kuliner malam sidoarjo

Sidoarjo merupakan salah satu kota di kawasan Jawa Timur yang dikenal dengan berbagai macam destinasi wisatanya. Jadi tidak heran jika banyak yang memilih Sidoarjo sebagai tujuan saat liburan. Salah satu yang menarik dari kota ini, adalah kuliner malam Sidoarjo yang cukup beragam.

Terdapat banyak tempat kuliner di Sidoarjo yang mampu memanjakan lidah sembari menikmati keindahan dari kota Delta tersebut saat malam hari. Ya, bagi yang sering berkunjung kesini, tentu saja sudah tidak asing dengan ragam kuliner malam ataupun dini harinya.

Nah, bagi Sedulur yang sedang berkunjung atau memiliki rencana ke Sidoarjo, ketahui beberapa rekomendasi kuliner malam Sidoarjo yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Pantai di Sidoarjo yang Eksotis dan Indah!

1. Nasi Surga Sidoarjo

kuliner malam sidoarjo
Unsplash/Debbie Tea

Rekomendasi kuliner malam Sidoarjo yang pertama adalah Nasi Surga Sidoarjo. Nasi Surga Sidoarjo merupakan salah satu restoran seafood terpopuler di Jawa Timur. Di tempat ini, Sedulur bisa mencicipi berbagai macam menu seafood favorit. Mulai dari seperti cumi, udang, gurame, dan masih banyak lagi.

Walaupun restoran ini mengutamakan hidangan seafood, Sedulur tetap bisa menemukan menu-menu yang lain seperti ayam, pecel, lodeh, dan lain sebagainya. Harga yang terjangkau, membuat warung makan yang satu ini sering dijadikan sebagai tujuan utama bagi para pengunjung.

2. Nasi Pecel Dalu

Kuliner malam Sidoarjo yang terkenal dan banyak disukai adalah Pecel Dalu. Sedulur bisa menikmati sajian nasi pecel yang sangat lezat, dengan pilihan lauk yang sangat beragam seperti ayam, empal, tempe, dan lainnya sesuai dengan selera.

Sesuai dengan namanya, warung Nasi Pecel Dalu baru buka dari pukul 10 malam sampai 4 pagi. Kendati demikian, warung tersebut tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bukan tanpa alasan, Pecel Dalu mempunyai ciri khas pada citarasa yang dihadirkan, yakni sajian bumbu kacang ekstra pedas.

3. Sate Kelopo Pak Sadi

Berikutnya ada warung Sate Kelopo Pak Sadi, yang juga menjadi salah satu kuliner malam paling dicari para wisatawan saat berkunjung ke Sidoarjo. Sate kelopo ini dibuat dari daging ayam atau sapi, yang kemudian dibakar dengan bumbu sate yang khas.

Tidak hanya disitu, kelezatannya akan semakin terasa berkat taburan kelapa parut yang gurih dan nikmat. Rasanya yang sangat lezat ini, tentu saja akan terasa cocok untuk disantap di malam hari sambil menikmati suasana malam hari Kota Sidoarjo .

4. Rawon Gajah Mada

Bagi para pecinta rawon, Rawon Gajah Mada di Sidoarjo bisa menjadi tempat yang tepat untuk menikmati santapan yang satu ini. Warung Rawon Gajah Mada ini buka dari pukul 10 malam sampai 3 pagi, sehingga sangat cocok untuk mengisi perut di malam hari, atau bahkan saat tengah malam.

Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari nasi rawon, nasi kare, nasi campur, oseng pedas, nasi pecel, dan beberapa hidangan lain yang tidak kalah nikmat. Pilihan lauknya juga ada banyak, termasuk telur, gorengan, perkedel, dan empal serta jeroan sapi.

5. Tahu Tek-Tek Pak Gendut

Bagi yang belum tahu, tahu tek-tek merupakan salah satu kuliner khas Sidoarjo yang disukai banyak orang. Kuliner ini, berupa tahu goreng yang renyah kemudian disajikan dengan saus kacang, petis, dan bawang goreng. Nah, Tahu Tek-Tek Pak Gendut menjadi tempat yang paling terkenal untuk menikmati kuliner ini.

Jangan salah, Tahu Tek-Tek pak Gendut menyajikan hidangan tahu tek-tek yang sangat nikmat, dengan citarasa yang istimewa. Sedulur dijamin tidak akan bisa menemukan kelezatan tahu tek-tek seperti yang ada di tempat ini.

BACA JUGA: 15 Oleh-oleh Khas Sidoarjo yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

6. Warung Puas Pranoto Kuliner

kuliner malam sidoarjo
Unsplash/Sigmund

Sedulur mencari tempat kuliner malam Sidoarjo bersama keluarga, Warung Puas Pranoto Kuliner bisa menjadi opsi yang paling tepat. Warung makan satu ini, menyajikan beragam menu enak seperti nasi ayam, bakso, nasi udang, seafood, dan berbagai macam hidangan lezat yang lainnya.

Namun ketika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mencicipi menu unik mereka, yakni nasi goreng rawon dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, porsi dari setiap hidangan yang disajikan sangat melimpah. Jadi tidak hanya nikmat, namun juga mengenyangkan.

7. Tahu Campur Abdi Rasa

Selain beberapa warung yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada pula warung Tahu Campur Abdi Rasa yang buka mulai pukul 6 sore sampai tengah malam. Bagi Sedulur yang menyukai hidangan satu ini, jangan sampai lupa mampir di warung Tahu Campur Abdi Rasa.

Sedikit berbeda hidangan tahu campur pada umumnya, menu tahu campur di sini memiliki ciri khas tersendiri. Yakni berupa paduan antara sayuran, kikil, dan juga bumbu yang lezat. Tentu saja warung ini bisa menjadi jalan terbaik bagi Sedulur yang merasa lapar di malam hari.

8. Sate Barongan

Rekomendasi kuliner malam Sidoarjo yang berikutnya adalah Sate Barongan. Tidak usah khawatir, warung yang satu ini terus buka selama 24 jam penuh. Satu porsi sate di tempat ini, berisikan 10 tusuk dengan isian daging kambing yang dibakar dengan menggunakan teknik khusus.

Kemudian, sate tersebut dilumuri sambal kacang dan sedikit kecap yang akan membuatnya terasa jauh lebih nikmat. Tekstur daging yang sangat lembut dan kenyal, membuat banyak orang menyukai hidangan di Sate Barongan, baik itu warga sekitar maupun dari luar daerah sekalipun.

9. Soto Buntut Choirul

Pexels/Valeria Boltneva

Warung Soto Buntut Cak Choirul ini memang sudah sangat terkenal di Sidoarjo. Tempat makan yang satu ini, buka mulai pukul 6 sore hingga 10 malam. Di sini, Sedulur bisa menyantap berbagai jenis soto. Di antaranya yakni soto buntut, soto daging, soto daging istimewa, soto iga, dan lain sebagainya.

Ya, opsi menu yang sangat lengkap, membuat Sedulur tidak perlu khawatir akan hidangan yang ingin disantap. Begitu pula dengan rasanya, setiap menu yang dihadirkan memiliki citarasa yang gurih dan khas, sehingga membuat banyak orang merasa ketagihan.

Nah, itu dia beberapa tempat kuliner malam Sidoarjo yang direkomendasikan. Bagi Sedulur yang sedang berada di Sidoarjo, jangan lupa untuk mampir ke minimal salah satu warung makan yang ada di atas.

Sayang sekali jika Sedulur hanya melewatkannya, apalagi sedang dalam kondisi perut yang kosong setelah melalui perjalanan jauh dari luar kota.