doa untuk orang sakit laki-laki

Menjenguk dan mendoakan orang yang sakit merupakan kewajiban setiap muslim terhadap muslim lainnya. Untuk itu, jika Sedulur sedang menjenguk orang yang sakit hendaknya membaca doa untuk orang sakit laki-laki dan perempuan, karena hal ini sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. 

Terdapat beberapa doa untuk orang sakit laki-laki maupun perempuan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Berikut kumpulan doa untuk orang sakit yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw. 

BACA JUGA : Doa dan Bacaan Maulid Nabi Lengkap Arab, Latin & Terjemahan

1. Doa untuk orangtua sakit

doa untuk orang sakit laki-laki
Muslim Pro

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasyfihi wa antass Syaafii laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman.

 Artinya: “Wahai Rabb seluruh manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia. hanya Engkau lah yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.”

2. Doa untuk teman dan sahabat yang sakit

doa maulid nabi muhammad saw
Suara

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan.

Artinya: “Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad, Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad.”

3. Doa menjenguk orang sakit

doa untuk orang sakit laki-laki
Yaqeen Institute

Menjenguk orang yang sakit juga diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Ketika melakukannya Rasulullah saw membacakan doa untuk orang sakit sembarin mengusapkan tangan kanannya dengan mengucapkan:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya: Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.

atau juga dapat membaca doa berikut ini sebanyak 7x di hadapan orang yang sakit. Berikut lafal doanya.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

BACA JUGA : Bacaan & Doa I’tidal Lengkap Beserta Latin, Arab & Artinya

4. Doa orang agar terhidar dari berbagai penyakit

doa untuk orang sakit laki-laki
Muslim.SG

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya, “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

5. Doa orang sakit untuk diri sendiri

doa untuk orang sakit laki-laki
Freepik

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّماَوَاتِ، وَرَبُّ اْلأَرْضِ، وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

Artinya : “Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Mahaagung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) ‘Arsy yang agung. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb Pemilik ‘Arsy yang mulia. ” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keutamaan menjenguk dan mendokakan orang sakit

Freepik

Menjenguk orang sakit dan mendoakannya merupakan salah satu kewajiban setiap umat muslim, terlebih lagi orang yang masih memiliki hubungan seperti tetangga, saudara senasab, sahabat dan yang lainnya. Mengunjungi orang sakit merupakan salah satu perbuatan yang mulia dan terdapat keutamaan serta pahala yang besar dari Allah Swt.

Nabi Muhammad saw bersabda

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Terakhir, hendaknya orang yang membesuk juga mendoakan orang yang sakit. :

لاَ بَأْسَ طَهُورٌ اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Alloh.” (HR. al-Bukhari).

Adab menjenguk orang sakit

Republika

Dilansir dari Nu Online, terdapat beberapa adab ketika menjanguk orang yang sedang sakit. Diantaranya adalah sebagai berikut. 

  • Tidak berlama-lama di sisinya agar ia tidak merasa bosan.
  • Meminimalisir pertanyaan tentang kondisinya, karena banyak bertanya akan menyusahkan hatinya. 
  • Menampakkan rasa belas kasihan kepadanya.
  • Mendoakan agar ia cepat sehat.
  • Menjaga pandangan mata dari apa saja yang tidak patut dilihat dari orang yang sedang sakit.
  • Bila duduk di samping orang yang sakit lalu dihidangkan makanan atau minuman, maka tidak perlu menyantap makanan tersebut dan tidak usah meminumnya.

Demikianlah rangkuman informasi mengenai doa untuk orang sakit laki-laki dan perempuan serta adab yang harus dijaga ketika sedang menjenguk orang yang sakit. Semoga Sedulur semua selalu dalam perlindungan Allah Swt. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.