pantai banyu meneng

Pantai Banyu Meneng adalah destinasi wisata alami yang berada di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini cukup berdekatan dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Kondang Merak dan Pantai Selok.

Namun, bagi para pecinta wisata, Pantai Banyu Meneng memiliki pesona alam yang berbeda dengan pantai lainnya. Apalagi untuk Sedulur yang menyukai suasana pantai tenang dan tidak berombak besar. Agar lebih mengenal pantai ini, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah!

BACA JUGA: Wisata Air Terjun Jagir: Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas

Sejarah Pantai Banyu Meneng

pantai banyu meneng
Pexels/Asad Photo Maldives

Pantai memiliki jarak sekitar 62 kilometer dari Kota Malang ini mempunyai kisah mitos yang cukup melegenda. Dimana pada masa penyebaran agama Islam oleh Wali Songo, para wali menemukan pantai ini bersama beberapa pantai lain.

Namun, khusus di Pantai Banyu meneng, para wali melakukan ritual berdiam diri (Jumeneng). Bahkan, Sunan Geseng meninggalkan rangka pisaunya yang dikenal dengan nama eklek atau selok tak jauh dari Pantai Banyu Meneng. Kini, pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Selok.

Pantai Banyu Meneng ini juga memiliki nama yang sesuai dengan karakter pantainya. Berada di antara dua tanjung, membuat pantai ini menjorok jauh ke dalam. Alhasil, ombak yang menerpa bibir pantai tidak besar dan cenderung tenang.

Rute Menuju Pantai Banyu Meneng

Untuk bisa menemukan pantai ini, Sedulur membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Malang. Awal mula perjalanan menuju Pantai Banyu Meneng bisa dimulai dari titik keberangkatan dari Kota Malang lalu mengarah selatan menuju Gadang.

Sesampainya di Gadang, ikuti arah menuju Bululawang dan sesampainya tiba di pertigaan Krebet, ikuti petunjuk menuju Gondaglegi. Ketika sampai di persimpangan Jalur Lintas Selatan Balekambang, belok kanan dan lanjutkan perjalanan di Jalan Makadam sejauh 5 kilometer hingga menjumpai tulisan “Pantai Kondang Merak”.

Lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sejauh 100 meter ke arah barat hingga sampai di Pantai Banyu Meneng. Sedulur akan sangat mudah menemukan pantai ini karena jalannya juga sudah bagus.

BACA JUGA: Gronjong Wariti Kediri: Sejarah, Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Harga Tiket dan Jam Buka

pantai banyu meneng
Pexels/Bayu Jefri

Pantai ini buka selama 24 jam. Namun, petugas akan berada di lokasi pantai dari sekitar pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Sementara itu, untuk biaya yang diperlukan untuk dapat masuk ke dalam pantai ini sebanyak Rp10 ribu per orang pada hari biasa dan Rp15 ribu pada hari libur.

Sedulur juga tidak perlu khawatir, karena sudah ada area parkir khusus di tempat wisata ini. Untuk biaya parkir kendaraan sendiri dikenakan Rp 5 ribu untuk sepeda motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Keunikan Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng memiliki banyak keunikan. Salah satunya adalah pohon-pohon besar dan rindang yang berada di pinggir pantai membuat suasana pantai ini sangat sejuk. Meskipun garis pantainya tak terlalu panjang. Akan tetapi, keindahannya tak kalah dengan pantai yang mempunyai garis pantai panjang seperti Balekambang.

Pasir putih yang dipadukan dengan air laut yang berwarna kehijauan membuat gradasi warna yang indah. Pantainya yang belum terlalu sering dikunjungi juga membuat pasir pantainya masih bersih.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Pantai Banyu Meneng di Malang. Semoga informasi ini bisa membantumu menemukan tempat bersantai di akhir pekan dan berlibur bersama keluarga ya!