air terjun coban rais

Bagi Sedulur yang sedang berwisata ke kawasan Batu, Malang, Jawa Timur. Jangan sampai terlewat untuk mengunjungi Air Terjun Coban Rais yang begitu terkenal karena pesona alamnya yang indah nan asri.

Wisata alam Air Terjun Coban Rais juga bisa menjadi alternatif Sedulur yang ingin merasakan kesejukan udara di dataran tinggi Batu dengan ongkos yang murah meriah. Tak hanya itu saja, kawasan ini juga sangat ramah anak karena ada beberapa wahana edukatif yang menyenangkan.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran dengan wisata Air Terjun Coban Rais. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

BACA JUGA: Pesona Wisata Air Terjun Kakek Bodo yang Eksotis

-->

Mengenal Air Terjun Coban Rais

air terjun coban rais
Pexels/Julia Volk

Coban Rais merupakan salah satu air terjun terbaik yang ada di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur. Dulunya air terjun ini lebih dikenal dengan nama Coban Sabrangan. Hal ini tak lepas dari lokasi air terjun yang memiliki belasan aliran sungai kecil yang harus dilewati.

Namun setelah pemerintah melihat potensi wisata ini, akhirnya nama Coban Sabrangan diubah menjadi Coban Rais. Hampir mirip dengan banyak coban lainnya, wisata ini terletak di alam Gunung Panderman yang memiliki ketinggian 1025 mdpl. Tinggi air terjun sendiri sekitar 20 meter yang memiliki kecuraman 90 derajat.

Coban Rais juga cukup berdekatan dengan beberapa air terjun yang tak kalah istimewa lainnya seperti Coban Rondo, Coban Nirwana, dan Coban Pelangi.

Daya Tarik Wisata

Wisata Coban Rais ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, terutama air terjun yang menjadi suguhan utamanya. Hamparan perbukitan hijau yang luas, dipenuhi dengan semak belukar nampak segar di mata.

Belum lagi suhu udara di sana sangat sejuk, sehingga sangat nyaman bagi pengunjung untuk berlama-lama di sana. Bersantai menyaksikan derasnya guyuran air terjun menjadi sebuah refreshing yang nyaman.

Apalagi jika matahari terasa cukup panas, maka pastinya berbasah-basahan di bawah guyuran air terjun menjadi sangat menyegarkan. Rasa lelah saat perjalanan jauh menjadi hilang begitu saja setelah menikmati indahnya panorama alam sekitar wisata dan juga kesegaran air terjun.

Disarankan mengunjungi wisata ini pada saat cuaca cerah, karena pemandangan alamnya begitu mempesona. Namun, suasana akan berbeda ketika memasuki musim hujan. Sedulur harus ekstra hati-hati karena jalan menuju ke lokasi akan berubah menjadi sangat becek dan licin.

BACA JUGA: Air Terjun Nglirip di Tuban, Wisata Tepat untuk Melepas Penat

Rute Menuju ke Coban Rais

rute air terjun coban rais
Pexels/PNW Production

Secara administratif Coban ini terletak di dusun Dresel, desa Oro-oro Ombo, kecamatan Batu, kota Batu. Lokasinya memang cukup jauh dari jalan utama. Namun kamu bisa dengan mudah menemukan lokasinya dari Google Map karena sudah ditandai dalam GPS.

Jika ditempuh dari kota Batu, menuju lokasi Coban ini butuh waktu sekitar 1 jam saja. Sebab jaraknya hanya 7 km dari kota Batu atau sekitar 3,5 km dari Bumi Perkemahan Coban Rais. Rute yang diambil dimulai dari Kota Batu yaitu ambil arah ke studio Batu di desa Oro Oro Ombo. Ikuti peta GPS yang ada di atas tadi hingga sampai lokasi.

Setelah sampai di area parkir, perjalanan belum usai. Justru perjalanan baru akan dimulai karena dari situ masih harus menempuh perjalanan  sekitar 5 km dengan menyusuri jalan setapak melewati sungai dan lembah.

Bagi Sedulur yang ingin menuju ke Coban Rais, memang harus dipastikan dulu kondisi badan fit dan menggunakan sepatu yang nyaman untuk mendaki gunung.

Jam Buka dan Harga Tiket

Untuk masuk ke Coban Rais, Sedulur cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 dan biaya parkir Rp 5.000/motor Rp 10.000/mobil. Harga ini tergolong cukup murah dan ramah di kantong.

Sedulur yang tidak ingin melakukan perjalanan mendaki yang terlalu jauh juga bisa mendapatkan jasa ojek. Untuk biaya ojek, Sedulur harus membayar sekitar Rp 25.000 untuk satu perjalanan dari area parkir hingga lokasi.

Membawa bekal makanan dan minuman menjadi penting bila Sedulur ingin pergi ke Coban Rais dan menikmati dalam waktu yang lama. Hal ini lantaran belum ada tempat khusus yang menjual makanan. Di sana tersedia beberapa fasilitas kamar mandi atau toilet, jadi Sedulur tidak perlu khawatir memikirkan fasilitas tersebut.

Sementara untuk jam buka wisata Air Terjun Coban Rais itu dimulai dari jam 07.30 WIB. Jadi Sedulur bisa datang sejak pagi hari agar bisa menikmati suasana udara segar dan indahnya air terjun tersebut.

BACA JUGA: Wisata Air Terjun Jagir: Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas

Wisata Sekitar Air Terjun Coban Rais

Pexels/Jeffry Surianto

Air Terjun Coban Rais tak hanya memiliki pesona wisata alam yang cantik. Sedulur juga bisa menemukan banyak sekali wahana di sekitar area wisata ini. Berikut ini diantaranya yang menarik untuk dicoba.

1. The Hobbiton

Salah satu spot wisata yang berada dekat dengan kawasan Air Terjun Coban Rais adalah The Hobbiton atau rumah hobbit. Spot wisata ini terinspirasi dengan salah satu adegan di film Lord of The Rings yang menampilkan rumah kurcaci yang lucu dan unik.

Pemandangannya juga sangat indah karena terbentang luas perbukitan indah dari dataran tinggi Batu. Sedulur dijamin akan dibuat nyaman dengan keseruan di The Hobbiton ini. 

2. Gardu Pandang Bukit Bulu

Bukit Bulu menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Kota Batu dari ketinggian. Sedulur akan disuguhi pemandangan alam perbukitan dari gardu pandang yang memang dibangun di puncak bukit.

3. Batu Flower Garden

Terakhir ada Batu Flower Garden. Persis seperti namanya, taman ini penuh dengan berbagai jenis bunga yang ditata sedemikian rupa sehingga begitu estetik dan membuat kita nyaman saat mengunjunginya.

Lokasi ini juga taman bunga biasa, Flower Garden merupakan sebuah bukit yang berhasil disulap menjadi tempat wisata alam yang mempesona. Tatanannya membuat bukit ini seolah dipahat menjadi sebuah landscape berbunga yang tampak artistik, apalagi bila dilihat dari kejauhan.

Demikian tadi ulasan dan penjelasan lengkap tentang wisata Air Terjun Coban Rais di Batu, Malang, Jawa Timur. Semoga dengan informasi ini bisa membantu Sedulur yang ingin berwisata ke pesona alam pegunungan tersebut ya.

Supaya menikmati suasana wisata alam ini semakin nyaman, Sedulur sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral.

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan. Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan dSuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.