tempat olahraga surabaya

Seperti yang diketahui, olahraga tidak selalu harus pergi ke gym atau tempat fitness. Di wilayah Surabaya, ada banyak ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Dengan adanya tempat olahraga Surabaya ini, tentu Sedulur bisa menyehatkan badan sekaligus menikmati pemandangan sekitar.

Bahkan Sedulur juga tidak perlu merogoh kocek, lho. Hal ini karena olahraga di ruang terbuka memang tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Kemudian selain berolahraga, Sedulur juga dapat sambil berburu kuliner yang lezat dan nikmat.

Nah, bagi yang sedang mencari rekomendasi tempat olahraga Surabaya, maka di bawah ini akan diberikan daftar tempat-tempat yang bisa dikunjungi!

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Warmindo di Surabaya, Tongkrongan Akhir Bulan

-->

1. Lapangan KONI Jatim

rekomendasi celana training nyaman
Unsplash/Gabin Vallet

Rekomendasi tempat olahraga Surabaya yang pertama adalah Lapangan KONI Jatim. Di tempat yang satu, Sedulur tidak hanya akan menemukan jogging track saja. Beberapa sarana olahraga seperti pull up, wall climbing, bak pasir lompat jauh, atau bahkan kolam renang juga turut tersedia.

Fasilitas lain yang juga bisa ditemukan di sini, misalnya saja seperti kursi santai, toilet, dan juga tempat ibadah. Nah, Lapangan KONI Jatim sendiri berada di Jalan Raya Kertajaya Indah No 4, Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo.

2. Citraland

Yang berikutnya adalah Citraland. Tempat olahraga Surabaya ini berada di wilayah Surabaya Barat. Ya, bagi yang berada di wilayah barat, Sedulur juga punya tempat yang pas untuk berolahraga yakni kawasan Citraland.

Tidak heran jika banyak pesepeda yang datang berkunjung ke sana, terutama ketika akhir pekan. Selain itu, ada beberapa jalan yang agak menanjak, sehingga terasa cukup menantang untuk para bikers. Di beberapa spot juga tersedia kawasan teduh dengan pepohonan di bagian kanan dan kiri jalan.

3. Taman Bungkul

Bisa dibilang salah satu tempat populer untuk jogging di Surabaya adalah Taman Bungkul. Namun Sedulur disarankan untuk datang saat pagi sekitar pukul 06.00 WIB, ketika belum terlalu ramai pengunjung.

Dengan begitu, maka Sedulur bisa berlari santai mengelilingi taman, ataupun bisa juga melakukan senam atau yoga. Fasilitas lainnya juga dapat digunakan, yakni seperti WiFi gratis, toilet umum, sampai beberapa kursi taman yang nyaman. Di Taman Bungkul ini, juga selalu diadakan Car Free Day setiap Minggu pagi.

4. Taman Prestasi

Taman yang satu ini berlokasi di Jalan Ketabang Kali No 6, Ketabang, Kecamatan Genteng. Taman Prestasi persis berada di sisi sungai Kalimas, tidak jauh dengan Alun-alun Surabaya. Di tempat ini, Sedulur dapat olahraga seperti jogging dan senam pagi.

Ada banyak pohon, sehingga suasana yang ditimbulkan cukup teduh, walau berada di tengah kota. Seperti halnya taman lainnya, Taman Prestasi juga menyediakan beberapa wahana bermain. Misalnya seperti perosotan, area pasir, dan lain-lain. Tentu saja ada juga tempat duduk untuk istirahat setelah berolahraga.

5. Masjid Al-Akbar Surabaya

Ketika sore hingga malam hari, kawasan Masjid Al-Akbar Surabaya memang banyak dikunjungi untuk beribadah dan berburu kuliner. Tapi saat pagi, kawasan yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai arena berolahraga, salah satunya jogging.

Berlari mengelilingi Masjid tersebut saja sudah bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Usai lelah berolahraga, Sedulur dapat langsung mampir untuk mengisi perut.

BACA JUGA: 37 Rekomendasi Cafe di Surabaya yang Hits dan Kekinian 2023

6. Taman Mundu

tempat olahraga surabaya
Unsplash/Chander

Tempat olahraga Surabaya yang selanjutnya adalah Taman Mundu. Taman yang satu ini memang menjadi tempat favorit bagi banyak warga untuk olahraga. Sederet fasilitas pendukung yang tersedia di tempat ini seperti trek kaki pijat refleksi, kursi untuk pengunjung, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, ada juga area bermain anak dan bangku-bangku taman. Yang lebih menarik lagi, Sedulur juga bisa minum gratis di keran air siap minum yang telah disediakan.

7. Jembatan Surabaya

Opsi yang bisa dipilih berikutnya adalah berkunjung ke CFD di Jembatan Surabaya. Ya, wisata di Jembatan Surabaya Kenjeran memang cukup luas. Oleh sebab itu, temapt ini sangat cocok untuk olahraga, baik itu pagi maupun sore.

Ditambah lagi dengan pemandangan laut yang keren dan juga menawan. Sedulur juga dapat menepi untuk jajan atau sarapan ketika Minggu pagi. Selain itu, para pesepeda juga bisa berolahraga di sini, lho!

8. Kampus Unesa Ketintang

Sedulur dapat datang berkunjung ke kampus Unesa Ketintang, untuk jogging di pagi ataupun sore hari. Areanya memang ada di dalam kampus, tepatnya dekat dengan foodcourt dan juga Masjid Baitul Makmur.

Sedulur dapat jogging mengelilingi danau sembari menikmati udara yang segar pagi hari. Tidak usah khawatir, ada tempat duduk di bawah pohon yang teduh, sangat cocok untuk melepas lelah. Usai olahraga, Sedulur juga bisa langsung mampir sarapan di foodcourt Unesa.

9. Taman Harmoni Keputih

Jogging track yang ada di Taman Harmoni, tentunya dapat Sedulur jajal saat akhir pekan. Berpola bunga dengan trek landai dan menanjak, menjadikan jogging track yang satu ini terasa sangat menarik untuk dicoba.

Taman cantik ini dulunya memang menjadi TPA alias Tempat Pembuangan Akhir. Akan tetapi, kini taman yang berada di Keputih Tegal Timur II No 249, Keputih, Kecamatan Sukolilo, telah disulap menjadi taman yang indah dan cocok untuk olahraga.

10. Taman Bungkul

tempat olahraga surabaya
Unsplash/Arek Adeoye

Rekomendasi tempat olahraga Surabaya yang terakhir adalah Taman Bungkul. Taman ini memang selalu ramai oleh pengunjung, bahkan sampai malam hari. Dengan luas mencapai 900 meter persegi, Sedulur dapat berolahraga sambil bersantai menikmati keindahan taman.

Selain itu, terdapat banyak stand minuman dan makanan yang dapat dipilih untuk melepas lelah. Mengusung tema modern minimalis, Taman Bungkul menyediakan beberapa fasilitas seperti kolam air mancur, skate park, arena bermain anak, hingga panggung pertunjukan kecil.

Mungkin hanya itu rekomendasi tempat olahraga Surabaya yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Di ruang olahraga terbuka biasanya terdapat banyak pedagang makanan yang turut mengais rezeki. Dengan begitu, Sedulur dapat bukan hanya sehat karena olahraga saja, namun juga merasa puas jajan!