Terdapat berbagai manfaat jahe untuk khasiat tubuh Sedulur. Agar dapat memiliki tubuh sehat alami, Sedulur bisa simak daftar manfaat jahe di bawah ini!

Jahe merupakan tanaman khas Asia Tenggara yang dapat menghangatkan tubuh. Berawal dari Asia Tenggara dan kemudian menyebar ke mancanegara, jahe dapat digunakan sebagai bumbu masak atau juga tanaman herbal untuk obat-obatan.  Manfaat jahe bisa untuk kesehatan tubuh, dan menjaga tubuh tetap sehat.

Hal tersebut berasal dari kandungan jahe dan manfaatnya. Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas beberapa manfaat jahe yang bisa optimal membuat tubuh sehat dan bugar. Tidak perlu berlama-lama dan berbasa-basi, kita langsung saja simak daftar manfaat jahe yang perlu diketahui!

Baca Juga: 15 Manfaat Jamu Beras Kencur yang Ajaib untuk Kesehatan

-->

Daftar Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh Agar Bugar Alami

1. Menjaga Imunitas Tubuh

1. Menjaga Imunitas Tubuh
tribunnews.com

Manfaat jahe merah yang pertama adalah untuk menjaga imunitas tubuh. DI tengah masa pandemi seperti saat ini, jahe akan sangat membantu kita untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah kita tertular dari virus corona. Jahe bisa kita olah menjadi minuman yang ditambahkan dengan teh atau air lemon dan kita nikmati secara hangat.

Air jahe bisa kita konsumsi secara teratur, lebih baik minum jahe ketika hendak tidur, agar kandungan jahe bisa bekerja saat tubuh kita terlelap. Saat kita tidur, bagian dalam organ tubuh akan berisitirahat, hal tersebut baik untuk distribusi kandungan jahe untuk mendapatkan imunitas tubuh yang tinggi.

2. Mengurangi Mual

2. Mengurangi Mual
detik.com

Mual bisa kita rasakan kapan saja, bisa kita rasakan akibat makanan atau akibat kondisi tubuh yang sedang tidak fit atau sedang tidak sehat. Manfaat jahe selanjutnya adalah dapat mengurangi perasaan mual yang kita rasakan. Mual bisa saja disebabkan oleh morning sickness, vertigo, atau juga efek samping pengobatan yang sedang dilakukan.

Sedulur dapat mengkonsumsi jahe secara mentah atau menjadikanya minuman untuk mengatasi mual yang diderita ibu hamil. Ibu hamil sangat rentan dalam mengalami mual-mual. Bagi Sedulur yang memiliki penyakit maag dan asam lambung juga sangat berpotensi mengalami mual. Hal tersebut bisa dihindari dengan salah satu manfaat jahe.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

3. Mengatasi Masalah Pencernaan
wowkeren.com

Sudah sejak lama jahe dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungan phenolic yang terdapat dalam jahe dapat berfungsi untuk meredakan gejala gastrointestinal dan juga dapat merangsang produksi air liur untuk mencegah terjadinya kontraksi pada perut. Jahe juga dikenal sebagai carminative, sebuah substansi yang bisa membantu tubuh kita untuk mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan.

Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan mengkonsumsi jahe secara teratur. Salah satu manfaat jahe yang sangat penting untuk tubuh adalah dapat mengatasi masalah pencernaan, dan dapat membuat sistem pencernaan mengolah makanan lebih optimal.

4. Mengurangi Rasa Sakit

4. Mengurangi Rasa Sakit
detik.com

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari  University of Georgia menyimpulkan bahwa konsumsi suplemen jahe secara rutin dalam setiap harinya akan mampu mengurangi sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga atau pergerakan yang berlebihan. Rasa sakit yang berkurang bisa mencapai hingga 25%.

Manfaat jahe lainnya juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea atau rasa sakit pada saat menstruasi. Setiap 60% wanita yang sedang menstruasi akan merasa rasa sakit dan dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dapat mengurangi rasa sakit menstruasi.

5. Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit

5. Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit
pngdownload.id

Jahe memiliki sebuah kandungan yang dapat memicu keluarnya keringat. Mengeluarkan keringat akan sangat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mengalami sakit demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi Sedulur dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Para pakar dan tim ahli telah melakukan penelitian terkait keringat, bahwa keringat mengandung sejenis protein yang disebut dermcidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit. Berdasarkan penjelasan tersebut, salah manfaat jahe dapat membantu detokfikasi dan mencegah penyakit kulit.

6. Melindungi Kanker

6. Melindungi Kanker
alodokter.com

Kandungan dalam jahe dapat berperan untuk mencegah kanker. Kandungan tersebut adalah gingerol dan phytonutrient, yang juga memberikan rasa unik pada jahe. Gingerol mampu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.Penelitian dan percobaan dari University of Minnesota terhadap sekelompok tikus, pada kelompok yang diberi gingerol terdapat 4 tikus yang mengalami tumor usus besar, sementara pada kelompok yang tidak diberi gingerol terdapat 13 tikus yang mengalami pertumbuhan tumor.

Hingga saat penelitian memasuki hari ke-49, seluruh tikus yang tidak diberi gingerol akhirnya disuntik mati karena pertumbuhan tumornya sudah terlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus yang disuntik mati. Selain mencegah tumor, gingerol pada jahe juga dapat mencegah kanker.

Baca Juga: 15+ Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Anti Peradangan

7. Anti Peradangan
alodokter.com

Selain mencegah tumor dan kanker, gingerol juga memiliki sifat anti-inflamatori. Hal ini menjelaskan bagi setiap pasien yang menderita peradangan akan merasakan nyeri yang berkurang setelah mengkonsumsi jahe secara rutin. Salah satu manfaat jahe dapat bekerja sebagai anti peradangan.

Mengkonsumsi jahe bukan hanya mampu untuk mengurangi rasa sakit, namun juga dapat mengurangi pembengkakan pada bagian yang nyeri. Jahe diyakini mampu untuk komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

8. Menurunkan Berat Badan

8. Menurunkan Berat Badan
kompas.com

Manfaat jahe selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi jahe panas pada masa diet dapat membantu kita untuk selalu merasa kenyang lebih lama. Dengan merasa kenyang lebih lama hal tersebut membuat kita mampu untuk mengurangi makan.

Selain dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, jahe juga memiliki manfaat untuk menekan rasa nafsu makan kita. Dapat membuat kenyang lebih lama dan mampu untuk menekan nafsu makan, sangat cocok menjadikan jahe sebagai salah satu obat untuk diet.

9. Meningkatkan Kesuburan Pria

9. Meningkatkan Kesuburan Pria
theasianparent.com

Kali ini merupakan manfaat jahe merah untuk pria, yaitu dapat meningkatkan kesuburan pria. Tidak hanya mampu untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi, jahe juga dapat memberikan manfaat bagi kesuburan pria. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dipercaya dapat meningkatkan hormon testosteron.

Hormon testosteron mampu untuk meningkatkan kesuburan pria. Bagi setiap pria yang ingin lebih meningkatkan kesuburannya, bisa mengkonsumsi jahe secara rutin, baik diolah menjadi minuman ataupun diolah menjadi apapun.

10. Meningkatkan Stamina Tubuh

10. Meningkatkan Stamina Tubuh
tribunnews.com

Terdapat manfaat jahe dan sereh untuk meningkatkan stamina tubuh. Mengkonsumsi jahe secara bersamaan dengan sereh dapat memberikan khasiat bagi tubuh, yaitu dapat meningkatkan stamina tubuh.  Bagi Sedulur yang berprofesi sebagai atlet atau juga Sedulur yang bekerja mengandalkan stamina tubuh, dapat mengkonsumsi jahe dengan sereh secara rutin.

Karena jahe dan sereh juga dapat meredakan tubuh dari kelelahan akibat aktivitas fisik yang berlebihan bagi tubuh. Ketimbang mengkonsumsi berbagai obat-obatan kimiawi untuk meningkatkan stamina tubuh, Sedulur bisa memanfaatkan jahe dan sereh sebagai bahan alami untuk meningkatkan stamina tubuh.

11. Mengatasi Masuk Angin

11. Mengatasi Masuk Angin
halodoc.com

Perut kembung yang disebabkan oleh masuk angin akan dirasakan oleh kita tanpa kita sadari. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut, Sedulur dapat mengkonsumsi jahe dengan temulawak ketika mengalami masuk angin atau perut kembung. Jahe dan temulawak dapat mengatasi masuk angin karena adanya kandungan piridoksin pada tanaman tersebut. Manfaat jahe bukan hanya mengatasi namun juga dapat menyembuhkannya

12. Membakar Lemak dalam Tubuh

12. Membakar Lemak dalam Tubuh
idntimes.com

Manfaat jahe yang terakhir adalah mampu untuk membakar timbunan lemak yang ada pada tubuh. Hal ini disebabkan karena jahe mampu bekerja sebagai penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori, dan membantu untuk meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Bagi Sedulur yang merasa timbunan lemak dalam tubuh telah memberatkan tubuh, bisa langsung mengkonsumsi jahe secara rutin.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition di Columbia University, setiap orang yang rutin mengkonsumsi minuman panas yang mengandung jahe di dalamnya, dapat lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang jarang minum air jahe.

Semoga daftar manfaat jahe di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur agar bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar. Mengkonsumsi jahe bisa meningkatkan kesehatan tubuh Sedulur agar memiliki kesehatan yang alami. Jangan lupa juga untuk menyediakan jahe agar Sedulur bisa mendapatkan khasiatnya.

Sedulur bisa membeli jahe di Aplikasi Super dapat memberikan keuntungan, karena harga setiap barang yang tersedia di Aplikasi Super sangat murah. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Mulai gunakan Aplikasi Super untuk segala kebutuhan Sedulur.