coban talun

Pesona alam dari Kota Batu, Malang memang mampu membuat setiap orang rindu dan ingin kembali lagi usai mengunjunginya. Salah satu objek wisata untuk bisa menikmati semua pesona yang ada di wilayah Kota Batu yakni Coban Talun.

Coban Talun sendiri merupakan salah satu destinasi wisata alam ramah keluarga dengan penataan layout yang sangat menarik. Nah, bagi Sedulur yang berencana untuk menghabiskan liburan di Kota Batu, simak dulu beberapa informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Wisata Alam Brakseng: Lokasi, Daya Tarik dan Harga Tiket

Pesona Coban Talun

coban talun
Unsplash/Dear

Coban yang artinya air terjun ini, mempunyai ketinggian antara 50 sampai 60 meter dengan aliran air yang sangat jernih. Air Coban Talun berasal dari aliran Sungai Brantas, yang mengalir dari dalam hutan lindung.

Sementara terbentuknya Coban Talun ini, adalah proses erupsi vulkanik dari Gunung Arjuno atau Gunung Arjuno Welirang. Jadi tidak heran jika di sekitar lokasi air terjun terdapat banyak batuan yang berasal dari letusan gunung.

Kemudian di bagian bawah air terjun ada genangan yang tidak terlalu dalam, yang bisa digunakan untuk berenang dan juga bermain air. Ya, Coban Talun ada di tengah lingkungan alam yang masih nyaman, alami, asri, dan masih sangat sejuk.

Lokasi Coban Talun

Coban Talun berlokasi di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Dulunya, objek wisata yang satu ini merupakan tempat pembuangan jenazah pemberontak yang terlibat dalam peristiwa kelam G30S/PKI di wilayah Malang.

Akan tetapi, untuk saat ini Coban Talun telah dibersihkan, dan dijadikan sebagai destinasi wisata yang tidak pernah sepi oleh para pengunjung.

BACA JUGA: Wisata Alam Coban Rais: Daya Tarik, Harga Tiket dan Jam Buka

Jam Buka Coban Talun

coban talun
Unsplash/Timmy Wesley

Sama seperti objek wisata lainnya, Coban Talun mulai buka pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Bagi para pengunjung yang ingin berkunjung dan berwisata di objek wisata ini, bisa menyesuaikan dengan jam buka kawasan tersebut.

Harga Tiket Coban Talun

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan dari suasana yang ada di Coban Talun, maka persiapkan biaya tiket sebesar Rp15.000 untuk tiap orang. Atau jika tidak, Sedulur bisa menyiapkan Rp25.000 untuk tiket terusan dengan 3 wahana.

Selain itu, jangan lupa siapkan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp5.000. Sedangkan bagi yang datang membawa mobil, biaya parkir yang diperlukan sebesar Rp10.000.

Peraturan Penting di Coban Talun

Sebenarnya peraturan yang ada di objek wisata yang satu ini, tidak jauh berbeda dari kebanyakan objek wisata yang lainnya. Mulai dari menjaga kebersihan, jaga sikap, dan lain sebagainya. Yang paling penting, jangan sampai Sedulur mengganggu para pengunjung yang lain.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan. Sedulur harus selalu waspada terhadap kawanan monyet yang biasanya ada di trek menuju air terjun. Jadi harus selalu konsentrasi dan waspada selama di rute treking ya.

Nah, supaya tetap segar dan fit hingga konsentrasi tidak hilang, minum air putih selama ke Coba Talun wajib dilakukan. Sedulur bisa membawa Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani berwisata ke alam bebas seperti ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!

BACA JUGA: Wisata Bukit Kuneer Malang: Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Rute Menuju Coban Talun

Unsplash/Holly Mandarich

Jarak tempuh dari Kota Batu menuju Coban Talun, kurang lebih sekitar 5,1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Perjalanan ini bisa dilakukan melalui Jalan Oro-oro Ombo, Jalan Dewi Sartika, Jalan TVRI, dan juga Jalan Anggrek.

Apabila Sedulur memulai perjalanan dari Kota Malang, maka jarak tempuh menuju Coban Talun yakni 19 kilometer dengan waktu tempuh satu jam.

Transportasi untuk ke Coban Talun

Nah, jika Sedulur tidak datang dengan membawa sepeda motor ataupun mobil pribadi, tidak usah khawatir. Di sekitar objek wisata yang satu ini, terdapat jasa ojek untuk pergi ke air terjun dengan ongkos pulang-pergi sebesar Rp20.000 saja.

BACA JUGA: Wisata Srambang Park Ngawi, Alternatif Liburan Bareng Keluarga

Daya Tarik Coban Talun

air terjun coban rais
Pexels/Julia Volk

Bagi yang masih ragu, berikut ini adalah beberapa daya tarik dari objek wisata Coban Talun yang tidak akan pernah bisa dilupakan.

1. Kebun bunga

Di kebun ini, Sedulur bisa menikmati berbagai macam bunga dengan jenis dan warna yang sangat menarik. Tentu saja kebun bunga ini dapat dijadikan sebagai spot foto yang sangat cantik.

2. Wahana permainan

Sedulur dapat berkeliling di kawasan Coban Talun dengan menyewa ATV. Harga sewanya juga cukup murah, kok.

3. Penginapan

Bagi yang ingin menginap, di sekitar kawasan objek wisata ini tersedia penginapan dengan suasana dan nuansa yang menyenangkan.

Mungkin hanya itu sedikit informasi mengenai Coban Talun, salah satu objek wisata alam di Kota Batu yang sangat menarik dan cantik. Nikmati suasana yang sejuk dan nuansa alami di tempat wisata ini!