doa i'tidal

Salah satu gerakan dalam sholat adalah i’tidal. I’tidal merupakan gerakan berdiri tegak setelah rukuk yang harus dilakukan dengan tumakninah. Tak hanya itu, saat gerakan ini juga harus membaca doa i’tidal sesuai sunnah agar sholat menjadi sah. 

Terdapat beberapa versi doa dan bacaan i’tidal yang dapat Sedulur baca. Mulai dari doa yang pendek hingga doa yang panjang. Berikut rangkuman doa i’tidal lengkap dengan latin beserta artinya. 

BACA JUGA : Bacaan Takbiratul Ihram Lengkap dengan Arab, Latin & Artinya

Apa itu I’tidal ?

doa i'tidal
Freepik

I’tidal merupakan salah satu gerakan sholat yang dilakukan setelah gerakan rukuk, dan termasuk dalam gerakan utama saat beribadah. Para ulama sepakat menetapkan gerakan rukuk sebagai rukun sholat berdasarkan pada hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwatkan oleh Imam Bukhari berikut ini:

ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعً

Artinya: “Kemudian ruku’lah sampai engkau tenang (tuma’ninah) dalam keadaan ruku’.” (HR Imam Bukhari)

Selain rukuk, gerakan I’tidal juga merupakan salah satu gerakan wajib dalam sholat. Hal tersebut berdasarkan pada pendapat Abu Hurairah :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ يُكَبِّرُ حِينَ يَقُومُ، ثُمَّ يُكَبِّرُ حِينَ يَرْكَعُ، ثُمَّ يَقُولُ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، حِينَ يَرْفَعُ صُلْبَهُ مِنَ الرَّكْعَةِ، ثُمَّ يَقُولُ وَهُوَ قَائِمٌ: رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ

Artinya: “Rasulullah saw apabila mendirikan salat, maka beliau bertakbir ketika berdiri, kemudian bertakbir ketika ruku’. Jika imam bangkit dari ruku, maka bangkitlah. Jika ia mengucapkan “sami’allahu liman hamidah” (Allah mendengar pujian dari orang yang memujiNya), ketika bangkit dan meluruskan tulang punggungnya dari ruku’. ucapkanlah “robbana wa lakal hamdu” (Wahai Rabb kami bagiMu segala puji).” (HR Bukhari)

BACA JUGA : 10 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh & Mental

Doa i’tidal lengkap

takbiratul ihram
iStock

Terdapat beberapa doa I’tidal yang dapat Sedulur baca, salah satunya doa i’tidal pendek yang bisa dilafalkan dengan cepat dan mudah diingat.

Doa i’tidal arab pendek

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Doa i’tidal latin

Sami’allahu liman hamidah.

Artinya : “ Aku mendengar orang yang memuji-Nya.”

Kemudian terdapat  beberapa versi doa yang lebih panjang yang dapat Sedulur baca ketika gerakan i’tidal, diantanya adalah sebagai berikut. 

1. Doa pertama

Berikut doa I’tidal panjang yang pertama yang dapat Sedulur baca.

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْد

Rabbanaaa lakal hamdu mil-as-samaawaati wa mil-al-ardhi wa mil-a maa syik-ta min syai-im ba’du

Artinya: “Rabb kami, bagi-Mu segala puji sepenuh langit dan sepenuh bumi, serta sepenuh apa yang ada di antara keduanya dan sepenuh apa yang Engkau inginkan dari sesuatu setelahnya,”

2. Doa kedua

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ، وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَد

Rabbanaaa lakal hamdu mil-as-samaawaati wa mil-al-ardhi wa mil-a maa syik-ta min syai-im ba’du wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu

Artinya: “Rabb kami, bagi-Mu segala puji sepenuh langit dan sepenuh bumi, serta sepenuh apa yang ada di antara keduanya dan sepenuh apa yang Engkau inginkan dari sesuatu setelahnya, dan tidak bermanfaat bagi-Mu kemuliaan/kedudukan orang yang memiliki kemuliaan.”

3. Doa ketiga

اللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ، وَمِلْءَ الْأَرْضِ، وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْد

Allahumma rabbanaaa lakal hamdu mil-as-samaawaati wa mil-al-ardhi wa mil-a maa syik-ta min syai-im ba’du

Artinya: ‘Ya Allah Rabb kami, bagi-Mu segala puji sepenuh langit dan sepenuh bumi, serta sepenuh apa yang ada di antara keduanya dan sepenuh apa yang Engkau inginkan dari sesuatu setelahnya).”

4. Doa keempat

اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّمَاوَاتِ وَمِلْءُ الْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ، أَهْلَ الثَّنَاءِ وَالْمَجْدِ أَحَقُّ مَا قَالَ الْعَبْدُ، وَكُلُّنَا لَكَ عَبْدٌ، اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Allahumma rabbanaaa wa lakal hamdu mil-us-samaawaati wa mil-ul-ardhi wa maa bainahumaa wa mil-u maa syik-ta min syai-im ba’du ahlats tsanaa-i wal majdi ahaqqu maa qoolal ‘abdu wa kullunaa ‘abdun, allahumma laa maani’a limaa a’thoita wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu

Artinya: “Ya Allah Rabb kami,dan bagi-Mu segala puji sepenuh langit dan sepenuh bumi, dan sepenuh yang ada di antara langit dan bumi, serta sepenuh apa yang Engkau inginkan dari sesuatu setelahnya.Engkau adalah Dzat yang berhak mendapat pujian dan kemuliaan. (Ucapan ini) yang paling pantas diucapkan seorang hamba. Dan semua kami adalah hamba-Mu semata. Ya Allah, tidak ada yang bisa menahan apa yang Engkau berikan. Dan tidak ada yang bisa memberikan apa yang Engkau tahan. Tidak bermanfaat dari-Mu kemuliaan/kedudukan orang yang memiliki kemuliaan).”

BACA JUGA : Fungsi Ijtihad Sebagai Sumber Hukum Islam Beserta Contohnya

Syarat melakukan I’tidal

doa i'tidal
Freepik

Berikut syarat melakukan i’tidal yang harus Sedulur penuhi agar sholat menjadi sah. 

  1. Bangunnya dari rukuk tidak dimaksudkan untuk tujuan lain selain iktidal itu sendiri.
  2. Tumakninah. Pada saat melakukan iktidal harus dibarengi dengan tumakninah posisi tubuh tegak berdiri dalam keadaan diam dan tenang minimal selama bacaan kalimat tasbih subhânallâh.
  3. Iktidal tidak dilakukan dengan berdiri dalam waktu yang lama melebihi lamanya berdiri pada saat membaca surat Al-Fatihah. Karena iktidal merupakan rukun yang pendek maka tidak boleh memanjangkannya

Demikianlah pembahasan mengenai doa i’tidal yang dapat Sedulur lafalkan. Untuk kaum Muhammadiyan sendiri memiliki versi yang sedikit berbeda dalam bacaan sholat. Biasanya doa i’tidal muhammadiyah yang dilafalkan yaitu رَبَّنَا وَلَكَ اْلحَمْدُ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ. Terlepas dari perbedaan tersebut, sebagai umat muslim sudah sepatutnya menegakkan sholat lima waktu sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah SWT. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.