doa agar dagangan laris

Dalam agama Islam, berdagang adalah pekerjaan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana dalam hadist yang berbunyi, “Sesungguhnya sebaik-baiknya usaha adalah berdagang”. Dalam berdagang banyak hal yang perlu diperhatikan selain mengejar keuntungan, seperti bersikap jujur, menjual barang yang berkualitas, mengambil keuntungan yang wajar, dan tidak mudah putus asa.

Selain itu, persaingan dalam dunia perdagangan memang tidak bisa dianggap mudah. Jika Sedulur adalah pendatang baru, maka perlu berkali-kali lipat usaha yang dibutuhkan untuk dapat memikat hati pelanggan, menyusul pedagang lama, hingga siap bersaing dengan pedagang lainnya. Namun apabila Sedulur adalah pedagang lama, maka harus bisa mengembangkan usaha Sedulur agar tidak tergerus dengan yang baru.

Bentuk kerja keras yang sewajarnya dilakukan oleh umat Muslim adalah senantiasa selalu berikhtiar dan berhusnudzon pada Allah SWT. Seperti terdapat beberapa doa agar dagangan laris banyak pembeli banyak pelanggan mempercepat kesuksesan. Semuanya diserahkan pada Yang Maha Kuasa, dan doa agar dagangan laris sesuai sunnah juga menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan.

BACA JUGA: 10 Doa Pagi Hari Dalam Islam yang Wajib Diketahui!  

-->

Kumpulan doa agar dagangan laris menurut agama Islam

Ada beberapa doa agar dagangan laris dan dipenuhi berkah dalam Islam. Doa ini dianjurkan untuk selalu dibaca oleh Sedulur yang menjalankan usaha berdagang dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa doa yang bisa Sedulur amalkan.

1. Doa penglaris dagangan

1. Doa Penglaris Dagangan
ekonomi.bisnis.com

Setiap kegiatan sebaiknya dilakukan atas keinginan untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Maka, Sedulur bisa membaca doa ini sebelum memulai kegiatan berdagang dan bisa pula diamalkan kapanpun Sedulur ingin berdoa dan meminta kepada Allah SWT.

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى رَزَقَنِى هَذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Al hamdu lillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi.

Artinya: “Segala Puji Bagi Allah SWT yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku. Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezeki ku”.

2. Doa supaya dagangan laris banyak pembeli

Toko Kelontong
Super

Doa agar dagangan laris selanjutnya juga dianjurkan agar senantiasa berniat untuk mendapatkan keikhlasan dari Yang Maha memberikan Rezeki.

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ

Inna nahnu nazzalna adz zikra wa inna lahu lahafidhun

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Quran dan sesungguhnya Al-Quran telah dijaga”

BACA JUGA : Kumpulan Doa untuk Orang Sakit Laki-Laki dan Perempuan

3. Doa untuk untung yang banyak

Belanja bulanan
Super

Sama seperti sebelumnya, doa agar dagangan laris berikut ini juga bisa diamalkan kapanpun. Memohonlah untuk diberikan untung dan keberkahan dalam usaha yang tengah dijalankan.

Maka itu, ketika hendak berdagang alangkah baiknya membaca doa agar dagangan selalu laris. Berikut ini bacaan doanya: Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir.

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: “Ya Allah aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik, tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan. Sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

4. Doa agar dagangan laris dan berkah

4. Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah
equator.co.id

Doa agar dagangan laris yang berikutnya tidak jauh berbeda dengan doa-doa lainnya. Berdoa untuk kelancaran usaha sebenarnya selalu berkaitan dengan keberkahan dan rezeki yang halal atas usaha yang tengah dilakukan.

اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا طَيِّبًا وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.

Artinya: Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu.

BACA JUGA : Doa dan Bacaan Maulid Nabi Lengkap Arab, Latin & Terjemahan

5. Doa agar bisnis maju

Toko kelontong
Super
 

Doa agar dagangan laris salah satunya bisa dengan mengamalkan nama-nama Allah yang istimewa. Sedulur bisa mengamalkan dzikir dengan bacaan Al-Wahhaab yang artinya Maha Pemberi. Salah satu hal yang perlu Sedulur ingat adalah bahwa salah satu adab bagi hamba yang ingin meminta adalah dengan menyebutkan nama-nama baik Allah terlebih dahulu.

Meski bukan Al-wahhaab, Sedulur juga bisa mengamalkan nama-nama istimewa lain yang dimiliki oleh Allah SWT. Lebih baik lagi apabila Sedulur senantiasa membaca dzikir tersebut di setiap kegiatan yang Sedulur lakukan dan niatkan untuk mendapatkan mendapatkan Ridho Allah SWT.

6. Doa yang memudahkan rahmat dan berkah

6. Doa yang Memudahkan Rahmat dan Berkah
tribunnews.com

Doa agar dagangan laris ini juga meminta agar Allah senantiasa memberikan rahmat dan keberkahan pada setiap kerja keras yang dilakukan.

اللَّهُمَّ يَا فَارِجَ الْهَمِّ ، كَاشِفَ الْغَمِّ ، مُجِيبَ دَعْوَةَ الْمُضْطَرِّينَ ، رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَرَحِيمَهُمَا ، أَنْتَ تَرْحَمُنِي ، فَارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Allahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi mujiba da’watal mudhtariina rahmaanad dun-yaa wal aakhirati wa rahiimahumaa irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaak.

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang menghilangkan segala kesedihan, yang menggembirakan segala duka cita, dan yang mengabulkan semua permohonan, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang baik di dunia maupun di akhirat, curahkan rahmat-Mu kepada kami, yaitu rahmat yang menjadikan kami tidak membutuhkan pertolongan selain kepada-Mu”.

BACA JUGA : Doa Sakit Gigi Sesuai Ajaran Rasulullah SAW Beserta Artinya

7. Doa berkah dagang

doa agar dagangan laris
bersamadakwah.net

Berikut ini doa untuk usaha yang dilancarkan dan diberikan rahmat dan berkah dari Yang Maha Kuasa.

وَاَذِّنْ فِى النَّــاسِ بِالْحَــجِّ يَأْْْْتُوكَ رِجَالًاوَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍيَأْتِيْنَ مِنْ كُلِ فَجٍّ عَمِــيْقٍ

Wa Adzdzin finaasi bil hajji ya’tuuka rijaalan wa ‘alaa kulli dhoomirin ya ‘tiina min kulli fajjin ‘amiiqin

Artinya: “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh”

8. Doa jalan rezeki

doa agar dagangan laris
inews.id

Doa agar dagangan laris selanjutnya bisa melalui amalan Al-Quran. Beberapa surah yang mengandung doa untuk jalannya rezeki adalah seperti Ayat Kursi dan Al-Waqiah. Namun, lagi lagi, Sedulur dianjurkan membaca surah tersebut dengan perasaan seikhlas mungkin mengharapkan pertolongan dan ridho Allah SWT.

9. Doa mendapatkan Keuntungan

doa agar dagangan laris
okezone.com

Doa agar dagangan laris berikutnya dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali bahwasannya siapa orangnya yang menginginkan keuntungan dan mempunyai kewibawaan, dimuliakan, terlindung dari bahaya dan tipu daya musuh, diindahkan tuturkatanya luas rezekinya maka amalkan bacaan Yaa hayyu yaa qayyum.

10. Bacaan sholawat agar dagangan laris

Shalawat juga bisa menjadi amalan yang baik untuk mengharapkan dan memohon kelancaran dari Allah SWT.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَـدْ ضَاقَتْ حِيْلَــتِى أَدْرِكْـنِى يَارَسُوْلَ اللّـهِ

Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammadin qod dhoqot hiilati adrikni yaa Rasulullah.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada jungjungan kami, Nabi Muhammad. Sungguh sempit upayaku, temukanlah (tolonglah) aku, wahai Rasulullah.”

Demikian doa-doa yang bisa Sedulur amalkan. Selain berdoa, jangan lupa untuk senantiasa istighfar agar dagangan laris. Selain istighfar dan doa agar dagangan laris, sebaiknya Sedulur juga jangan lupa untuk selalu meminta dan berdoa kepada Allah SWT atas segala hal yang tak hanya bersifat duniawi, namun juga meminta hal-hal yang bisa menyelamatkan diri dari siksa api neraka.

BACA JUGA : Bacaan & Doa I’tidal Lengkap Beserta Latin, Arab & Artinya

Tips berdagang ala Nabi Muhammad SAW

Freepik

Berikut tips berdagang ala Rasulullah yang dapat Sedulur terapkan agar dagangan semakin berkah. 

1. Jujur dalam berdagang

Dalam berdagang, Rasulullah SAW selalu mengutamakan kejujuran agar pembeli selalu percaya. Kejujuran dalam berdagang ini sudah Allah jelaskan dalam Al-Qur’an yang artinya : “Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang merugikan, dan timbanglah dengan timbangan yang lurus. Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi ini dengan membuat kerusakan.” (QS Asy-Syuraa: 181-183). 

2. Menghargai pelanggan 

Dalam berdagang, Nabi Muhammad SAW juga selalu menghargai pelanggannya. Beliau tidak pernah membeda-bedan pembeli meski dari berbagai kalangan. Nabi Muhammd sa juga selalu bersikap ramah sehingga membuat para pelanggannya merasa sangat dihargai. 

3. Mengambil keuntungan sewajarnya

Dalam berdagang, Nabi Muhammad juga selalu memberitahu modalnya dengan jujur ketika ditanya pembeli. Sebab, cara berdagang Rasulullah tidak hanya semata untuk mendapatkan materi, akan tetapi juga untuk mendapat berkah Allah SWT.

Sebagaimana mana firmal Allah SWT Al-Qur’an “Barangsiapa yang menghendaki keuntungan akhirat, akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan dunia, Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu kebahagiaan pun di akhirat .” (QS. Asy-Syuraa: 20)

4. Tidak menjatuhkan kompetitor 

Meski memiliki banyak pesaing dalam berdagang, Nabi Muhammad SAW tidak pernah menjatuhkan kompetitornya. Beliau bersaing dengan cara yang sehat dan positif.  Islam sangat melarang umatnya untuk menjelekkan pedagang lain, sebagaimana hadist yang yang artinya “Janganlah seseorang di antara kalian menjual dengan maksud untuk menjelekkan apa yang dijual orang lain.” (HR Muttafaq Alaih). 

Demikianlah pembahasan tentang doa agar dagangan laris yang dapat Sedulur amalkan. Sebagai seorang hamba, sudah sepatutunya berusaha dan dibarengi dengan berdoa sebagai bentuk tawakal kepada Allah Swt. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.