Untuk menghadapi persalinan, Ibu Super harus senantiasa memanjatkan doa agar cepat kontraksi. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan kelancaran saat proses persalinan. Sebagai seorang ibu yang akan melahirkan, proses persalinan tentu saja selalu menegangkan. Apalagi jika persalinan yang dihadapi adalah persalinan yang pertama.

Berikut ini terdapat beberapa bacaan doa agar cepat kontraksi dan mempermudah persalinan yang bisa Ibu Super baca dan panjatkan kepada Allah SWT. Yuk, mari kita langsung saja simak daftar doanya di bawah ini!

Baca Juga: Doa Berangkat Kerja Agar Semangat, Selamat dan Sukses!

Doa Agar Lancar Melahirkan

1. Ayat Kursi

1. Ayat Kursi doa agar cepat kontraksi
iStock

Pertama adalah doa agar cepat kontraksi asli dan pembukaan, Ibu Super bisa membaca Ayat Kursi. Berikut ini bacaan Ayat Kursi dalam bahasa latin agar Ibu Super bisa lebih mudah membacanya:

  • Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”
  • Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Ayat Kursi merupakan bacaan yang mujarab, hampir untuk setiap masalah yang kita hadapi. Jika kita simak artinya, mengandung makna yang mengagungkan Allah SWT. Hanya Allah SWT yang bisa menyelamatkan kita dari segala macam marabahaya.

2. Surat Al-A’raf 54

2. Surat Al-A’raf 54
iStock

Selanjutnya adalah Surat Al-A’Araf ayam 54 yang bisa Ibu Super baca sebagai doa agar cepat kontraksi dan pembukaan. Berikut bacaanya:

  • Inna rabbakumullāhullażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa fī sittati ayyāmin ṡummastawā ‘alal-‘arsy, yugsyil-lailan-nahāra yaṭlubuhụ ḥaṡīṡaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharātim bi`amrihī alā lahul-khalqu wal-amr, tabārakallāhu rabbul-‘ālamīn”.
  • Artinya: “Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

Ibu Super bisa membaca Surat Al-A’raf ayat 54 di atas sebagai doa agar cepat melahirkan latin. Ibu Super bisa sambil memohon kelancaran atas persalinan yang hendak Ibu Super hadapi nantinya.

3. Surat Al-Falaq

3. Surat Al-Falaq doa agar cepat kontraksi
iStock

Agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari segala marabahaya dan godaan iblis yang terkutuk, kita umat muslim bisa membaca beberapa surat-surat yang terdapat di Al-Quran. Salah satunya yaitu Surat Al-Falaq. Al-Falaq juga merupakan surat yang bisa dibaca sebagai doa agar cepat kontraksi dan melahirkan. Berikut bacaannya dalam huruf latin yang bisa Ibu Super baca:

  • (1) Qul a’ụżu birabbil-falaq, (2) Min syarri mā khalaq, (3) Wa min syarri gāsiqin iżā waqab, (4) Wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad, (5) Wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad.”
  • Artinya: (1) Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), (2) dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, (3) dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, (4) dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), (5) dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

4. Surat An-Nas

4. Surat An-Nas
freepik

Surat di dalam Al-Quran yang bisa Ibu Super baca sebagai doa agar ketuban cepat pecah dan proses persalinan diberi kelancaran adalah Surat An-Nas. Berikut bacaannya:

  • (1) Qul a’uzu birabbin-nas, (2) Malikin-nas,(3) Ilahin-nas, (4) Min syarril-waswasil-khannas, (5) Allazi yuwaswisu fi’ sudurin-nas, (6) Minal-jinnati wan-nas.”
  • Artinya: (1) Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, (2) Raja manusia, (3) Sembahan manusia, (4) Dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, (5) Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, (6) Dari (golongan) jin dan manusia.”

Baca Juga: Doa Mau Tidur dan Sebelum Tidur Lengkap Beserta Artinya

Doa Bagi Pendamping Persalinan

1. Al-Insyiqaq 1-5

1. Al-Insyiqaq 1-5 doa agar cepat kontraksi
pexels

Bukan hanya Ibu Super yang tegang menghadapi persalinan, namun sang calon ayah alias suami Ibu Super juga lebih tegang menghadapi proses persalaninan. Surat  Al-Insyiqaq ayat 1-5 merupakan bacaan yang bisa menenangkan para pendamping Ibu Super yang hendak menghadapi persalinan. Berikut ini bacaannya:

  • (1) idzas samaa-ung syaqqot, (2) wa-adzinat lirobbihaa wahuqqot, (3) wa-idzal ardhu muddat, (4) wa-alqot maa fiihaa watakhollat, (5) wa-adzinat lirobbihaa wahuqqot.
  • Artinya: (1) Apabila langit terbelah, (2) dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya patuh, (3) dan apabila bumi diratakan, (4) dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong, (5) dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya patuh.

2. Surat Maryam 23-25

2. Surat Maryam 23-25
pexels

Maryam merupakan perempuan terpuji yang memiliki kedudukan spesial. Terdapat doa Maryam agar mudah melahirkan, yang dipanjatkan oleh Maryam saat akan melahirkan Nabi Isa Al-Masih. Berikut ini bacaannya yang terkandung dalam Surat Maryan ayat 23-25:

  • “(23) Fa ajaaa ‘ahal makhaadu ilaa jiz’in nakhlati qoolat yaa laitanii mittu qabla haazaa wa kuntu nasyam mansiyyaa. (24) Fanaadaahaa min tahtihaan allaa tahzanii qad ja’ala Rabbuki tahtaki sariyyaa. (25) Wa huzziii ilaiki bijiz ‘in nakhlati tusaaqit ‘alaiki rutaban janiyyaa.
  • Artinya: (23) Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata, “Wahai, betapa (baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan.” (24) Maka dia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah, “Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. (25) Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.

Baca Juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat Lengkap dengan Artinya

Doa Dimudahkan Proses Persalinan

Doa Dimudahkan Proses Persalinan dan doa agar cepat kontraksi
pexels

Doa yang bisa Ibu Super baca sebagai doa agar cepat kontraksi melahirkan dan prosesnya dimudahkan adalah membaca surat Ali Imran 38, bacaannya adalah:

  • Hunaaalika da’aa Zakariyyaa Rabbahuu qoola Rabbi hab lii mil ladunka zurriyyatan taiyibatan innaka samii’ud du’aaa’
  • Artinya: “Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.”

Doa di atas merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Zakarai AS kepada Allah SWT. Nabi Zakaria AS dan istrinya belum kunjung diberikan keturunan hingga masa tua mereka. Maka doa tulus hati dipanjatkan oleh Nabi Zakaria AS, agar bisa mendapatkan keturunan yang sholeh/sholehah. Doa di atas bisa dipanjatkan oleh kita semua agar mendapatkan proses persalinan yang lancar serta mendapatkan keturunan yang sholeh/sholehah.

Semoga daftar doa agar cepat kontraksi di atas bisa membantu Ibu Super agar lebih tenang dan lebih siap menghadapi persalinan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan kondisi fisik Ibu Super agar selalu sehat dan siap menghadapi persalinan. Ibu Super bisa mulai mengkonsumsi makanan bergizi yang dapat mendukung kelancaran persalinan Ibu Super. Dapatkan berbagai makanan bergizi dengan membelinya di Aplikasi Super.

Ibu Super bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, agar Ibu Super bisa memenuhi kebutuhan gizi dengan cara mudah untuk menghadapi proses persalinan lebih mudah lagi. Semoga Ibu Super bisa lebih kuat menghadapi persalinan, dan diberi kelancaran. Tetap semangat dan berjuang untuk menjalani persalinannya.