air terjun srambang

Ngawi tak hanya terkenal dengan kemegahan Gunung Lawunya saja. Sedikit turun ke kaki gunungnya, Sedulur bisa menikmati keindahan Air Terjun Srambang yang begitu indah dan memukau. Bahkan, air terjung yang kini berada di komplek wisata Srambang Park ini sudah ditata sedemikian rupa agar bisa menjadi destinasi liburan keluarga.

Wisata Air Terjun Srambang sendiri sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Namun, pemerintah baru secara resmi membuat area ini khusus sebagai lokasi wisata ramah keluarga pada tahun 2017 lalu. Kalau Sedulur penasaran dan ingin menuju ke sana, mari simak ulasan lengkap tentang Air Terjun Srambah di artikel berikut ini!

BACA JUGA: Pantai Coro Tulungagung: Pesona, Lokasi, Harga Tiket dan Rute

Wisata Srambang Park

air terjun srambang
Instagra/srambangparkngawi

Srambang merupakan obyek wisata di Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur. Terletak di kaki gunung Lawu wisata ini terkenal dengan air terjunnya  dan hamparan pohon pinus yang mengelilinginya. Air terjun yang terkenal dengan sebutan Srambang ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter.

-->

Keberadaan objek wisata air terjun Srambang sudah dikenal masyarakat sejak dulu, secara perlahan tempat ini  mulai dibenahi penataannya seperti ada taman bunga, rumah pohon serta akses jalannya guna mendukung wisata alam yang sangat indah ini.

Lokasi air terjun Srambang berjarak 35 km dari kota Ngawi dan sebelah selatan pasar Jogorogo. Obyek wisata ini menampilkan suasana pegunungan yang sejuk dan dingin sehingga banyak diminati pengunjung.

BACA JUGA: Pantai Semilir Tuban: Daya Tarik, Harga Tiket Masuk dan Rute

Pesona di Srambang Park

Unsplash/Thanh Tran

Agar Sedulur semakin mengenal wisata unggulan Ngawi ini. Simak beberapa pesona yang bisa dijumpai ketika berkunjung ke Srambang Park.

1. Air Terjun Srambang

Air Terjun Srambang memiliki ketinggian sekitar 40 meter, air yang dialirkan sangat jernih juga bersih. Di sekitarnya dilindungi oleh tebing batu yang berhiaskan pepohonan hijau. Kolam alami Air Terjun Srambang tak terlalu besar, airnya terus mengalir menuju sungai yang dihiasi bebatuan dengan berbagai macam ukuran.

Seru sekali untuk mandi di sekitar Air Terjun Srambang atau mungkin hanya sekedar duduk-duduk saja di bebatuan sambil merasakan sejuknya air menyentuh kakimu.

Hempasan angin yang disebabkan jatuhnya air membuat udara di sekitar terasa lebih sejuk. Suaranya menjadi pusat perhatian telinga. Rasa lelah setelah berjalan sejauh 500 meter dari area taman terbayarkan sudah dengan keindahan Air Terjun Srambang ini.

2. Hutan pinus dan taman bunga

Di lereng bukit, terlihat taman bunga yang dibentuk seperti lambang hati. Tanaman bunga setinggi pinggang yang beraneka warna juga terlihat menyelimuti sisi bukit yang lainnya.

Sedulur juga bisa menikmati rimbunnya ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi. Perpaduan taman yang cantik dan hamparan pinus ini membuat pemandangan semakin indah. Pengunjung juga bisa membuka hammock di antara dua pohon pinus sambil melepas penat dan menikmati sejuknya suasana kaki Gunung Lawu.

3. Kincir Belanda

Tidak hanya rumah pohon, di Srambang Park ada banyak spot foto menarik yang siap memenuhi Instagram Story, Feed, maupun kebutuhan video media sosial Sedulur dan keluarga. Spot foto untuk arena ini memang sangat instagramable.

Salah satu yang cukup ikonik ketika datang ke wisata Srambang Park adalah miniatur kincir Belanda, taman bunga warna-warni, dan frame selfie berbentuk love yang menggemaskan.

4. Rumah pohon

Sambil berjalan santai, Sedulur dan keluarga bisa mampir ke rumah pohon untuk beristirahat maupun berswafoto. Rumah pohon ini menjadi salah satu daya tarik utama para wisatawan yang datang ke Srambang Park.

Tak hanya unik, Sedulur juga bisa menikmati pemandangan hutan pinus yang sangat asri nan sejuk dari rumah pohon ini. Namun, karena untuk mengaksesnya harus menggunakan tangga, Sedulur juga perlu berhati-hati ya.

5. Kolam renang alami

Di tengah perjalanan kamu akan menemukan sebuah kolam renang yang dibuat berundak-undak dan dicat warna warni. Sehingga menarik untuk dilihat dan rasa penasaran pun akan muncul.

Air kolam tersebut berasal dari mata air Gunung Lawu, memang kamu akan merasa dingin karenanya namun sangat menyegarkan. Kedalamannya juga sangat aman untuk anak-anak bermain air. Tapi, tetap harus dalam pengawasan Sedulur ya.

Area kolam renang juga memiliki sebuah perosotan yang berkelok-kelok, pasti akan menyenangkan sekali. Selain itu terdapat beberapa patung bidadari yang berada di tengah kolam dan di sekitar kolamnya.

BACA JUGA: Jatim Park 4 Baloga: Lokasi, Harga Tiket, dan Wahana

Lokasi Srambang Park

air terjun srambang
Kominfo Ngawi/Srambang Park

Lokasi Srambang Park ini berada di kaki Gunung Lawu, tepatnya berada di kawasan Hutan Jogorogo di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Jadi rute untuk menuju Srambang Ngawi bisa melalui Karanganyar menuju Mojogedang kemudian tiba di Batujamus, lalu tiba di Kerjo. Kemudian melanjutkan perjalanan hingga menuju Sine hingga tiba di Kecamatan Jogorogo. Rute yang dilalui akan dipenuhi jalan yang naik turun tapi sudah halus untuk dilewati kendaraan.

Jam Operasional dan Harga Tiket 

Jam operasional Srambang Ngawi Park dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Srambang Park Ngawi ini ialah ketika pagi hari, dimana udara masih sangat sejuk sehingga Sedulur dapat lebih lama berada di kawasan wisata ini.

Sementara itu, untuk tiket memasuki Srambang Park Ngawi hanya dikenakan biaya sebesar Rp20 ribu per orang. Dengan harga segitu Sedulur sudah dapat menikmati fasilitas yang ada di sana.

Demikian tadi informasi lengkap tentang wisata air terjun Srambang Park di Ngawi, Jawa Timur. Tempat berlibur yang berada di kaki Gunung Lawu ini memang jadi salah satu jujugan terbaik ketika ingin melepas penat di akhir pekan dan menghindari hiruk pikuk perkotaan. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan memberikanmu referensi lokasi wisata ya!