nasi bali surabaya

Surabaya memang jadi surga kuliner bagi para pecinta pedas. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah nasi Bali Surabaya. Makanan ini cukup mirip dengan nasi campur Bali yang memiliki cita rasa pedas. Namun, beberapa orang di Surabaya juga menyebut nasi ini sebagai nasi krengsengan.

Cita rasa pedas yang nampol memang menjadi ciri khas makanan ini. Nah, Bagi Sedulur yang penasaran bagaimana nikmatnya nasi Bali di Surabaya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba!

BACA JUGA: Resep Bebek Madura Bumbu Hitam, Lezat & Kaya Rempah!

1. Nasi Bali Pengampon

nasi bali surabaya
Facebook/SurabayaRek

Rekomendasi nasi Bali Surabaya yang pertama adalah Nasi Bali Pengampon. Ini merupakan salah satu warung nasi Bali paling terkenal di kawasan Kalianyar, Bongkaran. Apalagi dengan resep yang sudah diturunkan selama puluhan tahun, makanan ini juga menjadi salah satu legenda di Kota Pahlawan.

Kelezatan nasi Bali Pengampon Surabaya ini juga dibuktikan dengan datangnya salah satu Youtuber Kuliner, Nex Carlos ke warung tersebut. Jadi sudah tidak perlu lagi Sedulur ragu untuk merasakan kelezatan hidangan pedas ini.

Nasi Bali Pengampon sendiri memiliki lauk yang sederhana. Dengan nasi panas sebagai sumber karbohidrat, sang penjual akan menyiram dengan kuah pedas yang memiliki topping seperti krecek dan telur ayam rebus. Jika Sedulur penasaran, langsung cobain aja ya.

2. Nasi Sambel Mak Yeye

Youtube/Kompas TV

Mirip dengan nasi Bali Surabaya, warung nasi sambel Mak Yeye bisa jadi opsi juga untuk Sedulur yang ingin mencicipi hidangan pedas di Surabaya. Warung sego sambel ini sudah buka sejak tahun 1982 dan sampai sekarang masih terus ramai oleh pelanggan.

Menu makanan di sini sebetulnya sangat sederhana, hanya nasi putih, siraman sambal pedas, dan lauk-pauk. Tapi jangan salah. Rasanya sungguh istimewa. Lauk-pauknya antara lain telur dadar, tempe goreng, lele goreng, dan iwak pe (ikan pari). Sambalnya sendiri tipe sambal basah yang pedasnya akan ikutan menyerap ke nasi dan lauknya.

BACA JUGA: 10 Makanan Khas Lumajang yang Masih Ada dan Wajib Dicoba

3. Nasi Campur Mbah Cikrak

nasi bali surabaya
Instagram/Julianvankusty

Jika Sedulur sedang mencari Nasi Bali Surabaya yang bukanya dari pagi, maka Warung Mbah Cikrak yang berada di Jalan Undaan Wetan, Surabaya ini bisa jadi pilihan. Dengan resep yang sudah dibuat sejak tahun 1960, tentunya rasa yang diberikan dari setiap menu warung ini tidak akan membuat Sedulur kecewa,

Sedulur bisa mencicipi beberapa lauk pedas super nampol seperti krengsengan, ayam, telor, dan oseng-oseng kacang panjang dalam satu porsinya. Jadi jika kamu penasaran dan ingin merasakan pedas di pagi hari, maka datang saja ke Nasi Campur Bali Mbah Cikrak.

4. Nasi Inul Hj Rochmah

Youtube/Yusuf Farda Channel

Nasi ini sebenarnya bukan nasi Bali, tapi lebih ke nasi khas Madura. Namun, untuk Sedulur yang mencari kuliner pedas yang cukup hidden gems di Surabaya, maka Nasi Inul Hj Rochmah bisa jadi pilihan.

Sedulur akan bisa mencicipi sebuah kelezatan pada seporsi nasi yang dicampur dengan lauk seperti tongkol, babat, bandeng, krengsengan, dan telur. Tak lupa siraman kuah pedas yang tentunya akan membangkitkan selera makan Sedulur.

Warung Nasi Inul Hj Rochmah juga berada di daerah perkotaan, tepatnya Jalan Kapas Baru VIII nomor 36, Tambaksari, Surabaya. Harganya juga cukup bersaing karena mulai dari Rp10.000 sampai Rp15.000 saja.

Nah, itu tadi deretan rekomendasi nasi Bali Surabaya yang bisa Sedulur coba. Semoga informasi ini bisa membantumu menemukan lokasi makan pedas yang tak hanya lezat tapi juga nampol. Selamat mencoba ya!