pantai klayar

Pacitan ternyata bukan hanya dikenal dengan banyaknya objek wisata gua, namun juga memiliki salah satu pantai terindah di Jawa Timur, yakni Pantai Klayar. Hamparan pasir putih yang membentang dibalut ombak yang sangat jernih, membuat objek wisata yang satu ini benar-benar sempurna.

Bukan hanya itu, pantai nan indah ini juga diapit oleh dua bukit karang di sisi kiri dan juga kanannya. Bahkan Sedulur dapat naik ke atas bukit karang dan menikmati pemandangan Pantai Klayar yang sangat menakjubkan. Bagi yang tertarik untuk berwisata ke Pantai Klayar? Langsung saja, simak informasi informasi yang ada di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Keindahan Pantai Klatak Tulungagung yang Wajib Dikunjungi!

Lokasi Pantai Klayar

pantai klayar
Instagram/pacitan.island

Apabila Sedulur belum tahu lokasi dari Pantai Klayar, pantai tersebut berlokasi di Kota Pacitan, kota di sisi selatan Jawa Timur, tepatnya berbatasan dengan Wonogiri.

Untuk alamat lengkapnya, pantai ini beralamat di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Dari pusat Kota Pacitan, pantai ini berjarak sekitar 40 km ke arah barat.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur berniat untuk mengunjunginya, terdapat 2 pilihan rute yang bisa ditempuh. Untuk rute yang pertama, dari arah Jawa Timur. Sementara opsi yang lain adalah dari Yogyakarta melalui Wonosari, lalu ke arah Wonogiri dengan jarak sekitar 100 km.

Untuk jalur yang kedua ini hanya memakan waktu selama kurang lebih 3 hingga 4 jam. Sedulur bisa melakukan perjalanan dengan mobil pribadi ataupun sewaan. Tidak perlu khawatir dengan perjalanan yang jauh, karena jalanan yang dituju untuk sampai ke Pantai Klayar terbilang cukup lancar.

Selain itu, jalanan pada rute ini juga telah diaspal dengan baik, sehingga perjalanan juga akan terasa nyaman. Akan tetapi, ketika sudah sampai di wilayah Wonogiri menuju ke Pacitan, jalannya bisa dibilang bervariasi. Apalagi jika Sedulur memilih untuk melalui jalan lintas di jalan-jalan desa.

BACA JUGA: Pesona Air Terjun Putuk Truno yang Asri dan Sejuk

Jam Buka dan Harga Tiket Pantai Klayar

Instagram/Yosita_Okta

Dapat dikatakan jika Pantai Klayar merupakan objek wisata yang buka 24 jam penuh setiap hari. Namun jika ingin suasana yang lebih nyaman, disarankan untuk datang saat weekdays. Berlibur ke Pantai Klayar ini tidak membutuhkan biaya yang banyak.

Hal ini karena harga tiket yang dikenakan, yakni hanya Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Selain biaya untuk masuk ke dalam objek wisata, tentu saja Sedulur harus menyiapkan biaya untuk parkir kendaraan.

Namun Sedulur tidak usah merasa khawatir, karena biaya parkir yang dikenakan sangat terjangkau, yakni hanya Rp3.000 rupiah.

BACA JUGA: Gronjong Wariti Kediri: Sejarah, Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Daya Tarik Pantai Klayar

pantai klayar
Pacitanku.com/Pambudi Yoga Perdana

Ketika berkunjung ke Pantai Klayar, Sedulur bukan hanya bisa menikmati air laut yang sangat indah saja. Namun juga suguhan pemandangan alam menakjubkan yang ada di sekitarnya.

Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat air pantai jernih dengan warna biru kehijauan, lengkap dengan kehadiran batu karang. Daya tarik lain dari objek wisata ini, yakni ada pada keberadaan air mancur alami yang bersumber dari lubang yang ada di batu karang.

Menurut orang-orang yang pernah berkunjung, air mancur ini mempunyai ketinggian hingga 10 meter dari sumbernya. Akan tetapi, ketinggian dari air mancur ini bisa berubah-ubah, tergantung dengan kondisi ombak.

Selain air jernih dan pasir pantai, Sedulur juga bisa menikmati hamparan batu karang hitam di sekitar, lho! Tentu ini menjadi momen yang sangat spesial, bukan?

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Tidak hanya keindahan pantai yang dihadirkan, para pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang seru dan menarik di Pantai Klayar. Jadi di pantai yang satu ini, ada tebing karang yang sangat indah dan juga menawan. Dari tempat ini, Sedulur bisa menikmati lanskap pantai yang menawan.

Namun pastikan untuk selalu berhati-hati saat berada di tempat ini, karena terkadang ombak besar langsung menerjang. Bahkan tak jarang sampai memakan korban. Bagi yang tidak bisa berenang, harap sangat berhati-hati. Jangan lupa juga selalu jaga keselamatan keluarga, terutama yang masih anak-anak.

Tidak usah khawatir, di objek wisata ini para pengunjung tidak harus selalu bermain di pantai, kok. Sedulur bisa menyewa ATV di tempat penyewaan. Untuk harga sewanya sendiri, mulai dari Rp25.000 sekali pulang pergi, hingga Rp150.000 untuk sewa selama satu jam.

Dengan begitu, pastinya berlibur dan berwisata di Pantai Klayar akan terasa sangat seru dan menyenangkan.

BACA JUGA: Wisata Kawah Wurung Bondowoso: Sejarah, Harga Tiket, dan Jalur

Tips Berkunjung di Pantai Klayar

pantai klayar
Kementerian Pariwisata/Pantai Klayar

Agar liburan di Pantai Klayar tetap terasa nyaman dan juga aman, pastikan untuk memahami dan mengikuti beberapa tips yang ada di bawah ini.

1. Hindari berkunjung pada saat musim liburan

Tips yang pertama, adalah menghindari berkunjung di waktu libur, terutama libur panjang. Bukan tanpa alasan, hal ini karena biasanya pantai tersebut benar-benar padat oleh pengunjung. Ya, banyaknya pengunjung tentu membuat liburan tidak nyaman, bukan?

2. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan

Sebenarnya aturan ini tidak hanya untuk Pantai Klayar, namun juga objek wisata lainnya. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan di area pantai. Ini dilakukan dengan tujuan agar lokasi pantai tetap bersih dan juga nyaman ketika dikunjungi.

3. Perhatikan tanda pembatas

Di pantai ini, Sedulur akan menemukan semacam tanda khusus pembatas area yang berbahaya. Nah, pastikan agar Sedulur dan keluarga tidak mendekatinya. Selalu awasi anak-anak yang berenang di pantai, pastikan mereka selalu berada di area yang aman.

4. Membawa bekal

Karena di lokasi pantai cukup jarang ada yang berjualan makanan atau minuman, jadi sebaiknya Sedulur membawa bekal saat berkunjung ke sini. Dengan begitu, maka tidak perlu khawatir kalau merasa haus maupun lapar.

Itu dia sedikit informasi mengenai Pantai Klayar yang bisa dibagikan. Selalu jaga sikap saat berkunjung, dan patuhi aturan yang berlaku dimanapun Sedulur berada, ya