tafsir mimpi

Pernahkah kita mendengar istilah tafsir mimpi? Istilah ini muncul saat kita sedang menikmati waktu tidur yang berkualitas. Setiap orang pasti akan merasakan waktu untuk bermimpi baik itu buruk ataupun tidak. Nah, atas dasar itulah, lantas mendorong seseorang untuk mencari tahu apa arti dari sebuah mimpinya itu sendiri.

Maka,  lantas diistilahkan menjadi tafsir mimpi. Untuk bisa mengetahui lebih lanjut mengenai arti sebuah mimpi dan apakah berdampak pada kehidupan kita sehari-hari,  berikut ulasan arti mimpi lengkap dari a sampai z!

Apa sih arti mimpi?

Tafsir mimpi adalah sebuah proses dalam mengartikan mimpi-mimpi. Dalam beberapa cerita masyarakat kuno seperti Mesir dan Yunani, mimpi dianggap sebagai komunikasi supranatural atau pengartian dari intervensi ilahi, yang mana pesannya dapat ditafsirkan oleh orang-orang dengan kemampuan spiritual terkait. Istilah ini termasuk dalam disiplin pengetahuan yang lumayan sulit untuk dipelajari jika dibandingkan dengan ilmu lain.

Sebab, mimpi merupakan bagian dari wahyu kenabian, sehingga lantas tidak semua mimpi bisa ditafsirkan dan tidak semua orang bisa sembarangan dalam menafsirkan sebuah mimpi.

Tafsir mimpi dalam Islam

Dalam Islam sendiri, mimpi itu berasal dari Allah atau dari setan. Hal ini tentu sesuai dengan hadis dari Al-Bukhari yang menyebutkan, jika :

Mimpi sejatinya berasal dari Allah dan mimpi yang buruk berasal dari setan ( Shahih Al Bukhari)

Berarti, sejatinya mimpi bia dikatakan bukan sekadar bunga tidur, namun memiliki arti di baliknya. Misalnya mimpi hujan, bercermin, berlari, telanjang atau bahkan bermimpi tentang madu sekalipun.

BACA JUGA : 15 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ala Selebgram di Android & iOS

25 Tafsir Mimpi Menurut Islam

1. Tafsir Mimpi Hujan

Ini Kumpulan Tafsir Mimpi Menurut Islam
Grid

Arti mimpi tentang hujan adalah sebagai berikut

  • Mimpi hujan biasanya menyimbolkan keringanan, ketenangan, serta rahmat Tuhan
  • Mimpi hujan darah bisa disimbolkan sebagai hasutan, intrik, serta pertumpahan darah.
  • Mimpi hujan di daerah tertentu biasanya menyimbolkan sebuah kesedihan dan kesengsaraan atas rasa kehilangan dari orang yang mengalaminya.
  • Lalu, mimpi hujan di atas rumah menyimbolkan rahmat Tuhan, tapi juga bisa berarti akan ada orang yang jatuh sakit di rumah tersebut.
  • Selanjutnya adalah mimpi hujan badai yang merusak menyimbolkan sebuah hukuman atas dosa-dosa di wilayah yang terkena hujan.
  • Terakhir adalah, mimpi berteduh dari hujan menyimbolkan sebuah penundaan perjalanan karena menderita sakit atau kesulitan finansial.

BACA JUGA : 12 Macam Macam Bunga Hias Cantik, Cocok Untuk Dekorasi Halaman Rumah

2. Arti mimpi bercermin

Ini Kumpulan Tafsir Mimpi Menurut Islam
suara

Arti mimpi bercermin ternyata memiliki arti khusus lho Sedulur berikut adalah penjelasannya:

  • Pertama adalah mimpi melihat orang sakit bercermin berarti orang tersebut akan segera meninggalkan dunia ini.
  • Kedua, bermimpi bercermin pada cermin perak menyimbolkan hilangnya wibawa dan kesulitan.
  • Lalu mengalami mimpi bercermin pada cermin emas maka bisa menyimbolkan tingkat keimanan yang tinggi dan bangkit dari kemiskinan.
  • Keempat bila bermimpi seorang perempuan yang sedang bercermin, maka dia akan mendapatkan keturunan perempuan juga.
  • Kelima, apabila kamu bermimpi seorang laki-laki sedang bercermin, maka berarti dia akan mendapatkan keturunan laki-laki juga
  • Terakhir adalah mimpi sedang mencari sosok seorang di dalam cermin, maka memiliki arti orang yang mengalaminya mungkin akan kehilangan harta atau akal pikirannya.

BACA JUGA : Wisata Curug Cikuluwung 1 & 2 di Bogor Penuh Keindahan dan Mitos

3. Tafsir mimpi berlari

Unsplash

Buat Sedulur yang memiliki mimpi ini, maka Sedulur wajib tahu apa artinya. Berikut adalah penjelasannya.

  • Pertama, mimpi berlari dari sesuatu berarti ada sebuah usaha mendekatkan diri kepada Tuhan karena ingin mencari pertolongan dan keamanan.
  • Kedua, mimpi berlari tanpa rasa takut bisa disimbolkan sebagai kematian dirinya.
  • Ketiga, mimpi berlari dari bahaya berarti sebuah pengabdian, kesadaran iman, dan perbuatan baik.
  • Keempat mimpi sedang berlari menunggangi kuda, maka disimbolkan permohonan mungkin akan dikabulkan dengan cepat, selamat dari masalah, atau bisa diartikan melarikan diri dari Tuhan.

4. Arti mimpi telanjang

tafsir mimpi
Unsplash
  • Pertama mimpi telanjang, adalh simbol dari kejelasan dan kemurnian batin, tapi juga menjadi pertanda adanya tindakan yang akan disesakan pada kemudian hari.
  • Kedua mimpi melihat diri sendiri telanjang berarti akan teribat pada sebuah skandal yang memalukan
  • Mimpi telanjang pada tempat yang tidak terlihat orang, maka berarti ada musuh yang berniat mengungap aib.
  • Mimpi telanjang tanpa rasa malu, bisa diartikan sebagai pertanda akan melakukan sesuatu dan bekerja terlalu keras dalam hal tersebut.

BACA JUGA: Plastisin Terbuat dari Tepung, Jadi Kerajinan Unik & Bermanfaat

5. Tafsir mimpi madu

Ini Kumpulan Tafsir Mimpi Menurut Islam
Bola

Memiliki madu berlimpah, ternyata mempunyai arti yang khusus lho, nah seperti apa maknanya? Berikut penjelasannya

  • Mimpi madu dapat diartikan sebagai simbol dari kesuksesan dalam hal percintaan, bisnis, dan hal-hal lain yang masih berkaitan dengan hubungan dengan orang lain
  • Mimpi madu murni, maka bisa diartikan sebagai pertanda akan terlepasnnya dari hal-hal buruk yang terjadi dalam diri.

BACA JUGA : Ini 8 Jenis Bunga Keladi Mahal di Indonesia & Cara Merawatnya

6. Arti mimpi hamil

Haibunda

Ada banyak sekali interpretasi mimpi hamil menurut Islam. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mimpi hamil, ternyata bisa diartikan sebagai akan bertemu jodoh, bagi kamu yang masih single
  • Mimpi hamil yang kedua adalah, jika Sedulur belum menikah, lalu bermimpi dihamili pacar atau pasangan, bisa jadi itu adalah sebuah pertanda yang buruk. Yaitu, ada seseorang yang mungkin memiliki niat jahat kepada kamu.
  • Mimpi hamil yang ketiga adalah, bisa jadi itu adalah sebuah pertanda karier yang akan segera melesat.

Tafsir mimpi Islam berdasarkan Al qur’an & Hadist

Dalam pandangan islam, tafsir mimpi dibagi menjadi 3. Nabi Muhammad lantas mengelompokkan menjadi jenis mimpi menjadi tiga bagian, hal ini berdasarkan dalam salah satu hadist, beliau bersabda :

وَالرُّؤْيَا ثَلَاثٌ، الحَسَنَةُ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ، وَالرُّؤْيَا يُحَدِّثُ الرَّجُلُ بِهَا نَفْسَهُ، وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ رُؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلَا يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا وَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ

Artinya: “Mimpi itu ada tiga. Mimpi baik yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi karena bawaan pikiran seseorang (ketika terjaga), dan mimpi menyedihkan yang datang dari setan. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian senangi, maka jangan kalian ceritakan pada siapa pun, berdirilah dan shalatlah!.” (HR Muslim).

Berdasarkan hadist di atas, dipahami bahwa tidak semua mimpi yang dialami dapat dijadikan sebagai sebuah petunjuk. Sebab, kemungkinan mimpi yang dialam seseorang, bukan berasal dari Allah. Melainkan karena bisikan setan ataau tersibukkannya kita dalam memikirkan tentang suatu obyek tertentu, sehingga objek tersebut bisa terbawa dalam mimpi.

Buku tafsir mimpi

Sudah banyak sekali di pasaran orang-orang yang menjual buku tafsir mimpi tentunya dengan harga yang bervariatif,  tergantung dari kelengkapan isinya. Namun, ada salah satu buku yang mungkin menjadi sebuah rekomendasi buat Sedulur untuk mempelajari sebuah tafsir mimpi. Di antaranya adalah buku 1001 Tafsir Mimpi dalam Islam, bahkan ada pula Tafsir Mimpi 1001 Macamnya.

Buku 1001 Tafsir Mimpi merupakan kumpulan artikel tentang arti mimpi yang didasarkan pada ajaran Islam, sesuai ajaran primbon dan psikologi.

Demikian ulasan mengenai tafsir mimpi dan penjelasan lengkapnya, semoga penjelasann ini menambah pengetahuan Sedulur dan tidak akan lagi menjadi pertanyaan yang mungkin susah dijawab pada kemudian hari ya.