pulau lusi sidoarjo

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki panorama yang begitu indah. Di sudut timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi terdapat sebuah pulau yang sangat istimewa. Pulau Tabuhan Banyuwangi namanya.

Mungkin Sedulur tidak begitu familiar dengan pulau ini, tapi bagi para penyuka wisata antimainstream, Pulau Tabuhan menjadi spot yang tidak bisa dilewatkan. Apalagi hamparan pasir putih dan suasananya yang masih sepi dan asri membuat pulau ini begitu unik.

Bagi Sedulur yang tertarik untuk melihat keindahan Pulau Tabuhan Banyuwangi, ada beberapa informasi yang bisa dijadikan referensi. Mulai dari biaya yang dibutuhkan, lama perjalanan, hingga apa saja yang bisa dinikmati di pulau tersebut. Jadi langsung simak berikut ini!

BACA JUGA: Pantai Sobo: Daya Tarik, Lokasi, Rute, Hingga Harga Tiket

Mengenal Pulau Tabuhan Banyuwangi

pulau lusi sidoarjo
Unsplash/Rewardy Fahmi

Pulau Tabuhan memang tidak seterkenal Pantai Bama, Wedi Ireng, atau Pulau Merah. Namun, pantai Pulau Tabuhan juga tidak kalah indah. Masyarakat lokal pun sampai menjuluki Pulau Tabuhan sebagai mutiara baru terbaik di Kabupaten Banyuwangi.

Dengan luas pulau yang hanya sekitar 5 hektar saja, Pulau Tabuhan dikelilingi oleh pantai pasir putih yang sangat bersih. Uniknya lagi, walaupun ada di dekat Selat Bali, Pulau Tabuhan memiliki arus laut yang tidak terlalu kuat. Sehingga airnya begitu jernih dan dijadikan spot olahraga kiteboarding.

Apabila Sedulur ingin berkeliling, di sudut lain pulau ini juga memiliki spot karang yang cukup unik. Sehingga bisa dinikmati menggunakan snorkeling, namun tetap harus berhati-hati karena karangnya yang tajam.

Selain itu, Sedulur juga bisa menemukan satwa burung dilindungi seperti burung Maleo dan burung Enggang Gading yang menjadi makhluk endemik pulau ini. Berbagai jenis terumbu karang yang dijadikan rumah ikan, udang karang, bunga karang dan berbagai jenis tumbuhan laut juga tumbuh baik di sekitar pulau.

Tidak hanya itu saja, Pulau Tabuhan memiliki keunikan lainnya yaitu keindahan sunrise dan sunset yang sangat mengagumkan dan dapat dilihat di sepanjang pantai.

BACA JUGA: Kebun Teh Sirah Kencong Blitar: Harga Tiket, Lokasi dan Fasilitas

Daya Tarik Pulau Tabuhan

snorkeling banyuwangi
Unsplash/Phaisalphotos

Ada cukup banyak daya tarik Pulau Tabuhan Banyuwangi yang bisa Sedulur temukan. Berikut ini diantaranya:

1. Pasir putih di pesisir pantai

Salah satu daya tarik yang paling umum di pulau ini adalah karena memiliki keindahan pasir berwarna putih bersih. Keindahan pasir tersebut dapat Sedulur temukan di bibir-bibir pantai.

Pasir tersebut sangat bersih dan membuat keindahan alam lebih terlihat lagi. Terlebih dengan panorama berupa air laut yang memiliki warna biru tosca, tentu sangat menarik.

2. Keragaman biota dan pemandangan bawah laut

Tak hanya keindahan di daratan saja yang bisa Sedulur lihat, namun di dalam air laut terdapat biota laut dan terumbu karang yang begitu indah. Menariknya, ekosistem di pulau ini sangat terjaga.

Bahkan sangat jarang ditemukan sampah yang ada di sekitar bibir pantai. Airnya yang sangat jernih ini mampu memikat daya tarik pengunjung.

3. Area hutan kecil yang rindang

Dengan luas 5 hektar wisata Pulau Tabuhan ini memiliki jenis tanah yang begitu subur. Sehingga membuat pepohonan yang tumbuh di sana menjadi banyak dan sangat rindang. Pepohonan tersebut sangat menarik perhatian wisatawan yang datang.

Selain itu pohon tersebut juga bisa digunakan untuk tempat berteduh dikala panasnya terik matahari. Tentunya ini bisa menjadi spot yang menarik untuk menghabiskan waktu di Pulau Tabuhan.

4. Aktivitas Snorkeling di Tabuhan

Air yang ada di sekitar pulau Tabuhan ini mempunyai jenis air yang sangat jernih dan tenang. Sehingga banyak wisatawan yang sering melakukan kegiatan snorkeling di tempat ini. Bahkan nahkoda kapal juga sudah terbiasa mengarahkan wisatawan ke area snorkeling terbaik.

Tapi tempat perairan yang cocok adalah di bagian utara karena ombaknya begitu tenang. Kedalamannya mulai dari tiga meter Sedulur sudah dapat melihat banyak biota laut yang cantik-cantik. Misalnya saja seperti ikan yang berwarna warni dan terumbu karang.

5. Spot foto menarik

Ada banyak spot foto yang menarik untuk Sedulur jadikan sebagai tempat pengambilan gambar instagramable di wisata Pulau Tabuhan tersebut. Selain itu banyak ragam flora dan fauna yang bisa Sedulur temukan di tempat ini.

Pulau cantik ini menjadi salah satu target utama bagi para wisatawan untuk mengambil gambar yang keren. Di tempat ini Sedulur bisa berselfie puas menggunakan android selama baterai masih mendukung.

Namun, jika Sedulur kehabisan baterai, perahu yang menyewakan peralatan snorkeling juga ada yang menyewakan kamera. Sehingga Sedulur bisa menggunakannya untuk berfoto di bawah air laut.

6. Camping di Pulau Tabuhan

Selain hanya bisa melakukan kegiatan di siang hari, Sedulur bisa camping di tempat wisata yang satu ini. Pemandangan alam yang indah dengan air yang begitu tenang akan membuat malam-malam Sedulur terasa lebih syahdu.

Sedulur bisa mendirikan tenda di pulau tabuhan ini dan bisa menikmati keindahan alam sekitar pulau seperti gunung Ijen. Namun Sedulur harus mendapat izin terlebih dahulu sebelum melakukan camping. Wisata Pulau Tabuhan ini memang belum berpenghuni namun sering dijadikan sebagai tempat wisata favorit oleh banyak orang.

BACA JUGA: Pantai Cemara Banyuwangi: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Rute Perjalanan

pulau tabuhan banyuwangi
Unsplash/Maxi Am Brunnen

Jalan menuju Pulau Tabuhan, Sedulur dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Setelah itu Sedulur menuju ke Pantai Bangsring dan berhenti untuk memarkirkan kendaraan Sedulur.

Kemudian naik perahu nelayan atau boat untuk menuju tempat wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi. Jangan lupa membawa baju untuk ganti, obat-obatan dan kamera untuk mengabadikan momen-momen selama berpetualang di Pulau Tabuhan.

Ada beberapa opsi untuk bisa sampai ke Pulau Tabuhan yaitu melakukan penyebrangan dari Pantai Kampe, dari Pantai Bangsring, dan dari Grand Watu dodol. Paling mudah aksesnya adalah dari Pantai Bangsring dan Grand Watu Dodol.

Sedangkan untuk wisatawan dari luar Banyuwangi bisa mencoba rute lewat Stasiun Banyuwangi Baru. Setelah tu langsung lanjutkan perjalanan dengan transportasi umum menuju Terminal Sritanjung.

Perjalanan dilanjutkan menggunakan bus ke arah Situbondo dan turun di Desa Bangsring (rumah apung). Jika, wisatawan dari Surabaya dapat memilih bus jurusan Bali atau Banyuwangi melewati Situbondo. Selanjutnya, wisatawan turun di depan Desa Bangsring (rumah apung).

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Untuk jam buka pulau ini belum ada karena belum terdapat pengelolaan secara resmi dari pemerintah. Tetapi perahu yang dapat mengantar Sedulur sudah mulai beroperasi mulai pukul 07.00 pagi sampai menjelang malam.

Sementara untuk harga tiketnya, Sedulur hanya membutuhkan mengeluarkan biaya untuk menyebrang menggunakan kapal saja. Biaya sewa kapalnya sendiri kurang lebih sebesar Rp500 ribu per kapal dengan maksimal penumpang 10 orang.

Sedangkan biaya ketika sudah sampai di pulau, apabila Sedulur ingin melakukan snorkeling hanya dikenakan biaya sewa peralatan sebesar Rp30 ribu.

Tips Liburan di Pulau Tabuhan

Beberapa tips yang perlu kamu perhatikan bagi Sedulur yang ingin berkunjung ke Pulau Tabuhan dan beberapa barang bawaan yang perlu kamu persiapkan. Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar wisata ke Pulau Tabuhan Banyuwangi Sedulur tetap aman dan nyaman:

  • Selalu meminta izin kepada orang tua dan jangan lupa berdoa
  • Selalu perhatikan dan patuhi aturan yang ada, mengingat Sedulur berwisata di alam
  • Bawa sunblock agar kulit Sedulur tidak terbakar akibat terik matahari
  • Bawa topi dan kacamata untuk properti foto
  • Kosongkan memori kamera Sedulur karena kalian pasti akan banyak foto-foto kece
  • Gunakan outfit cerah agar lebih bagus saat di foto
  • Jika ingin bermalam di Pulau Tabuhan sebaiknya membawa peralatan camping dan makanan yang cukup
  • Jangan membuang sampah sembarangan dimanapun tempatnya

Selain itu, Sedulur juga sebaiknya membawa perbekalan yang cukup karena di Pulau Tabuhan sama sekali tidak ada warung makan. Sedulur bisa mencoba membawa nasi, snack dan juga  Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke Pulau Tabuhan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Nah, itu tadi deretan informasi lengkap tentang Pulau Tabuhan Banyuwangi. Wisata eksotis satu ini memang luar biasa istimewa karena Sedulur bisa menikmati keindahan pulau mulau dari terumbu karang, biota laut, hingga keanekaragaman hewan yang hidup di pulau. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur yang ingin berkunjung ke sana ya!