gronjong wariti

Ketika berkunjung atau sekadar melewati Kota Kediri, jangan lupa untuk menikmati keindahan alam yang ada di tengah kota tersebut. Hal ini bisa dilakukan jika Sedulur mengunjungi tempat wisata yang bernama Gronjong Wariti. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini.

Bisa dibilang jika objek wisata yang satu ini menjadi favorit bagi banyak orang, terutama anak-anak. Sebab, sebagian besar wahana permainan yang ada di tempat ini memang diperuntukkan bagi anak-anak. Kendati demikian, bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengunjunginya.

Nah, bagi Sedulur yang mulai tertarik dengan objek wisata Gronjong Wariti, ketahui dulu beberapa informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cafe Trawas dengan Pemandangan Indah

Mengenal Gronjong Wariti

gronjong wariti
Facebook Info Seputar Kediri/Gronjong Wariti

Gronjong Wariti merupakan objek wisata yang ada di Kediri, Jawa Timur yang memang sedang hits belakangan ini. Bisa dibilang begitu karena tempat wisata ini tidak hanya populer di kalangan wisatawan setempat, namun juga wisatawan dari luar daerah.

Menariknya lagi, sejarah dari Gronjong Wariti sendiri sebenarnya cukup kelam. Ternyata objek wisata yang satu ini dulunya merupakan kawasan sungai yang kumuh dan tidak terawat. Kemudian pihak pengurus desa yang dibantu oleh warga setempat, berinisiatif untuk membersihkan kawasan sungai tersebut.

Dengan kerja keras mereka, kini area sungai ini telah menjadi bersih. Tidak hanya itu, bahkan warga berhasil menyulapnya menjadi sebuah objek wisata keluarga yang sangat asri dan juga indah. Suasana sejuk juga terasa, sehingga membuat siapa saja yang mengunjunginya merasa betah berlama-lama.

Aliran air sungai dengan banyaknya pohon bambu yang ada di sekeliling, membuat objek wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepas rasa penat. Selain itu, para pengunjung juga dapat menemukan berbagai macam wahana permainan untuk anak-anak, lho!

BACA JUGA: 29 Rekomendasi Cafe Instagramable di Trenggalek, Super Cozy!

Daya Tarik Wisata Gronjong Wariti Kediri

Dhesaku.id/Gronjong Wariti

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika Gronjong Wariti memiliki banyak daya tarik wisata dan menyediakan beragam aktivitas yang menarik bagi para pengunjung. Kurang lebih, berikut ini beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan.

1. Arung jeram

Bagi para pengunjung dewasa yang ingin suatu wahana yang menantang adrenalin, maka Sedulur dapat mencoba wahana arung jeram. Ya, tempat wisata ini menyediakan wahana arung jeram yang akan sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Arum jeram di sini, memanfaatkan aliran air sungainya yang memang tidak begitu deras dan juga tidak terlalu panjang. Jadi tidak perlu takut, karena arung jeram di sini mungkin tidak seekstrem arung jeram di tempat-tempat lain.

Kendati demikian, terdapat beberapa titik yang mungkin akan terasa menegangkan pada saat Sedulur melewatinya. Jadi tetap utamakan keselamatan saat bermain arum jeram, ya!

2. Berkeliling sungai dengan perahu

Masih memanfaatkan area aliran sungai yang ada di tempat ini, para wisatawan dapat menjelajah sungai dengan perahu yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Sedikit info, objek wisata Gronjong Wariti berada di daerah aliran sungai sepanjang 1 kilometer, dengan arus yang terbilang sedang.

Lalu di bagian sungai yang dangkal, Sedulur bisa menemukan penyewaan perahu kayuh. Nah, Sedulur bersama teman atau keluarga, dapat menaiki perahu kayuh dan mengelilingi area tersebut.

Tersedia dua jenis perahu kayuh yang ada di sini, yakni perahu kayuh untuk anak-anak dengan bentuk perahu yang kecil dan ada ban di kedua sisinya. Serta perahu kayuh untuk orang dewasa, yang bentuknya seperti bebek dengan kanopi di bagian atasnya.

3. Aneka wahana anak

Selain arum jeram dan perahu kayuh, tempat wisata di Kediri yang satu ini juga menyediakan beberapa wahana lainnya yang bisa dicoba bersama keluarga. Beberapa di antaranya seperti wahana ATV, area kolam renang, dan juga flying fox.

Khusus untuk kolam renang, Sedulur bisa menemukan kolam renang anak dan kolam bola warna-warni yang sangat unik tentunya.

Para pengunjung juga dapat menjelajah area wisata dengan menaiki ATV yang disewakan. Kemudian yang wahana lainnya ada flying fox. Akan tetapi, perlu untuk diingat jika wahana flying fox di sini hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja, ya!

4. Wisata kuliner

Setelah puas menikmati berbagai wahana yang telah disediakan di Gronjong Wariti, Sedulur dan keluarga atau teman-teman bisa langsung menikmati berbagai macam sajian kuliner yang ada di sekitarnya. Di sini, terdapat banyak penjual makanan serta minuman khas dari Jawa Timur.

Tentu saja beragam hidangan yang disediakan mampu menggugah selera. Terlebih lagi jika Sedulur menikmatinya ketika lelah dengan berbagai aktivitas yang telah dilakukan. Nah, sambil menikmati hidangan, Sedulur juga dapat bersantai di saung-saung bambu yang ada di sini.

Jadi, selalu optimalkan momen liburan di objek wisata yang satu dengan bercengkrama dengan orang-orang tersayang.

BACA JUGA: 12 Destinasi Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Lokasi Gronjong Wariti

gronjong wariti
Dhesaku.id/Gronjong Wariti

Gronjong Wariti sendiri terletak di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kediri, Jawa Timur. Objek wisata keluarga yang satu ini beroperasi setiap hari, termasuk hari Minggu dan hari libur nasional. Untuk jam bukanya, Sedulur sudah bisa berkunjung mulai dari pukul 07.15 hingga pukul 16.00 WIB.

Akan tetapi, jika Sedulur ingin menghindari keramaian dan kepadatan pengunjung, jika memungkinkan hindari kunjungan di hari-hari libur. Solusi lainnya, yakni Sedulur bersama keluarga dapat datang lebih awal.

Tiket Masuk Gronjong Wariti

gronjong wariti
OutboundKediri.com/Gronjong Wariti

Kemudian soal biaya dan tiket masih, Sedulur tidak perlu membayar biaya untuk bisa memasuki lokasi wisata ini alias gratis. Namun jika ingin bermain wahana-wahana yang ada di dalamnya, barulah wajib membeli tiket.

Selain itu, para pengunjung yang datang dengan kendaraan juga harus menyiapkan uang untuk tarif parkir. Menurut informasi terbaru, berikut ini daftar biaya tiket wahana serta tarif parkir di Gronjong Wariti.

  • Tiket masuk : Gratis
  • Wahana : Mulai dari Rp5.000 hingga Rp25.000 per orang
  • Parkir motor : Rp3.000 per kendaraan
  • Parkir mobil : Rp5.000 per kendaraan

Selain biaya untuk beberapa hal di atas, jangan lupa pastikan untuk menyisakan budget khusus untuk berbelanja souvenir atau buah tangan dari objek wisata yang satu ini. Jangan sampai pulang tanpa membawa oleh-oleh, ya!

Dari informasi mengenai Gronjong Wariti yang ada di atas, apakah Sedulur tertarik untuk mengunjungi objek wisata tersebut? Ya, Pastinya tempat ini sangat cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga, sahabat, teman, atau pasangan tercinta.