Kegunaan panci

Panci merupakan salah satu alat memasak yang wajib dimiliki oleh semua ibu rumah tangga. Tak hanya sebagai alat untuk merebus makanan, kegunaan panci ternyata sangat beragam. Bahkan, beberapa koki profesional menggunakannya untuk menggoreng.

Kegunaan panci yang beragam ini tidak lepas dari variasi bentuk yang cukup banyak. Beberapa panci pun dibuat secara khusus untuk bisa menciptakan sebuah masakan yang unik nan lezat. Lalu, apa saja macam-macam panci dan kegunaan panci? Yuk simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 5 Teknik Menggoreng Yang Bikin Makanan Matang Sempurna

1. Panci sup atau stock pot

kegunaan panci
America Test Kitchen

Jenis panci yang pertama adalah panci sup atau stock pot. Ini adalah panci yang paling banyak dijumpai dan digunakan oleh semua orang di dunia.

-->

Panci ini memiliki bentuk tabung dengan berbagai macam ukuran dari yang kecil, besar, dan juga tinggi. Umumnya kegunaan panci sup ini untuk membuat berbagai macam masakan berkuah dari gulai, sop, sampai soto.

2. Panci saus atau saucepan

saucepan
Proware Kitchen

Untuk sedulur yang suka memasak mie instan, panci ini tentu sudah sangat familiar. Yup, jenis panci selanjutnya adalah panci saus atau saucepan.

Dari namanya saja, kita sudah tahu jika kegunaan panci ini untuk membuat berbagai macam saus. Namun, karena fleksibilitas panci ini yang cukup tinggi, saucepan bisa dipakai untuk menggoreng dan juga memasak mie instan lho.

Salah satu ciri khas dari jenis panci ini adalah bagian gagang yang cukup panjang. Jika panci stok memiliki pegangan seperti telinga, maka saucepan memiliki bentuk yang cukup berbeda jauh.

BACA JUGA: Cara Alami Menghilangkan Bau Amis Saat Memasak Daging

3. Panci presto

kegunaan panci
New York Times

Selanjutnya ada panci presto. Panci ini merupakan alat masak yang memiliki kompleksitas yang cukup tinggi. Material yang digunakan untuk membuat panci ini juga tidak sembarangan karena menggunakan baja yang cukup tebal.

Memiliki bentuk yang kompleks, ternyata berdampak pada fungsi panci presto yang sangat istimewa. Panci ini memiliki fungsi untuk melembutkan tekstur daging atau makanan yang sangat keras.

Hasil dari kegunaan panci presto bisa dilihat dari masakan seperti ayam tulang lunak, bandeng presto, sampai daging steak lembut.

4. Panci panggang

panci panggang
Saveur

Jika panci kebanyakan memiliki bentuk tabung melingkar, maka panci satu ini memiliki bentuk persegi. Yup, jenis panci selanjutnya adalah roasting pan atau panci panggang.

Panci panggang biasanya digunakan sebagai alat tambahan saat Sedulur ingin menggunakan oven besar untuk memasak. Beberapa makanan yang biasanya menggunakan alat ini adalah ayam panggang utuh, kalkun panggang, sampai steak.

5. Panci kukus

Teknik mengukus
Mad About Cooking

Jenis panci yang terakhir adalah, panci kukus. Alat masak satu ini juga cukup populer dalam beberapa waktu ke belakang usai banyaknya usaha berjualan dimsum, siomay, dan makanan sehat lainnya.

Panci ini memiliki ciri khas sekat dua tingkat yang ada di bagian dalamnya. Pada sekat tersebut biasanya terdapat plat besi berongga yang berguna untuk menghantarkan uap air dari dasar panci.

BACA JUGA: Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap

Kegunaan panci

kegunaan panci
First Cry Parenting

Banyaknya jenis panci yang ada sekarang ini memang memberikan banyak manfaat dalam dunia memasak. Namun, kegunaan panci yang utama tetap pada kemampuannya dalam mengelola makanan dalam jumlah besar.

Fungsi panci juga bisa dilihat dari kemampuannya untuk memasak sayuran, mengukus, merebus, sampai memfasilitasi teknik deep fry yang cukup populer sekarang ini.

Tak hanya bisa digunakan untuk memasak bahan mentah saja, panci juga bisa menjadi rice cooker darurat. Hal ini karena panci memiliki bentuk yang bisa membantu nasi cepat matang jika alat penanak sedang mengalami kerusakan.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang fungsi dan kegunaan panci yang wajib Sedulur ketahui. Panci sendiri menjadi alat masak paling penting dan harus ada di rumah karena manfaatnya yang sangat banyak bagi para ibu rumah tangga.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.