takjil unik surabaya

Takjil merupakan hidangan berbuka puasa yang sangat dicari orang-orang ketika Ramadan tiba. Di Surabaya, terdapat banyak sekali jenis takjil yang bisa Sedulur jumpai. Namun, ada beberapa takjul unik Surabaya yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Spot Warung Makan Indomie Paling Unik dan Enak di Surabaya

Es Permen Karet Sidodadi

takjil unik Surabaya
IDN Times

Sempat viral beberapa waktu lalu, es permen karet memang jadi salah satu hidangan berbuka puasa yang pas. Rasanya manis dengan sensasi permen karet, memang jadi takjil unik untuk melepaskan dahaga.

Sedulur bisa menemukan takjil unik Surabaya ini di daerah Sidodadi. Terdapat pedagang yang menjual es permen karet hingga ratusan liter setiap harinya. Harganya juga sangat murah meriah, jadi tidak akan membuat kantong Sedulur jebol.

-->

Es Dawet Cak Minto

Takjil unik surabaya
Pergi Kuliner

Takjil unik Surabaya selanjutnya adalah Es Dawet Cak Minto. Minuman tradisional ini bisa Sedulur temukan di daerah Wonokromo. Penampilan takjil ini cukup mencolok karena dawetnya berwarna merah muda.

Rasa gurih dari kuah santan dan manis legit dari gula jawa asli juga menjadikan minuman ini sangat tepat untuk berbuka puasa. Namun, Sedulur harus siap-siap mengantri untuk bisa mencicipi minuman ini ya, karena sudah sangat terkenal legendaris maka setiap Ramadan es dawet Cak Minto akan sangat ramai pembeli.

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Kopi Susu Enak Seperti Coffee Shop!

Pukis Arab

Pukis Arab Surabaya Ampel
Viva

Kue yang termasuk ke dalam takjil unik Surabaya selanjutnya adalah Pukis Arab. Memiliki bentuk yang berbeda dengan pukis pada umumnya, makanan ini memang sangat mencuri perhatian. Bentuknya besar hingga sekepalan tangan orang dewasa. Pada bagian atas, kue ini menyerupai jamur dengan warna kecoklatan. Untuk rasanya, takjil unik ini memiliki rasa yang dominan dan gurih.

Pukis Arab sendiri banyak dijual di daerah Ampel. Harganya juga sangat murah meriah, yaitu dari 2ribu sampai 5ribu per biji.

Tahu Petis Arjuno

tahu petis surabaya
Paxel

Jika Sedulur menjadi takjil yang gurih, unik dengan sensasi yang Surabaya banget, maka bisa mencoba tahu petis Arjuno. Sajian menu tahu di sini memang hampir mirip dengan tahu lainnya. Tapi si penjual memiliki ciri khas pada ukuran tahu yang besar memanjang.

Selain itu, rasa petis racikan Arjuno juga sangat spesial. Sedulur dijamin tidak akan kecewa dengan rasanya dan sepakat jika makanan ini cocok jadi takjil unik Surabaya saat Ramadan.

Nasi Minyak Surabaya (Jalan Mojopahit)

Nasi minyak surabaya
Detik

Setelah banyak takjil ringan untuk disantap setelah berbuka, ada juga takjil unik Surabaya yang termasuk makanan berat. Menu ini adalah nasi minyak Surabaya yang viral beberapa waktu lalu. Namun, Sedulur jangan samakan sajian ini dengan nasi minyak khas Sumatera karena jauh berbeda.

Nasi minyak Surabaya ini lebih mirip dengan pecel lele Lamongan karena komponen yang disajikan berupa nasi dengan lauk bebek goreng atau ayam goreng. Makanan ini lalu disiram dengan bumbu rempah yang dicampur dengan minyak bekas menggoreng yang masih panas. Jika Sedulur tertarik, bisa langsung datang ke warung nasi minyak di daerah Jalan Mojopahit. Tenang, harganya murah meriah kok!

Demikian tadi deretan takjil unik Surabaya yang bisa Sedulur cicipi selama Ramadan di tahun 2023 ini. Setiap tahun, pasti ada saja makanan atau minuman unik yang hadir untuk meramaikan daftar hidangan berbuka.

Kalau Sedulur tertarik dan ingin membuat hidangan berbuka atau takjil sendiri di rumah. Jangan khawatir, karena Sedulur bisa berbelanja dan kulakan berbagai macam kebutuhan memasak dengan mudah di Aplikasi Super.

Tak hanya ada banyak sekali promo menarik seperti potongan harga hingga flash sale, Sedulur juga akan mendapatkan layanan pengiriman gratis dan akurat. Jadi buruan download dan pakai Aplikasi Super sekarang juga!