Selain terkenal dengan wisata kulinernya, Bogor juga memiliki wisata alam yang tak kalah indah dari daerah lainnya. Wisata air terjun adalah wisata natural yang bisa Sedulur kunjungi ketika berada di kota hujan ini. Salah satu wisata air terjun yang terkenal di Bogor adalah Curug Cikuluwung. 

Daya tarik pada curug ini adalah berupa airnya yang jernih dan warnanya biru. Selain itu, airnya juga segar dan pemandangan yang disuguhkan sangat sejuk dan indah. Untuk Sedulur yang suka bermain air dan ingin berkunjung di wisata alam ini, simak dulu informasi lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 40+ Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Populer

1. Lokasi curug

curug cikuluwung
parapuan

Curug cikuluwung bogor terletak di Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan wisata air terjun ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Ibukota Jakarta. Jaraknya adalah sekitar 80 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam berkendara. Dari Kota Bogor, curug hanya berjarak 30 Kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara saja.

-->

Wisata air terjun ini berada di antara pemukiman warga sekitar. Sehingga, Sedulur akan melewati rumah warga Suka Asih ketika akan memasuki areanya. bahkan, parkirnya pun tepat didepan rumah warga sekitar. Jam operasional dari wisata alam ini adalah buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB saja. Berikut adalah peta lokasinya dari Google Maps:

Peta: Google Map

2. Harga tiket masuk

curug cikuluwung
okezone

Wisata alam ini baru dibuka untuk umum sekitar tiga tahun yang lalu, yaitu pada awal januari 2018. Sehingga, fasilitas yang ada masih terbilang belum lengkap dan belum memadai. Namun, karena bertambahnya jumlah pengunjung yang berwisata di wisata alam bogor ini, membuat pengelola setempat kemudian menambah serta memperbaiki fasilitas umum pada kawasan tersebut.

Harga tiket masuk curug cikuluwung adalah sekitar 10 ribuan saja per wisatawan. Untuk kawasan wisata yang baru dibuka, harga ini masih terbilang cukup murah dan tidak menutup kemungkinan akan berubah harga tiketnya dalam waktu yang akan datang. Dengan pembangunan fasilitas yang cukup pesat, pengelola berharap pengunjung tidak akan tergelincir lagi ketika turun menuju lokasi. Adanya pembangunan tangga semen tidak membuat resiko tergelincir menjadi hilang ya, Sedulur. Pastikan untuk memakai sandal gunung atau sepatu lain yang tidak licin sehingga dapat mengurangi kemungkinan untuk tergelincir. 

Selain pembangunan tangga agar tidak membuat pengunjung tergelincir, dibangun juga beberapa toilet yang berada di sekitar parkiran yang terletak di dekat loket. Tak hanya itu, ada juga beberapa warung yang bisa Sedulur temui yang lokasinya tidak jauh juga dari parkiran. Sehingga, ketika Sedulur lapar dan tidak membawa bekal, bisa mengunjungi warung disana dan menyantap hidangannya.

BACA JUGA: 10 Wisata Paling Hits & Murah di Sidoarjo, Wajib Ke Sini!

3. Akses dan rute menuju curug cikuluwung

javatravel

Setelah mengetahui harga tiket curug cikuluwung, berikutnya adalah informasi mengenai akses serta rute menuju lokasi. Jika Sedulur dari arah Stasiun Bogor, langkah yang harus diambil adalah  ke Jalan Raya Dramaga, lalu melewati daerah Cikampak-Cibatok-Cemplang. Kemudian, ikuti jalan hingga bertemu pertigaan, lalu belok ke kiri. Setelah itu, jalan terus hingga bertemu gang gardu. Ikut jalan di sana sampai menemukan papan plang petunjuk arah menuju curug. Setelah sampai di Kampung Suka Asih, parkirkan kendaraan Sedulur di dekat rumah warga. Kemudian, Sedulur bisa berjalan menuju loket. Butuh waktu sekitar lima menitan dari loket menuju curug. Dengan tangga yang sudah ada, Sedulur harus melangkah menuju anak tangga. Hati hati dengan aksesnya, karena akan sedikit terjal dan juga licin.

4. Daya tarik curug cikuluwung

curug cikuluwung
jadwaltravel

Curug cikuluwung pamijahan bogor berada di kampung Sukaasih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasinya cukup dekat dengan Institut Pertanian Bogor. Setelah sampai di tempat wisata, Sedulur akan disuguhkan dengan pemandangan yang berbeda dari curug-curug lainnya. Air terjun pada wisata air yang satu ini aliran airnya cukup deras dari ujung atas menuju kolam bawahnya. Adanya batuan di kanan kiri sungai yang menutup area air terjun adalah salah satu daya tarik yang dimiliki air terjun ini.

Dari kejauhan, tampak air terjun setinggi kurang lebih 10 meter yang mengalir deras dan terlihat seperti tirai yang menjuntai. Selain itu, terdapat kolam berair jernih, bahkan cenderung berwarna biru yang berada tepat di bawahnya. Kolam berwarna biru ini mengalir cukup deras dan membentuk cekungan seperti sungai. Sebelum baju yang dikenakan basah oleh air deras pada air terjun ini, biasanya pengunjung berfoto dulu.

Selain itu, pada sudut kanan dan kiri kolam dan sungai, ada beberapa batuan yang memiliki permukaan halus dan berwarna merah muda. Warna tersebut memberikan kesan kontras dengan birunya air yang mengalir. Adanya tebing yang mengelilingi air terjun ini membuat seolah wisata alam ini adalah milik sendiri. Tak lupa semak yang tidak terlalu lebat dan berada di balik batuan curug yang membuatnya semakin indah apalagi ketika berfoto.

Gemuruh suara air yang dominan ketika tiba di air terjun ini sangat menenangkan jiwa dan raga. Air terjun ini disebut oleh kebanyakan orang sebagai Little Grand Canyon di Bogor. Wisata alam ini memiliki dua air terjun, yakni Curug Cikuluwung 1 dan 2. Sebenarnya, kedua air terjun ini punya pesona yang hampir sama. Yang menjadi pembedanya adalah air terjun kedua lebih banyak ditumbuhi pohon hijau dan punya kolam yang lebih luas daripada yang pertama. Terdapat pula sebuah gua yang airnya sangat jernih.

Agar bisa mendapatkan keindahan dari wisata ini dengan air sungai yang mengalir berwarna hijau, usahakan untuk tidak datang pada saat musim hujan. Hal ini dikarenakan airnya akan berubah menjadi keruh dan tidak lagi berwarna biru, tapi cenderung coklat. 

BACA JUGA: 20 Destinasi Wisata Pasuruan Paling Hits, Wajib Ke Sini!

5. Fasilitas

itrip

Fasilitas yang tersedia dari curug cikuluwung 1 dan 2 ini adalah akses jalan yang sudah terbuat dari semen dan tangga dan tempat parkir yang luas dan bisa menampung cukup banyak pengunjung dan wisatawan. Selain itu, ada pula toilet yang sekaligus menjadi kamar bilas dengan air bersih yang tersedia. Jika Sedulur sedang lapar, ada pula warung yang berjejer dan bisa mengenyangkan perut Sedulur yang lapar. Selain berbagai fasilitas seperti diatas, ada pula penyewaan ban, gazebo, area selfi, jaringan internet wifi, dan mushola yang cukup memadai.

6. Aktivitas yang bisa dilakukan

jejakpiknik

Selain menikmati suasana alam, ada juga beberapa aktivitas menarik yang mubazir jika tidak dilakukan oleh Sedulur. Aktivitas yang bisa Sedulur lakukan ketika berada di Curug Cikuluwung ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Berenang di curug yang biru

Berkunjung ke wisata air kurang lengkap jika tidak berenang. Dengan jernih dan birunya kolam pada air terjun ini, sudah pasti Sedulur akan tergoda untuk menceburkan diri. Kolam disini cukup aman karena tidak terlalu dalam. Disarankan juga untuk berenang di musim kemarau, karena debit air akan tinggi ketika musim hujan tiba. Ada ruang di belakang air terjun yang bisa Sedulur kunjungi. Tempat tersebut berada di belakang air terjun berupa sebuah tebing batu yang bisa diduduki. Sehingga, ketika berfoto disana akan menambah keestetikan dalam berfoto.

Menyewa pelampung

Jika Sedulur ingin mengarungi sungai, jangan lupa menggunakan pelampung. Sedulur tentunya tidak akan khawatir lagi untuk tenggelam jika ingin mengarungi sungai disana. Selain aman, sensasi yang dirasakan juga akan semakin memacu adrenalin, karena pelampung akan membawa kita mengarungi aliran sungai yang tidak sederas arung jeram.

Spot berfoto

Sedulur bisa berfoto di berbagai spot yang berlatar belakang air terjun yang sangat menawan. Apalagi dengan pengambilan foto dengan sudut yang tepat, pastinya akan mendapatkan foto dengan kualitas terbaik dan juga estetik. Ada salah satu batu yang cukup unik dan bisa ditemui di curug ini. Batu ini memiliki cekungan di bawahnya. Sehingga, bentuk cekungan ini terlihat seperti mulut goa ketika melihatnya di salah satu sisi. Padahal, batu tersebut hanya sebuah batuan yang letaknya di pinggir kolam saja.

7. Tak boleh memakai baju merah, kenapa?

djavatoday

Selain eksotis, air terjun yang terletak di wilayah bogor ini termasuk memiliki sisi mistis. Mitos curug cikuluwung yang beredar di masyarakat adalah air terjun ini merupakan tempat dimana kerajaan mulawarman berdiri dan hanya bisa dilihat oleh orang tertentu saja. Adanya ukiran pada batu yang tak kasat mata juga dikatakan oleh banyak orang. Selain itu, mitos yang cukup unik dari air terjun ini adalah perempuan tidak boleh mengenakan baju merah. Jika hal itu dilanggar, konon akan terjadi berbagai hal yang bisa mencelakakan diri sendiri. Hal ini dikarenakan penduduk pada zaman dulu suka memakai baju merah. Oleh karena itu, mereka akan merasa tersaingi ketika ada pengunjung mengenakan baju merah. Jangan pernah mengunjungi curug ini pada malam hari, karena kabarnya, penghuni tidak suka diganggu oleh kehadiran manusia.

BACA JUGA: Wisata Petik Kurma Pasuruan, Lokasi + Harga Tiket Masuk 2021

8. Tips berwisata  di curug cikuluwung

kompas

Agar perjalanan wisata terasa lebih aman dan nyaman, ada beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan. Pastikan untuk mengetahui curug cikuluwung buka atau tidak terlebih dahulu. Disarankan juga untuk datang saat cuaca cerah dan pastikan untuk memakai sandal gunung atau sepatu yang tidak licin karena akses menuju air terjun cukup curam. Karena jalan tidak memadai untuk dilewati kendaraan besar seperti bus, maka sebaiknya gunakan motor atau mobil saja. 

Nah, itu dia berbagai informasi wisata dan mitos yang beredar mengenai Curug Cikuluwung yang berada di Bogor, Jawa Barat. Lepaskan penat Sedulur sejenak dengan mengunjungi air terjun ini ketika berkunjung ke kota Bogor. Keindahan dan kesejukannya akan membuat mood Sedulur membaik lagi. Semoga bermanfaat!

Sebelum berangkat piknik, ada baiknya Sedulur membuat bekal sendiri. Nah, bahan-bahannya jangan lupa untuk membeli di Aplikasi Super. Lengkap dan pastinya murah. Yuk download aplikasinya di Google Play Store sekarang!