ide bisnis kreatif

Salah satu cara menjalankan bisnis agar laris manis adalah berpikir kreatif dan inovatif untuk menghasilkan bisnis yang unik. Dengan ide bisnis kreatif dan unik, Sedulur akan bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Karena produk yang ditawarkan dan dijual berbeda dari yang lain yang sudah ada. Aplikasi Super kali ini akan membahas berbagai  ide bisnis kreatif yang jarang ada, baik itu ide bisnis kreatif terbaru, ide bisnis kreatif modal kecil dan ide bisnis kreatif dan inovatif lainnya. Berikut beberapa contoh ide usaha kreatif dan kekinian bagi pemula dengan modal kecil yang bisa Sedulur coba. Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

BACA JUGA: 15 Ide Bisnis Kreatif Untuk Anak Muda, Modal di Bawah 1 Juta!

Daftar Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif yang Paling Menguntungkan di Tahun 2022

1. Kerajinan tangan

ide bisnis kreatif
bp-guide.id

Ide bisnis kreatif anak muda akan sangat menguntungkan yang pertama adalah membuka toko yang menjual kerajinan tangan dan cinderamata. Terutama bagi Sedulur Super yang memiliki rumah di daerah strategis seperti di samping jalan raya atau tinggal di tempat wisata.

-->

Banyak karya tangan dan cinderamata seperti tas, sepatu hingga berbagai pernak-pernik rumah bisa Sedulur  Super buat. Keuntungan dengan membuat usaha rumahan jenis ini adalah Sedulur tidak memerlukan banyak modal.

2. Bisnis barang antik 

ide bisnis kreatif
Kompas.com

Ide bisnis kreatif di masa pandemi yang banyak orang coba adalah salah satunya dengan menjual barang antik. Contoh barang antik yang dapat Sedulur coba jual yaitu seperti sepeda antik, jam tangan antik, kamera analog dan yang lainnya. Barang-barang antik tersebut bisa dijual dengan harga milyaran lho. Tertarik untuk mencobanya? 

3. Ide bisnis kreatif desain uang mahar 

 
ide bisnis kreatif
Hipwee

Sedulur memiliki keahlian dalam menghias atau mendesain sesuatu? Jika iya, bisnis uang mahar dapat Sedulur coba. Bisnis tidak membutuhkan modal yang besar, cukup dengan keterampilan tangan dan juga ketelitian saja.  Desain uang mahar yang biasanya banyak dipesan adalah berbentuk kolase dengan uang koin atau uang logam. Apakah Sedulur berminat?

BACA JUGA: 25 Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Menjanjikan 2022

4. Menjual tanaman hias

ide bisnis kreatif
popbela.com

Usaha satu ini termasuk dalam usaha pertanian yang menguntungkan. Jarang ada usaha yang menguntungkan dari bidang pertanian. Karena biasanya usaha pertanian harus membutuhkan modal besar dengan jaringan yang telah kuat. Jika telah memiliki kedua hal tersebut, bisnis di bidang pertanian menjadi salah satu usaha yang menguntungkan.

5. Ide bisnis kreatif Thrift Shop

ide bisnis kreatif
Unsplash

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah menjalankan thrift shop, menjual pakaian bekas yang masih memiliki kualitas tinggi. Selain itu bisnis ini sangat menguntungkan karena model dari setiap pakaian jarang ada yang memiliki.

6. Membuat parcel

ide bisnis kreatif
Unsplash

Contoh ide bisnis kreatif satu ini sangat menguntungkan dan layak coba, sama seperti usaha pada umumnya, usaha satu ini juga akan ramai ketika memasuki momen Hari Raya. Banyak masyarakat yang saling berbagi dan mengirim parcel untuk kerabat atau rekan kerja.

7. Menjual frozen food

ide bisnis kreatif
Unsplash

Ide bisnis online yang dapat Sedulur coba adalah menjual frozen food. Sedulur dapat menjualnya secara online melalui media sosial. Bisnis frozen food ini cukup mengutungkan, karena saat ini banyak masyarakat yang menyukai makanan beku dikarenakan daya tahannya yang sangat lama. Bisa Sedulur lihat di setiap supermarket pasti tersedia banyak makanan beku yang ditawarkan. Hal ini bisa menjadi peluang sebagai ide bisnis kreatif dengan melakukan beberapa inovasi.

BACA JUGA: Usaha Laundry: Tips, Jenis, Modal, Kelebihan & Kekurangan

8. Menjual produk daur ulang 

Kompas

Ide bisnis kreatif anak muda yang dapat Sedulur coba selanjutnya adalah menjual produk daur ulang. Sedulur dapat memanfaatlan bungkus makanan, botol air mineral bekas sebagai bahan utamanya. Selain bermanfaat untuk mengurangi sampah, bisnis produk daur ulang juga tidak membutuhkan modal uang yang banyak. 

9. Wedding organizer

ide bisnis kreatif
Unsplash

Membuka wedding organizer merupakan ide bisnis kreatif yang menjanjikan. Banyak pasangan yang akan menikah membutuhkan jasa wedding organizer. Kecenderungan menggunakan wedding organizer saat ini telah menjadi sebuah trend dalam sebuah pernikahan.

10. Membuka barbershop

Unsplash

Barbershop merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan dengan peluang usaha tinggi. Usaha potong rambut telah lama berjalan dan dilakukan banyak orang,. Namun potong rambut dengan konsep barbershop merupakan sesuatu yang baru. Sedulur bisa menyisipkan ide bisnis kreatif agar barbershop berbeda dengan tempat potong rambut pada umumnya.

BACA JUGA: 10+ Bisnis Untuk Pemula – Mudah Dijalankan & Tanpa Modal

11. Kursus musik privat

CNN

Ide bisnis yang belum ada di masa sekarang ini adalah membuka kursus music privat. Bisnis ini belum banyak dijalankan, sehingga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan selanjutnya.

Saat ini banyak orangtua muda yang keduanya bekerja untuk mendapatkan pemasukan yang cukup untuk kebutuhan bulanan. Oleh karena itu, banyak anak-anak dititipkan kepada saudara atau keluarga. Dengan membuka jasa penitipan anak, target pasar orangtua muda bisa menjadi sasaran tepat untuk jasa usaha satu ini.

12. Menjual property

ide bisnis kreatif
Unsplash

Ide bisnis kreatif satu ini hanya membutuhkan kemampuan berbicara yang baik dan juga kemampuan menyakinkan calon pembeli. Dan keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan akan sangat besar dari setiap property yang laris terjual.

13. Menjual kerajinan rotan 

ide bisnis kreatif
Freepik

Kerajinan berbahan rotan memang memiliki daya tersendiri dari masayarakat. Ini dapat Sedulur manfaatkan untuk memulai bisnis dengan menjual kerajinan rotan. Rotan memang banyak dijadikan bahan utama untuk membuat furnitur karena lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan kayu. Furniture menjadi hal yang penting dalam setiap hunian sehingga banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini dapat Sedulur manfaatkan dengan memulai bisnis kerajinan rotan. 

14. Ide bisnis kreatif jasa menulis

Unsplash

Salah  satu ide bisnis kreatif berbasis teknologi yang selanjutnya adalah dengan menjual jasa adalah menulis. Menulis merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa menulis untuk mengedukasi pembelinya terkait produk yang dimiliki setiap perusahaan.

15. Fotografer

15. Fotografer
sindonews.net

Menjadi fotografer juga bisa sangat menguntungkan Sedulur Super sekalian, sekaligus bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif. Sama seperti penulis, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa dari para fotografer untuk kepentingan perusahaannya.

16. Desainer

Unsplash

Masih berkaitan dengan dunia digital marketing, desainer grafis merupakan salah satu ide bisnis kreatif yang tengah disorot beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan tingginya kebutuhan akan visual yang saat ini sedang tinggi.

17. Influencer

17. Influencer
cermati.com

Banyak platform yang bisa Sedulur gunakan, seperti Youtube, Instagram dan juga platform lainnya yang dapat memberikan kita pemasukan yang tinggi. Oleh karena itu, menjadi influencer merupakan salah satu peluang usaha yang patut dipertimbangkan dan juga salah satu daftar ide bisnis kreatif yang patut dipertimbangkan tahun ini.

18. Jasa katering

18. Jasa Katering
kompas.com

Memiliki sebuah katering juga merupakan sebuah contoh bisnis yang bisa memberikan Sedulur banyak keuntungan. Banyak kegiatan atau event yang membutuhkan jasa katering. Seperti pernikahan, seminar, hingga peresmian sebuah kegiatan atau kantor.

19. Jasa rias wajah

ide bisnis kreatif
Unsplash

Profesi yang sedang ramai saat ini adalah profesi make-up artist. Menjalankan profesi satu ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif. Jangan salah, jika kita telah menjadi seorang make-up artist profesional, kita bisa mendapatkan bayaran yang sangat besar, lho.

20. Pemandu wisata

Unsplash

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah menjadi pemandu wisata. Profesi satu ini juga bisa kita jadikan sebagai sebuah peluang usaha, sekaligus sebuah contoh usaha kecil-kecilan yang bisa ditiru. Jangan salah, menjadi pemandu wisata dapat memberikan kita penghasilan yang tinggi.

21. Mencari data penelitian

ide bisnis kreatif
Unsplash

Banyak mahasiswa yang sedang menulis tesis dan atau tugas akhirnya yang membutuhkan banyak data. Namun biasanya mereka tidak memiliki banyak waktu untuk penelitian. Kondisi tersebut bisa dijadikan ide bisnis kreatif yang akan sangat laris, karena adanya kebutuhan dari masyarakat.

22. Menjadi penerjemah

22. Menjadi Penerjemah
indozone.id

Kemampuan Bahasa menjadi faktor penting untuk menjalankan ide bisnis kreatif satu ini. Banyak perusahaan atau para akademisi yang membutuhkan jasa penerjemah untuk urusan mereka masing-masing.

Perusahaan biasanya membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan proposal dan surat menyurat, sedangkan akademisi membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan jurnal atau penelitian yang sedang dilakukan.

23. Menjalankan bisnis waralaba

23. Menjalankan Bisnis Waralaba
pawoon.com

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang berjalan secara kemitraan. Sedulur akan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki produk yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Sedulur hanya tinggal menjual produk tersebut dengan beberapa kesepakatan dengan perusahaan yang bersangkutan. Saat ini banyak sekali pilihan bisnis waralaba yang bisa dipilih untuk dijalankan. Selain itu, bisnis waralaba juga bukan hanya memberikan sebuah barang.

24. Rental mobil

24. Rental Mobil
detik.com

Menjalankan ide bisnis kreatif satu ini memang membutuhkan modal yang cukup besar di awal. Namun pemasukan dalam menjalankan bisnis ini juga akan sangat cepat, karena tarif sewa mobil yang lumayan tinggi.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata tanpa membawa kendaraan. Membuka usaha rental mobil merupakan suatu peluang usaha yang akan membawa keuntungan besar. Modal besar di awal pun akan cepat tertutup.

25. Warnet game

25. Warnet Game
kompas.com

Walaupun saat ini banyak masyarakat yang memasang internet sendiri di rumahnya, menjadikan warnet sebagai ide bisnis kreatif adalah hal yang wajar. Karena warnet masih menjadi primadona, terutama warnet game.

Karena bermain game membutuhkan komputer dengan kemampuan tinggi. Menjadikan warnet game masih bertahan dan masih sangat dibutuhkan oleh para gamers garis keras yang. Tidak heran banyak pengusaha warnet yang saat ini masih bertahan.

26. Penyewaan kostum 

ide bisnis kreatif
Tempo

Membuka jasa penyewaan kostum menjadi bisnis yang perlu Sedulur coba. Jasa penyewaan baju banyak dicari ketika momen-momen tertentu, seperti wisuda, karnaval dan yang lainnya. Jika ingin memulai bisnis ini, tentukan terlebih dahulu jenis baju yang akan disewakan. Kemudian perbanyak relasi agar bisnis dapat beerjalan dengan lancar.

 

27. Usaha kue kering

ide bisnis kreatif
Unsplash

Ide bisnis satu ini sudah sangat terbukti mampu mengantarkan keuntungan yang sangat melimpah. Terutama jika menjual usaha kue kering pada momen-momen tertentu. Biasanya kue kering akan sangat laku jika dijual pada saat hari raya.

Membuat kue kering pun tidak terlalu sulit dan bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat dan juga harganya sangat murah. Kita bisa semakin banyak mendapatkan keuntungan untuk menjalankan usaha kecil-kecilan satu ini.

Sudah menjadi kebiasaan jika di Hari Raya harus tersedia kue kering sebagai sajian utama, disandingkan dengan berbagai hidangan berat lainnya, seperti opor ayam dan juga gulai. Hari Raya akan semakin lengkap dengan hadirnya kue kering. Hal tersebut yang menjadikan usaha satu ini sangat menguntungkan.

28. Menjual camilan unik

28. Menjual Camilan
kompas.com

Banyak makanan ringan atau camilan yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif dan inovatif. Banyak juga contoh usaha kecil-kecilan satu ini yang telah terbukti memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis yang menjalankannya. Contoh camilan unik yang digemari masyarakat yaitu bakso goreng, makaroni pedas hingga croffle. 

Hal yang membuat usaha satu ini menjadi sangat menguntungkan adalah karena banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai camilan. Masyarakat Indonesia seringkali menghabiskan waktu luang dengan ngemil makanan ringan sambil minum kopi atau minum teh.

29. Menjual pulsa atau token listrik

Unsplash
Unsplash

Ide bisnis online selanjutnya adalah menjual pulsa atau token listrik. Saat ini setiap masyarakat sudah menggunakan gadget sebagai alat utama untuk berkomunikasi. Oleh karena itu setiap orang tersebut membutuhkan pulsa untuk gadgetnya. Sedulur dapat menjualnya melalui media sosial lho. Mudah bukan?

Keuntungan menjalankan jenis bisnis ini memang tidak terlalu banyak. Tetapi, jika dijalani dengan serius , kita akan banyak mendapatkan keuntungan walaupun hanya sedikit. Keuntungan yang sedikit jika didapat dari jumlah yang banyak sama-sama akan memberikan keuntungan juga.

30. Admin social media

30. Admin Social Media
teraa.net

Ide bisnis kreatif berbasis teknologi yang dapat Sedulur coba adalah menjadi admin media sosial. Di tengah perkembangan bisnis digital saat ini, pondasi promosi bisnis sangat mengandalkan sosial media. Banyak perusahaan yang khusus merekrut jasa untuk menjadi admin social media terkait promosi produk yang mereka buat. Ide bisnis satu ini bisa menjadi pilihan yang menggiurkan bagi kita. Terutama yang memiliki ketertarikan di dunia marketing sosial media.

Ketika Sedulur telah memahimi marketing sosial media, menjalankan bisnis ini akan sangat mudah dan menyenangkan. Honor untuk pekerjaan ini juga sangat menggiurkan, lho!

31. Digital agency

31. Digital Agency
pagesatu.com

Digital agency atau agen digital kerap menjadi pilihan bagi setiap perusahaan yang ingin meluaskan usahanya. Banyak jasa yang ditawarkan oleh digital agency, mulai dari pembuatan website, admin social media, hingga influencer. Bagi kita yang memiliki kenalan atau jaringan yang mahir di dunia digital, kita bisa membuat digital agency dan menawarkan jasa ke setiap perusahaan.

32. Jasa Pembuatan Website

ide bisnis kreatif
duniakaryawan.com

Bagi Sedulur yang memiliki bakat di dunia programming dan mahir dalam membuat website, Sedulur bisa menjadikan jasa pembuatan website sebagai profesi. Mendukung promosi bisnis yang saat ini mengandalkan dunia digital, profesi satu ini menjadi sangat berharga.

Banyak perusahaan yang membutuhkan website untuk dibangun, selain bisa melebarkan bisnis, website juga bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan lainnya.

33. Toko Kelontong

33. Toko Kelontong
superapp.id

Toko kelontong merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang menjanjikan sekaligus bisnis abadi yang tidak ada matinya, hal tersebut disebabkan karena toko kelontong menjual berbagai jenis sembako kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Dikarenakan permintaan barang dan kebutuhan masyarakat akan sembako selalu tinggi di setiap harinya, membuat bisnis toko kelontong sangat menggiurkan untuk dijalani. Apalagi bisa menjalani bisnis toko kelontong di rumah, jauh lebih menguntungkan lagi. Agar lebih mudah, Sedulur bisa kulakan toko kelontong dengan menggunakan Aplikasi Super lho.

34. Jasa titip (Jastip)

ide bisnis kratif
Freepik

Jastip atau jasa tititp merupakan contoh ide kreatif dan inovatif dalam wirausaha yang dapat Sedulur coba. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar lho. Cukup dengan memanfaatkan kecanggihan smartphone, maka Sedulur sudah dapat menjajal binis yang ngehits ini. 

Demikianlah informasi 30 ide bisnis unik yang dapat Sedulur coba. Selain menguntungkan, bisnis yang sudah disebutkan di atas juga tidak membutuhkan modal yang banyak lho. Selamat mencoba. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.