taman prestasi surabaya

Salah satu taman paling terkenal di Surabaya adalah Taman Prestasi Berada di pusat kota, Taman Prestasi Surabaya memang menjadi tempat rekreasi murah meriah masyarakat. Apalagi di sekitar taman tersebut memang banyak sekali monumen dan peninggalan bersejarah dari perang kemerdekaan.

Bagi Sedulur yang ingin berlibur ke Kota Surabaya, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke taman ini. Terutama untuk Sedulur yang memang sengaja ingin menikmati kota dengan berjalan kaki. Nah, biar Sedulur bisa mengetahui apa saja hal menarik yang ada di Taman Prestasi Surabaya. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Museum Pendidikan Surabaya: Daya Tarik, Jam Buka, dan HTM

Mengenal Taman Prestasi Surabaya

taman prestasi surabaya
Unsplash/Farhan Azam

Taman Prestasi Surabaya merupakan salah satu area terbuka hijau yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Surabaya. Dahulu, taman ini dikenal dengan nama Taman Pintar dan dibangun sejak tahun 1992.

Tiga tahun kemudian ibu Marie Basofi Sudirman yang merupakan istri dari Bapak Basofi Sudirman, Walikota Surabaya periode 1993 – 1998 meresmikan taman ini pada tahun 1995.

Semenjak itu, nama Taman Pintar lalu berubah menjadi Taman Prestasi Surabaya karena banyaknya replika penghargaan dan plakat prestasi dari pemerintah Surabaya. Salah satu yang cukup terkenal dan menjadi ikon Taman Prestasi adalah penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 1992 dan penghargaan Adipura Kota Raya Terbersih tahun 1992.

Taman ini juga menjadi salah satu taman terbesar di Surabaya karena memiliki area seluas 6.000 meter persegi. Tidak heran, jika banyak masyarakat menjadikan taman ini sebagai tempat berkumpul dan bersosialisasi. Dekatnya area taman dengan aliran Sungai Kalimas juga membuat suasana taman menjadi lebih asri dan syahdu.

BACA JUGA: Rute Bus Surabaya Sightseeing and City Tour (SSCT) dan Cara Pesannya

Daya Tarik Taman Prestasi

taman bungkul surabaya
Unsplash/Bewakoof

Agar Sedulur semakin tertarik berjalan-jalan di Taman Prestasi Surabaya, mari simak beberapa daya tarik dan wahana yang tersedia di sana. Berikut ini diantaranya:

1. Arena bermain anak

Lokasi wisata ini sangat ramah Anak, jadi Sedulur tidak perlu kuatir untuk membawa si kecil berkunjung di sini. Beragam sarana permainan anak seperti ayunan, seluncuran, jungkat-jungkit, monkey bar dan lainnya tersedia di sini. Anak-anak dapat bebas bermain dalam pengawasan Sedulur.

2. Panggung terbuka

Sebagai salah satu taman Surabaya yang banyak dikunjungi warga, taman ini menawarkan sebuah panggung terbuka berbentuk lingkaran lengkap dengan tribun penonton yang memiliki peneduh. Umumnya pengunjung memanfaatkan panggun yang memiliki luas 15 meter ini untuk sekedar duduk sambil mengobrol atau makan bersama teman dan keluarga.

Panggung terbuka ini juga biasanya digunakan untuk masyarakat mengadakan acara-acara yang tentunya sangat menarik.

3. Monumen Pesawat Bomber B-16 Intruder

Monumen ini diresmikan pada tanggal 19 Juli 2016 oleh Bambang Dwi Hartono, walikota Surabaya periode 2000 sampai 2010 silam. Monumen ini termasuk unik karena menampilkan pesawat perang yang masih utuh.

Terdapat prasasti yang berisi jasa dari pesawat tersebut bagi bangsa Indonesia agar pengunjung memahami sejarah bangsa. Salah satu jasa dari pesawat tempur ini adalah berperan pada operasi penumpasan pemberontak RMS pada tahun 1950 di Maluku Selatan.

4. Spot foto instagramable

Taman Prestasi memiliki beberapa tempat yang dapat menjadi latar belakang foto yang keren dan instagramable. Salah satu spot favorit adalah di terowongan yang ada di taman serta di sekitar jembatan gantung dengan latar belakang sungai Kalimas.

Bagi Sedulur yang menyukai fotografi maka area Taman Prestasi Surabaya bisa menjadi spot yang sangat menarik. Sedulur bisa melakukan beberapa jenis gaya fotografi mulai dari street photography, arsitektur, atau hingga foto model di sini.

5. Wisata air

Salah satu daya tarik dari taman ini adalah adanya wahana perahu sebagai wisata air warga. Pengunjung dapat naik perahu melewati sungai Kalimas dengan hanya membayar Rp 4 ribu saja lho. Rute dari wisata air ini adalah melewati sepanjang sungai hingga melewati jembatan, kemudian berbalik ke arah taman.

Yang istimewa dari wisata air ini adalah ketika Sedulur mencoba wahana air ini pada sore hari dimana perahu dihiasi dengan lampu warna warni. Lokasi jogging track di pinggir sungai juga berhias lampu yang semakin membuat suasana taman Prestasi Surabaya malam hari terlihat indah.

6. Fasilitas wifi gratis

Buat Sedulur yang suka bermain di dunia maya, Taman Prestasi juga menyediakan fasilitas wifi gratis. Sedulur bisa berinternet sepuasnya di sini. Banyak pelajar, pekerja kantor, mahasiswa atau masyarakat umum yang menghabiskan waktu internetan gratis.

Bahkan, Sedulur bisa menggunakan jaringan wifi gratis ini untuk bekerja, mencari materi pembelajaran atau sekedar bermain-main di dunia maya. Apalagi banyak tempat duduk untuk bersantai sambil internetan.

7. Banyak pedagang dan PKL yang sudah tertata rapi

Di taman ini Sedulur tidak perlu bingung mencari makanan. Karena ada banyak sekali pkl yang menjajakan dagangannya. Semua PKl ditata dengan rapi, sehingga tidak merusak suasana di taman. Taman tetap rapi dan bersih. 

Di sini Sedulur bisa menikmati berbagai masakan khas Surabaya. Seperti lontong mie, rujak cingur, semanggi Surabaya dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Lontong Kupang di Surabaya

Lokasi dan Rute

taman apsari surabaya
Unsplash/Sherlyta Santoso

Taman Prestasi terletak di Jalan Ketabang Kali No.6, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Dengan posisinya yang strategis, taman ini mudah diakses dari berbagai area di Surabaya.

Terletak tidak jauh dari pusat kota, membuatnya menjadi destinasi yang nyaman dikunjungi oleh pengunjung lokal maupun luar kota. Taman ini pun menjadi salah satu taman yang paling populer di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Untuk mencapai Taman Prestasi dari Balai Kota Surabaya, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari Balai Kota, ambil arah barat menuju Jalan Taman Surya sejauh 150 meter.

Setelah itu, belok kiri ke Jalan Jaksa Agung Suprapto sejauh 140 meter. Kemudian, belok kiri ke Jalan Walikota Mustajab dan belok kanan ke Jalan Yos Sudarso. Selanjutnya, Taman Prestasi dapat ditemukan di sebelah kiri.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Taman Prestasi Surabaya buka setiap hari. Sedangkan wisata perahu Kalimas terbagi menjadi dua sesi yaitu sore dan malam. Sesi sore dibuka pukul 14.30 WIB, sedangkan sesi sore dibuka pukul 17.30 WIB.

Sementara itu, untuk harga tiket masuk ke Taman Prestasi Surabaya adalah gratis. Jadi Sedulur tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk menikmati keindahan taman ini. Sedulur mungkin hanya akan dikenakan biaya parkir saja.

Fasilitas yang Tersedia

Ada banyak sekali fasilitas yang tersedia di taman prestasi, beberapa fasilitas yang ada antara lain seperti mushola, tempat duduk, jembatan untuk menyeberangi sungai kali mas, terowongan bunga, toilet dan yang yang lainnya.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Taman Prestasi Surabaya. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur yang ingin berjalan-jalan dan menikmati suasana kota Surabaya dengan murah meriah.

Oia, kalau Sedulur ingin menghabiskan waktu yang lama di Taman Prestasi Surabaya, maka membawa air mineral menjadi hal yang wajib. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berjalan-jalan di Taman Bungkul.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.