Makanan yang tidak boleh dipanaskan

Memanaskan makanan yang sudah dingin menjadi hal yang cukup lumrah di Indonesia. Namun, para ibu harus tetap berhati-hati karena ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan terlalu sering lho.

Hal ini lantaran makanan tersebut menjadi tidak memiliki gizi, bahkan bisa membahayakan kesehatan tubuh. Lantas apa saja sih makanan yang tidak boleh dipanaskan? Simak ulasannya berikut.

BACA JUGA: Resep Trancam Sayur Segar Menyehatkan Bikin Ketagihan

1. Sayur bayam

Sayur Bayam
Cookin ID

Makanan yang tidak boleh dipanaskan pertama adalah sayur bayam. Makanan ini tidak boleh dipanaskan terlalu sering karena bisa menghilangkan banyak nutrisi baik yang terkandung dalam sayur bayam.

-->

Beberapa nutrisi yang dimiliki sayur bayam sendiri adalah vitamin, zat besi, fosfor, asam folat, kalsium dan nitrat. Namun, dilansir dari Healthline, memanaskan sayur bayam terlalu sering bisa menghilangkan vitamin dan mineral yang ada pada bayam.

Mineral dan vitamin tersebut biasanya akan hilang karena tidak tahan dengan panas yang muncul secara berulang kali. Tak hanya itu, proses memanaskan sayur bayam juga berpengaruh pada struktur kimia dari bayam sehingga menjadi sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Sebenarnya, proses memanaskan makanan ini tak hanya khusus pada sayur bayam saja tapi juga pada sayur-sayur hijau lainnya.

2. Nasi

Makanan yang tidak boleh dipanaskan
Unsplash

Nasi menjadi makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan terlalu sering. Hal ini tidak lepas dari adanya kemunculan bakteri yang bisa memicu keracunan makanan ketika nasi dipanaskan.

Dilansir dari Kompas, nasi yang sudah dimasak lebih dari satu hari akan mengandung bakteri Bacillue cereus. Jika nasi dipanaskan, bakteri ini ternyata tidak mati dan akan tetap bertahan pada nasi.

Efeknya, seseorang yang menyantap nasi yang sudah dipanaskan berkali-kali bisa mengalami keracunan dengan gejala diare atau sakit perut.

BACA JUGA: 6 Cara Masak Nasi Biar Tetap Putih, Pulen, dan Tidak Mudah Basi!

3. Telur

Makanan yang tidak boleh dipanaskan
The Spruce Eats

Makanan yang tidak boleh dipanaskan terlalu sering lainnya adalah makanan yang mengandung banyak protein. Salah satunya adalah telur.

Menurut penelitian yang dilakukan Tasting Table, memanaskan telur secara berulang kali bisa menyebabkan rusaknya nutrisi, rasa dan tekstur dari telur tersebut.

Selain itu, Healthline juga menemukan bahwa memanaskan telur beberapa kali bisa menyebabkan telur menjadi kering dan elastis. Hal ini membuat telur menjadi sulit untuk dikonsumsi dan tidak mengenyangkan.

4. Kentang

Kentang goreng
Unsplash

Kentang menjadi makanan selanjutnya yang tidak boleh dipanaskan. Dilansir dari Kompas, kentang memiliki kemampuan menghisap mineral yang ada dalam minyak goreng. Jika kentang digoreng berulang-ulang, maka kadar gizi dalam kentang akan berkurang.

Selain itu, potensi kentang yang digoreng secara berulang bisa meningkatkan kadar kolesterol hingga zat radikal bebas yang berpotensi memunculkan kanker.

BACA JUGA: 10 Jenis Kuah Ramen Enak yang Harus Kamu Coba!

5. Daging ayam

Makanan yang tidak boleh dipanaskan
Perdue

Terakhir adalah daging ayam. Dalam laman SAYS, daging ayam yang dipanaskan secara berulang bisa kehilangan serat dan nutrisi.

Bagi para pecinta kuliner, daging ayam yang dipanaskan juga akan menjadi alot sehingga sulit untuk dikunyah. Ini bisa menyebabkan terjadinya masalah pada rahang atau gigi.

Bahkan, memanaskan ayam yang sudah berada dalam suhu ruangan dan didiamkan dalam waktu lebih dari sehari. Ternyata bisa memunculkan bakteri berbahaya yang bisa memicu terjadinya keracunan makanan.

Namun, beberapa ahli menyarankan jika ingin memanaskan daging ayam pastikan dalam minyak panas dengan suhu 74 derajat Celcius dan waktu penggorengan yang tidak perlu terlalu lama.

Demikian tadi beberapa daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan terlalu sering. Selain bisa menghilangkan nutrisi dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh, memanaskan makanan secara berulang kali juga bisa memunculkan resiko keracunan makanan.

Jadi tetap berhati-hati dan pastikan makanan yang Sedulur panaskan tetap aman untuk dikonsumsi ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.