Cara merebus ceker agar empuk

Salah satu bagian ayam yang banyak disukai masyarakat Indonesia adalah ceker. Bagian ini merupakan kaki ayam yang umumnya dimasak dengan cara digoreng maupun dibacem. Namun, agar hasilnya bisa enak dan empuk, perlu cara merebus ceker ayam yang benar.

Beberapa orang biasanya akan menggunakan presto untuk memasak ceker agar bisa empuk dan lembut hingga bagian tulangnya. Sayangnya tidak semua orang memiliki alat presto karena harganya yang mahal. Tapi jangan khawatir. Untuk Sedulur yang sedang mencari cara praktis merebus ceker ayam agar empuk tanpa presto, bisa menyimak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Rekomendasi Keripik Paling Enak, Cocok Untuk Dagangan Warung!

1. Bersihkan ceker dari kulit ari

Unsplash

Tips pertama agar hasil rebusan ceker ayam menjadi lebih empuk adalah dengan membersihkannya secara tepat. Sedulur harus jeli karena pada bagian kaki ayam ini memiliki perbedaan dengan bagian lainnya. Terdapat kulit ari yang menyelimuti hampir sebagian besar ceker dan ini harus dihilangkan.

-->

Kulit ari ini cukup mudah diidentifikasi karena permukaannya yang cenderung kasar dan keras. Sedulur bisa mengupasnya dengan menyisikkan pada pisau. Bagian lain seperti jalu dan kuku pada ceker ayam juga sebaiknya dihilangkan.

2. Rendam dalam larutan jeruk sebelum direbus

Eating Well

Trik selanjutnya adalah memanfaatkan perasan jeruk nipis untuk membantu mengempukkan daging dan kulit pada ceker. Proses ini bisa dilakukan setelah ceker dicuci bersih dan kulit arinya dihilangkan. Lalu siapkan air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Rendam ceker dalam larutan tersebut selama kurang lebih 30 sampai 60 menit.

Larutan jeruk nipis ini tak hanya membantu kulit dan daging ceker menjadi lebih empuk, tapi juga menghilangkan bau amis pada ceker. Hal ini dijamin akan membuat olahan ceker akan memiliki rasa yang lebih nikmat saat dimasak.

3. Gunakan teknik 7-20-10

Cara merebus ceker ayam
The Spruce Eats

Cara merebus ceker agar empuk selanjutnya adalah penggunaan teknik 7-20-10. Dilansir dari Fimela, teknik merebus ini banyak digunakan pada bahan makanan dengan tulang yang masih menempel seperti memasak iga, memasak paha ayam, atau ikan.

Sedulur cukup mempersiapkan peralatan seperti panci dengan penutup rapat. Lalu masukkan ceker yang sudah dicuci bersih. Pastikan semua bagian ceker sudah terendam air dan rebus selama 7 menit dengan kondisi panci tertutup rapat.

Matikan kompor dan diamkan dalam keadaan panci tertutup rapat selama 20 menit. Pada tahap ini, panas yang ada di dalam panci akan berputar dan membantu proses memasak daging ceker agar lebih empuk. Setelah itu, rebus kembali selama 10 menit. Hasil teknik ini bisa dibilang cukup setara dengan penggunaan panci presto.

BACA JUGA: 8 Cara Merebus Ayam Agar Empuk dan Cepat Matang

4. Goreng ceker sebelum direbus

Cara merebus ceker ayam
Pinterest

Ceker biasanya memiliki tekstur yang keras, Sedulur bisa membuatnya menjadi lebih empuk dengan menggunakan dua teknik memasak yang berbeda. Pertama goreng ceker yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu, rebus ceker dalam api panas selama 45 menit.

Setelah proses perebusan selesai. Matikan api dan diamkan ceker dalam panci sampai benar-benar dingi. Teknik ini akan membuat ceker menjadi lebih empuk ketika diolah kembali.

5. Rebus ceker 2 kali

Cara merebus ceker ayam
Unsplash

Cara merebus ceker agar empuk tanpa presto selanjutnya adalah dengan memasaknya sebanyak dua kali. Sedulur bisa melakukan perebusan awal dengan menggunakan air biasa selama 20 menit.

Namun, pada proses perebusan yang kedua sebaiknya menggunakan bahan-bahan seperti jahe, serai, dan garam. Atau jika Sedulur ingin menjadikan ceker sebagai baceman, maka bisa menambahkan bumbu bacem dalam air.

Bila semua bahannya sudah lengkap, maka Sedulur tinggal merebus kembali ceker sampai mendidih selama 20 menit atau sampai air dalam panci menyusut. Cara ini tak hanya akan membuat ceker empuk sampai ke tulang, tapi bumbunya juga akan meresap dengan lebih maksimal.

6. Masak bersama dengan rempah

The Spruce Eats

Cara merebus ceker agar empuk yang terakhir adalah dengan memanfaatkan rempah atau bumbu. Dilansir dari The Spruce, ada beberapa bahan dapur atau rempah yang memiliki kemampuan alami untuk mengempukkan atau melembutkan bahan masakan.

Beberapa bahan rempah yang bisa Sedulur campurkan saat memasak ceker agar empuk adalah jahe, daun papaya, nanas, dan perasan jeruk nipis. Sedulur bisa mencampur bahan-bahan ini saat proses perebusan pertama ceker.

Demikian tadi tip dan trik seputar cara merebus ceker agar empuk. Ketika salah memasak atau mengolah ceker, maka akan jadi fatal karena dagingnya akan menjadi keras dan a lot. Untuk itu Sedulur perlu mengetahui secara cermat cara memasak bahan satu ini.

Apalagi ceker memang jadi salah satu favorit masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang lezat dengan daging yang lembut saat diolah dengan benar. Supaya Sedulur bisa memasak dengan lancar, jangan lupa untuk kulakan dan belanja kebutuhan dapur di Aplikasi Super.

Ada banyak sekali produk dari minyak goreng, bumbu bubuk, kecap, sampai penyedap rasa yang dijual dengan harga sangat terjangkau. Kulakan di Aplikasi Super bikin untung melimpah, karena Sedulur tidak perlu repot keluar rumah. Setiap barang belanjaan akan langsung di antar secara gratis. Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang juga ya!