Thrift adalah

Mengikuti perkembangan fashion kadang tak akan ada habisnya. Tren baru selalu muncul dalam waktu yang cepat bahkan berdekatan, padahal tren-tren tersebut ada yang merupakan pengulangan dari tren sebelumnya. Jika terus mengikutinya, maka mungkin akan membuat Sedulur sangat boros. Oleh karena itu, beberapa bulan belakangan mulai kembali populer kegiatan thrifting. Secara harafiah, thrift adalah penghematan atau perilaku sangat berhati-hati terhadap berapa banyak uang yang dikeluarkan.

Dalam dunia fashion, arti thrift adalah barang-barang fashion seperti baju, sepatu, atau tas yang bekas atau seconhand. Namun, yang diperjualbelikan tentu yang masih memiliki kondisi bagus. Kali ini, Aplikasi Super akan membahas kegiatan thrifting yang mulai banyak peminatnya, lengkap dengan alasan kenapa kegiatan ini layak jadi peluang bisnis.

BACA JUGA: 20+ Motif Batik Populer yang Cocok Untuk Berbagai Acara

Apa itu thrift, thrifting, dan thrift shop?

thrift adalah
Unsplash

Thrift

Seperti telah dijelaskan secara singkat di atas, thrift adalah istilah yang merujuk barang-barang second atau bekas. Kebanyakan barang yang diperjualbelikan adalah fashion item seperti pakaian, sepatu, atau tas. Walaupun produk thrift adalah tak hanya fashion item saja, tetapi juga barang bekas lain seperti perabotan rumah tangga. Namun, fashion item biasanya memiliki daya tarik yang lebih banyak dibandingkan barang lain.

-->

Dengan fashion item yang modis, bisa mengubah penampilan seseorang secara drastis. Apalagi tren fashion yang kadang hanya berulang, pasti membuat beberapa orang sayang mengeluarkan uang mereka membeli barang fashion dengan label brand new.

Thrifting

Sementara thrifting adalah kegiatan berburu barang-barang thrift. Di zaman yang serba praktis, thrifting bisa bisa dilakukan secara daring. Sedulur yang ingin mencari barang bekas, bisa menjadi situs-situs yang menjual barang bekas atau akun sosial media. Pembelian secara daring tentu sangat praktis, karena Sedulur tak perlu keluar rumah. Hanya bermodalkan belanja via handphone, lalu barang akan diantar sampai ke rumah. Namun, sebelum thrifting secara daring, pastikan Sedulur sudah mengecek kredibilitas toko online yang menjadi tempat Sedulur akan belanja. Jangan sampai tertipu dengan tawaran yang menggiurkan namun tak masuk akal ya.

Sementara itu, jika Sedulur adalah orang yang lebih suka mengeksplore langsung, maka bisa mencoba thrifting dengan berkunjung langsung ke toko atau pasar barang bekas. Meski akan terasa lebih lelah, namun ada kepuasan sendiri jika Sedulur bisa menemukan barang-barang thrift yang benar-benar diinginkan. Selain itu, Sedulur juga tak perlu menunggu lama barang tersebut sampai di rumah Sedulur.

BACA JUGA: 20+ Tutorial Hijab Pashmina Stylish Ala Selebgram yang Mudah

Thrift Shop

Pengertian thrift shop tentu akan sangat mudah ditebak bukan? Tentu saja thrift shop adalah toko barang bekas atau tempat yang menjual barang-barang thrift. Seperti juga telah disebutkan sebelumnya, Sedulur bisa menemukan thrift shop secara online yang mulai banyak bertebaran di media sosial atau datang langsung ke toko offline.

Alasan barang thrift adalah peluang bisnis yang menggiurkan

1. Harga murah!

thrift adalah
Unsplash

Daya tarik dari bisnis thrift sudah pasti karena harga kulakannya yang murah. Sebagai contoh, supplier baju-baju bekas biasanya menjual dalam bentuk per karung. Satu karung isinya bisa berisi puluhan bahkan ratusan pakaian bekas. Dan harga yang ditawarkan supplier biasanya per karung. Namun setelah membeli, Sedulur harus kembali memilah baju bekas mana yang masih layak untuk dijual. Sebab tak menutup kemungkinan, pakaian yang dijual supplier bisa dalam segala kondisi. 

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Kutek Halal Untuk Beribadah, Cocok Untuk Muslimah

2. Peluang keuntungan lebih besar

Thrift adalah
Unsplash

Dengan modal yang minim karena harga kulakan yang murah, Sedulur memiliki kesempatan mendapat keuntungan yang cukup besar. Namun akan lebih baik jika Sedulur menjual barang-barang thrift dengan harga yang cukup jauh dari harga beli.

Pastikan mengambil keuntungan secukupnya, namun upayakan mendapat jumlah penjualan yang banyak. Sebab jika terlalu mengambiil banyak keuntungan, akan berimbas pada harga jual yang mahal. Sehingga barang thrift yang dijual berisiko tak laku.

3. Pemasaran yang relatif mudah

Thrift adalah
Unsplash

Thrift adalah bisnis yang saat ini sedang berkembang dan makin diminati oleh anak muda. Oleh karena itu, Sedulur terbantu dengan pemasaran yang relatif mudah. Sedulur bisa mempromosikan bisnis thrift Sedulur di sosial media atau group chat. Selain itu, Sedulur juga bisa membuka toko online di sejumlah e-commerce yang ada.

BACA JUGA: 30+ Contoh Usaha Kecil-Kecilan Yang Menghasilkan Dari Rumah

4. Kesempatan menjual barang branded

Unsplash

Salah satu daya tarik bisnis thrift adalah peluang mendapatkan barang branded dengan harga yang sangat miring. Lalu Sedulur bisa menjual kembali dengan harha yang bagus. Dalam bisnis thrift, Sedulur mungkin akan menemukan barang-barang lama yang tag brand-nya masih terpasang dengan rapi, sehingga bisa dijual lagi dengan layak.

Dan barang-barang ini juga biasanya original dan sama sekali bukan tiruan. Beberapa orang memiliki prinsip lebih baik membeli barang branded yang asli meski secondhand, daripada membeli tiruannya.

5. Risiko yang minim

Unsplash

Tak seperti bisnis makanan, jika tak laku pasti akan membuat Sedulur mengalami kerugian. Sementara thrift adalah bisnis yang memiliki risiko yang relatif minim. Barang yang dijual tak memiliki masa kadaluarsa. Sedulur bisa menjual barang-barang thrift dalam kurun waktu yang cukup lama tanpa khawatir akan kadaluarsa.

Dari penjelasan di atas, sudah cukup jelas bukan mengenai bisnis thriftThrift adalah peluang bisnis yang saat ini perlu Sedulur pertimbangkan. Apalagi mengingat keuntungan-keuntungan yang didapat jika ingin memulai bisnis thrift. Kira-kira sudah mulai tertarik belum nih untuk memulai bisnis ini?

Berbicara mengenai belanja, jika Sedulur ingin hemat namun tetap modis, thrifting bisa jadi alternatif. Sementara jika ingin berbelanja kebutuhan pokok, Sedulur bisa mengandalkan Aplikasi Super. Lewat sini, Sedulur bisa menemukan berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau dan kualitas yang baik. Yuk tunggu apa lagi? Download di sini sekarang juga!