kebun raya mangrove surabaya

Bisa dibilang jika Surabaya merupakan kota pesisir yang mempunyai sejumlah hutan mangrove, salah satunya yakni Kebun Raya Mangrove Surabaya. Kawasan kebun mangrove ini memiliki fungsi untuk mencegah abrasi, sekaligus ekowisata.

Kebun Raya Mangrove Surabaya dapat dijadikan sebagai pilihan destinasi wisata alam dengan nuansa yang teduh di tengah hiruk pikuk Kota metropolitan Surabaya. Sebelum Sedulur memutuskan untuk berkunjung, simak dulu informasi beberapa informasi penting yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Warmindo di Surabaya, Tongkrongan Akhir Bulan

Pesona Kebun Raya Mangrove Surabaya

kebun raya mangrove surabaya
Unsplash/Deni Febriliyan

Dilansir dari berbagai sumber, daya tarik dari Kebun Raya Mangrove Surabaya ini berasal dari keasrian alamnya. Pada awalnya, kawasan konservasi alam yang satu ini memang dibuat untuk mencegah abrasi yang ada di wilayah Timur Kota Surabaya.

Akan tetapi dengan pengelolaan yang baik, pemerintah Kota Surabaya pun pada akhirnya membuka lokasi tersebut untuk umum. Berbagai aktivitas pun dapat dilakukan oleh para pengunjung di Kebun Raya Mangrove, seperti hunting foto, naik perahu, dan pastinya melihat keindahan dari hutan mangrove.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Jangan pikir jika Kebun Raya Mangrove Surabaya ini sama seperti objek wisata hutan bakau atau mangrove yang lainnya. Di tempat ini, Sedulur bisa menikmati pesona kebun raya mangrove, melalui berbagai macam aktivitas menarik seperti di bawah ini!

1. Jalan-jalan di jembatan kayu

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah dengan berjalan-jalan di atas jembatan kayu yang mengelilingi area mangrove. Jembatan ini memungkinkan pengunjung untuk melihat keanekaragaman flora dan fauna mangrove dari dekat.

2. Pembelajaran ekosistem mangrove

Kebun Raya Mangrove Surabaya juga menyediakan informasi dan edukasi tentang pentingnya ekosistem mangrove bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Pengunjung dapat mempelajari berbagai spesies mangrove serta peranannya dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

3. Wisata pendidikan

Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya, objek wisata yang satu ini juga sering digunakan sebagai destinasi wisata pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa untuk belajar tentang lingkungan hidup dan pelestarian mangrove.

4. Aktivitas alam terbuka

Tidak hanya itu saja , para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas alam terbuka. Misalnya saja seperti piknik, bersepeda, bermain di area terbuka yang tersedia, hingga menaiki perahu. Ada banyak aktivitas yang menarik untuk dilakukan di tempat ini.

5. Spot foto menarik

Ada banyak sekali spot-spot foto menarik di sepanjang jembatan kayu yang cocok untuk berfoto bersama keluarga atau teman-teman. Jadi jika Sedulur berkunjung ke objek wisata ini, jangan sampai lupa untuk hunting foto dan juga video, ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cafe di Pusat Kota Surabaya yang Cozy!

Lokasi Kebun Raya Mangrove Surabaya

Unsplash/The Tampa Bay Estuary

Kebun Raya Mangrove ini beralamat di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Lokasi dari kebun raya mangrove ini juga cukup terjangkau, yakni sekitar 16 kilometer dari Kota Surabaya, atau 35 menit berkendara.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur memulai perjalanan dari Kota Surabaya, maka dapat menuju ke Jalan Kertajaya. Setelah itu, lanjut ke Jalan Manyar Kertoarjo. Bila bertemu perempatan dekat dengan Oakwood Hotel & Residence Surabaya, silahkan belok kanan menuju ke Jalan Lingkar Dalam Timur Surabaya. 

Tetap ada di Jalan Dr. Ir. Haji Soekarno sampai bertemu pertigaan, lalu belok kiri ke Jalan Rungkut Madya. Lanjut perjalanan menuju Jalan Rungkut Madya sampai menjumpai Universitas Pembangunan Nasional Veteran. Lalu lanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Medokan Sawah Timur.

Nah, di situ Sedulur akan menjumpai Mangrove Medokan lebih dulu. Silahkan tetap melanjutkan perjalanan sampai menjumpai pintu masuk dari Kebun Raya Mangrove Surabaya.

Jam Buka dan Jam Tutup

Kemudian bicara soal jam operasional, Kebun Raya Mangrove Surabaya ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00. Namun disarankan untuk datang pada saat masih pagi atau sore menjelang tutup sekalian, karena nuansa yang dihadirkan benar-benar terasa istimewa.

BACA JUGA: 16 Tempat Makan Nasi Babat di Surabaya, Enak Bikin Ketagihan!

Harga Tiket Masuk

kebun raya mangrove surabaya
Unsplash/Sutirta Budiman

Untuk bisa menikmati keindahan alam dari Kebun Raya Mangrove Surabaya, maka para pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp10.000 untuk dewasa, serta Rp5.000 untuk anak-anak dengan tinggi maksimal 100 cm.

Itu adalah harga tiket untuk hari biasa alias weekdays. Sementara pada hari libur alias weekend, tiket dewasa yang dikenakan sebesar Rp15.000, sedangkan untuk anak-anak tetap. Selain itu, Sedulur juga perlu mempersiapkan biaya untuk parkir mobil sebesar Rp10.000.

Untuk update informasi terkini, Sedulur bisa melihat di situs resmi atau media sosial resmi kebun raya. Di samping itu, beberapa wahana yang ada bisa Sedulur nikmati dengan biaya yang dikenakan sebagai berikut ini.

  • Wisata perahu akan dikenakan tarif sebesar Rp25.000 per orang
  • ATV dikenakan tarif sebesar Rp50.000 per orang
  • Wahana permainan air, dikenakan tarif sebesar Rp12.000 per orang
  • Wahana perahu, 1 perahu bisa isi 6 orang tarif sebesar Rp120.000 per perahunya

Fasilitas

Dengan membayar tiket masuk yang sudah ditentukan, tentu saja para pengunjung bisa menikmati berbagai macam fasilitas pendukung. Beberapa fasilitas yang akan mendukung kegiatan Sedulur selama berada di objek wisata ini adalah sebagai berikut!

  • Moshola
  • Foodcourt
  • Kamar mandi umum
  • Tuang terbuka hijau
  • Wahana perahu
  • Wahana ATV

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Olahraga di Surabaya

Tips Berkunjung

kebun raya mangrove surabaya
Unsplash/The Tampa Bay Estuary

Pastikan untuk memeriksa jadwal operasional dan informasi terbaru alias yang paling update tentang Kebun Raya Mangrove Surabaya. Hal ini termasuk harga tiket masuk, fasilitas yang tersedia, dan aktivitas yang dapat dilakukan di sana.

Selain itu, kenakan pakaian yang nyaman, ringan, dan mudah kering karena Sedulur mungkin akan berjalan di sekitar area yang lembab dan berawa. Jangan lupa bawa perlengkapan yang sesuai seperti topi, kacamata hitam, dan juga tabir surya.

Beberapa hal seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack juga bisa jadi pilihan. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas karena akan memberikan kesegaran tambahan saat berjalan-jalan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan selama perjalanan ya. Bawa kantong sampah sendiri dan buang sampah pada tempatnya. Selalu jaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menghormati alam sekitar.

Nah, itulah informasi tentang Kebun Raya Mangrove Surabaya bagi yang ingin berkunjung ke objek wisata tersebut. Selalu patuhi petunjuk dan aturan yang ada di destinasi mangrove. Hal ini termasuk larangan merusak lingkungan, mengganggu satwa liar, atau melakukan aktivitas yang dapat merusak ekosistem.

Dengan memperhatikan tips tersebut, Sedulur bisa menikmati pengalaman wisata mangrove dengan lebih baik dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Selamat menjelajahi keindahan alam!