taman wisata tawun

Ngawi adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur, yang menawarkan beberapa taman wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Wisata Tawun, yang memang sangat direkomendasikan sebagai tujuan liburan bersama keluarga.

Jadi bagi Sedulur yang masih merasa bingung mau kemana liburan besok, tidak perlu khawatir. Coba saja kunjungi Taman Wisata Tawun di Ngawi, dijamin objek wisata yang satu ini mampu memberikan pengalaman yang tidak akan pernah bisa terlupakan seumur hidup.

Namun sebelum Sedulur memutuskan untuk mengunjunginya, simak dulu informasi secara lengkap dari objek wisata tersebut, melalui penjelasan yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Serba-Serbi Blitar Park: Harga Tiket, Fasilitas, dan Wahananya

Taman Wisata Tawun

taman wisata tawun
Unsplash/Suhyeon Choi

Taman Wisata Tawun adalah destinasi wisata keluarga yang menawarkan berbagai fasilitas dan atraksi yang cocok untuk semua anggota keluarga. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan yang populer untuk menghabiskan waktu luang, terutama bagi penduduk lokal dan wisatawan dari daerah sekitar.

Taman ini dilengkapi dengan beberapa kolam renang yang dirancang untuk berbagai usia, termasuk kolam untuk anak-anak dan kolam dewasa. Kolam renang ini sangat populer selama musim panas dan menjadi tempat utama untuk menyegarkan diri.

Selain itu, objek wisata tersebut juga menawarkan berbagai wahana dan permainan yang menarik untuk anak-anak, yang dapat menjamin hiburan bagi pengunjung muda. Ini termasuk perosotan, ayunan, dan area bermain lainnya.

Ada juga area piknik yang luas di mana pengunjung dapat duduk dan bersantai di bawah pohon-pohon rindang, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk piknik keluarga. Jadi Taman Wisata Tawun memang cocok dijadikan sebagai objek wisata bersama keluarga.

BACA JUGA: Kebun Teh Jamus Ngawi: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Daya Tarik yang Dimiliki

water park lumajang
Unsplash/Oswald Elsaboath

Taman Wisata Tawun di menawarkan berbagai daya tarik yang menjadikannya destinasi yang populer bagi keluarga dan wisatawan yang mencari kesempatan rekreasi dan relaksasi di alam. Berikut ini beberapa aspek menarik dari Taman Wisata Tawun yang membuatnya menjadi tujuan wisata yang layak dikunjungi.

1. Rekreasi kolam renang

Taman ini dilengkapi dengan beberapa kolam renang yang dirancang untuk semua usia, termasuk kolam anak-anak dengan kedalaman yang aman dan kolam dewasa yang lebih dalam. Kolam-kolam ini sering menjadi pusat kegiatan, terutama selama cuaca panas.

Kolam renang untuk anak dilengkapi dengan fitur-fitur seperti perosotan air dan mainan air lainnya yang aman untuk anak-anak. Sementara kolam dewasa memiliki kedalaman yang lebih dalam dan ukuran lebih luas, memungkinkan pengunjung dewasa lebih leluasa saat berenang.

2. Wahana bermain anak

Taman Wisata Tawun menyediakan berbagai wahana dan permainan yang menarik untuk anak-anak, termasuk perosotan, ayunan, dan area bermain lainnya. Ini memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dan bermain dalam setting yang aman dan menyenangkan.

Wahana dan permainan anak di Taman Wisata Tawun memberikan variasi kegiatan yang menyenangkan dan edukatif, membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk kunjungan keluarga. Anak-anak bisa menikmati berbagai aktivitas sambil mengembangkan keterampilan sosial mereka.

3. Area piknik yang asri

Taman ini menawarkan area piknik yang luas dan teduh, dengan banyak pohon yang menyediakan tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman. Pengunjung sering membawa makanan piknik atau membeli makanan dari kios yang tersedia di taman.

Area piknik di objek wisata ini menyediakan lingkungan yang ideal untuk relaksasi dan kegiatan rekreasi yang menyenangkan bagi semua usia, menjadikannya pilihan tepat untuk keluar dari rutinitas sehari-hari dan menikmati waktu di alam terbuka.

4. Restoran dan food court

Ada beberapa pilihan restoran dan food court atau kios makanan di dalam taman. Para pemilik tempat makan juga menawarkan berbagai jenis menu mulai dari camilan ringan hingga makanan berat. Ini memudahkan pengunjung untuk menemukan pilihan makanan yang sesuai dengan selera mereka tanpa harus meninggalkan area taman.

Selain itu, restoran dan kios makanan yang ada di sini juga memberikan nilai tambah bagi pengunjung, memungkinkan mereka untuk menikmati berbagai pilihan makanan dan minuman tanpa perlu jauh-jauh mencari di luar area taman.

5. Lingkungan yang alami dan menenangkan

Selain fasilitas yang telah disebutkan, keberadaan taman ini di tengah-tengah alam dengan banyak vegetasi dan ruang terbuka memberikan suasana yang menenangkan. Ini adalah tempat yang ideal untuk melepaskan stres dan menikmati keindahan alam.

Taman Wisata Tawun menjadi tempat yang sempurna untuk semua orang yang mencari kedamaian dan keindahan alam, serta kesempatan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan menyegarkan diri baik secara fisik maupun mental.

BACA JUGA: Wisata Bukit Samboja, Keindahan Alam yang Memesona

Lokasi Taman Wisata Tawun

taman wisata tawun
Unsplash/Kajetan Sumila

Objek taman wisata ini, berada di Jalan Sunan Lawu, Dari, Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Lokasi dari Taman Wisata Tawun memang sedikit jauh dari pusat kota. Kendati demikian, perjalanan Sedulur akan terbayar lunas ketika sampai di lokasi.

Jam Buka dan Jam Tutup

Taman Wisata Tawun buka setiap hari dari pagi sampai sore hari. Dengan begitu, Sedulur bisa datang kapan saja sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. Hanya saja, disarankan untuk datang ketika pagi atau sore, karena suasana yang ada di sini terasa jauh lebih nyaman.

Nah, untuk jam buka dan jam tutupnya sendiri, Sedulur bisa menyimak daftar jam operasional yang ada di bawah ini!

  • Senin: 05.00 WIB – 17.00 WIB
  • Selasa: 05.00 WIB – 17.00 WIB
  • Rabu: 05.00 WIB – 17.00 WIB
  • Kamis: 05.00 WIB – 17.00 WIB
  • Jumat: 05.00 WIB – 17.00 WIB
  • Sabtu: 05.00 WIB – 17.00 WIB
  • Minggu: 05.00 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke dalam objek wisata yang satu ini, tentu saja Sedulur perlu menyiapkan sejumlah uang. Hanya saja, untuk anak di bawah 3 tahun belum dikenakan biaya alias masih gratis. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan uang untuk tarif parkir.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini daftar harga tiket masuk dan juga biaya parkir yang perlu untuk Sedulur siapkan sebelum memutuskan berkunjung.

  • Tiket Masuk Dewasa: Rp10.000
  • Tiket Masuk Anak (di bawah 3 tahun): Gratis
  • Tarif Parkir Sepeda Motor: Rp3.000
  • Tarif Parkir Mobil: Rp5.000

Fasilitas yang Tersedia

Taman Wisata Tawun di Blitar menawarkan berbagai fasilitas untuk memastikan pengunjung dapat menikmati kunjungan mereka dengan nyaman dan aman. Fasilitas ini dirancang untuk melayani dari para pengunjung yang mencari rekreasi atau relaksasi di alam terbuka.

Langsung saja, beberapa fasilitas utama yang tersedia di Taman Wisata Tawun adalah seperti yang ada di bawah ini.

  • Area Parkir
  • Gazebo
  • Kolam Renang
  • Outbond Arena
  • Panggung Hiburan
  • Playground
  • Pusat Informasi
  • Tawun Flower Garden
  • Tempat duduk
  • Toko Oleh-oleh
  • Warung Wisata

Tips Sebelum Berkunjung

Mengunjungi Taman Wisata Tawun dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengesankan. Namun sebelum itu, berikut ada beberapa tips yang berguna untuk memaksimalkan kunjungan Sedulur ke objek wisata yang satu ini.

  • Cek prakiraan cuaca

Pilih hari yang cerah agar dapat menikmati semua aktivitas outdoor yang ditawarkan. Hindari hari-hari hujan yang mungkin membuat beberapa fasilitas tidak dapat digunakan.

  • Pakaian dan sepatu yang nyaman

Kenakan pakaian yang sesuai untuk aktivitas di luar ruangan, seperti pakaian yang nyaman dan sepatu tertutup yang baik untuk berjalan. Jangan lupa bawa pakaian renang jika berencana untuk berenang.

  • Bawa bekal yang cukup

Meskipun di Taman Wisata Tawun tersedia restoran dan kios makanan, membawa bekal makanan sendiri bisa lebih hemat dan memungkinkan Sedulur piknik dengan lebih nyaman.

  • Siapkan sunscreen

Bawa dan gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sengatan matahari langsung. Topi dan kacamata matahari juga akan sangat berguna untuk melindungi kepala dan mata.

  • Bawa alat kebersihan dan P3K

Bawa kit P3K untuk keadaan darurat, serta hand sanitizer dan tisu basah. Ini akan membantu menjaga kebersihan dan kesehatan selama kunjungan.

  • Ikuti aturan demi keamanan

Patuhi semua aturan dan petunjuk keamanan yang diberlakukan oleh pengelola taman. Pastikan untuk selalu mengawasi anak-anak dan tidak membiarkan mereka bermain sendirian di area yang berisiko.

Nah, dengan mempersiapkan kunjungan dengan baik, maka Sedulur dapat menikmati hari yang menyenangkan di Taman Wisata Tawun tanpa hambatan. Nikmati setiap momen bersama keluarga atau teman-teman dalam suasana yang asri dan menyenangkan!

Oia, karena wisata satu ini memiliki banyak pilihan wahana yang penuh aktivitas melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!