doa ziarah kubur

Bacaan doa ziarah kubur yang baik dan benar menurut sunnah. Berikut doa beserta artinya yang harus dipahami.

Melakukan ziarah sering dilakukan orang Indonesia menjelang Lebaran dan hari besar lainnya. Nyekar adalah sebutan lainnya dalam Bahasa Jawa merupakan cara kita mengingat jasa dan kebaikan kerabat atau keluarga kita yang telah tiada dengan cara berkirim doa. Tentunya hal ini adalah sebuah tindakan yang mulia. Sebab, apalagi yang bisa dibawa orang yang sudah meninggalkan dunia selain bekal doa dari orang-orang terkasih mereka yang masih hidup. 

Saat berziarah, ada doa-doa yang bisa Sedulur ucapkan dalam hati. Pun ada adab-adab yang perlu Sedulur ketahui agar momen berziarah jadi lebih bermakna bagi kita yang masih hidup maupun keluarga yang sudah meninggal. Adab serta doa ziarah kubur orang tua dan keluarga secara umum bisa Sedulur baca lewat ulasan berikut. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Arti dan Keutamaannya!

-->

1. Adab berziarah 

doa ziarah kubur dan artinya
unsplash.com

Sebelum membahas doa dan bacaan yang bisa dibaca dalam benak saat berziarah, ada baiknya kita pahami beberapa adab ziarah berikut ini:

  • Mengucapkan salam saat tiba di pemakaman. Salam yang bisa diucapkan sebagai berikut: Assalamu alaikum ahladdiyaar minal mu’miniina wal muslimiin. Wa inna insyaallahu bikum la laahiquun. Inti dari salam tersebut adalah salam hormat bagi para penghuni kubur diiringi permohonan keselamatan dari Allah. Setelah membaca salam kita juga bisa mengucapkan istigfar sebagai bentuk kerendahan hati kita. 
  • Setelah itu, peziarah boleh membaca doa untuk ahli kubur atau kerabat yang sudah meninggal. Silakan awali dengan membaca surat Al Fatihah lalu dilanjut dengan memanjatkan doa khusus untuk orang tua atau keluarga yang sudah tiada. 
  • Tidak menangis berlebihan. Sedulur boleh bersedih karena itu sesuatu yang manusiawi, tetapi tidak perlu terlalu keras dan terisak-isak hingga mengganggu peziarah lainnya.
  • Tidak duduk dan menginjak pusara. Ini adalah cara menghargai penghuni kubur lainnya yang ada di pemakaman tersebut. Alangkah baiknya Sedulur berjalan dengan hati-hati dan penuh kesabaran saat berada di makam yang padat. Hormatilah makam keluarga orang lain. 
  • Menyiram dan menaburkan bunga dibolehkan oleh Rasulullah SAW yang juga pernah menyiramkan air di makan putranya. 
  • Tidak berkata kotor atau bergurau di pemakaman. Sebenarnya di manapun kita berada, berkata kotor adalah sesuatu yang dilarang dan meninggalkan kesan buruk. Di pemakaman hal ini adalah hal yang harus Sedulur benar-benar tahan. Sopan santun sangat penting mengingat pemakaman adalah tempat yang cukup sakral. Seharusnya, di pemakaman kita mengingat kematian dan dosa-dosa yang kita perbuat, bukannya malah bergurau dan bertindak serampangan. Ingat lagi apa niat Sedulur datang ke pemakaman. Tentunya untuk mendoakan leluhur dan kerabat. 

BACA JUGA: Doa Berangkat Kerja Agar Semangat, Selamat dan Sukses!

2. Sunnah ziarah 

sunnah ziarah
unsplash.com

Selain adab atau aturan penting di atas, ada pula beberapa sunnah ziarah yang bisa Sedulur ikuti. 

  • Wudhu bisa dilakukan sebelum kita berziarah. Beberapa makam dekat dengan masjid atau mushola yang memungkinkan kita wudhu sebelum memasuki area pemakaman. Jika tidak ada, kamu bisa berwudhu dari rumah dan menjaganya agar tak batal selama perjalanan. Dengan berwudhu, saat berdoa untuk mendiang nanti Sedulur sudah dalam keadaan suci. 
  • Tidak mengenakan alas kaki disunnahkan saat berziarah, tetapi ini bisa dianulir jika memang tanah pemakaman becek dan panas. Mengenakan sandal atau sepatu bukan masalah. 
  • Membaca surat pendek seperti surat An Nas, Al Ikhlas, dan Al Falaq sebelum mengucapkan bacaan doa ziarah kubur sesuai sunnah. Silakan membaca surat pendek setelah Al Fatihah sebelum tiga surat pendek tersebut. 
  • Saat mengucap doa, Sedulur disarankan menghadap kiblat. Ini tidak wajib, tergantung kondisi dan tata letak makam mendiang yang Sedulur datangi. 
  • Jika kita datang dengan wudhu, saat pulang dari pemakaman kita juga disarankan untuk berwudhu kembali. Sambil menyeka kotoran yang mungkin menempel di pakaian. Jika kasusnya Sedulur mengantarkan jenazah yang baru meninggal, beberapa juga menyarankan untuk segera bersih-bersih, mandi, dan mengganti pakaian yang tadi dipakai untuk ke pemakaman.  

3. Doa ziarah kubur singkat 

doa ziarah kubur orang tua
unsplash.com

Saat melakukan ziarah, sebenarnya Sedulur bisa berdoa dalam bahasa apapun yang dikuasai asalkan sopan dan jelas. Namun jika ingin mengucapkannya dalam Bahasa Arab, berikut doa ziarah kubur dan artinya. 

Bacaan doa ziarah kubur secara singkat: 

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì. 

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

4. Arti doa ziarah kubur 

doa ziarah kubur dan artinya
unsplash.com

“Ya Allah, ampunilah dan berikanlah rahmat padanya. Maafkan kesalahannya, berikan kehormatan, lapangkanlah jalannya. Mandikan dia dengan air dan embun. Sucikanlah ia dari kesalahan dan dosa selayaknya Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. 

Berikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Masukkan ia dalam surgaMu dan berikanlah perlindungan baginya dari adzab kubur dan neraka. Luaskanlah kuburnya dan terangilah ia di dalam sana. “

BACA JUGA: Doa Niat Puasa Senin Kamis Lengkap & Artinya, Sudah Hafal?

5. Urutan doa ziarah kubur termasuk sunnahnya 

urutan ziarah
unsplash.com

Jika bisa dirangkum, berikut urutan bacaan doa ziarah kubur sesuai sunnah. 

  • Salam untuk ahli kubur 
  • Bacaan istigfar 
  • Basmalah dan surat Al Fatihah
  • Surat pendek, An Nas, Al Iklhas, dan Al Falaq dengan urutan yang bisa dibalik-balik 
  • Doa ziarah kubur
  • Doa khusus lainnya yang mungkin hendak Sedulur panjatkan untuk mendiang 
  • Diakhiri dengan hamdalah  

Ziarah sangat dianjurkan selama niat kita adalah mengirim doa dan bersilaturahmi pada ahli kubur. Ziarah yang dilarang adalah ketika kita berniat meminta sesuatu alias berbuat syirik. Sesungguhnya jika ingin sesuatu, kita hanya berdoa dan meminta pada Allah semata, ya Sedulur. 

Bacaan dan cara doa ziarah kubur ke makam orang tua dan kerabat sudah dibahas. Ingat dan catat baik-baik untuk bekal kelak. Betapa indah dan mengharukan arti dari doa kubur di atas. Sungguh  mulia Sedulur yang mau meluangkan waktu untuk berziarah dan mengucapkan doa seperti itu untuk orang terkasih yang telah tiada. Semoga segala kebaikan doa tersebut juga kembali ke Sedulur semua.

Untuk memberikan yang terbaik kepada yang masih hidup, kamu bisa menyajikan banyak makanan sehat dengan berkualitas bagus. Salah satu caranya adalah dengan berbelanja di Aplikasi Super. Dengan mempercayakan Aplikasi Super, kamu bisa mendapatkan banyak kemudahan dan harga barang yang murah. Tidak akan bikin kamu merugi, lho. Dijamin!