Jenis dan harga sabun cuci piring memang sangat beragam. Bagi Sedulur yang tidak memperhatikan, mungkin setiap sabun cuci piring akan terasa sama. Padahal setiap sabun cuci piring memiliki komposisi yang berbeda setiap merknya.

Penggunaan sabun cuci piring juga perlu diperhatikan secara seksama, karena kandungan aktif dalam sabun cuci piring bisa menimbulkan alergi yang membuat kulit tangan menjadi kasar dan gatal-gatal. Lalu apa saja jenis sabun cuci piring yang aman dan baik untuk keluarga? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!

Jenis sabun cuci piring

Sabun cuci piring
Mashed

Sebelum memilih sabun cuci piring yang cocok untuk digunakan di rumah, Sedulur wajib memahami jenis dari peralatan rumah tangga tersebut.

-->

Dilansir dari laman Good House Keeping, ada tiga jenis sabun cuci piring dilihat dari penggunaan zat aktif di dalamnya. Kandungan zat aktif tersebut biasanya menjadi ciri khas sabun cuci piring karena memiliki efektifitas dalam membersihkan noda dan lemak yang berbeda.

Selain dalam kemampuan dalam membersihkan noda, zat aktif ini juga mempengaruhi penggunaan sabun cuci piring aman atau tidak jika digunakan untuk mencuci buah atau sayuran.

Good House Keeping menjelaskan ada tiga jenis zat aktif dalam kandungan cuci piring yaitu sabun cuci piring dengan basa lemah, netral dan asam lemah.

1. Sabun cuci basa lemah

Jenis sabun cuci piring
Wide Open Eats

Sabun cuci piring yang memiliki tingkat basa yang lemah biasanya memiliki daya pembersihan paling optimal. Hal ini karena dengan basa yang lemah, maka tingkat asam akan semakin tinggi sehingga lemak membandel dan kotoran lainnya bisa langsung dibersihkan dengan cepat.

Namun, dengan kemampuan pembersihan yang lebih optimal, sabun cuci dengan basa lemah memiliki beberapa kekurangan. Sabun jenis ini biasanya lebih mudah membuat kulit tangan mengalami iritasi dan keriput. Sehingga jika ingin mencuci piring menggunakan sabun ini sebaiknya Sedulur juga mengenakan sarung tangan karet.

2. Sabun cuci netral

Harga sabun cuci piring
Safer Brand

Lalu selanjutnya ada sabun cuci netral. Sabun ini memiliki tingkat keasaman yang seimbang. Biasanya sabun ini memiliki kemampuan membersihkan kotoran dan lemak yang cukup baik tapi sangat aman pada kulit tangan.

Sayangnya sabun cuci piring netral ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan sabun cuci piring lain.

3. Sabun cuci asam lemah

Harga sabun cuci piring
Eater

Sabun cuci piring dengan asam lemah merupakan jenis sabun yang sangat cocok digunakan untuk orang-orang dengan kulit sensitif. Walaupun kemampuan daya bersihnya tidak sekuat sabun cuci basa lemah, tapi tingkat keamanan sabun jenis ini sangat terjamin.

4. Sabun organik

Sabun cuci piring organik
Kitchn

Selain tiga jenis sabun tadi, ada juga jenis sabun yang terbuat dari bahan organic. Biasanya sabun cuci piring organik memiliki kandungan yang bebas fosfat, parabane, dan pewarna.

Dari segi keamanan dan kesehatan, tentu sabun ini sangat baik untuk Sedulur dan keluarga. Namun belum banyak merk yang mengembangkan sabun organik sebagai produk utamanya. Selain itu, harga sabun cuci piring organik cenderung lebih mahal dibandingkan sabun lainnya.

Tapi, bukan berarti Sedulur tidak bisa menemukan sabun organik di pasaran. Sedulur bisa mencari jenis sabun yang memiliki label formula hypoallergenic. Tak hanya aman untuk kulit, sabun cuci piring hypoallergenic juga dibuat dengan mengedepankan ramah lingkungan dan mengurangi tingkat pencemaran air.

BACA JUGA: 12 Penyebab Gatal Pada Kulit Beserta Cara Mengatasinya

Harga sabun cuci piring terbaru

Harga sabun cuci piring
Unsplash

Setelah mengetahui jenis sabun cuci piring yang aman untuk keluarga. Berikut ini beberapa daftar harga sabun cuci piring yang bisa Sedulur coba.

Sedulur bisa membeli sabun cuci piring lewat Aplikasi Super yang bisa didownload lewat Google Play Store. Selain harga yang diberikan murah meriah dan banyak promo, Sedulur juga akan mendapatkan kemudahan berbelanja kebutuhan sehari-hari dari rumah.

Dan langsung aja berikut ini daftar harga sabun cuci piring terbaru yang bisa didapatkan di Aplikasi Super.

Produk sabun cuci piring

Harga

Dish Soap Jeruk Nipis 350ml

Rp 5.500

Dish Soap Jerup Nipis Pull Top 450ml

Rp 9.800

Dish Soap Jeruk Nipis Pull Top 800ml

Rp 10.600

Sabun cuci piring Ekonomi Liquid PCH 800ml

Rp 13.260

Sabun cuci piring Ekonnomi Liquid PCH 1600ml

Rp 21.199

Mama Lemon Jeruk Nipis 115ml

Rp 3.500

Mama Lemon Fresh Lemon 115ml

Rp 3.500

Sabun cuci piring Sunlight Jeruk Nipis 90ml

Rp 2.700

Sabun cuci piring Sunlight Jeruk Nipis 210ml

Rp 4.250

Sabun cuci piring Sunlight Jeruk Nipis 700ml

Rp 19.500

BACA JUGA: 12 Desain Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Interior Hunian

Sementara untuk detail kandungan zat aktif pada tiap merk produk sabun cuci piring bisa Sedulur simak di bawah.

1. Mama Lemon

Harga Sabun Cuci piring
Mama Lemon

Sabun cuci piring ini memiliki kandungan zat aktif seperti linear alkylbenzene sulfonate, sodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate, dan cocamidopropyl betaine. Dimana zat aktif tersebut mampu secara efektif menghilangkan lemak pada piring.

Kandungan zat aktif pada sabun cuci piring Mama Lemon juga termasuk ke dalam food grade sehingga bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur agar bebas dari pestisida.

2. Ekonomi

harga sabun cuci piring
Wings Care

Sabun cuci piring ekonomi merupakan jenis sabun yang memiliki kandungan surfaktan dan antibacterial agent. Tingkat keasaman sabun ini cukup tinggi namun memiliki kemampuan membersihkan lemak yang membandel.

Sabun cuci piring ekonomi sangat cocok untuk mencuci perabotan rumah tangga yang banyak digunakan untuk memasak dengan lemak yang banyak.

3. Sunlight

Harga sabun cuci piring
Unilever

Ini merupakan brand yang cukup banyak disukai oleh banyak orang. Sabun cuci piring Sunlight memiliki ciri khas aromanya yang wangi. Selain itu, sabun cuci piring Sunlight juga merupakan jenis sabun cuci piring food grade yang bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayuran.

Sabun ini juga memiliki tingkat keasaman yang netral sehingga tidak beresiko merusak kulit atau menyebabkan alergi.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang jenis dan harga sabun cuci piring untuk kebutuhan Sedulur di rumah. Semoga dengan penjelasan di atas Sedulur bisa memilih sabun cuci piring yang tepat dan aman untuk keluarga ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.