Berdoa merupakan suatu ibadah yang juga merupakan sebuah ungkapan seseorang untuk meminta pertolongan kepada Tuhan. Bagi seorang muslim, dianjurkan untuk membaca doa sebelum melakukan apapun aktivitasnya. Bahkan saat hendak terlelap sekalipun, umat muslim diminta untuk memanjatkan doa mau tidur. Hal ini sudah diajarkan oleh orang tua pada anak sejak dini.

Doa sebelum tidur ini dapat membuat momen istirahat kita lebih nyaman dan jauh dari gangguan yang tak diinginkan. Hal ini pula yang akan melindungi kita dalam lelap. Berikut akan disampaikan mengenai doa mau tidur bahasa arab beserta artinya. Namun sebelum itu, simak anjuran Rasul tentang tidur di bawah ini:

BACA JUGA: 250 Kata-Kata Bijak Inspiratif Tentang Kehidupan, Penuh Makna

1. Anjuran untuk bersuci sebelum tidur 

Doa sebelum tidur
pexels

Dalam sabdanya, Rasulullah menganjurkan untuk mensucikan diri atau berwudhu terlebih dahulu sebelum kita tidur. Itu karena Rasul berharap ketika sedang terlelap, seseorang tetap dalam keadaan suci dan bersih. Seperti yang tertuang dalam HR Thabrani di bawah ini:

طَهِّرُوْا هَذِهِ اْلأَجْسَادَ طَهَّرَكُمُ اللهُ، فَإِنَّهُ لَيْسَ مِنْ عَبْدٍ يَبِيْتُ طَاهِرًا إِلاَّ بَاتَ مَعَهُ فِيْ شِعَارِهِ مَلَكٌ، لاَ يَنْقَلِبُ سَاعَةً مِنَ اللَّيْلِ إِلاَّ قَالَ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا. (الطبراني)

“Sucikanlah badan-badan kalian, semoga Allah mensucikan kalian, karena tidak ada seorang hamba pun yang tidur malam dalam keadaan suci melainkan satu Malaikat akan bersamanya di dalam syi’aar , tidak satu saat pun dia membalikkan badannya melainkan satu Malaikat akan berkata: ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini, karena ia tidur malam dalam keadaan suci.’” (HR Thabrani)

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلاَنٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا. (رواه الطبراني)

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka Malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dan tidaklah ia bangun melainkan Malaikat berdo’a: ‘Ya Allah, ampunilah hambaMu si fulan karena ia tidur dalam keadaan suci”. (HR Thabrani)

2. Doa mau tidur

Doa mau tidur
pexels

Setelah mensucikan diri sebelum doa sebelum akan tidur, sebagai umat muslim, juga dianjurkan untuk membaca doa mau tidur dan bangun tidur. Doa sebelum tidur akan dijelaskan di bawah ini:

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ 

Bismika allahumma ahya wa bismika amuut(u) 

 Artinya: “Dengan nama Engkau, ya Allah, aku hidup dan aku mati”

3. Membaca ayat kursi sebelum tidur

Doa mau tidur
pexels

Selain dianjurkan untuk mensucikan diri atau berwudhu sebelum tidur dan juga membaca doa mau tidur, Sedulur juga dianjurkan untuk membaca ayat kursi sebelum tidur. Ada beragam keutamaan jika membaca ayat kursi sebelum tidur, di antaranya adalah bahwa Allah akan melindungi kita dari gangguan setan hingga esok harinya. Hal ini tertuang dalam sebuah hadits diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang mana Rasulullah SAW kemudian membenarkan perkataan tersebut, yaitu:

 فَذَكَرَ الْحَدِيثَ فَقَالَ إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ

 اللَّهِ حَافِظٌ ، وَلاَ يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ 

Artinya: “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi,” (HR. Bukhari).

4. Membaca surat pendek sebelum tidur

Doa mau tidur
unsplash

Di samping membaca ayat kursi dan doa mau tidur, umat muslim dianjurkan juga untuk membaca surat ayat pendek sebelum tidur. Surat pendek yang disarankan adalah surah Al Falaq, Al Ikhlas, dan An Nas. Sebelum tidur, Rasulullah tidak pernah lupa untuk membaca ketiga surah tersebut. Hal ini diungkapkan dari Aisyah RA yang berkata:

 كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ 

Artinya: “Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ke tempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali.” (HR. Muslim).

5. Bacaan dzikir penting sebelum tidur

Doa mau tidur
pexels

Tidak hanya membaca surat pendek saja, ada pula bacaan dzikir yang penting dilakukan sebelum Sedulur akan tidur dan termasuk fiqih untuk mensucikan diri sebelum tidur. Berikut adalah urutan bacaannya:

  • Membaca surah al Fatihah serta ayat kursi
  • Kemudian membaca surah al-ikhlas, surah an-nas dan surah al-falaq
  • Membaca do’a mau tidur
  • Membaca bacaan dzikir diantaranya adalah tasbih subhanallah (33x), tahmid alhamdulillah (33x) dan takbir Allahu Akbar (33x)

Membaca doa dzikir sebelum tidur sangat penting dan dianjurkan, hal itu tertuang dalam sebuah hadits sebagai berikut:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَبِيْتُ عَلَى ذِكْرٍ طَاهِرًا فَيَتَعَارُّ مِنَ اللَّيْلِ فَيَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنَ الدُّنْياَ وَاْلآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِياَّهُ (رواه أبو داود)

Artinya: “Tidaklah seorang muslim bermalam dalam keadaan berdzikir kepada Allah dan dalam keadaan suci, lalu ia bangun pada suatu malam dan berdo’a memohon kebaikan dunia atau akhirat kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud).

6. Adab ketika tidur

adab ketika tidur
pexels

Adapun beberapa adab sebelum Sedulur tidur yang dikutip dari sunnah Rasulullah:

  • Usahakan tidak tidur terlalu larut. Kebiasaan tidur terlalu larut malam atau begadang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, Rasulullah SAW juga tidak menyukainya karena dinilai akan mempengaruhi waktu ibadah dan juga menyia-nyiakan waktu. Hal ini diungkapkan dalam sebuah hadits:

“Bahwasanya Rasulullah membenci tidur malam sebelum sholat isya dan berbincang-bincang tidak bermanfaat setelahnya” (HR Bukhari Muslim). 

Jadi, usahakan untuk tidur setelah sholat isya’ ya, Sedulur.

  • Mensucikan diri dengan berwudhu
  • Membersihkan tempat tidur. Seperti yang tertuang dalam sebuah hadits:

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘Bismillah’. Karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi” (HR. Bukhari Muslim).

  • Membaca doa mau tidur, karena saat tidur kita dalam posisi antara sadar dan tidak sadar.
  • Memposisikan tubuh ke bagian kanan saat tidur

BACA JUGA: 15+ Foundation Lokal Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama!

7. Doa setelah tidur

Doa setelah bangun tidur
islampos

Sementara sesudah Sedulur bangun dari tidur dan mengetahui doa mau tidur dan artinya, dianjurkan juga untuk membaca doa sesudah bangun tidur. Hal ini tertuang dalam sabda dari Nabi SAW yaitu:

“Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, maka doalah: Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan ruh kepadaku, menyehatkan tubuhku, dan mempersembahkan aku untuk mengingat-Nya.”

Jadi, panjatkanlah doa sesudah Sedulur bangun dari tidur karena itu adalah anjuran. Bacaan doa setelah bangun tidur adalah sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya:“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

8. Adab sesudah tidur

Adab bangun tidur
klikdokter

Bukan hanya berdoa mau tidur dan setelah tidur, Rasulullah SAW juga melakukan beberapa adab ketika bangun tidur dan mengajarkan kepada umatNya, yaitu sebagai berikut:

  • Setelah bangun, duduk dan usap wajah
  • Bacalah 10 ayat terakhir dari surah Al Imran
  • Membaca doa sesudah tidur
  • Mencuci tangan
  • Membersihkan hidung 
  • Menggosok gigi atau bersiwak
  • Bersuci atau berwudhu.

Adab ketika bangun tidur ini baik untuk Sedulur amalkan. Bukan hanya karena sunnah Rasulullah, namun juga karena rutinitas untuk memulai hari itu penting dilakukan. Dengan rutinitas pagi yang positif, kita akan memulai hari dengan lebih segar dan perasaan yang lebih baik karena telah ‘mencapai’ sesuatu di pagi hari.

Itu dia kumpulan doa mau tidur, doa sesudah tidur, serta hadits-hadits yang menyertainya. Dianjurkan kepada umat muslim untuk berdoa baik itu sebelum dan sesudah tidur, untuk menghindarkan diri dari berbagai perbuatan buruk yang dilakukan sebelum tidur dan untuk menjaga agar kita tetap merasa aman selama terlelap tidur dan juga agar tidak mengalami mimpi buruk.

Selain itu, setelah bangun dari tidur dianjurkan juga untuk berdoa sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Allah SWT karena kita masih diberi kesempatan untuk membuka mata dan bersiap untuk menjalani aktivitas. Jadi, biasakan untuk membaca doa sebelum dan sesudah tidur beserta adabnya ya, Sedulur!