doa sakit gigi

Sakit gigi menjadi masalah kesehatan yang paling tidak diharapkan oleh banyak orang. Apalagi sakit gigi memang sangat menyiksa bagi penderitanya, seperti jadi sulit makan hingga tidak bisa tidur. Untuk mengatasi sakit gigi biasanya bisa dengan obat kumur atau pergi ke dokter, tapi ada juga doa sakit gigi yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Doa ini bisa diamalkan ketika sedang sakit gigi, sehingga tak hanya berharap dengan kesembuhan secara klinis tapi juga dibantu oleh Allah SWT. Salah satu doa agar bisa sembuh dari sakit gigi ada membaca surat Al-Fatihah. Namun, beberapa doa sakit gigi lain juga bisa Sedulur amalkan agar bisa sembuh sesuai dengan ajaran Islam. 

BACA JUGA : 10 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh & Mental

Doa sakit gigi

doa sakit gigi
Freepik

Berikut doa sakit gigi latin yang dapat Sedulur amalkan. 

Allahumma adzhib ‘anhu suu a maa yajidu wa fuhsyahu bi da’wati nabiyyikal mubarokil makini ‘indaka.

Artinya : “Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan yang ia rasakan, beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di siis-Mu” (HR. Baihaqi)

Dalam riwayat ini juga disebutkan bahwa Rasulullah membaca doa di atas sebanyak tujuh kali dan meletakkan tangan pada bagian gigi yang sedang sakit. Dengan membaca doa tersebut diharapkan dapat meredakan serta menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Selain doa di atas, ada doa lain yang bisa Sedulur baca dan amalkan juga. Berikut ini bacaannya.

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai (HR. Muslim no. 2202).

Sama seperti doa yang sebelumnya, Sedulur dapat membaca doa ini sebanyak 7 kali dengan memegang bagian gigi yang sakit. Selain berdoa, Sedulur tentu harus berikhtiar dengan minum obat pereda nyeri agar sakit yang dirasakan dapat berkurang.

Sakit gigi tak kunjung sembuh menurut Islam

doa sakit gigi
Freepik

Berikut salah satu doa yang sering dibaca Rasulullah SAW untuk keluarganya, sebagaimanan yang diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

Doa sakit gigi arab:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا  

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya : “ Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

BACA JUGA : Ikhfa: Pengertian, Jenis, Hukum, Cara & Contoh Bacannya

Doa sakit gigi dengan air putih

Freepik

Sedulur tentu sudah hafal dengan surat Al-Fatihah yang merupakan surat pembuka dalam Al-Qur’an. Surat Al-Fatihah ini memiliki fadilah yang sangat luar biasa, salah satunya adalah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, tak terkecuali sakit gigi.

Surat Al-Fatihah juga menjadi doa sakit gigi dan gusi yang dapat Sedulur amalkan. Caranya yaitu ambil segelas air putih kemudian bacakan surat Al-Fatihah sebanyak 7 kali. Sedulur juga dapat membaca ayat kursi dan membaca Surah Al-Mu’awwidzat.  Setelah itu tiup gelas tersebut sebanyak 3 kali, kemudian minum air di dalam gelas secara perlahan hingga habis. 

Dalam salah satu riwayat dijelaskan jika barang siapa membiasakan membaca sekaligus mengamalkan surat Al-Fatihah maka Allah SWT akan melepaskannya dari semua kesulitan dalam hidupnya, termasuk sakit gigi.

Doa sakit gigi berlubang

Freepik

Doa yang dapat Sedulur baca ketika gigi berlubang. 

Syafaakallaahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa”aafaaka fii diinika wa jismika ilaa muddati ajalika

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Doa tersebut dibaca sembari tetap berikhtiar agar penyakit yang sedang diderita segara diangkat oleh Allah Swt dengan berkonsultasi ke dokter dan juga minum obat. 

BACA JUGA: Kisah Ashabul Kahfi Singkat Beserta Pelajaran Pentingnya

Cara membersihkan gigi dan mulut menurut Rasulullah saw

doa sakit gigi
Freepik

Cara membersihkan gigi ternyata sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu dengan cara bersiwak. Salah satu kesunahan bersiwak juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam sebuah hadist yang berbunyi :

السِّوَاكَ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِّ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

“Siwak membuat bersih mulut dan mendatangkan ridha Allah.” (HR. Ahmad)

Terdapat banyak kandungan alami dalam siwak yang percaya dapat menjaga Kesehatan gigi dan mulut, diantaranya silika, sodium bikarbonat hingga fluoride. Siwak ini juga mengandung bahan alami lainnya seperti vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin.

Siwak atau juga yang disebut Miswak adalah batang kayu atau ranting dari kayu arak (Salvador Persica). Batang kayu ini tergolong semak belukar yang biasanya ditemukan di negara Timur Tengah dan juga dapat ditemukan di beberapa negara di Afrika.

Obat penyembuh sakit gigi dari bahan herbal

Freepik

Berikut bahan-bahan alami yang dapat Sedulur gunakan untuk mengobati sakit gigi.

  1. Sereh
  2. Cengkeh
  3. Daun sirih
  4. Daun salam
  5. Daun jambu biji
  6. Daun kayu putih
  7. Kunyit
  8. Bawang putih

Demikianlah kumpulan doa sakit gigi berlubang dan ngilu yang dapat Sedulur baca dan juga amalkan. Tak hanya berdoa, Sedulur tentunya juga harus tetap berikhtia dengan minum obat agar sakit gigi yang sedang diderita cepat sembuh. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.