doa pagi hari

Dalam ajaran Islam, pagi hari mendapatkan perhatian khusus karena pagi merupakan permulaan hari. Untuk itu, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa pagi hari untuk memulai hari agar lebih semangat dan mendapat berkah dari Allah Swt. Terdapat beberapa doa dan dzikir yang dapat Sedulur lafalkan di pagi hari. 

Rasulullah saw juga menjadikan membaca doa pagi hari sebagai salah satu amalan yang beliau dawamkan. Dengan membaca doa untuk mengawali aktivitas di pagi hari, maka setiap muslim akan senantiasa mendapatkan keselamatan dan keberkahan dari Allah Swt. Berikut amalan dan doa di pagi hari yang dapat Sedulur amalkan. 

BACA JUGA : Niat Sholat Hajat Beserta Tata Cara dan Doa yang Dibaca

Amalan pagi hari

doa pagi hari
Freepik

Terdapat beberapa amalan pagi hari yang akan membuat aktivitas menjadi semakin semangat. Berikut amalan pagi hari yang dapat Sedulur lakukan agar hidup menjadi lebih berkah dan selalu mendapat perlindungan dari Allah Swt. 

1. Dzikir

Amalan pertama yaitu melakukan dzikir pagi. Selain membuat pagi menjadi lebih bersemangat, membaca dzikir di pagi hari juga bermanfaat agar segala urusan pada pagi itu dimudahkan oleh Allah Swt. Mengenai dzikir pagi ini terdapat macam2 wirid yang dapat Sedulur amalkan.

Mengenaia dzikir pagi ini, Allah ta’ala  telah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا * وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” [QS. Al-Ahzaab : 41-42].

Sedulur dapat membaca berbagai dzikir dan wirid, salah satunya dzikir subhanallah wa bihamdihi, subhanallah hal adzim 100x.

2. Tilawah Al-Quran

Perlu Sedulur ketahui bahwa tilawah Al-quran di pagi yang dilakukan dengan penuh perenungan dan penghayatan dan kesiapan hati untuk dan mengamalkan kandungannya dapat membantu otak lebih fokus lho. Tak hanya itu, tilawah Al-quran di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan spirit iman agar lebih hidup.

3. Menyegerakan mandi

Kebaikan dalam Islam hukumnya mesti disegerakan, demikian pula halnya dengan mandi di pagi hari. Menyegerakan mandi di pagi hari juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan sirkulasi darah dan membuat menjadi lebih cerah dan sehat.

4. Beramal

Diriwayatkan sahabat Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا ، وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَىْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ

Artinya : “Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan. Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh). Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya. Perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu berterusan . Lakukanlah ibadah (secara berterusan) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” [HR. Bukhari no. 39]

5. Melaksanakan sholat dhuha

Shalat Dhuha merupakan sunnah muakkad, terbukti telah dilakukan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam, sebagaimana diriwayatkan Muslim,  dari hadits Aisyah radhiallahu anha, dia berkata;

( كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا ، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ )

Artinya : “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya.” (HR Muslim). 

BACA JUGA : Doa dan Bacaan Maulid Nabi Lengkap Arab, Latin & Terjemahan

Kumpulan doa pagi hari

doa pagi hari
Yaqeen Institute

 Seperti yang sudah disebutkan di atas, membawa doa di awal pagi akan membuat aktivitas semakin semangat dan mendapat perlindungan dari Allah Swt. Berikut kumpulan doa pagi hari yang dapat Sedulur panjatkan agar hidup menjadi semakin berkah dan semangat. 

1. Doa meminta keberkahan di pagi hari

Muslim.SG

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

2. Doa meminta kebaikan

doa pagi hari
Hypeabis

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahnā wa asbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya, “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).

3. Doa minta karunia Allah swt

Republika

A’ūdzu bika min ‘azabi fin nari wa ‘adzābin dil qabri.”

Arti: “Kami dan kuasa Allah SWT di pagi hari dan segala puji bagi Allah SWT. Tiada tuhan yang lain selain Allah Yang Maha Esa, dan tiada pula sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa karunia dan segala puji bagi-Nya serta kuasa atas segala sesuatu hal.

BACA JUGA : Doa Sakit Gigi Sesuai Ajaran Rasulullah SAW Beserta Artinya

5. Doa minta perlindungan dari godaan setan

Solopos

Allahumma fathiras samawati wal ardhi, ‘alimul ghaibi was syahadah, rabba kulli syai’in wa malikah, ashadu an la ilaha illa anta. A‘udzu bika min syarri nafsi wa syarris syathani wa syirkih.

Artinya, “Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, Tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Kau. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya,” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

6. Doa minta rezeki

Freepik

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya: “Ya Allah hamba mohon cukupkanlah kami dengan segala bentuk rezeki yang halal dan jauhkanlah kami dari rezeki yang haram. Selain itu cukupkanlah juga aku dengan karunia-Mu dari bergantung hanya pada-Mu.” (Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits HR. Tirmidzi no. 3563 ini adalah hadits hasan).

7. Doa Sayyidul istighfar

doa masuk masjid
pixabay

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri mâ shana‘tu. Abû’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abû’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta. Artinya, “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Sayyidul istighfar sendiri memiliki keutamaan yang luar biasa. Doa sayyidul istighfar ini merupakan lafal istighfar yang memiliki derajat paling tinggi. Bahkan Nabi Muhammad saw menyebut bahwa siapa saja yang mengamalkan sayyidul istigfar pada pagi dan sore akan mendapatkan ganjaran khusuk.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Syaddad bin Aus bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca sayyidul istighfar di sore hari, lalu ia meninggal di malam itu, niscaya ia termasuk penghuni surga. Demikian juga berlaku bagi mereka yang membaca sayidul istighfar di pagi hari, lalu wafat di hari itu juga, niscaya ia termasuk penghuni surga.”

Demikianlah doa di pagi hari beserta amalan yang dapat Sedulur lakukan. Perlu Sedulur ketahui bahwa keutamaan membaca doa di pagi hari secara rutin akan mendapatkan kasih sayang dan perlindungan dari dari Allah Swt. Jangan lupa berdoa di pagi hari untuk mengawali aktivitas ya Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.