu disetrika. Namun, bila ingin menggosok pakaian ini, sebaiknya atur suhu setrika pada suhu terendah atau sesuaikan dengan bahan yang digunakan. Menggosok terlalu sering baju malah bisa membuat jahitan jadi tidak kencang dan volume baju berubah.
  • Hindari menggantung baju. Hal ini dikarenakan berat rajut yang berbeda dengan baju biasa, belum lagi jahitan baju juga lebih mudah lepas. Jadi agar terhindar dari melarnya ukuran dan lepasnya jahitan rajutan, sebaiknya jangan menggantungnya.

Nah, itu tadi beberapa hal tentang baju rajut dan bagaimana cara merawatnya agar tetap awet. Tren fashion satu ini memang sangat cocok digunakan oleh siapapun karena bisa cocok dalam banyak situasi.

Semoga ulasan di atas bisa membantu Sedulur semua supaya bisa menjaga dan merawat baju kesayangan ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.