ranu gumbolo tulungagung

Ranu Gumbolo Tulungagung merupakan wisata alam yang menyajikan pemandangan danau alami dengan hutan pinus yang mengelilingi sekitarnya. Tempat yang satu ini sering dijadikan sebagai salah satu destinasi menarik di Tulungagung bagi para wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Wisata alam semacam ini memang sangat cocok untuk bersantai, sekaligus membantu para pengunjung untuk rehat dan melepas penat setelah melakukan aktivitas rutin sehari-sehari. Jadi jika Sedulur berkunjung ke Tulungagung, jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata ini.

Lantas apa saja yang membuatnya menarik untuk dikunjungi? Nah, sebelum itu, simak dulu sedikit informasi mengenai Ranu Gumbolo yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Bukit Cinta Gunung Bromo, Wisata Melihat Sunrise yang Indah

Ranu Gumbolo Tulungagung

ranu gumbolo tulungagung
Unsplash/Narahari

Sadar atau tidak, nama dari Ranu Gumbolo sendiri mirip seperti Ranu Kumbolo yang ada di jalur pendakian Gunung Semeru. Nah, alasan di balik penamaan tersebut, yakni keberadaan dari air danau sampai hutan pinus yang mirip seperti di sekitar Ranu Gumbolo.

Apabila dilihat dari kejauhan, kedua destinasi ini mempunyai warna air danau jernih dan kehijauan yang benar-benar mirip. Bahkan hutan pinus yang tumbuh subur menghiasi lingkungan di sekitar danau Ranu Gumbolo, juga membuatnya terlihat mirip seperti di Ranu Kumbolo.

Mungkin satu-satunya hal yang membedakan antara keduanya yakni jalur menuju danau. Ranu Kumbolo mempunyai jalur yang sulit karena perlu mendaki gunung. Sementara untuk danau yang ada di Tulungagung ini tidak begitu.

Para wisatawan yang datang, baik itu dewasa maupun anak-anak bisa berkunjung ke danau alami ini karena jalannya yang mudah.

Lokasi Ranu Gumbolo

Danau yang alami nan indah ini, berlokasi di Dusun Bantengan, Desa Mulyosari, yang merupakan salah satu desa dari Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Dari pusat kota, jaraknya kurang lebih sekitar 25 kilometer.

Sedulur bisa berkunjung ke Ranu Gumbolo melalui Jalan Nasional III dengan waktu perjalanan kurang lebih satu jam. Selain itu, Jalan Kauman juga bisa menjadi jalan alternatif dengan waktu tempuh yang hampir sama.

Hanya saja, jalan yang satu ini seringkali macet, apalagi ketika waktu liburan tiba. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan bantuan Google Maps untuk mengetahui titik kemacetan dan mendapatkan jalur atau rute yang terbaik.

Jam Buka dan Jam Tutup

Objek wisata Ranu Gumbolo sendiri buka setiap hari dari pagi hari sampai sore hari menjelang gelap. Namun jika Sedulur ingin berkemah di salah satu area perkemahan yang sudah disediakan, maka hal tersebut dapat dilakukan sepanjang hari.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini jam operasional dari objek wisata Ranu Gumbolo Tulungagung. Ketahui dengan pasti, agar nantinya Sedulur bisa menyesuaikan kunjungan dengan jadwalnya.

  • Senin: 06.30 WIB – 17.30 WIB
  • Selasa: 06.30 WIB – 17.30 WIB
  • Rabu: 06.30 WIB – 17.30 WIB
  • Kamis: 06.30 WIB – 17.30 WIB
  • Jumat: 06.30 WIB – 17.30 WIB
  • Sabtu: 06.30 WIB – 17.30 WIB
  • Minggu: 06.30 WIB – 17.30 WIB

Sedikit saran, pastikan untuk membawa bekal logistik yang cukup apabila Sedulur berencana untuk berkemah di Ranu Gumbolo. Tidak perlu membawa makanan berat, cukup dengan bahan makanan instan yang mudah untuk diolah di tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika tiket masuk untuk objek wisata Ranu Gumbolo ini cukup terjangkau. Namun selain tiket masuk, Sedulur juga akan dikenakan tarif parkir. Pihak pengelola juga telah menetapkan biaya asuransi jiwa bagi para pengunjung yang datang. Nah, berikut daftar biaya yang dipersiapkan.

  • Tiket masuk objek wisata (Weekday): Rp 6.000 per orang
  • Tiket masuk objek wisata (Weekend): Rp 8.000 per orang
  • Biaya asuransi: Rp 500 per orang
  • Parkir sepeda motor: Rp 2.000 per sepeda motor
  • Parkir mobil : Rp 5.000 per mobil

BACA JUGA: Taman Prestasi Surabaya: Lokasi, Daya Tarik, dan Jam Buka

Daya Tarik yang Dimiliki

ranu gumbolo tulungagung
Unsplash/Travis Walser

Ranu Gumbolo di Tulungagung, Jawa Timur merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pesona keindahan dan ketenangan alam. Berikut ini beberapa daya tarik utama dari Ranu Gumbolo yang menjadikannya lokasi yang menarik bagi para wisatawan.

1. Keindahan alam yang asri

Seperti yang telah diketahui, jika Ranu Gumbolo adalah sebuah danau alami yang terletak di tengah pegunungan. Keasrian dan kealamiannya memberikan pemandangan yang sangat indah, dengan air danau yang jernih dan dikelilingi oleh pepohonan hijau serta lanskap pegunungan yang memukau.

Tempat wisata yang satu ini juga sangat ideal bagi Sedulur yang sedang mencari ketenangan dan ingin melepaskan diri dari kesibukan kota.

2. Suasana yang tenang dan damai

Lokasi dari Ranu Gumbolo yang cukup tersembunyi dan jauh dari keramaian kota, memberikan suasana yang sangat tenang dan damai. Ya, suasana yang semacam ini, memang sangat cocok untuk relaksasi dan penyegaran mental.

Suara alam seperti kicauan burung dan desiran angin menambah nuansa kedamaian yang sulit ditemukan di berbagai tempat wisata yang lain.

3. Aktivitas outdoor

Ranu Gumbolo sendiri menawarkan berbagai kegiatan outdoor seperti hiking, trekking, dan camping. Pengunjung dapat melakukan trekking mengelilingi danau atau mendirikan tenda dan menghabiskan malam di alam terbuka.

Area ini juga populer di kalangan fotografer alam dan mereka yang menikmati bird watching atau hanya sekadar ingin duduk dan membaca buku di tengah alam.

4. Spot fotografi

Dengan latar belakang pegunungan dan perairan danau yang jernih, Ranu Gumbolo menawarkan banyak spot menarik untuk fotografi. Baik itu fotografi lanskap, potret, atau fotografi alam, pengunjung bisa mendapatkan gambar-gambar yang spektakuler di lokasi ini.

Jadi sebelum memutuskan berkunjung ke objek wisata ini, pastikan bahwa baterai kamera atau ponsel yang Sedulur bawa dalam keadaan penuh.

5. Kemah dan piknik

Karena lokasinya yang indah dan tenang, banyak pengunjung memilih untuk berkemah di Ranu Gumbolo. Area sekitar danau menawarkan spot yang ideal untuk piknik keluarga atau sekedar bersantai menikmati alam bersama teman-teman.

Hanya saja, Sedulur disarankan untuk membawa perlengkapan kemah sendiri. Dengan begitu, maka hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi.

BACA JUGA: Pulau Tabuhan di Banyuwangi: Daya Tarik, Harga Tiket dan Rute

Fasilitas yang Tersedia

rute danau ranu kumbolo
Unsplash/Jke Melara

Ranu Gumbolo merupakan lokasi wisata alam yang menawarkan pemandangan danau dan pegunungan yang indah. Namun, area objek wisata ini masih sangat alami dan belum sepenuhnya dikembangkan sebagai destinasi wisata komersial.

Dengan begitu, maka fasilitas yang tersedia di Ranu Gumbolo bisa dikatakan cukup minimalis. Nah, berikut ini adalah beberapa fasilitas dasar yang umumnya bisa diakses oleh para pengunjung.

1. Area parkir

Terdapat area parkir yang cukup untuk menampung kendaraan pengunjung, tetapi mungkin tidak terlalu luas dan dibangun dengan baik.

2. Jalur trekking

Untuk para pengunjung yang menikmati hiking atau sekadar berjalan kaki, terdapat jalur yang mengelilingi danau, meskipun mungkin tidak selalu terawat dengan baik.

3. Toilet umum

Fasilitas toilet juga telah disediakan di sini, hanya saja sangat sederhana dan tidak selalu dalam kondisi terbaik seperti di objek wisata terkenal.

4. Tempat istirahat

Terdapat beberapa spot atau area piknik sederhana untuk pengunjung yang ingin beristirahat atau menikmati makan di luar ruangan.

5. Warung makan Kecil

Ada beberapa warung kecil yang menjual makanan dan minuman dasar, tetapi pengunjung disarankan untuk membawa makanan dan air minum sendiri untuk memastikan ketersediaan.

BACA JUGA: Srambang Park Ngawi: Lokasi, Rute, Jam Buka, dan Harga Tiket

Tips Sebelum Berkunjung

ranu gumbolo tulungagung
Unsplash/Andrew Ly

Mengunjungi Ranu Gumbolo Tulungagung memang menyuguhkan pengalaman alam yang autentik dan menyegarkan. Hanya saja, perjalanan yang dilakukan memerlukan persiapan yang matang karena fasilitas yang terbatas dan akses yang bisa menjadi tantangan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips penting untuk dipertimbangkan sebelum Sedulur berkunjung ke Ranu Gumbolo.

1. Persiapkan logistik dengan baik

Karena Ranu Gumbolo adalah area yang cukup jauh dari pusat keramaian dengan fasilitas yang minimal, sangat penting untuk membawa segala keperluan yang mungkin Sedulur butuhkan selama kunjungan. Pastikan cukup makanan dan air minum, terutama jika berencana untuk tinggal lebih lama.

Jika Sedulur memiliki rencana untuk menginap atau camping, pastikan membawa berbagai perlengkapan yang dibutuhkan, termasuk tenda, sleeping bag, matras, dan alat masak jika perlu.

2. Pakaian dan perelengkapan yang tepat

Kenakan pakaian yang sesuai untuk hiking, preferensial yang nyaman dan bisa melindungi dari cuaca. Sertakan jaket, topi, dan sarung tangan jika berkunjung di musim dingin atau musim hujan.

Selain itu, gunakan sepatu hiking yang nyaman dan memiliki grip yang baik untuk berjalan di jalur yang mungkin licin atau berbatu. Jangan lupa pula bawa tabir surya, kacamata matahari, dan topi untuk perlindungan dari sinar matahari.

3. Periksa kondisi cuaca

Selalu cek prakiraan cuaca sebelum berangkat untuk menghindari hujan atau kondisi cuaca buruk yang bisa membuat jalur menjadi lebih sulit dan berbahaya.

4. Kondisi fisik dan keselamatan

Pastikan Sedulur dalam kondisi fisik yang baik untuk melakukan trekking atau aktivitas fisik lainnya. Informasikan kepada seseorang mengenai rencana perjalanan dan perkiraan waktu kembali, terutama jika Sedulur berencana melakukan trekking di jalur yang lebih jauh atau berkemah.

5. Ketahui lokasi dan navigasi

Familiarisasi dengan peta area atau gunakan GPS jika tersedia. Akses ke Ranu Gumbolo bisa melalui jalur yang berkelok dan terkadang kurang jelas sinyalnya.

6. Jaga kebersihan dan etika alam

Bawa kembali semua sampah yang Sedulur hasilkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Hormati flora dan fauna setempat dengan tidak merusak atau mengganggu habitat alami mereka.

7. Siap sedia untuk keadaan darurat

Bawa kelengkapan P3K untuk keadaan darurat dan tahu dasar-dasar pertolongan pertama. Bawa baterai cadangan atau power bank untuk perangkat elektronik yang dibawa.

Itulah informasi mengenai Ranu Gumbolo Tulungagung yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Ranu Gumbolo adalah surga tersembunyi yang menawarkan pelarian dari rutinitas sehari-hari dengan menikmati keindahan dan ketenangan alam yang luar biasa.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke Ranu Gumbolo ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!