pantai pangasan

Pacitan menjadi salah satu kabupaten yang memiliki pesisir pantai yang begitu indah. Walaupun deburan ombaknya termasuk besar, Sedulur bisa menikmati pasir putih yang bersih dan pemandangan Samudera Hindia yang menakjubkan. Dimana salah satu yang terbaik adalah Pantai Pangasan.

Pantai Pangasan merupakan salah satu pantai yang memiliki kontur unik. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan kecil. Bahkan, ada sebuah tebing batu yang cukup tinggi di sisi timur dan barat. Tebing batu tersebut biasa disebut dengan Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran.

Bagi Sedulur yang penasaran dengan keindahan pantai di Pacitan ini. Wajib untuk menyimak ulasan lengkap tentang keunikan, harga tiket, dan rute menuju Pantai Pangasan di artikel berikut

BACA JUGA: Wisata Alam Coban Rais: Daya Tarik, Harga Tiket dan Jam Buka

Mengenal Pantai Pangasan

pantai pangasan
Instagram/istikowatidyah

Pantai Pangasan adalah tempat wisata baru di Pacitan yang sedang hits karena suguhan pesona alamnya, yaitu perpaduan biru laut dan hamparan persawahan hijau yang mempesona.

Segala sajian alam yang ada dijamin akan menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Keindahannya semakin menarik dengan kehadiran tebing batu tinggi di sisi timur dan barat, yang terkenal dengan nama Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran.

Selain itu, yang membuat ini begitu menakjubkan adalah keunikan bibir pantainya yang tidak dihiasi oleh pasir seperti pantai-pantai pada umumnya. Sebaliknya, pantai ini diperindah oleh serakan batuan karang dengan berbagai ukuran yang memberikan sentuhan khas dan hamparan sawah hijau.

Lokasi Pantai Pangasan

Bagi Sedulur yang belum mengetahui lokasi pantai ini. Letaknya berada di di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

BACA JUGA: Pantai Banyu Meneng Malang: Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

Keunikan Pantai Pangasan

pantai pangasan
Kompasiana/Tanti Febriani

Berikut beberapa daya tarik yang membuat Sedulur harus berkunjung ke pantai ini, di antaranya:

1. Perpaduan pantai dan perbukitan

Pantai Pangasan tidak mempunyai pasir yang ada hanyalah batu karang dengan berbagai macam ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar. Deburan ombak yang tenang sesekali menyentuh batu karang, laut yang berwarna biru dipadukan dengan tebing yang sangat indah merupakan mahakarya Tuhan yang sangat luar biasa.

Tebing yang ada di sebelah barat pantai ini bernama Gunung Lanang, tegak berdiri seperti melindungi. Selain itu terdapat dua buah batu besar yang memanjang ke atas, kedua batu ini merupakan ikon dan ciri khas Pantai Pangasan.

Keindahan pantai ini memang sangat menakjubkan, keadaan pantai yang tidak terlalu ramai menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri.

2. Spot camping terbaik

Tidak hanya di pegunungan, camping juga dapat dinikmati di pinggir Pantai Pangasan Pacitan. Dengan pemandangan indah pantai yang terlihat dari area camping, Sedulur dapat berjalan kaki beberapa menit saja untuk mencapai pantai.

Bermalam di alam terbuka di bawah langit berbintang, dengan suara deburan ombak sebagai pengiring, menciptakan pengalaman camping yang seru dan tak terlupakan. Jangan lewatkan momen melihat matahari terbenam yang mempesona di ujung cakrawala pantai.

3. Area persawahan yang asri

Sedulur akan disambut oleh pemandangan indah hamparan sawah terasering. Suara gemerisik dedaunan padi yang saling bergesekan dengan lembut disertai angin yang menerpa membawa aroma menenangkan.

Tak lupa, suara deburan ombak yang memecah di pantai turut menyumbang melodi harmonis. Ditambah lagi, angin semilir yang menyapa memberikan kedamaian, menyegarkan tubuh dari terik yang menyengat.

Sensasi pedesaan benar-benar terasa saat memandangi luasnya hamparan sawah ini. Sawah terasering yang berundak-undak menuju bibir pantai, dikelilingi oleh pohon-pohon kelapa di berbagai sudutnya.

Pemandangan seperti ini mengingatkan pada terasering Tegalalang di Ubud yang terkenal. Sedulur dapat melalui jalan setapak yang mengelilingi sawah. Sambil berfoto dengan latar belakang sawah yang indah atau pantai yang terbentang di bawahnya.

BACA JUGA: Air Terjun Tujuh Bidadari, Surga Tersembunyi di Jember

Harga Tiket dan Jam Buka

pantai pangasan
Unsplash/Alfiano Sutianto

Pantai Pangasan Pacitan dapat dikunjungi kapan saja, karena buka setiap jam selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Sementara itu, harga tiket masuknya juga sangat murah. Per orang hanya dikenakan biaya Rp 5 ribu dengan tarif parkir motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu.

Rute Menuju Pantai Pangasan

Rute menuju Pantai Pangasan Pacitan dari pusat kota Pacitan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit untuk menuju Desa  Kalipelus, dengan melalui jalur Lintas Selatan.

Sebelum Fly Over Gayam belok kiri memasuki pertigaan jalan yang menanjak, kemudian belok kanan hingga tiba di Pasar Gayam. Lurus terus mengikuti jalan Fly Over, masuk ke gapura Desa Klesem.

Setelah melewati Balai Desa Kalipelus Sedulur akan menjumpai pertigaan jalan, ambil arah ke kiri, terus ikuti saja jalan yang sudah di hotmix. Ketika Sedulur melihat pertigaan jalan kembali, tetaplah berada di arah kiri.

Kondisi jalannya tak terlalu lebar disamping itu jalannya penuh dengan turunan serta belokan, keadaan di sepanjang perjalanan masih sangat asri.

Kiri kanan jalan dihiasi dengan rimbunnya pepohonan, hanya sesekali Sedulur akan menjumpai rumah warga. Telah tersedia petunjuk arah ke Pantai Pangasan ini.

Jalan menuju Pantai Pangasan tidak begitu lebar, namun masih bisa dilewati oleh mobil. Area parkirnya terbagi menjadi dua, di bagian atas dan juga di bawah. Sedulur tinggal berjalan kaki untuk menuju pantainya.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Pantai Pangasan di Pacitan, Jawa Timur. Bagi Sedulur yang ingin menjelajahi pesona alam di pesisir Pulau Jawa, maka pantai ini wajib masuk ke dalam daftarmu. Jadi selamat berlibur!