Perebusan menjadi teknik yang penting dalam memasak. Umumnya ini dilakukan agar daging menjadi lebih empuk saat diolah kembali. Pada jenis daging ayam, ternyata dibutuhkan treatment khusus saat proses merebus. Namun, cara merebus ayam biar empuk termasuk mudah dibandingkan merebus daging jenis lain.

Jika Sedulur ingin mencoba menambah kemampuan memasak, khususnya dalam hal merebus. Coba simak beberapa cara merebus ayam biar empuk berikut ini!

BACA JUGA: Cara Memasak Telur Setengah Matang Anti Gagal!

Teknik merebus ayam

Cara merebus ayam biar empuk
Pinterest

Dalam dunia kuliner, merebus atau boiling merupakan salah satu teknik yang wajib dikuasai. Hal ini lantaran banyak sekali bahan makanan yang proses memasaknya diawali dengan merebus. Baik itu bahan daging merah, daging ikan, telur dan juga sayuran.

-->

Tujuan perebusan sendiri untuk memberikan tekstur yang lebih empuk dan tidak keras pada bahan masakan. Selain itu, merebus juga membuat bahan makanan terbebas dari kotoran dan kuman.

Namun, untuk memasak atau merebus daging ayam ternyata ada beberapa teknik yang bisa digunakan. Dilansir dari Serious Eats, setidaknya ada 7 cara merebus ayam biar empuk dan bisa menghasilkan makanan terbaik saat diolah lebih lanjut. Berikut ini beberapa diantaranya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kaldu Jamur untuk Melezatkan Rasa Masakan

1. Rebus dengan air kelapa

Mashed

Cara merebus ayam biar empuk pertama adalah menggunakan air kelapa. Ini merupakan teknik yang cukup populer digunakan oleh juru masak di wilayah Asia. Enzim-enzim yang terkandung dalam air kelapa akan membuat serat dari ayam menjadi lebih lentur dan lembut. Alhasil, dagingnya menjadi empuk.

Teknik pertama ini cocok sekali Sedulur gunakan ketika ingin memasak daging ayam yang memiliki tekstur keras seperti ayam kampung. Cukup rebus daging ayam selama 30 menit, maka Sedulur akan mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini juga akan menambah cita rasa pada daging ayam menjadi lebih gurih saat diolah lebih lanjut.

2. Atur waktu perebusan sesuai bagian daging

Cully’s Kitchen

Trik selanjutnya yang bisa Sedulur gunakan untuk membuat daging ayam lebih empuk saat direbus adalah dengan merebusnya sesuai bagian dagingnya. Hal ini tak lepas dari semakin banyak daging, maka diperlukan waktu lebih lama untuk merebus bagian tersebut.

Setidaknya ada empat pembagian waktu yang bisa Sedulur gunakan sebagai pedoman saat merebus daging ayam. Berikut ini cara merebus ayam biar empuk dengan melihat potongannya:

  • Dada ayam tanpa tulang memerlukan waktu sekitar 15 sampai 20 menit
  • Dada ayam dengan tulang memerlukan waktu sekitar 30 menit
  • Paha ayam memerlukan waktu sekitar 30 sampai 40 menit
  • Satu ayam utuh memerlukan waktu perebusan kurang lebih 60 menit

3. Gunakan teknik 5-30-7

Cara merebus ayam biar empuk
The Recipe

Cara merebus ayam biar empuk selanjutnya adalah dengan menerapkan teknik 5-30-7. Angka-angka ini merupakan salah satu cara yang ditemukan oleh Natural Cooking Club (NCC). Dalam sebuah video yang viral di media sosial, salah satu koki NCC sempat memasak daging ayam dengan cara ini. Alhasil, daging ayam menjadi  lebih empuk dan juicy.

Teknik 5-30-7 sendiri merujuk pada penggunaan waktu untuk mengolah daging. Berikut ini penjelasan lengkpanya.

  • 5 berarti waktu 5 menit untuk merebus daging setelah dicuci bersih.
  • 30 merupakan waktu untuk mendiamkan ayam setelah direbus. Jadi Sedulur cukup matikan api kompor dan biarkan ayam selama 30 menit setelah direbus.
  • 7 merupakan waktu perebusan tahap dua yang perlu Sedulur lakukan.

Pada proses teknik 5-30-7 ini, Sedulur harus menggunakan panci dengan penutup rapat. Hal ini penting agar panas terkumpul dan memasak daging sampai benar-benar matang. Waktu yang dibutuhkan juga tergolong cepat dan Sedulur bisa menghemat gas.

4. Rebus dengan air yang dicampur cuka

Better Home Gardens

Air cuka memiliki banyak manfaat dalam dunia memasak. Tak hanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih enak, cuka juga membuat daging jadi lebih empuk. Beberapa jenis daging seperti daging sapi, daging ayam kampung, atau daging kambing bisa menggunakan bahan ini.

Berdasarkan penelitian dari Healthline, cuka mengandung zat asam yang dalam mengikat jaringan serat dalam daging. Hal ini bisa membantu daging menjadi lebih lembut saat dimasak.

Takaran cuka untuk memasak daging ayam agar empuk biasanya cukup dengan 2 sendok makan air cuka. Jika Sedulur ingin bahan yang praktis dan mudah untuk mengempukkan daging, maka cuka jadi pilihan tepat.

5. Gunakan panci besar

Pinterest

Cara merebus ayam biar empuk selanjutnya dengan menggunakan peralatan yang tepat. Untuk daging ayam, agar proses memasaknya lebih maksimal maka harus menggunakan panci berukuran besar.

Hal ini penting karena daging ayam akan lebih cepat masak ketika direbus dengan air yang merendam keseluruhan ayam. Panci besar juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan panas yang stabil sehingga daging ayam cepat empuk. Penggunaan panci besar dengan penutup rapat juga memudahkan air untuk tidak mudah menguap karena adanya tekanan udara dari luar.

6. Rendam daging ayam dalam jus nanas

Drive Me Hungry

Selain cuka, bumbu ayam agar cepat empuk adalah nanas. Nanas mampu membuat ayam menjadi lebih cepat empuk dan rasanya lebih juicy. Sedulur hanya perlu parutan nanas lalu lumuri pada daging ayam. Marinasi selama kurang lebih 5-15 menit lalu bersihkan dan rebus selama 30-60 menit.

Proses marinasi dan perebusan untuk ayam kampung lebih lama daripada ayam biasa. Sebelum dimarinasi dengan nanas pastikan ayam sudah dicuci sampai bersih.

7. Lakukan marinasi pada daging ayam

Allrecipes

Beberapa jenis ayam seperti ayam kampung atau ayam jawa memiliki tekstur daging yang alot ketika dimasak. Sehingga butuh cara khusus saat mengolahnya. Biasanya, cara merebus ayam jawa agar cepat empuk menggunakan presto. Jika tidak punya presto, coba marinasi ayam lebih dulu menggunakan jus nanas atau parutan nanas.

Sebelum dimarinasi, cuci ayam lebih dulu sampai bersih, potong ayam menjadi bagian yang tidak terlalu besar, kira-kira satu kali lauk makan. Setelah itu, baluri ayam dengan campuran marinasi nanas dan bumbu-bumbu sesuai selera. Diamkan selama 15 menit, setelah itu rebus ayam selama 45-60 menit.

8. Beri sayatan kecil pada potongan ayam

Cara merebus ayam biar empuk
Pegz Cooks

Saat memasak daging ayam, agar bumbu meresap dan dagingnya empuk memang perlu direbus lama. Agar proses memasak lebih cepat tanpa harus mengorbankan rasa bumbu, Sedulur bisa mencoba menyanyat daging ayam terlebih dahulu.

Setelah itu, rebus ayam dengan takaran air merendam tiga per empatnya. Rebus menggunakan panci atau wajan tertutup dan api kecil selama 30-45 menit, kemudian matikan api dan biarkan ayam terendam bumbu hingga sisa air rebusan dingin, setelah itu tiriskan.

Demikian tadi cara merebus ayam biar empuk. Semoga informasi dan tips di atas bisa membantu ketika Sedulur memasak ayam di rumah ya. 

Sedulur dapat membeli kebutuhan memasak dan berbagai bumbu di Aplikasi Super. Ada banyak produk yang dapat Sedulur pilih dengan harga yang lebih murah dibanding pasar. Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super, dapatkan promo menarik dan gratis ongkir setiap hari tanpa minimal pembelian!