Usaha agen sembako

Usaha agen sembako sudah menjadi bisnis yang populer di masyarakat sejak dahulu hingga sekarang. Perkembangan bisnis sembako juga semakin pesat dengan adanya perkembangan teknologi yang memudahkan pemilik usaha. Sebagai contoh, pemilik usaha sembako yang dahulu harus repot kulakan ke pasar untuk membeli stok barang, di era sekarang bisa dengan mudah memesan stok barang lewat aplikasi tanpa harus keluar rumah.

Nah, apabila Sedulur tertarik terjun dalam usaha agen sembako, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dalam hal usaha, pastinya ada resiko yang harus dihadapi selain banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan. Usaha agen sembako pun sama dengan usaha lainnya yang juga memiliki resiko bisnis yang tak boleh diabaikan.

Lalu apa saja tips agar bisa sukses dalam bisnis agen sembako? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

BACA JUGA: Ketahui Berapa Modal Usaha Toko Kelontong dan Tips Memulainya

-->

Perencanaan matang

perencanaan usaha
Unsplash

Dalam memulai sebuah usaha, tentu yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat perencanaan bisnis yang matang. Mungkin banyak orang yang meremehkan tahap ini, tapi percayalah bahwa semakin matang perencanaan maka bisnis yang dibangun juga akan lancar.

Berbeda jika Sedulur ingin buru-buru membuat usaha tanpa membuat persiapan, maka ketika mengalami masalah ditengah perjalanannya akan sulit menemukan solusi.

Perencanaan yang matang juga menjadi pondasi membangun usaha yang baik. Apalagi kalau Sedulur ingin menjadikan usaha ini sebagai pendapatan utama maka harus benar-benar memperhatikan apa saja yang perlu dipersiapkan.

Hitung modal bisnis dengan cermat

Kalkulator
Unsplash

Langkah selanjutnya yang Sedulur perlu lakukan adalah menghitung modal dengan cermat. Kenapa perlu mengetahui perhitungan modal, karena ini akan menjadi pondasi selanjutnya agar Sedulur bisa menjalankan usaha agen sembako.

Jika Sedulur mencari cara menjadi agen sembako tanpa modal, maka hal itu akan sulit dilakukan. Bukan tanpa alasan, karena bisnis sembako merupakan usaha yang sangat dinamis. Hal ini tak lepas dari barang yang dijual nantinya harus sesuai dengan kebutuhan utama masyarakat.

Jadi sebaiknya Sedulur mempersiapkan modal dengan tepat, meskipun jumlahnya sedikit. Hal ini penting agar bisnis agen sembako bisa berjalan, maka perhitungan modalnya pun harus cermat.

Lakukan riset pasar

riset pasar
Unsplash

Setelah mengetahui rencana apa yang sesuai dengan modal usaha Sedulur. Selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Dalam tahap ini, Sedulur bisa mengidentifikasi barang apa saja yang nantinya akan dijual. Selain itu, Sedulur juga bisa mengetahui bagaimana peta persaingan dengan agen sembako lain yang ada di sekitar tempat bisnis Sedulur.

Tahap riset ini juga penting karena Sedulur bisa membuat sebuah strategi agar bisa bersaing dengan sehat. Jangan sampai, Sedulur terjun ke dalam bisnis ini tanpa persiapan sehingga malah kalah bersaing dengan pengusaha lainnya.

Tentukan lokasi usaha

Toko kelontong
Aplikasi Super

Dalam memilih lokasi usaha, Sedulur juga harus jeli dan tidak boleh sembarangan. Menurut Swastha dalam bukunya Manajemen Pemasaran Modern (2000), pemilihan lokasi yang tepat bisa menjadi langkah strategis yang menentukan tercapainya tujuan dari sebuah usaha.

Untuk itu, Sedulur harus bisa menentukan dengan tepat. Misalnya dalam usaha agen sembako, maka lokasi yang tepat adalah dekat dengan masyarakat yang hidup dalam jangka waktu yang lama seperti pedesaan atau perumahan.

Karena dalam penelitian yang dilakukan oleh Suwarman yang dirilis dalam buku Perilaku Konsumen (2004), seorang konsuman akan memiliki keinginan untuk berbelanja jika toko itu memiliki kedekatan baik secara lokasi maupun psikologis. Jadi jangan sampai Sedulur meremehkan fase ini dan melewatinya begitu saja ya.

Perhatikan layout toko dan barang jualan

Toko kelontong
Aplikasi Super

Pernahkah Sedulur perhatikan layout tempat berjualan toko jejaring yang hampir sama di semua daerah? Ternyata hal itu dilakukan bukan tanpa alasan, karena dengan teknik peletakan barang yang tepat bisa mempengaruhi rasa ingin beli dari seorang konsumen.

Hal ini juga perlu diperhatikan oleh Sedulur ketika ingin membuka bisnis agen sembako. Pastikan buat peletakan barang yang tepat dengan mengutamakan prioritas bagi konsumen. Misal, tampilan barang utama di depan toko itu yang paling dibutuhkan seperti beras, minyak goreng atau gas.

Sedangkan barang-barang sembako lainnya bisa ditata lebih ke dalam sehingga pembeli dengan mudah menemukan barang yang diinginkan.

Pilih supplier yang meyakinkan

Usaha agen sembako
Aplikasi Super

Menjalankan usaha agen sembako itu perlu bekerjasama juga dengan orang lain, salah satunya adalah supplier atau distributor. Namun, dalam memilih supplier yang tepat Sedulur tidak boleh sembarangan. Sudah banyak kasus, seorang pengusaha terkena penipuan oleh distributor atau supplier-nya.

Selain itu, memilih supplier yang tepat juga bisa membantu Sedulur dalam mendapatkan harga BEP atau harga beli yang lebih murah sehingga bisa mendapatkan keuntungan saat menjualnya kembali. Pemilihan supplier juga sangat penting ketika Sedulur membuka usaha grosir sembako rumahan.

BACA JUGA: Mengenal Sejarah Toko Kelontong di Indonesia

Selalu stok sembako berkualitas

Usaha agen sembako
Aplikasi Super

Masih berhubungan dengan langkah sebelumnya, jika telah memilih supplier yang tepat maka Sedulur harus mengetahui barang yang ditawarkan adalah barang berkualitas baik. Jangan sampai sudah mendapatkan harga yang murah tapi barang yang diberikan ternyata kualitas rendah.

Untuk memilih stok sembako, Sedulur juga harus melihat barang apa saja yang diperlukan untuk ada di toko. Menentukan jenis barang ini juga penting karena akan berdampak pada perhitungan modal usaha sembako grosiran yang sedang Sedulur jalankan.

Namun, ada beberapa jenis barang yang bisa diprioritaskan seperti berikut ini.

1. Beras, sagu atau jagung

Beras Karya Alam
Aplikasi Super

Barang kebutuhan pokok seperti beras, sagu atau jagung harus Sedulur sediakan di toko, sesuai dengan makanan pokok di daerah Sedulur. Jangan sampai barang-barang ini tidak ada atau kehabisan stok. Kenapa? Karena beras, sagu atau jagung adalah makanan pokok masyarakat di Indonesia yang akan selalu dibutuhkan setiap saat.

Pastikan Sedulur menyediakan barang seperti sagu, jagung dan beras yang memiliki kualitas baik, sehingga pelanggan pun bisa mendapatkan kualitas makanan pokok yang baik untuk dikonsumsi.

Sebagai contoh, salah satu beras berkualitas premium yang bisa Sedulur sediakan sebagai stok di toko adalah Beras Buncit dan Beras Karya Alam. Kedua beras ini memiliki kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.

2. Gula dan garam

usaha agen sembako
Aplikasi Super

Gula dan garam menjadi barang yang harus diprioritaskan dalam usaha agen sembako. Dua bumbu ini sangat penting karena menjadi bahan dasar seseorang untuk bisa memasak dan membuat makanan agar bisa memiliki rasa yang lezat. Jadi kebutuhan akan gula dan garam menjadi salah satu yang paling penting dalam kehidupan manusia.

3. Sayur dan buah

Sayur
Unsplash

Pemerintah sangat gencar mengkampanyekan pola hidup 4 Sehat 5 Sempurna. Berdasarkan kampanye itu, sayur dan buah menjadi barang yang harus dikonsumsi masyarakat agar bisa memiliki kesehatan yang baik. Jadi, tidak heran jika sayur dan buah bisa jadi pilihan barang yang Sedulur sediakan di dalam bisnis agen sembako.

4. Daging sapi, ayam, ikan atau telur

Usaha agen sembako
Aplikasi Super

Selanjutnya barang jualan sembako yang bisa Sedulur sediakan adalah daging. Daging menjadi sumber protein yang perlu dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, daging terkadang dapat mengalami masalah kelangkaan yang disebabkan kondisi pasar.

Untuk itu, Sedulur juga harus mempertimbangkan untuk menyediakan stok barang sumber protein pengganti daging seperti telur. Tentu saja, telur akan lebih mudah didapatkan dan harganya memang lebih murah serta awet disimpan.

5. Minyak goreng

Usaha agen sembako
Aplikasi Super

Minyak goreng menjadi barang dagangan yang tidak boleh dilewatkan. Melihat beberapa kejadian atau fenomena kelangkaan minyak goreng yang terjadi belakangan, membuktikan bahwa barang dagangan yang satu ini sangat dibutuhkan. Maka, minyak goreng tidak boleh dilewatkan masuk dalam daftar daganganmu.

6. Susu

Susu kotak
Pinterest

Terkahir ada susu. Barang ini menjadi hal yang cukup krusial karena tergolong kebutuhan pokok pelengkap di masyarakat. Namun, susu akan menjadi barang utama bagi orang-orang yang sedang memiliki bayi. Untuk itu, Sedulur wajib menyedikan susu di toko sembako atau toko kelontongmu.

BACA JUGA: 12 Barang yang Laris di Toko Kelontong

Tentukan harga jual yang terjangkau

Toko kelontong
Aplikasi Super

Usai mengetahui segala kebutuhan barang yang akan dijual, kini Sedulur harus menentukan harga jual yang tepat. Ini penting dilakukan agar Sedulur bisa tahu seberapa besar keuntungan yang didapatkan dalam usaha agen sembako.

Namun, untuk bisa mendapatkan harga yang tepat Sedulur harus melakukan riset harga yang diberikan oleh kompetitor. Jangan sampai Sedulur menetapkan harga yang terlalu tinggi agar bisa mendapatkan keuntungan besar tapi malah barang jualan tidak laku.

Buka opsi usaha sembako modern

Toko kelontong modern
Aplikasi Super

Jika usaha sudah bisa berjalan dengan lancar. Maka Sedulur juga harus bisa membayangkan pengembangan apa yang bisa dilakukan ke depannya. Pengembangan usaha ini bisa melihat berbagai macam aspek, seperti perkembangan teknologi, perluasan wilayah dan juga kemunculan produk baru.

Namun, melihat semakin hari teknologi yang semakin maju maka Sedulur perlu mempertimbangkan untuk mewujudkan toko kelontong yang lebih modern. Biasanya ada banyak supplier atau distributor sembako yang bisa diajak bekerja sama agar bisa menjalankan bisnis toko kelontong modern.

Salah satu yang bisa Sedulur coba adalah usaha toko sembako modern dari Aplikasi Super. Sebagai distributor sembako, Super memberikan kesempatan masyarakat untuk menjadi Super Agen dan membuka toko kelontongnya sendiri.

Selain itu, Super juga menawarkan banyak barang berkualitas dengan harga yang bersaing sehingga Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah. Jika Sedulur tertarik, maka bisa men-download langsung aplikasinya di Google Play Store.

Kelola omset dengan baik

Usaha agen sembako
Aplikasi Super

Terakhir, Sedulur harus bisa mengelola omset atau keuntungan dengan baik. Jangan sampai keuntungan yang didapatkan itu tidak diputarkan kembali sebagai modal karena ini menjadi potensi perkembangan usaha yang lebih besar ke depannya.

Jadi sebaiknya Sedulur sisihkan sebagian keuntungan untuk mengembangkan bisnis usaha agen sembako agar bisa lebih besar dari sekarang.

Demikian tadi tips dan cara menjadi agen sembako yang sukses. Untuk bisa mendapatkan keuntungan dan keberlangsungan bisnis yang berjangka panjang, Sedulur harus cermat dan teliti dalam mengatur keuangan serta keuntungan usaha.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.