Resep es kopyor untuk jualan

Ide bisnis terbaik jika Sedulur tinggal di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya adalah minuman dingin. Hal ini tidak lepas dari kondisi cuaca Kota Pahlawan yang terkenal panas. Salah satu minuman yang cocok untuk dicoba adalah es kopyor, karena resep es kopyor untuk jualan termasuk mudah untuk dibuat.

Berjualan es kopyor sebagai bisnis minuman juga memiliki potensi keuntungan yang besar. Apalagi modal untuk bisnis satu ini tidak terlalu besar, jadi cocok untuk Sedulur yang memiliki dana terbatas. Lalu seperti apa sih resep es kopyor untuk jualan yang pasti menghasilkan cuan? Mari simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Alpukat Kocok Segar & Lembut, Legakan Dahaga!

Resep Es Kopyor

Resep es kopyor untuk jualan
Pena Bicara

Es kopyor adalah minuman asli Kebumen, Jawa Tengah. Minuman ini terbuat dari kelapa kopyor yang memiliki karakteristik dahing lembut dan tipis. Namun, belakangan, minuman satu ini banyak bertransformasi agar memiliki rasa yang lebih enak. Salah satunya dengan penambahan agar-agar.

Secara rasa, resep es kopyor dengan agar-agar lebih enak dan disukai masyarakat. Tapi untuk para pedagang dan bisnis, kombinasi kelapa serta agar-agar menjadikan resep es kopyor cocok untuk jualan. Hal ini tidak lepas dari nilai es kopyor menjadi lebih murah meriah.

Berikut ini beberapa bahan utama untuk membuat resep es kopyor untuk jualan yang bisa Sedulur coba sendiri di rumah.

Bahan:

  • Kelapa muda.
  • Agar-agar tanpa rasa.
  • Santan instan.
  • Daun pandan.
  • Sirup coco pandan.
  • Susu kental manis.
  • Minuman bubuk rasa es kopyor.
  • Garam dan gula pasir.
  • Air matang.
  • Es batu.

Cara membuat resep es kopyor untuk jualan:

  • Persiapkan beberapa bahan seperti agar-agar, santan, gula pasir, garam, daun pandan dan air matang. Masak agar-agar ini dengan api kecil dengan terus diaduk sampai mendidih. Jika sudah, matikan api, saring adonan dan diamkan.
  • Selama menunggu agar-agar dingin, siapkan kelapa muda dan tiriskan dari airnya. Potong kelapa tersebut menjadi memanjang sehingga menyerupai rambut.
  • Jika adonan agar-agar sudah dingin dan mengeras. Sedulur bisa mulai memotong agar-agar tersebut menjadi berbentuk rambut agar seragam dengan kelapa muda asli.
  • Bila sudah, buat campuran sirup coco pandan, bubuk es kopyor sachet, dan susu kental manis. Tuang air secukupnya sesuai dengan kebutuhan jualan Sedulur, koreksi rasa agar tidak terlalu manis.
  • Saat semua bahan sudah selesai dibuat, siapkan gelas, masukkan kopyor kelapa asli dan kopyor agar-agar. Beri es batu dan siram dengan air sirup coco pandan. Minuman siap dihidangkan kepada para pembeli.

BACA JUGA: Modal Usaha Toko Kelontong yang Hanya 5 Juta dan Tipsnya!

Potensi keuntungan bisnis

Resep es kopyor untuk jualan
Cookpad

Sedulur penasaran bagaimana potensi keuntungan dari usaha es kopyor murah meriah ini? Ternyata, keuntungannya bisa sangat besar dan lumayan untuk dijadikan bisnis sampingan lho.

Misal, Sedulur sudah memiliki peralatan seperti kompor, panci, toples besar, pengaduk, gelas, sendok, meja, dan kursi. Maka tinggal memperhitungkan modal untuk bahan produksi (meliputi kelapa muda, agar-agar, dan bahan lainnya) sebesar Rp 2.400.000 selama satu bulan. Sedulur bisa menjual satu porsi es kopyor dengan harga Rp 5.000 per gelas.

Estimasi ini akan semakin jelas, dengan melihat lokasi jualan yang ada di wilayah Jawa Timur yang terkenal panas. Sedulur memiliki kemungkinan untuk menjual sekitar 30 gelas per hari. Maka perhitungannya akan seperti berikut:

  • Pendapatan kotor per bulan: 30 gelas x Rp 5.000 X 30 hari = Rp 4.500.000
  • Estimasi keuntungan bersih per bulan: Rp 4.500.000 – Rp 2.400.000 = Rp 2.100.000

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Spot Makan Nasi Goreng Terkenal di Surabaya

Tips agar untung makin melimpah

Es kopyor
Pinterest

Ada beberapa tips yang bisa Sedulur coba untuk bisa sukses dalam bisnis es kopyor. Selain memiliki resep es kopyor untuk jualan yang enak, Sedulur juga harus mempertimbangkan mencari bahan baku produksi di tempat yang tepat.

Di era yang sudah serba modern seperti sekarang ini, sebaiknya pertimbangkan untuk mencari tempat kulakan bahan baku yang memberikan banyak promo potongan harga serta fasilitas gratis ongkir seperti Aplikasi Super. Sedulur bisa mendapatkan segala kebutuhan jualan seperti sirup, susu kental manis, gula, hingga santan dengan harga yang murah.

Aplikasi Super

Cukup dengan download aplikasinya di Google Playstore, Sedulur akan mendapatkan pengalaman belanja yang mudah dan murah. Banyaknya diskon dan promo cashback juga bisa meningkatkan keuntungan jadi lebih melimpah. Jadi ayo belanja lewat Aplikasi Super sekarang juga!

Demikian tadi resep es kopyor untuk jualan yang bisa coba sendiri di rumah. Minuman segar satu ini memang memiliki potensi yang besar dalam bisnis kuliner dan termasuk mudah untuk para pemula. Jadi selamat mencoba ya Sedulur!