Barang kelontong

Membuka usaha toko kelontong biasanya membutuhkan kejelian. Dimana Sedulur harus bisa melihat barang apa saja yang diperlukan oleh masyarakat. Kenapa ini penting? Karena setiap wilayah memiliki kecenderungan yang berbeda dalam membeli barang kelontong.

Misalnya, di wilayah yang terdiri dari keluarga dan anak sekolah biasanya menjual kebutuhan pokok serta perlengkapan sekolah bisa menjadi cara agar dagangan cepat laris. Begitu juga ketika Sedulur tinggal di wilayah pariwisata, maka makanan atau minuman kemasan bisa menjadi barang kelontong yang banyak dibeli orang.

Nah memetakan pasar penjualan ini menjadi salah satu hal yang Sedulur perlu ketahui agar bisa membuat seluruh dagangan bisa laku keras. Super sendiri telah memilih beberapa barang yang cocok untuk berbagai wilayah dan pasti jadi incaran banyak orang setiap waktu.

Dan berikut ini daftar barang kelontong yang wajib Sedulur sediakan karena berpotensi laris manis!

-->

BACA JUGA: 12 Keuntungan Menjadi Wirausaha

1. Minyak goreng

Barang kelontong
iStock

Indonesia adalah negara yang memiliki kultur kuliner yang cukup berbeda dengan negara di belahan dunia lain. Misalnya, banyak masakan yang dibuat memiliki komposisi rempah yang sangat lengkap dan banyak. Jadi tidak heran dalam proses memesak bumbu rempah tersebut diperlukan minyak yang juga tidak sedikit.

Keberadaan minyak goreng pun menjadi salah satu barang kelontong yang harus Sedulur sediakan setiap saat. Apalagi minyak goreng juga menjadi senjata utama bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk menjalankan bisnis seperti menjual gorengan, batagor, sampai warung pecel lele.

Minyak goreng juga barang kelontong yang mau bagaimanapun daerahnya akan selalu dicari karena menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia.

2. Agar-agar sachet

Agar agar
Univision

Barang kelonton selanjutnya adalah agar-agar. Yup, bahan makanan sachet ini merupakan barang yang sangat fleksibel dan bisa digunakan dalam banyak hal. Baik untuk membuat makanan penutup atau campuran dalam membuat hidangan utama.

Agar-agar juga banyak dibeli oleh ibu rumah tangga untuk dijadikan membuat persedian makanan ringan di rumahnya. Jadi jika ingin memiliki barang kelontong yang cukup cocok untuk dijadikan barang dagangan maka jawabannya adalah agar-agar sachet.

3. Detergent

Barang kelontong
Earth911

Detergent atau sabun cuci baju juga termasuk barang yang wajib Sedulur miliki ketika membuka usaha toko kelontong. Kenapa? Karena kebutuhan mencuci seseorang pasti selalu terjadi setiap hari.

Sabun cuci baju juga menjadi salah satu barang pokok untuk masyarakat yang membuka usaha laundry. Sehingga jika Sedulur menjual barang satu ini target pasar tidak hanya semata masyarakat biasa tapi juga pelaku usaha lainnya.

Berdasarkan hasil survey yang dirilis Bob Vila, detergent atau sabun cuci baju menempati urutan keempat sebagai barang kelontong paling laris di tahun 2020 lalu.

4. Sabun mandi

Sabun mandi
Unsplash

Barang kelontong yang cepat laku selanjutnya adalah sabun mandi. Kenapa bisa sabun mandi berada di urutan atas barang yang wajib Sedulur stok, hal ini tak lepas dari kondisi cuaca di Indonesia yang hanya ada 2 musim.

Selain itu, tingkat kelembapan yang tinggi juga membuat masyarakat di Indonesia lebih mudah berkeringat dan membuat orang-orang lebih sering mandi dibandingkan masyarakat di wilayah lain.

Jadi tidak heran jika sabun mandi menjadi salah satu barang yang harus Sedulur sediakan setiap saat di warung.

BACA JUGA: Mengenal Sejarah Toko Kelontong di Indonesia

5. Beras

Belanja bulanan
Aplikasi Super

Beras adalah salah satu bahan makanan pokok bagi mayoritas masyarakat di Indonesia. Jadi tidak ada alasan lain Sedulur tidak menjadikan beras sebagai salah satu barang kelontong yang wajib ada di rumah.

Selain menjadi makanan pokok masyarakat, beras juga sering diolah menjadi banyak jenis makanan lain seperti arem-arem, lontong, sampai jamu beras kencur.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Sedulur pastikan dalam menyediakan beras di tokomu. Dimana Sedulur sebaiknya menyediakan berbagai macam beras berkualitas medium sampai premium. Hal ini penting karena agar bisa memberikan variasi pilihan kepada masyarakat.

Salah satu beras berkelas premium yang bisa Sedulur jadikan primadona untuk barang dagangan di rumah adalah Beras Buncit dan Beras Karya Alam. Dua beras ini merupakan beras unggulan yang terkenal pulen, putih dan memiliki rasa yang lezat setelah dimasak.

Beras Karya Alam
Aplikasi Super

Beras Buncit dan Beras Karya Alam sendiri menjadi barang toko kelontong yang didistirbusikan langusung oleh Aplikasi Super sehingga Sedulur bisa membelinya secara mudah lewat ponsel. Jadi jangan ragu untuk kulakan dua jenis beras premium ini karena dijamin Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah ruah!

6. Telur

Barang kelontong
Unsplash

Telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang paling bersahabat untuk masyarakat di Indonesia. Harganya yang murah dengan kandungan gizi yang tidak kalah daging menjadikannya barang kelontong terlaris yang wajib Sedulur stok setiap saat.

Tak hanya dijadikan sebagai sumber protein, telur juga menjadi salah satu bahan penting bagi masyarakat untuk membuat berbagai macam olahan masakan lain seperti roti dan jajanan ringan lainnya.

7. Gula pasir

Gula pasir
Elle

Barang kelontong yang harus ada selanjutnya adalah gula pasir. Menurut Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115 tahun 1998 dan Permendag Nomor 27 tahun 2017, gula pasir termasuk sebagai sembako.

Sembako sendiri adalah sembilan bahan pokok yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat agar bisa mencapai kesejahteraan baik secara sosial, jiwa dan juga raga.

Gula pasir sendiri juga menjadi bahan paling esensial karena tak hanya untuk menunjang kehidupan, tapi juga menjadi sumber usaha bagi masyarakat di Indonesia. Jadi tidak heran jika sebuah toko kelontong wajib menjual sembako sebagai salah satu dagangannya.

8. Garam dapur

Garam dapur
Eat This Not That

Garam dapur menjadi barang kelontong terlaris selanjutnya. Bukan tanpa alasan, garam merupakan bumbu dapur paling dasar yang digunakan untuk memasak di seluruh dunia. Jadi tidak heran, jika keberadaan garam wajib ada di rak tokomu.

Itu tadi 8 besar barang yang termasuk sebagai dagangan kelontong paling laku. Masih ada beberapa barang yang bisa jadi referensi Sedulur untuk memenuhi toko kelontong agar bisa semakin besar ke depannya.

Namun sebelum masuk ke daftar barang kelontong selanjutnya, jika Sedulur berminat untuk membuka usaha toko kelontong modern dengan sistem kulakan yang cepat dan mudah lewat ponsel maka bisa mencoba Aplikasi Super.

Sedulur bisa menjalankan usaha dengan mencari barang kulakan dengan mudah dan cepat sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Toko kelontong
Aplikasi Super

Aplikasi Super juga membuka kesempatan lho untuk Sedulur menjalankan bisnis sendiri di rumah dengan menjadi Super Agen, yang tentunya memiliki banyak keuntungan dan promo harga yang super menarik. Tertarik? Coba download langsung aplikasinya di Google Play Store ya.

Nah mari kita lanjutnya daftar barang toko kelontong selanjutnya!

9. Sabun cuci piring

Barang kelontong
Kompas

Kebutuhan kebersihan rumah tangga menjadi salah satu barang kelontong yang tidak boleh dilewatkan. Setelah detergent dan sabun mandi, sekarang juga ada sabun cuci piring.

Sabun cuci piring penting karena ini menjadi salah satu kebutuhan sanitasi yang tak hanya ada di lingkungan rumah tangga tapi juga usaha lain seperti kuliner. Jadi jika Sedulur menyediakan sabun cuci piring di toko kelontong, sudah bisa dipastikan bahwa barang kelontong ini akan cepat habis lho.

10. Kopi

Kopi bubuk
Unsplash

Budaya minum kopi menjadi salah satu kebiasaan yang sudah ada di Indonesia sejak zaman dahulu. Tidak heran jika banyak jenis minuman kopi sachet yang bermunculan agar bisa memfasilitasi kebutuhan minum kopi masyarakat.

Nah, jika Sedulur ingin toko kelontong laris manis dan banyak barang dagangan yang laku maka pertimbangkan untuk selalu menyediakan stok kopi sachet di rak kelontongmu.

11. Teh

Teh celup
Healthline

Selain kopi, teh juga menjadi minuman sachet yang wajib ada di toko kelontong. Kenapa? Karena setiap ada kebutuhan hajatan atau perayaan keluarga di rumah, teh  menjadi salah satu minuman yang wajib disuguhkan kepada tamu.

Jadi sudah wajib hukumnya untuk toko kelontong menyediakan teh sebagai barang dagangan utamanya.

BACA JUGA: 1 Kg Berapa Gram? Begini Cara Menghitungnya dengan Mudah

12. Saus

Barang kelontong
Unsplash

Banyaknya makanan gorengan yang ada di Indonesia, ternyata juga meningkatkan penjualan ‘cocolan’ dalam dunia kuliner lho. Cocolan ini bisa berupa saus sambel maupun saus tomat, jadi jika Sedulur bisa melihat potensi pasar dengan jeli maka saus kemasan adalah barang kelontong yang harus tersedia di toko.

13. Tepung terigu

Tepung terigu
Unsplash

Tepung terigu adalah bahan masakan yang sangat penting. Selain digunakan untuk membuat roti, tepung terigu juga jadi bahan utama untuk membuat gorengan, jajanan seperti cilok, sampai jajan pasar.

14. Bumbu bubuk sachet

Barang kelontong
Aplikasi Super

Terakhir ada bumbu bubuk sachet. Masyarakat Indonesia yang semakin modern pun kini sudah mulai beralih dari bumbu masak tradisional dengan bumbu bubuk sachet. Alasannya, bumbu sachet lebih mudah didapatkan dan dengan cepat bisa diaplikasikan kedalam masakan yang ingin dibuat.

Jadi tidak heran jika bumbu bubuk sachet menjadi barang kelonton yang paling cepat laku dan laris di masyarakat.

Demikian tadi daftar barang kelontong yang wajib Sedulur sediakan saat membuka toko atau usaha sembako. Melihat daftar di atas, Sedulur juga bisa memahami bahwa barang kelontong artinya barang kebutuhan yang wajib ada karena dibutuhkan dalam setiap aktivitas kehidupan masyarakat.

Barang-barang ini juga bisa dibeli secara mudah lewat Aplikasi Super. Semoga artikel di atas bisa menjadi referensi dan inspirasi untuk Sedulur semua ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.