srambang park ngawi

Dalam waktu dekat Sedulur ada agenda liburan ke mana, nih? Apakah berpikiran main ke Jawa Timur? Selain Malang dan kota lain sekitarnya, ada salah satu daerah yang memberi wisata menarik, yakni di Ngawi. Di sini tersedia salah satu wisata yang disukai banyak orang yakni, Srambang Park Ngawi.

Berada di kaki gunung Lawu, tempat wisata ini sebenarnya sudah dari dulu. Kemudian seiring perjalanannya dan perkembangan pariwisata Indonesia, Srambang Park mulai mempercantik diri agar memberi pemandangan menarik. Mengutip laman Kominfo.ngawikab.go.id, pada 2017, Bupati Ngawi saat itu Budi Sulistyo meresmikan Srambang Park.

Kini, Srambang Park Ngawi merupakan salah satu destinasi favorit masyarakat lokal maupun mancanegara karena memberikan berbagai suguhan menarik. Pasalnya dalam satu kawasan saja, Sedulur bisa menikmati berbagai wahana rekreasi seperti air terjun, kolam renang yang airnya dari pegunungan, dan tentunya hutan pinus yang rindang dan membuat udara sekitar begitu segar.

Tentunya dengan segala keindahan yang disuguhkan, tempat wisata ini bisa menjadi jujukan liburan kamu. Tapi sebelumnya, jika Sedulur tertarik berkunjung ke sini, ada baiknya untuk mengetahui beberapa informasi lengkap mengenai wisata di Srambang Park Ngawi. Simak di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Bangsring Banyuwangi, Pesona Bawah Laut yang Indah

Sekilas Tentang Srambang Park Ngawi

srambang park ngawi
Unsplash/Cristofer Mazimillian

Taman Srambang menawarkan tempat wisata terbaik di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, yang direkomendasikan untuk liburan keluarga. Dapatkan pengalaman liburan seru dengan menjelajahi tempat-tempat dan wisata menarik yang disuguhkan destinasi wisata alam terbaru Ngawi. 

Akhir pekanmu yang indah akan menjadi lebih berkesan dengan berlibur menikmati wisata Indonesia dengan pesona alam terbaiknya. Beberapa atraksi populer menanti pengunjung yang berlibur di Kabupaten Ngawi. Salah satu daya tariknya adalah Taman Srambang yang menawarkan tempat-tempat unik yang siap memukau pengunjung.

Kabupaten Ngawi menawarkan beberapa tempat menarik yang patut dikunjungi jika Sedulur berencana menghabiskan akhir pekan di Srambang Park Ngawi. Temukan liburan impianmu bersama keluarga di Kabupaten Ngawi dengan menjelajahi destinasi wisata unggulannya.

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Srambang Park

Srambang Park Ngawi memberikan udara yang sejuk dan dingin. Sedulur akan bisa menikmati suasana alam yang menyegarkan. Belum lagi ada suara kicauan burung yang menemani Sedulur selama berekreasi di sini.

Lantaran berlokasi di kaki Gunung Lawu, panoramanya begitu indah dengan dikelilingi hutan pinus yang asri. Untuk itu berikut ini beberapa daya tarik dan aktivitas seru yang bisa Sedulur nikmati di Srambang Park Ngawi.

1. Panorama alam yang indah

Saat memasuki Taman Srambang, Sedulur disuguhi deretan pepohonan hijau berhiaskan balon warna-warni yang mengikuti saat berjalan. Deretan pohon pinus menambah kesejukan suasana dan udara yang dihirup saat berkunjung ke sini, dan pastinya akan lebih menyegarkan ketika datang di pagi hari.

Kemudian balon-balon tersebut akan digantikan oleh payung-payung gantung yang cantik. Pemandangan ini akan membuat Sedulur takjub dengan keindahan alamnya. Area Taman Srambang dihiasi dengan berbagai macam tanaman yang sungguh cantik dan enak dipandang. Banyak sekali jembatan sederhana dengan desain dan nama berbeda-beda di kawasan ini.

Tahukah kamu, Taman Srambang pernah meraih penghargaan di East Java Culture and Tourism Award di Hotel Harris Surabaya tahun 2019. Penghargaan itu diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kala itu. Jadi, wajar jika destinasi wisata ini begitu menjaga kebersihan setiap sudutnya.

Terdapat pula beberapa tempat sampah serta penempatan dan pemeliharaan tanaman. Hal itu juga dipertimbangkan dengan sangat matang. Namun hal tersebut tidak lepas dari peran serta pengunjung yang terlibat dalam perawatan dan pemeliharaan Srambang Park Ngawi.

2. Air Terjun Srambang

Air terjun di Taman Srambang ini tingginya sekitar 40 meter, air yang mengalir sangat jernih dan bersih. Lingkungan sekitar dilindungi oleh tebing-tebing yang dihiasi pepohonan hijau. Kolam alami Curug Srambang tidak terlalu besar, airnya masih mengalir ke sungai yang dihiasi batu-batu berbagai ukuran.

Di sekitar Air Terjun Srambang Sedulur bisa bersantai atau sekadar duduk di atas bebatuan dan rasakan sejuknya air menyentuh kaki. Angin dan air di sini membuat udara di sekitar menjadi lebih sejuk. Suaranya menjadi pusat perhatian telinga. Rasa lelah Sedulur akan terbayar setelah berjalan 500 meter dari kawasan taman dengan panorama indah Air Terjun Srambang.

3. Berenang di kolam pegunungan

Dalam perjalanan Sedulur akan menemukan kolam renang bercat warna-warni dengan tangga. Jadi spot ini menarik untuk disimak dan bikin penasaran. Air di kolam ini berasal dari mata air murni Gunung Lawu, dingin banget. Tapi menyegarkan sekali.

Kolam buatan ini juga dilengkapi dengan perosotan yang berkelok-kelok, pasti akan menyenangkan bagi anak-anak ketika bermain di sini. Selain itu, terdapat beberapa patung bidadari di tengah kolam dan sekitar kolam.

4. Spot foto menarik0

Di area Srambang Park dihias dengan berbagai spot foto yang menarik banget. Jadi, Sedulur gak akan kehabisan spot foto menarik untuk media sosialmu. Beberapa di antaranya seperti gardu pandang, bunga-bunga cantik, jembatan mini yang dihias, dan masih banyak lagi.

Tentunya Sedulur akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan indah yang rasanya sayang untuk tidak diabadikan.

5. Hutan pinus yang sejuk

Selain berwisata dan bermain di air terjunnya, hutan pinus yang masih asri dan rindang juga akan memanjakan mata. Adanya pohon-pohon yang begitu tinggi ini bukan hanya baik untuk pernapasan paru-paru, tapi juga memberikan kesejukan dan kesegaran yang begitu alami.

Bahkan meskipun siang hari, Sedulur akan tetap nyaman berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan hutan pinus yang indah.

6. Rumah pohon

Ketika Sedulur berjalan santai, jangan lupa mampir ke rumah pohon untuk sekadar rileks atau beristirahat. Di sini Sedulur juga selfie dan mencari spot foto menarik. Rumah pohonnya tidak terlalu tinggi, karena didesain agar aman dinaiki anak-anak. Tapi tentu tetap dalam pengawasan orang tua ya.

7. Kincir Belanda dan taman bunga

Tak hanya rumah pohon, Taman Srambang juga punya banyak spot foto menarik yang siap mengisi konten Instagram kamu. Spot foto di sini Instagramable banget! Misalnya saja kincir ala Belanda, taman bunga, bingkai cinta, dan masih banyak lagi spot foto lainnya.

Pastikan bawa power bank, agar ponselmu tidak habis sebelum bisa mengabadikan banyak momen di sini.

8. Dekorasi unik sepanjang taman

Walaupun bertema wisata alam, Taman Srambang justru inovatif dengan kreativitas yang modern. Contohnya, dekorasi payung di sepanjang jalan membuat pengunjung tidak kehabisan ide untuk mengabadikan momen atau sekadar untuk cuci mata. Belum lagi jembatan romantis dan taman indah yang mengelilinginya.

9. Gazebo bersantai

Bosan bermain dan jalan-jalan seharian, untuk menghabiskan waktu berkualitas mengobrol satu sama lain, tenang saja, di sini tersedia gazebo dan kantin yang siap menyajikan aneka makanan lezat.

Tapi jangan lupa tetap jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Mushola juga tersedia agar pengunjung tetap tenang selama berwisata dan tanpa perlu keluar area wisata jika ingin beribadah.

BACA JUGA: Taman Edelweiss Pasuruan: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Lokasi dan Rute Menuju Srambang Park

srambang park ngawi
Unsplash/Mike Swigunski

Srambang Park lokasinya berada di kaki Gunung Lawu, tepatnya di kawasan Hutan Jogorogo di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Untuk menuju ke sini, Sedulur bisa lewat Karanganyar lalu berjalan ke arah Mojogedang. Sedulur pun akan tiba di Batujamus, selanjutnya di Kerjo. 

Setelah itu Sedulur bisa melanjutkan perjalanan menuju Sine hingga sampai di Kecamatan Jogorogo, masuk ke Jalan Majapahit, dan terakhir Jalan Raya Srambang. Perlu diingat bahwa rute yang Sedulur lalui dipenuhi jalan naik turun dan berkelok, tapi jalan sudah halus untuk dilewati.

Harga Tiket dan Jam Operasional Srambang Park

Untuk menikmati wisata Srambang Park Ngawi Sedulur hanya perlu membayar tiket masuk Rp20 ribu saja. Untuk jam operasionalnya mulai dari pagi pukul 08.00 WIB sampai sore hari pukul 17.00 WIB. Disarankan Sedulur datang lebih pagi agar bisa merasakan udara dan kesejukannya. 

Suasananya juga lebih tenang karena kemungkinan belum terlalu ramai. Sedulur di ini akan ditemani kicauan burung dan suara gemericik air. Tapi perlu dicatat bahwa harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Fasilitas di Srambang Park

Fasilitas yang tersedia Srambang Park juga cukup lengkap. Hal ini akan menunjang kenyamanan Sedulur ketika berwisata di sini. Beberapa di antara seperti di bawah ini.

  • Area parkir yang luas
  • Gazebo dan tempat istirahat
  • Mushola
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Rumah makan

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Srambang Park Ngawi. Tertarik untuk datang ke sini? Selamat berwisata ya.