air terjun putuk truno

Bagi Sedulur yang sedang berkunjung ke daerah Pasuruan, sepertinya tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Putuk Truno. Objek wisata alam yang satu ini, dijamin akan membuat siapa saja langsung terpana dengan keindahan yang disajikan.

Sedulur akan menemui kemegahan air terjun yang tidak dapat ditemukan di objek wisata air terjun lainnya. Namun sebelum memutuskan untuk berkunjung ke objek wisata ini, simak dulu beberapa hal penting berikut!

BACA JUGA: Wisata Alam Brakseng: Lokasi, Daya Tarik dan Harga Tiket

Pesona dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

air terjun putuk truno
Instagram/sherlie_citra

Air Terjun Putuk Truno mempunyai ketinggian kurang lebih 45 meter, dengan debit air yang terbilang lumayan deras. Objek wisata alam khas Pasuruan ini, menyediakan beberapa spot yang sangat menarik untuk dijelajahi, mulai dari bagian atas bahkan sampai bagian dasar air terjun.

-->

Bagi Sedulur yang suka bermain air ataupun berenang, pastikan untuk menginjakkan kaki di bagian dasar Air Terjun Putuk Truno. Walaupun hanya ada kolam yang terbilang cukup kecil, namun Sedulur dapat merasakan kesegaran dan juga kesejukan dari area di sekitar.

Bukan hanya itu saja, objek wisata air terjun ini juga menyediakan beberapa gardu pandang bagi para pengunjung untuk bisa menikmati pemandangan di sekitar dengan lebih leluasa.

Lokasi Air Terjun Tumpak Truno

Air Terjun Putuk Truno berlokasi di Kecamatan Prigen, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Air terjun yang satu, memiliki keindahan dan pesona alam yang benar-benar eksotis. Bisa dibilang jika banyak orang yang menjadikannya sebagai alternatif saat berada di daerah wisata Tretes.

BACA JUGA: 7+ Wisata Dekat Stasiun Banyuwangi, Pantai Hingga Air Terjun

Rute Menuju Lokasi

air terjun putuk truno
Unsplash/David Bilings

Untuk dapat sampai di lokasi dari air terjun, para pengunjung perlu menyusuri jalan setapak kurang lebih sejauh 400 meter dari loket utama. Tidak perlu khawatir, karena jalan setapak untuk menuju air terjun ini sangat aman dan juga nyaman untuk dilewati. 

Menariknya, selama menyusuri jalan setapak ini, para wisatawan akan ditemani kicauan dari burung serta suasana alami dari hutan yang begitu lebat yang ada di sepanjang jalan setapak tersebut.

Nantinya, setelah menempuh jalan setapak, Sedulur akan langsung dimanjakan dengan view dari air terjun yang sangat indah dan menawan. Walaupun sudah memasuki musim kemarau, debit air di Air Terjun Putuk Truno juga tetap deras. Serunya lagi, Sedulur juga dapat bermain air tepat di bawah air terjun ini.

BACA JUGA: Wisata Banyuwangi Songgon yang Harus Dikunjungi!

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Instagram/nery.agustin.12

Bagi Sedulur yang tertarik untuk berkunjung, Air Terjun Putuk Truno ini buka setiap hari, kecuali hari-hari besar. Sementara untuk jam operasionalnya yakni mulai pukul 07.00 sampai 16.30 WIB. Kemudian untuk tiket masuk yang dikenakan, yakni sebesar Rp20.000 untuk weekend. Sedangkan untuk weekdays adalah Rp15.000.

Oh iya, bagi yang datang berkunjung dengan membawa kendaraan pribadi, harap menyiapkan dana sebesar Rp10.000 untuk retribusi biaya parkir mobil dan Rp5.000 untuk kendaraan roda dua.

Fasilitas yang Tersedia

Objek wisata alam Air Terjun Putuk Truno ini juga menyediakan beberapa fasilitas bagi para pengunjung. Berikut ini beberapa fasilitas yang dimaksud.

  • Area parkir yang luas
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung makan
  • Spot foto yang beragan

BACA JUGA: 48 Wisata Alam di Ponorogo yang Keren dan Wajib Dikunjungi!

Tips Selama Berwisata ke Putuk Truno

air terjun putuk truno
Native Indonesia/Sapto Wibowo

Jika Sedulur sedang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Putuk Truno ini, pastikan untuk mengetahui dan mengikuti beberapa tips penting berikut.

1. Datang saat cuaca cerah

Pastikan untuk berkunjung saat cuaca cerah. Pasalnya jika hujan, nantinya debit air akan bertambah deras secara drastis dan membahayakan para pengunjung.

2. Hindari akhir pekan

Sebenarnya tidak ada salahnya jika Sedulur dan keluarga berkunjung di akhir pekan. Akan tetapi, biasanya tempat ini akan sangat padat pengunjung ketika di hari Sabtu dan Minggu. Oleh sebab itu, disarankan untuk datang saat weekdays atau hari kerja saja.

3. Bawa baju ganti dan bekal

Berkunjung ke objek wisata air terjun memang tidak lengkap tanda melakukan aktivitas yang basah seperti bermain air. Untuk itu, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti, ya. Sedulur juga sebaiknya membawa bekal seperti cemilan ringan dan minuman.

Apalagi dengan perjalanan menuju titik air terjun yang cukup jauh, maka kebutuhan minuman yang praktis dan menyegarkan memang jadi hal wajib. Salah satu pilihan menarik untuk menemani wisatamu adalah Pirlo Air Mineral. Tak hanya akan membuat segar, Sedulur akan selalu terhidrasi dan bisa terhindar dari kelelahan saat berada di sana.

Oia, Sedulur juga tidak perlu khawatir karena Pirlo Air Mineral tersedia di toko kelontong sekitar wilayah Jawa Timur dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

4. Menjaga kebersihan

Tidak hanya saat berada di Air Terjun Putuk Truno, di tempat wisata manapun, Sedulur juga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Nah, mungkin hanya itu informasi mengenai Air Terjun Putuk Truno yang dapat dibagikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa selalu patuhi aturan yang berlaku, dan jaga sikap saat berada di wilayah tersebut.